13 Laptop Gaming Yang Bagus, Spek Terbaik dan Terlaris

laptop gaming terbaik

Untuk kamu para gamer yang saat ini sedang pusing ngeliat harga parts pc yang engga karuan dan overpriced karena langka. Salah satu opsi selain merakit pc untuk memenuhi kebutuhan kamu buat gaming adalah dengan membeli laptop gaming. Ya, laptop dengan performa dan tenaga yang tinggi dan mudah dibawa – bawa ini merupakan opsi yang bagus untuk kondisi saat ini. Dikarenakan kalau kamu beli laptop gaming, kamu engga perlu lagi pusing mikirin beli peripheral yang lain seperti, monitor atau keyboard.

Untuk laptop gaming sendiri, banyak sekali brand bagus yang saat ini merilis banyak laptop dengan spesifikasi dan dikhususkan untuk kalangan gamer. Dari mulai ASUS dengan ROG yang sudah sangat terkenal, Lenovo dengan seri beken legion, atau pun Acer dengan seri predator dan nitro nya. Tapi sebelum kamu membeli laptop gaming baru, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal. Supaya nanti kamu bisa memilih laptop yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu.

Berikut adalah hal yang harus kamu perhatikan dan ketahui sebelum membeli sebuah laptop gaming :

Hal – Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli Laptop Gaming.

CPU

CPU (Central Processing Unit) atau yang sering disebut processor ini adalah komponen utama dari sebuah laptop. Fungsinya sendiri merupakan ‘otak’ dari pengoperasian laptop saat dipakai, sehingga semakin bagus CPU maka laptop kamu akan semakin kencang performa nya. 

Untuk saat ini ada 2 manufaktur processor gaming yang terbaik yaitu Intel dengan seri processor i3, i5 dan i7, lalu AMD dengan seri processor Ryzen 3, 5 dan 7.

GPU

GPU (Graphics Processing Unit), sering disebut juga VGA atau kartu grafis. Merupakan sebuah komponen dalam laptop yang berfungsi untuk rendering gambar yang nanti akan ditampilkan di layar laptop kamu. Semakin bagus GPU laptop kamu, maka semakin keren juga detail gambar yang bisa ditampilkan. GPU juga berpengaruh terhadap performa kelancaran saat kamu bermain game nanti. Untuk manufaktur GPU mainstream untuk laptop saat ini adalah Nvidia dengan seri GTX dan RTX, lalu AMD dengan Radeon series.

RAM

RAM atau Random Access Memory merupakan sebuah media penyimpanan temporer yang ditujukan untuk menyimpan data-data yang butuh diakses secara cepat pada saat menjalankan game, program atau pun pengoperasian multi-tasking. Semakin tinggi kapasitas RAM laptop kamu, maka performa laptop kamu pun akan semakin lancar dan terasa ringan. Rekomendasi RAM untuk gaming sendiri saat ini disarankan untuk mempunyai RAM dengan kapasitas minimal 16GB supaya laptop kamu tidak lemot. 

Pada saat ini jenis RAM yang masih dominan sering dipakai adalah RAM DDR4 dan baru – baru ini versi paling update RAM yaitu DDR5 sudah dirilis. Kemungkinan di tahun 2022 ini akan banyak laptop yang rilis dengan memori RAM DDR5.

Storage

Storage sendiri berfungsi sebagai media penyimpanan file di laptop kamu. Jika storage laptop kamu semakin besar maka makin banyak file game yang bisa kamu simpan. Storage saat ini dibagi 2 jenis, HDD dan SSD. Untuk sekarang yang lazim digunakan adalah yang bertipe SSD karena speed nya yang cepat dan ukuran komponen yang tidak terlalu besar.

Layar

Panel layar juga sangat penting karena yang akan menampilkan game yang sedang kamu mainkan adalah layar. Semakin bagus layar tentunya akan memanjakan mata kamu dan membuat kamu nyaman dalam bermain game. Jenis layar bagus yang sering digunakan saat ini adalah IPS dan OLED, dengan berbagai macam resolusi dari mulai FHD, QHD and UHD 4K.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah refresh rate layar laptop yang akan kamu beli. Semakin tinggi refresh rate layar kamu maka pergerakan objek di layar kamu akan semakin terlihat smooth. Refresh rate yang sering dijumpai di layar laptop adalah 144hz, 165hz dan 240hz.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa aja yang mesti kamu perhatikan sebelum membeli laptop gaming. Jika kamu masih bingung dalam memilih laptop gaming yang akan kamu beli, Anteraja punya beberapa rekomendasi nih buat kamu. Simak rekomendasi dari kita baik – baik yah.

13 Rekomendasi Laptop Gaming Yang Bagus, Terbaik Dan Mempunyai Spek Tinggi

1. ASUS ROG Zephyrus G14

ASUS ROG Zephyrus G14 - laptop gaming terbaik

Sumber : Damariotimes

Laptop besutan dari ASUS ROG ini merupakan seri laptop dengan desain stylish dan keren. Mempunyai layar QHD IPS dengan ukuran 14 inci yang cantik. Berbekal processor Ryzen 9 5900 dengan GPU RTX 3060. Dijamin pengalaman gaming kamu akan semakin enjoyable. Laptop dengan kombinasi 16GB RAM dan 1 TB SSD ini bisa kamu beli dengan harga 31 jutaan.

2. Legion 5 Pro

Legion 5 Pro - laptop gaming terbaik

Sumber : Lenovo

Laptop seri Legion ini merupakan laptop dengan desain elegan bertenaga besar yang cukup terjangkau. Mengusung layar IPS dengan resolusi QHD 16 inci berasio 16:10 yang sangat enak dipandang. Laptop ini juga mempunyai mesin yang cukup mumpuni. Dengan tandem CPU Ryzen 7 5800H dan VGA RTX 3070. Laptop yang sangat baik untuk gaming ini dapat anda beli di harga 27 Jutaan.

3. ROG Strix G15 Advantage Edition

ROG Strix G15 Advantage Edition - laptop gaming terbaik

Sumber : Suara

Laptop dengan desain yang gaming banget khas ROG ini. Merupakan laptop berlayar WQHD dengan refresh rate 165hz. Mempunyai dapur pacu daya dengan tema all AMD system, kombinasi antara Ryzen 9 5900HX dan Radeon RX 6800 nya membuat anda dapat melibas semua game berat yang ingin anda mainkan. Laptop ini pun dibanderol dengan harga sekitar Rp 32 Juta.

4. Asus ROG Zephyrus Duo 15

Asus ROG Zephyrus Duo 15 - laptop gaming terbaik

Sumber : BusinessTech

Laptop dengan konsep dual screen ini merupakan laptop ROG untuk anda yang suka multi tasking. Dengan desain layout layar tambahan yang berada dibawah layar utama beresolusi 4k 120 hz. Membuat laptop ini terlihat semakin keren. Laptop ini sendiri mempunyai mesin dengan spesifikasi Ryzen 9 5900HX dan GPU RTX 3080. Laptop yang super ngebut dan keren ini bisa dibeli di angka Rp 69 jutaan.

5. Acer Nitro 5 AN515

Acer Nitro 5 AN515 - laptop gaming terbaik

Sumber : PCQuest

Laptop acer yang satu ini merupakan laptop besutan acer yang harganya relatif lebih terjangkau dibandingkan laptop gaming lain. Dengan layar yang mempunyai resolusi FHD IPS 144hz berukuran 15,6 inci. Laptop ini dibekali processor intel i7 11800H dan RTX 3060 dengan kapasitas RAM 16 GB. Kamu bisa membeli laptop ini dengan merogoh kocek sekitar Rp 19 juta.

6. Alienware M15 R5

Alienware M15 R5 - laptop gaming terbaik

Sumber : Yangcanggih

Laptop premium dari Alienware ini merupakan laptop dengain desain ala – ala spaceship alien yang dipadukan dengan layar 240Hz QHD. Performa nya pun bukan main- main. Dengan menggunakan Ryzen 9 5900HX dan RTX 3070 yang ditandemkan dengan 16GB RAM dan 1 TB. Anda bisa membeli laptop super premium ini dengan harga sekitar 35 jutaan.

