Update Aja

11 Merk Jam Tangan untuk Olahraga Terbaik, Cocok untuk Lari!

Hidup sehat merupakan salah satu keinginan dari banyak orang. Salah satu untuk memenuhi hidup sehat ini ialah dengan berolahraga. Selain asupan makanan yang kaya nutrisi dan vitamin, membakar kalori dengan olahraga adalah cara yang efektif agar tubuh dapat lebih bugar.

Saat ini banyak sekali orang yang ingin men-track olahraganya dengan jam tangan atau smartwatch olahraga. Salah satu olahraga yang bisa di-track oleh jam tangan pintar adalah lari atau jogging. Dengan menggunakan alat bantu tersebut, kamu bisa mengetahui kondisi tubuh selama olahraga mulai dari detak jantung, jumlah langkah, hingga kalori yang terbakar.

Tips Memilih Smartwatch yang Baik

Memilih smartwatch perlu kecermatan layaknya memilih sebuah handphone. Kamu pun harus menyesuaikan fitur atau spesifikasi apa saja yang dibutuhkan. Misalnya saja, kamu ingin smartwatch yang tak hanya bisa digunakan untuk olahraga, namun juga untuk kegiatan sehari-hari seperti bekerja. Maka simak tipsnya berikut ini.

Kompatibel dengan Smartphone

Salah satu hal dasar yang perlu kamu ketahui adalah mengecek kompatibilitasnya dengan sistem operasi di smartphone. Hal ini kamu lakukan baik untuk merk yang berbeda dengan smartphone maupun yang sama. Karena terkadang, meskipun satu merk ada persyaratan sistem operasi yang mesti dipenuhi. Misalnya saja minimal Android 9.0 atau iOS 10. 

Cek Fiturnya

Untuk kegiatan olahraga, jam tangan pintar biasanya sudah memiliki fitur seperti detak jantung, hitungan langkah, kalori yang terbakar, hingga jam tidur kamu. Bahkan ada juga yang memiliki fitur tekanan darah atau kadar oksigen. Di samping fitur itu ada juga fitur lainnya seperti GPS, notifikasi, bahkan pembayaran secara tap-in.

Tahan Air dan Debu

Karena digunakan di luar ruangan, maka sebaiknya pilih jam tangan pintar yang sudah dilengkapi fitur tahan air dan debu. Ini untuk menghindari tetesan keringat atau hujan ketika olahraga. Fitur ini biasanya ditandai dengan kode IPXX (misalnya IP67). Angka pertama menunjukkan level tahan debu dan angka kedua menunjukkan level tahan air. Level tahan debu digambarkan dengan rentang 1–6, sedangkan level tahan air di rentang 1–8. 

Daya Tahan Baterai

Salah satu hal dasar lainnya yang perlu kamu perhatikan saat memilih jam tangan pintar adalah daya tahan baterainya. Semakin besar kapasitas dayanya maka waktu pemakaian pun seharusnya akan lebih lama. Kalau belum menemukan kapasitas baterai yang cocok, tenang saja karena biasanya jam tangan pintar sudah dilengkapi mode hemat baterai.

Desain

Setiap merk jam tangan pintar memiliki keunikan tersendiri untuk urusan desain. Maka dari itu, kamu juga perlu mempertimbangkan dengan tampilan dan karakteristik kamu. Secara umum jam tangan pintar ada yang berbentuk persegi atau lingkaran. Perbedaan lainnya biasanya terletak pada warna, model strap, hingga antarmukanya.

Rekomendasi Jam Tangan untuk Olahraga Terbaik

Memilih jam tangan pintar yang sesuai dengan kebutuhan olahraga memang gampang-gampang susah. Kamu harus mencari tahu terlebih dahulu spesifikasinya, fiturnya, hingga desain yang cocok dengan selera. Belum lagi kamu juga harus mencari merk jam tangan pintar terbaik. Namun jangan khawatir karena Anteraja sudah punya daftar rekomendasinya.

1. Garmin Fenix 5

Sumber: Garmin

Jam tangan pintar dengan karakteristik adventure ini cocok dijadikan teman olahraga karena sudah memiliki fitur healthcare seperti deteksi detak jantung, GPS, bahkan tak hanya lari. Ada beberapa mode olahraga lainnya seperti renang, golf, ski dan lainnya. Harga Rp 6.499.000.

2. Apple Watch Series 6

Sumber: Tokopedia

Jam tangan pintar ini punya fitur always-on display sehingga kamu bisa melihat statistik latihan tanpa perlu mengetuk layarnya. Ada juga fitur monitor detak jantung dan dukungan aplikasi pihak ketiga seperti Strava. Fitur lainnya yakni panggilan darurat (SOS), pengukuran kadar oksigen hingga tahan air maksimal 50 m. Harga mulai Rp 7.399.000.

