10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik untuk Fotografi

Meski saat ini sudah banyak tersedia kamera mirrorless, namun kamera DSLR (digital single-lens reflex) masih memiliki penggemar yang cukup banyak. Salah satu pertimbangan yang masih melekat pada kamera DSLR adalah lebih terlihat profesional ketimbang mirrorless yang punya ukuran lebih compact.

Salah satu pabrikan yang tersohor sebagai produsen kamera DSLR terbaik adalah Canon. Merk asal Jepang ini pertama kali membuat kamera pada 1934. Saat itu namanya masih Kwanon yang merupakan nama dewi welas asih dalam ajaran Buddha. Saat ini Canon tak hanya terkenal akan kameranya, namun juga produk lain seperti printer, mesin fotocopy, dan produk yang berkaitan dengan gambar atau optik lainnya. 

Kalau kamu salah satu orang yang sedang mencari kamera DSLR Canon, Anteraja bakal kasih rekomendasinya di bawah ini. Namun sebelum itu, apakah kamu tahu perbedaan antara DSLR dan mirrorless? 

Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless

Perbedaan utama pada kamera DSLR dan mirrorless adalah sistem pengambilan gambarnya. Untuk memotret, kamera DSLR menggunakan cermin 45 derajat di dalam body kamera. Sementara mirrorless, sesuai namanya tidak menggunakan lagi cermin tersebut. Cermin ini digunakan untuk memantulkan cahaya menuju prisma, kemudian masuk ke viewfinder. Jadi saat melihat objek di kamera DSLR, sebenarnya itu adalah pantulan dari cermin tersebut. 

Di kamera mirrorless, karena tidak menggunakan cermin, cahaya yang melewati lensa akan langsung diteruskan ke sensor. Dari sensor gambar objek kemudian di pratinjau yang ditampilkan pada layar LCD atau electronic viewfinder (EVF). Dengan menghilangkan cermin tersebut, ukuran kamera mirrorless jadi lebih kecil dan ringkas. Bagi yang awam, mungkin akan mengira seperti kamera pocket atau prosumer.

Tips Memilih Kamera DSLR Canon

Sebelum memilih kamera DSLR Canon terbaik, ada beberapa hal yang mungkin jadi pertimbangan kamu saat membeli. Dengan mengetahui tips di bawah ini, kamu akan tahu fungsi dan kegunaan kamera yang akan kamu gunakan. Langsung saja disimak, ya!

1. Ketahui Tujuan Membeli

Saat ini ada banyak tipe kamera DSLR Canon yang bisa kamu pilih. Namun sebelum membeli, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tujuan kamu memotret apakah hanya sekadar untuk dokumentasi, hobi, atau pekerjaan. Hal ini akan menentukan kamera manakah yang lebih cocok dengan keperluan kamu baik dari sisi budget dan spesifikasi.

2. Ketahui Seri Kamera 

Kamera DSLR Canon dibedakan lewat seri penomoran. Untuk mengetahui kastanya, kamera DSLR Canon yang punya nominal paling besar ada di mid-range. Sementara angka lebih kecil berarti kamera DSLR tersebut ada di kelas advanced hingga profesional. Ada juga seri Kiss yang menjadi kamera untuk entry-level. Contohnya di bawah ini:

  • Entry-Level: 100D Rebel SL1 Kiss X7 dan 1100D Rebel T3 Kiss X50 (1000D Rebel XS Kiss F).
  • Mid-Range: EOS 300D, 350D, 400D, 450D, 500D, 550D, 600D, 650D, dan 700D.
  • Semi Advanced: 20D, 30D, 40D, 50D, 60D, dan 70D.
  • Advanced: Canon EOS 7D, 6D, 5D.
  • High-End/Professional: EOS 1D, EOS 1D Mark II, EOS 1D Mark 2N, EOS 1D Mark III, EOS 1DS, EOS 1D Mark II, serta EOS 1DS Mark III.

3. Perhatikan Fitur dan Spesifikasi

Setiap seri kamera DSLR Canon tentu punya spesifikasi yang berbeda-beda. Namun tentunya spesifikasi kamera DSLR Canon terbaik juga akan menentukan harganya. Apalagi sudah dilengkapi dengan fitur canggih seperti fokus yang cepat, titik fokus yang luas hingga layar sentuh dan koneksi nirkabel. Sebaiknya kamu membeli kamera dengan kemampuan budget yang kamu miliki saat ini. 

Kalau kamu ingin membeli kamera baru, perlu cermati juga apakah dengan mengeluarkan budget lebih besar kamu akan mendapatkan upgrade spesifikasi atau fitur secara signifikan.

Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik

Setelah tahu perbedaan dan tips memilih kamera DSLR Canon terbaik, Anteraja sudah siapkan daftar rekomendasi yang bisa kamu pilih. Kamu pun bisa memotret dengan kualitas foto yang bagus karena Canon sudah dipakai jutaan fotografer di dunia.

1. EOS 200D

Sumber: Blibli

Kamera DSLR Canon yang juga dikenal sebagai Kiss X9 ini cocok untuk kamu yang masih belajar fotografi. Ukurannya compact dan tombol operasionalnya mudah dimengerti. EOS 200D dibekali fitur video HDR, Dual Pixel CMOS AF dan LCD Vari-angle. Sensornya menggunakan CMOS 24,2 MP (APS-C) dengan sensitivitas ISO 100–25600 (H : 51200). Di mode burst kamera ini mampu menghasilkan foto 5fps. Harga mulai Rp 6,5 jutaan.

2. EOS 4000D

Sumber: Karachi Camera Center

Kalau kamu ingin kamera DSLR Canon yang terjangkau, maka pilihannya ada pada EOS 4000D. Kamera ini sudah dibekali sensor APS-C 18 MP yang dikombinasikan dengan prosesor DIGIC 4. Rentang ISO-nya 6.400-12.800. Untuk video, kamera ini dapat merekam di resolusi Full HD. Selain itu terdapat 9 autofocus point dengan kemampuan mode burst hingga 3.0 fps. Harga Rp 3,2 jutaan.

3. EOS 1500D

Sumber: Pricebook

Fitur unggulan pada kamera ini adalah sudah tersedianya koneksi Wi-Fi dan NFC. Sementara spesifikasi lainnya yakni prosesor menggunakan DIGIC 4 dengan sensor APS-C CMOS 24,1 MP. EOS 1500D mempunyai 9 titik autofokus dengan rentang ISO 100-6.400. Harga Rp 4,8 jutaan.

4. EOS 800D

Sumber: DariDekat

EOS 800D dengan nama lain Kiss X9i menjadi kamera DSLR Canon terbaik selanjutnya. Kamera ini punya autofokus yang cepat  yaitu 0,03 detik pada mode Live View. Kualitas fotonya disokong oleh sensor Dual Pixel CMOS AF 24,2 MP dan prosesor DIGIC 7. Kemampuan lainnya yaitu ISO 100–25.600 (H : 51200) dan mode burst di 6 fps. Harga Rp 7,5 jutaan.

5. EOS 6D Mark II 

Sumber: Digistore

Kelebihan utama pada kamera ini adalah sensor full-frame yang lebih besar dari APS-C. Resolusinya yakni 26,2 MP dengan dukungan prosesor DIGIC 7. Kualitas gambar ini pun tak perlu diragukan karena sudah dilengkapi 45 titik fokus AF. Selain itu, EOS 6D Mark II juga memiliki penstabil gambar 5-poros. Sementara dukungan lainnya adalah ISO 100–40.000 dan burst mode 6,5 fps. Harga Rp 19 jutaan.

6. EOS 77D

Sumber: Snapshot Canon-Asia

Kamera ini disokong oleh sensor CMOS 24,2 MP (APS-C) dan prosesor DIGIC 7. EOS 77D sudah punya fitur penstabil gambar dan fitur Hi-Speed USB, Wi-Fi, serta Bluetooth. Rentang ISO di kamera juga terbilang besar yakni 100–25.600. Kamu bisa menangkap foto secara terus menerus (burst mode) di 6 fps. Harga Rp 8 jutaan.

7. EOS 250D

Sumber: Kompas Tekno

EOS 250D dipersenjatai sensor APS-C CMOS 24 MP dan disokong prosesor DIGIC 8. Salah satu kamera DSLR Canon terbaik ini sudah bisa merekam video 4K, loh! Selain itu EOS 250D punya 9 titik autofokus yang bisa menghasilkan gambar tampak tajam. ISO di kamera ini juga terbilang besar yakni 100-25.600. Harga Rp 5,9 jutaan.

8. EOS 6D

Sumber: Fisipol Uma

Sama seperti saudaranya, EOS 6D Mark II, kamera ini pun sudah dilengkapi sensor CMOS full-frame. Resolusinya adalah 20,2 MP. Kamu bisa memotret di mode burst sebanyak 4,5 fps. Sementara itu rentang ISO-nya 100–25.600. EOS 6D memiliki fitur tambahan lainnya seperti USB 2.0 Hi-Speed, Wi-Fi, dan GPS. Harga Rp 10 jutaan.

9. EOS 5D Mark IV

Sumber: RTINGS

Salah satu fitur unggulan di kamera ini adalah Canon Log. Dengan fitur tersebut kamu diberikan kebebasan mengedit foto tanpa mengurangi kualitas gambar. Sensor di kamera ini juga termasuk besar karena sudah menggunakan format full-frame CMOS 30,4 MP. Untuk mendukung pencahayaan yang masuk ke sensor Canon sudah memberikan rentang ISO 100–32.000. Kamu bisa memotret di mode burst sebanyak 7 fps. Harga Rp 23 jutaan.

10. EOS-1D X Mark II

Sumber: PetaPixel

Kalau yang satu ini adalah kamera bagi para profesional yang memang digunakan untuk bekerja dan keperluan komersial. EOS-1D X Mark II menjadi kamera tercanggih di daftar rekomendasi ini karena sudah dilengkapi sensor full-frame CMOS 20,2 MP. Prosesornya menggunakan Dual DIGIC 6+. Sedangkan ISO-nya mampu mencapai 100–51.200. Selain itu di mode burst kamu bisa mendapatkan foto 14 fps. Foto yang dihasilkan juga tampak tajam dengan 61 point autofocus. Harga Rp 110 jutaan.

Itulah rekomendasi kamera DSLR Canon terbaik yang bisa kamu miliki. Kamu bisa mendapatkan di e-commerce kesayangan kamu secara online. Ada sedikit saran kalau kamu membeli di e-commerce, jangan lupa cantumkan asuransi agar ketika ada kerusakan saat proses mengirim pihak e-commerce akan menggantinya.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Earphone / Headset Bluetooth Terbaik Dan Berkualitas

Jangan lupa juga pilih pengiriman menggunakan Anteraja, ya! Layanan kami sudah menjangkau ke seluruh Indonesia dan punya pilihan pengantara Same Day, Next Day, dan Reguler.