Cara Membuat Linktree Untuk Instagram WhatsApp, Line & Marketplace
Update Aja

Cara Membuat Linktree Untuk Instagram WhatsApp, Line & Marketplace

Buat kamu yang jualan atau menyediakan jasa lewat Instagram, ngerasa nggak sih kita nggak bisa nyantumin banyak link di bio Instagram yang hanya bisa memuat satu tautan saja? Padahal kan kita butuh untuk cantumin WhatsApp, profil toko, atau kontak lainnya sekaligus untuk memberi informasi kepada calon pelanggan.


Nah sekarang kamu nggak perlu bingung karena ada Linktree. Apaan tuh Linktree? Linktree adalah platform yang membuat kamu bisa mencantumkan banyak tautan di dalamnya, seperti toko kamu di marketplace, WhatsApp, LINE, atau website jualan kamu dengan hanya menggunakan satu alamat website. Wah enak kan? Jadinya kamu bisa semakin memudahkan pelanggan kamu untuk berbelanja di toko kamu. Penasaran kan gimana caranya? Gampang kok, langsung simak aja yuk cara-cara membuat Linktree dibawah!

Cara Membuat Linktree

1. Register

Cara Membuat Linktree Untuk Instagram WhatsApp, Line & Marketplace - Register
Sumber: Linktree

Pertama-tama kamu harus mengunjungi website Linktree dan klik “GET STARTED FOR FREE” di tengah atau “SIGN UP FREE” di kanan atas untuk melakukan register akun kamu. Setelah itu kamu diharuskan untuk menuliskan alamat e-mail, username, dan password lalu klik “Register”. Kemudian kamu disuruh memilih untuk menggunakan layanan free atau pro. Kalau kamu ingin langsung pro maka kamu harus berlangganan dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 49.000/bulan, pastinya kamu akan mendapat fitur yang lebih banyak dibandingkan dengan yang free. Untuk pertama-tama kamu bisa menggunakan yang free dulu. Jangan lupa untuk verifikasi e-mail yang telah kamu cantumkan tadi, supaya e-mail kamu terdaftar dengan baik pada akun linktree. Pastikan kamu menggunakan alamat e-mail yang benar supaya kamu bisa dengan mudah memperbaiki akun linktree kamu jika mengalami masalah.

(Baca juga: cara meningkatkan omset penjualan online)

2. Masuk ke Menu “Appearance”

Cara Membuat Linktree Untuk Instagram WhatsApp, Line & Marketplace - Masuk ke Menu Appearance
Sumber: Linktree

Nah di bagian atas, ada pilihan menu “Appearance”. Pertama-tama kamu disuruh memilih foto sebagai profile picture. Pada menu ini kamu dapat memilih tema-tema yang akan menghiasi halaman Linktree kamu. Di sini baru terlihat beberapa tema yang menarik dan bisa dikustomisasi harus menggunakan layanan pro. Namun tidak masalah, kamu tetap bisa memilih tema dengan memakai layanan free walaupun terbatas. Kalau kamu merasa layanan free kurang, kamu bisa langsung mendaftar layanan pro dibagian bawah dengan meng-klik tulisan “Find out more” dan kamu bisa melakukan pembayaran dengan kartu kredit.

3. Atur Tampilan Linktree

Cara Membuat Linktree Untuk Instagram WhatsApp, Line & Marketplace - Atur Tampilan Linktree
Sumber: Linktree

Kamu bisa mengkustomisasi tampilan halaman linktree sesuai dengan selera kamu. Banyak sekali opsi kustomisasi tampilan yang bisa kamu atur, dari tema, background, buttons, dan fonts. Kamu bisa mengkreasikan sesuka kamu sehingga menjadi tampilan halaman yang bagus. Ingat ini adalah tampilan yang akan dilihat oleh pelanggan kamu, jadi usahakan buat yang keren dan menarik. Setelah melakukan kustomisasi, kamu bisa langsung kembali ke halaman utama dengan meng-klik logo linktree di bagian kiri atas.