3. Xiaomi Mi Watch Lite

Sumber: Xiaomi

Xiaomi Mi Watch Lite punya fitur yang cukup lengkap mulai dari detak jantung, jam tidur, latihan pernapasan, serta beragam mode olahraga selain lari. Daya tahan baterainya diklaim bisa bertahan hingga 9 hari. Selain olahraga kamu juga bisa memantau notifikasi dan mengatur musik. Harga mulai Rp 799.000.

4. Garmin Forerunner 935

Sumber: Garmin

Kamu bisa menggunakan jam tangan pintar ini untuk menentukan capaian dalam olahraga. Garmin Forerunner 935 bisa memantau waktu tidur, gerak, menghitung langkah, hingga kalori yang terbakar. Kamu pun bisa mendapatkan notifikasi dari smartphone serta mengatur musik. Harga mulai Rp 7.499.000. 

5. Realme Watch 2 Pro

Sumber: Shopee

Realme Watch 2 Pro dibekali fitur sensor detak jantung, kadar oksigen, GPS, serta fitur notifikasi dari smartphone. Jam tangan pintar ini pun sudah diperkuat dengan kemampuan tahan air dan debu IP68. Daya tahan baterainya diklaim bisa bertahan hingga 14 hari. Harga mulai Rp 745.000.

6. Xiaomi Amazfit Pace

Sumber: Blibli

Jam tangan pintar lainnya yang juga dibekali fitur IP68 adalah Xiaomi Amazfit Pace. Kamu juga bisa melihat detak jantung dan notifikasi dari smartphone. Selain itu jam tangan pintar ini bisa menghitung jarak, langkah, kalori, serta beragam profil olahraga lainnya. Xiaomi Amazfit Pace bahkan sudah mendukung pembayaran menggunakan NFC. Daya tahan baterainya mampu bertahan hingga 5 hari. Harga Rp 2.299.000.

7. Aukey Smartwatch LS02

Sumber: Lulu Hypermart

Ini adalah salah satu jam tangan pintar dengan harga terjangkau. Aukey Smartwatch LS02 sudah dibekali fitur pendeteksi detak jantung serta profil olahraga seperti jogging, treadmill, bersepeda, gym, sepakbola, basket, yoga, hingga panjang tebing. Kamu pun bisa mengetahui notifikasi dari smartphone. Hebatnya lagi sudah ada fitur IP68, loh! Harga mulai Rp 245.000.

8. Xiaomi Mi Band 6

Sumber: Xiaomi

Fitur yang disediakan Xiaomi pada gelang pintar ini cukup lengkap, meliputi pengukur kadar oksigen, penghitung jam tidur, kualitas pernapasan, detak jantung, penghitung langkah, pelacakan kesehatan wanita, pemantauan stres, hingga notifikasi. Gelang pintar ini juga dilengkapi fitur tahan air hingga kedalaman 50 m. Daya tahan baterainya diklaim hidup hingga 14 hari. Harga Rp 489.000. 

9. Vyatta Fitme Pro X2

Sumber: Shopee

Jam tangan pintar ini punya 24 mode olahraga yang berbeda-beda mulai dari bersepeda, jogging, berenang, gym, sepakbola, basket, hingga yoga. Fitur lainnya adalah pemantau kalori, kualitas tidur, tampilan jam, notifikasi, tahan air, serta GPS Sport Tracking. Daya tahan baterainya sanggup beroperasi hingga 10 hari. Harga mulai Rp 1.248.000. 

10. Samsung Galaxy Fit2

Sumber: Eraspace

Keunggulan dari gelang pintar ini adalah daya tahan baterainya yang sanggup beroperasi hingga 21 hari. Sementara dari fitur, Samsung menyematkan pendeteksi langkah kaki, kalori, detak jantung, pemantau kualitas tidur, level stres, hingga beberapa profil olahraga seperti lari, rowing machine, elliptical trainer, serta dynamic workout. Harga mulai Rp 500.000.

11. Huawei GT 2

Sumber: Mobile2Go

Huawei GT 2 sudah memiliki sensor pengukur detak jantung, periode haid wanita, pemantau kualitas tidur, langkah kaki, bahkan bisa melacak sesi latihan atau olahraga. Jam tangan pintar ini pun terbilang tangguh karena mampu bertahan di dalam air hingga 50 m. Harga mulai Rp 2.599.000.

Itulah beberapa rekomendasi merk jam tangan pintar untuk olahraga. Dengan mengenakan jam tersebut kamu jadi mengetahui kondisi tubuh serta cocok untuk menurunkan berat badan karena dilengkapi penghitung kalori. Komunikasi pun tak terputus karena notifikasi dari smartphone bisa terpantau setiap saat.

Baca Juga: 11 Cream Yang Bagus dan Ampuh Untuk Menghilangkan Flek Hitam

Kamu bisa mendapatkan merk jam tangan tersebut di beberapa e-commerce di Indonesia atau website resminya. Untuk pilihan pengantarannya, jangan lupakan Anteraja yang menjangkau seluruh daerah di Indonesia. Kamu bisa pilih pengiriman Same Day, Next Day, atau Reguler.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *