12 Kamera Polaroid yang Bagus dan Terbaik untuk Abadikan Moment

Kamera polaroid dihidupkan kembali seiring dengan melesatnya teknologi pada kamera digital. Kamera yang sudah ada sejak tahun 1944 ini, identik dengan cetak foto secara langsung. Dengan kecepatan cetak foto yang cenderung singkat, maka kamera ini pun disebut juga sebagai instant camera.

Meski demikian, nama Polaroid lebih melekat di telinga masyarakat ketimbang instant camera. Ini karena perusahaan pertama yang memproduksi kamera ini adalah Polaroid. Perusahaan tersebut didirikan oleh Edwin Land, yang juga merupakan penemu instant camera. Selain Polaroid, kamera ini juga disebut sebagai Land Camera.

Tips Memilih Kamera Polaroid

Kamera Polaroid saat ini dikuasai oleh Fujifilm. Banyak produk instant camera yang dirilis, bahkan hampir setiap tahun oleh pabrikan asal Jepang tersebut. Meski kamu akan lebih banyak menemukan merk yang sama, namun soal spesifikasi masing-masing tipe tentunya punya perbedaan satu sama lain. 

Fitur Lengkap

Fitur jadi salah satu faktor penting dalam memilih kamera polaroid. Produk yang punya fitur lengkap tentu akan memiliki hasil foto yang lebih baik. Misalnya saja memiliki kemampuan hybrid antara instant camera dan smartphone printer. Selain punya efek lensa yang dan efek film yang banyak.

Ukuran Foto yang Dihasilkan

Di kamera digital kamu bisa bebas mengatur besar kecilnya gambar sebelum dicetak. Sementara untuk polaroid data pemotretan bergantung pada pemilihan ukuran film pada kamera. Ada kamera yang hanya bisa menggunakan film ukuran kecil. Namun ada juga yang bisa yang memuat film ukuran besar. Ketika memilih, kamu direkomendasikan instan camera yang bisa memutar film ukuran besar atau wide.

Dukungan Tambahan Memori

Kamera polaroid memang dapat langsung mencetak foto. Namun, jumlahnya bergantung pada banyaknya film yang tersedia. Agar hasil foto tidak sia-sia, sebaiknya pilihlah produk yang bisa menyimpan hasil jepretan ke media digital seperti memory card. Dengan memory card kamu bisa melihat hasil foto melalui laptop dan memindahkannya untuk dikoleksi.

Merk Kamera Polaroid yang Bagus dan Terbaik

Kamera polaroid saat ini memang banyak bermerk Fujifilm. Namun bukan berarti tak ada lagi merk lain selain Fuji. Namanya memang agak asing bagi pencinta kamera polaroid. Namun kualitas tidak kalah baik dengan Fujifilm. Apa saja merk-merk kamera polaroid terbaik? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Leica Sofort

Sumber: Tokocamzone

Merk kamera klasik ini sudah malang melintang di dunia fotografi. Selain memproduksi kamera digital, Leica pun memiliki produk kamera polaroid seperti Leica Sofort. Kamera ini dapat menangkap gambar objek bergerak dengan baik. Leica juga menyediakan tiga zona sistem fokus manual yang dapat membantu menghasilkan gambar terbaik. Harga mulai dari Rp 5.553.000.

2. Polaroid Snap

Sumber: Shopee

Jangan lupakan sang empunya instant camera. Polaroid melahirkan produk baru di era digital yakni Polaroid Snap. Kelebihan dari kamera ini adalah bisa mencetak foto tanpa tinta alias zero ink. Selain itu Polaroid Snap punya desain yang cukup retro namun masih dengan sentuhan kekinian. Harga mulai dari Rp 1.580.000.

3. Lomography Lomo’ Instant Automat

Sumber: Lomography Shop

Kamu bisa menghasilkan beberapa foto kreatif dengan menggunakan  Lomo’ Instant Automat. Kamera bikinan Lomography ini punya beberapa tambahan lensa, seperti close-up, wide angle, dan fish-eye lens. Selain itu keunikan lainnya terletak pada tombol shutternya. Jika kebanyakan kamera ditekan, maka tombol shutter di kamera ini didorong. Harga mulai dari Rp 2.749.000.

4. Fujifilm Instax Mini 9

Sumber: Fujifilm

Instax menjadi merk produk dari kamera polaroid ala Fujifilm. Kamera Instax pada umumnya memiliki desain kotak. Fitur pada kamera Instax Mini 9 termasuk yang kekinian. Sebut saja ada optical viewfinder untuk target spot, selfie mirror pada lensa, dan memiliki range focus 0,6 m. Shutter pada kamera ini juga mampu merekam hingga 1/60 sec. Harga mulai dari Rp 740.000.

5. Fujifilm Instax Mini 8

Sumber: Sentra Muslim Komputer

Masih dari kerabat Instax Mini 9, kamera ini punya desain yang mirip. Selain itu keduanya juga sama-sama sudah dilengkapi lampu flash untuk membantu pencahayaan. Kamera ini juga mencetak foto dari perangkat printer. Pilihan warnanya pun banyak terdiri dari pink, putih, raspberry, ungu hingga hitam dan kuning. Harga mulai Rp 600.000.

6. Lomography Lomo’ Instant Wide

Sumber: Lomography Shop

Kamera polaroid yang punya fitur unik dari tutup lensanya ini punya desain yang elegan, namun tetap terlihat retro. Jadi, tutup lensa Lomo’ Instant Wide dapat berfungsi sebagai remote untuk pengendali tombol shutter. Menariknya lagi, kamu juga menggabungkan dua foto menjadi satu frame. Harga mulai dari Rp 3.350.000.

7. Polaroid OneStep 2 Viewfinder i-Type Camera

Sumber: Sublime Gadgets

Desain pada kamera ini patut diacungi jempol. Polaroid tak hanya sukses menghadirkan nuansa klasik, namun juga memberikan sentuhan kontemporer yang tak berlebihan. Polaroid OneStep 2 sudah dibekali lensa ber-focal length 106 mm yang ideal untuk mild telephoto atau telephoto. Sayangnya koneksi digital masih belum tersedia pada kamera ini. Harga mulai dari Rp 2.400.000.

8. Fujifilm Instax Mini 70

Sumber: Shopee

Fujifilm Instax Mini 70 punya ukuran yang kecil. Kamu bisa membawanya ke mana saja dengan praktis. Fitur unggulan dari kamera polaroid ini adalah automatic exposure control. Fitur ini berfungsi untuk menjaga kualitas foto di tempat gelap. Kamu yang doyan selfie juga pasti menyukai kamera ini karena sudah didukung Selfie Mode. Harga mulai dari Rp 1.549.000.

9. Fujifilm Instax Mini 90

Sumber: Instax

Tampilan neo-klasik pada kamera ini menjadi daya tarik para konsumen. Kamu yang senang dengan nuansa retro tahun 80 atau 90an mungkin akan menyukai kamera ini. Sementara ditilik dari segi spesifikasinya, kamera ini punya shutter speed mencapai 1/1400 per detik, flash dengan performa tinggi, auto-exposure, serta 6 mode shooting untuk memudahkan pengambilan foto. harga mulai Rp 1.200.000.

10. Fujifilm Instax Mini Gudetama Edition

Sumber: Instax

Inilah kamera polaroid ala Fujifilm yang istimewa. Dikatakan demikian, karena produk ini merupakan hasil kerja sama Fujifilm dengan pembuat tokoh Gudetama, si telur pemalas dari Negeri Sakura. Kamera pada dasarnya merupakan seri Instax Mini 8 dengan fitur yang tak jauh berbeda seperti shutter speed 1/60 sec dan cetak foto dari printer. Harga mulai Rp 999.000.

11. Fujifilm Instax Minion Edition

Sumber: Pinterest

Masih dari seri edisi istimewa, kali ini Fujifilm bekerja sama dengan pembuat serial animasi Despicable Me. Desain kamera Instax Mini pun dibuat seolah-olah karakter animasi tersebut, yakni Minion. Masih dari keluarga Instax Mini 8, kamera ini punya fitur automatic exposure control, serta High-Key Mode untuk mengontrol kontras dan hasil foto yang lebih soft. Harga mulai Rp 900.000.

12. Fujifilm Instax Square SQ10

Sumber: Bursa Kamera Profesional

Instax Square SQ10 termasuk kamera polaroid dengan sentuhan teknologi digital. Pasalnya kamera ini bisa menyimpan hasil foto ke dalam memori penyimpanan layaknya kamera digital. Kamu pun bisa memilih dan memeriksa lebih dahulu setiap momen yang dipotret. Beberapa mode pemotretan yang ada dalam kamera ini antara lain Standard, double exposure, dan bulb mode. Harga mulai Rp 2.349.000.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik untuk Fotografi

Itulah daftar rekomendasi foto polaroid terbaik yang bisa kamu miliki. Selain bisa didapat di toko offline, kamu juga bisa membelinya lewat e-commerce kesayanganmu. Soal pengiriman, serahkan pada Anteraja yang bisa menjangkau ke seluruh daerah di Indonesia. Pilihan pengirimannya juga banyak terdiri dari Same Day, Next Day, dan Reguler.