(Baca juga: cara memulai bisnis online dari nol)

4. Cara Membuat Linktree Instagram

Cara Membuat Linktree Untuk Instagram WhatsApp, Line & Marketplace - Cara Membuat Linktree Instagram
Sumber: Linktree

Menyambungkan akun Instagram ke profile linktree sangat mudah, yaitu kamu tinggal klik menu “Links” di bagian atas dan klik “Add New Link”. Kemudian akan keluar sebuah kotak dengan tulisan “Enter title” dan “http://url”, pada bagian “Enter title” kamu bebas mencantumkan tulisan apapun. Bisa kamu tulis dengan “Instagram @username.kamu” atau hanya “Instagram” saja. Pada bagian “http://url”, kamu cantumkan tautan profil Instagram kamu. Contohnya instagram.com/toko.saya. Jadi dengan meng-klik tautan tersebut, pelanggan kamu bisa langsung masuk ke halaman profil Instagram toko kamu.

5. Cara Membuat Linktree di WhatsApp

Cara Membuat Linktree Untuk Instagram WhatsApp, Line & Marketplace - Cara Membuat Linktree di WhatsApp
Sumber: Linktree

Sama seperti cara di Instagram, untuk Whatsapp kamu hanya perlu mengulang cara tadi namun dengan title dan URL yang berbeda. Untuk title kamu bebas untuk menulis apapun, atau kamu bisa menulis “WhatsApp” saja. Kemudian untuk URL masukkan tautan “wa.me/nomor.kamu”, dan jangan lupa untuk mengganti angka “0” di depan nomor telepon kamu dengan kode telepon negara Indonesia yaitu “62”. Contohnya “wa.me/6281234567890”. Pelanggan akan langsung masuk ke chat WhatsApp toko kamu ketika meng-klik tautan tersebut.

(Baca juga: tips membeli barang bekas)

6. Cara Membuat Linktree Marketplace

Cara Membuat Linktree Untuk Instagram WhatsApp, Line & Marketplace - Cara Membuat Linktree Marketplace
Sumber: Linktree

Kalau kamu berjualan di marketplace, kamu bisa juga mencantumkan tautan toko kamu di marketplace yang kamu gunakan. Caranya gampang juga kok, kamu tinggal copy link toko kamu di marketplace dan paste di kolom URL pada halaman linktree. Kalau kamu menggunakan banyak marketplace, kamu juga bisa memasukkan semua tautan toko kamu, karena linktree dapat memuat banyak tautan yang bisa kamu sambungkan. 

Jangan lupa untuk meng-copy tautan Linktree kamu di sebelah kanan atas pada kolom “My Linktree”. Itu adalah tautan dari profil Linktree kamu yang bisa kamu cantumkan di bio Instagram toko kamu atau status WhatsApp toko kamu, sehingga orang-orang yang melihat dan meng-klik tautan Linktree tersebut dan melihat tautan-tautan yang telah kamu sambungkan. 

Mudah kan cara membuat dan menyambungkan tautan yang ingin kamu sebarkan ke platform Linktree? Jangan lupa untuk mengecek satu-persatu tautan yang sudah kamu sambungkan. Pastikan semua URL yang kamu cantumkan bisa di-klik dan bisa membawa pelanggan kamu ke website atau Instagram toko kamu, sehingga pelanggan kamu semakin mudah berbelanja di toko kamu. Kamu harus memanjakan pelanggan kamu dengan pelayanan terbaik sehingga pelanggan kamu semakin betah, ditambah pengiriman barang kamu juga harus cepat sampai ke tangan mereka. Apalagi kalau bukan Anteraja yang bisa menjamin barang kamu cepat sampai tujuan. Karena kamu bisa menikmati layanan Next Day yang menjamin barang kamu sampai hanya dengan waktu satu hari! Wah cepet banget kan? Nggak pake mahal kok! Cukup dengan Rp. 10.000 kamu udah bisa nikmati layanannya. Tunggu apalagi? Langsung cek ongkir dan cek resi untuk fitur tracking paket ke seluruh wilayah!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *