12 Merk Hard Disk Eksternal yang Bagus, Tercepat & Terbaik

Semakin banyak kamu menyimpan file di laptop, lama-lama akan menumpuk dan membuat memori penyimpanan penuh. Ruang penyimpanan yang penuh akan berakibat pada kinerja laptop loh! Dari yang biasanya lancar, kini mulai tersendat-sendat. Untuk itu kamu harus memindahkan atau mencadangkan sebagian file agar memori penyimpanan di laptop kembali lega.

Salah satu alternatif untuk membackup file yang kamu miliki adalah menggunakan hard disk eksternal. Perangkat ini berfungsi layaknya flashdisk dengan kapasitas dan ukuran yang lebih besar. Kamu bisa menyimpan segala macam file selama kamu punya ruang yang lega dan kapasitas hard disk eksternal yang memadai.

Cara Memilih Hard Disk Eksternal

Sebelum membeli hardisk external, kamu sebaiknya pahami dulu beberapa pertimbangan di bawah ini. Untuk beberapa orang, mungkin butuh hard disk eksternal yang punya kecepatan transfer data yang tinggi. Sedangkan, sebagiannya lagi hanya membutuhkan kapasitas ruang memori yang besar. Untuk itu, agar tahu apa kebutuhanmu simak penjelasan di bawah ini ya.

1. Tentukan Kapasitas

Hard disk eksternal punya beragam kapasitas memori untuk menyimpan ratusan bahkan ribuan file. Kapasitas standar hard disk eksternal biasanya sebanyak 500 GB. Kini ada juga yang sudah mencapai 1 TB (1.000 GB), 2 TB, hingga 3 TB. Semakin tinggi kapasitasnya, harganya pun akan semakin mahal. Maka, kalau kamu punya rencana untuk menyimpan file dengan ukuran jumbo, maka pertimbangkan membeli HD eksternal minimal 1 TB.

2. Kecepatan Transfer Data

Rata-rata hard disk eksternal memiliki kecepatan transfer data yang berkisar antara 100-200 MB/s. Indikasi ini bisa kamu lihat saat mentransfer file dari dan ke hard disk dengan cara copy dan paste. Di samping itu, kecepatan transfer juga dipengaruhi jenis USB. USB 3.0 atau USB 3.1 akan jauh lebih cepat dibanding dengan USB 2.0.

3. Sistem yang kompatibel

Hal dasar saat membeli hard disk eksternal adalah mencari tahu kompabilitasnya dengan OS atau sistem operasi pada laptop yang kamu gunakan. Jangan sampai saat sudah dibeli tidak bisa digunakan karena sistemnya tidak mendukung. Maka kamu pun harus memeriksanya terlebih dahulu. Kamu bisa menanyakan pada penjual atau dengan membaca pada bagian informasi spesifikasi. 

Rekomendasi Hard Disk Eksternal yang Bagus dan Terbaik 

Sudah tahu kan bagaimana cara memilih hard disk eksternal yang bagus. Kalau kamu sedang mencari merk hard disk eksternal terbaik, kebetulan Anteraja juga sudah siapkan daftar rekomendasinya agar kamu tidak bingung mencari ke sana ke mari. Beberapa dari hard disk eksternal di bawah ini sudah terkenal akan kualitasnya.

1. Transcend Storejet 25M3

Sumber: Blibli

Salah satu merk hard disk eksternal terbaik ini sudah melapisi bagian bodinya dengan 3 lapisan pelindung berstandar militer. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan cepat rusak ketika jatuh dan terbentur. Transcend Storejet 25M3 menggunakan USB 3.0 sehingga punya kecepatan tinggi. Transcend mengklaim mampu menyimpan video DVD sebesar 4,7 GB sekitar 63 detik saja. Harga mulai Rp 800.000.

2. WD My Passport Ultra

Sumber: Shopee

Western Digital (WD) mengeluarkan hard disk eksternal My Passport Ultra. Hard disk eksternal ini bisa melakukan back-up otomatis baik ke memori perangkat maupun cloud melalui Dropbox. Kecepatan transfer hard disk eksternal ini disokong USB 3.0. WD juga sudah melengkapinya dengan sistem keamanan WD Security menggunakan password dan enkripsi. Harga mulai Rp 599.000. 

3. Seagate Backup Plus

Sumber: Tokopedia

Seagate menawarkan aplikasi Seagate Dashboard untuk melindungi dan menyadangkan data di hard disk eksternal secara otomatis. Kamu bisa pilih salah satunya yakni dterjadwal dan kontinyu. Pencadangan foto atau file dari hard disk eksternal ini juga terhubung ke Dropbox dan Google Drive. Harga mulai dari Rp 390.000.

4. Samsung T5 Portable

Sumber: Blibli

Samsung merupakan salah satu perusahan elektronik yang juga bergerak di bidang semikonduktor, termasuk hard disk eksternal. Rekomendasi hard disk eksternal merk Samsung jatuh pada T5 Portable yang punya desain minimalis. Perangkat ini punya kecepatan transfer hingga 540 MB/sec dan menggunakan USB 3.1. Harga mulai dari Rp 429.000.t

5. Adata HD710 Pro

Sumber: Tokopedia

Adata HD710 Pro disebut sebagai hard disk eksternal yang tahan banting dan kemampuan transfer data yang kencang. Hard disk eksternal ini sudah mengantongi sertifikasi IP68 sehingga tahan terhadap debu dan/atau siraman air. Hard disk eksternal ini menggunakan USB 3.0. Harga mulai dari Rp 773.000.

6. Seagate Onetouch

Sumber: Seagate

Seagate Onetouch sudah menggunakan USB 3.2 sehingga transfer data dari laptop ke memori hard disk eksternal akan jauh lebih cepat. Meski demikian, kamu yang port USB pada laptpnya yang masih menggunakan type 3.0 tetap bisa menggunakan hard disk eksternal ini. Hanya saja, kecepatannya akan disesuaikan dengan port pada laptop kamu. Hard disk eksternal ini mendukung OS Windows & Mac tanpa perlu format ulang. Harga mulai Rp 729.000. 

7. Adata HD330

Sumber: Shopee

Hard disk eksternal Adata HD330 sudah dilengkapi fitur anti shock/shock absorbing silicone sehingga mencegah kerusakan saat terjatuh atau terbentur. Selain itu dengan menggunakan cover silikon, hard disk eksternal ini juga tahan debu dan air. Adata HD330 sudah mengadopsi USB 3.2 Gen 1 untuk transfer data yang cepat. Harga mulai dari Rp 675.000.

8. Toshiba Canvio Connect II

Sumber: Tokopedia

Uniknya, Toshiba membekali hard disk eksternal ini dengan aplikasi Remote Access agar pengguna bisa mengubah PC menjadi server cloud pribadi. Selain itu fitur NTI Backup Now EZ pada hard disk eksternal ini mampu mencadangkan data secara otomatis dari PC ke dalam hardisk. Data di dalamnya pun aman terlindungi berkat fitur Internal Shock dan Ramp Loading Technology ketika terjadi benturan. Harga mulai Rp 870.000.

9. WD Elements

Sumber: Bukalapak

Hard disk eksternal WD Elements mudah dibawa ke mana saja karena tergolong ringkas dan ringan. Meski demikian kemampuannya tidak bisa diremehkan. Western Digital sudah membekalinya dengan fitur Superspeed USB yang mampu mentransfer data dengan cepat. Kecepatan transfer datanya didukung USB 3.0 dan mendukung OS Windows mulai dari Windows XP SP3 (32-bit dan 64-bit). Harga mulai Rp 690.000.

10. Dell Portable Backup Hard Drive

Sumber: Shopee

Selain fitur backup otomatis yang cukup umum dimiliki sebagian besar hard disk eksternal, Dell Portable Backup Hard Drive ini sudah dilengkapi kemampuan transfer yang tidak membebani kinerja laptop. Untuk pengguna Windows, kamu perlu menginstall aplikasi Seagate Dashboard terlebih dahulu agar bisa kompatibel. USB yang digunakan pada hard disk eksternal ini tipe 3.0. Harga mulai dari Rp 800.000.

11. G-Technology G-Drive Ev

Sumber: Western Digital

Hard disk eksternal terbaik lainnya adalah G-Technology G-Drive Ev yang merupakan produk keluaran terbaru. Hard disk eksternal ini sudah dilengkapi port USB 3.0. Selain itu dalam G-Drive Ev juga tersedia port Thunderbolt pada case ATC, sehingga cocok untuk pengguna Apple seperti Macbook. Harga mulai dari Rp 1.100.000.

12. Buffalo MiniStation Extreme

Sumber: Best Buy

Ini adalah salah satu hard disk eksternal yang tangguh karena sudah dilengkapi fitur anti-shock bersertifikat militer AS. Kemampuan transfer datanya pun cepat berkat fitur SuperSpeed USB 3.0 interface yang bisa memindahkan file hingga 5 Gbps. Untuk perlindungan data di dalamnya Buffalo sudah menyertakan Hardware Encryption (256-bit AES Full Disk Encryption). Harga mulai dari Rp 845.000.

Itulah rekomendasi beberapa merk hard disk eksternal terbaik yang bisa kamu pilih. Dengan kualitas hard disk eksternal yang baik, data di dalamnya pun akan terjaga dengan awet dan tidak mengalami corrupt. Kamu bisa mendapatkan merk hard disk eksternal tersebut di e-commerce kesayangan.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Earphone / Headset Bluetooth Terbaik Dan Berkualitas

Untuk pembelian barang elektronik sebaiknya dilapisi menggunakan tambahan bubble wrap dan asuransi dari penyedia e-commerce. Soal pengiriman, serahkan pada Anteraja yang sudah menjangkau ke seluruh daerah di Indonesia. Kamu bisa pilih layanan pengiriman Same Day, Next Day, atau Reguler.