7. Razer Blade 15 Advanced

Razer Blade 15 Advanced - laptop gaming terbaik

Sumber : Notebookcheck

Laptop keluaran brand khas gaming yaitu Razer ini, merupakan laptop dengan spesifikasi tanpa kompromi. Dengan layar resolusi super tinggi OLED 4K touchscreen. Laptop ini mempunyai tenaga yang super overkill. Mempunyai processor i9 11900 dan GPU RTX 3080. Performa laptop ini tidak perlu diragukan lagi. Anda sendiri perlu merogoh kocek hingga Rp 58 jutaan untuk membeli laptop ini.

8. Lenovo Legion 7

Lenovo Legion 7 - laptop gaming terbaik

Sumber : LDLC

Laptop seri high end dari Lenovo satu ini, merupakan laptop untuk kamu yang suka gaming dengan setting grafis maksimal. Layar laptop ini mempunyai resolusi QHD IPS 165Hz dengan rasio 16:10. Performa laptop ini didukung oleh processor Ryzen 7 5800 dan kartu grafis RTX 3080. Kapasitas RAM nya sendiri berukuran 16GB dengan 1TB SSD. Laptop yang satu ini di hargai sekitar Rp 35 jutaan.

9. HP OMEN 16

HP OMEN 16 - laptop gaming terbaik

Sumber : Laptophia

Laptop gaming besutan HP ini mempunyai desain yang profesional dan minimalis. Meskipun desainnya tidak mencerminkan laptop gaming, performa nya sendiri patut diperhitungkan. Laptop ini dibekali CPU intel i7 11800H dan VGA RTX 3070 yang cukup mumpuni untuk gaming. Dengan kapasitas ram 16GB dan SSD 512GB, kamu bisa membeli laptop ini diharga Rp 29 jutaan.

10. MSI GAMING GE66

MSI GAMING GE66 - laptop gaming terbaik

Sumber :GenTech PC

Laptop dari brand asal taiwan ini merupakan laptop gaming dengan desain yang keren dan stylish. Layarnya sendiri beresolusi QHD 165Hz dengan ukuran 15,6 inci. Ditenagai processor intel core i9 11980HK dan NVidia RTX 3070 membuat kamu dapat menjalankan game berat favorit kamu. Harga laptop ini sendiri berkisar di angka Rp 42 jutaan.

11. ACER PREDATOR HELIOS 300 PH315

ACER PREDATOR HELIOS 300 PH315 - laptop gaming terbaik

Sumber : Nextren

Laptop dari brand acer ini mempunyai desain tegas dan agresif. Dengan mengusung layar QHD IPS 165Hz laptop ini juga dilengkapi dengan keyboard backlight RGB 4 zona. Mesin pacu daya nya sendiri mempunyai spesifikasi CPU i7-11800H dan GPU RTX 3070. Anda dapat membeli laptop ini dengan uang sekitar Rp 27 jutaan.

12. HP LAPTOP VICTUS 16

HP LAPTOP VICTUS 16 - laptop gaming terbaik

Sumber : Laptophia

Laptop ini merupakan laptop gaming yang masuk kedalam golongan Mid-end dari HP. Layarnya sendiri mempunyai ukuran 16inci dengan resolusi FHD IPS dan refresh rate 144Hz. Laptop ini mempunyai mesin internal CPU i7-11800H dan GPU RTX 3060. Harga laptop ini pun cukup terjangkau, dibanderol dengan harga sebesar Rp 21 jutaan.

13. ASUS TUF GAMING F15 FX506HM

ASUS TUF GAMING F15 FX506HM - laptop gaming terbaik

Sumber : SoftCom

Laptop dengan bahasa desain rugged dan super tangguh ini merupakan laptop keluaran dari sub brand gaming ASUS, yaitu TUF Gaming. Layar laptop ini beresolusi FHD dengan ukuran 15,6 inci dan refresh rate 144Hz. Paduan mesin internal CPU dan GPU nya sendiri ditenagai oleh intel i9 11900H dan RTX 3060. Laptop ini mempunyai label harga di angka Rp 24 jutaan.

Itu tadi adalah rekomendasi laptop – laptop gaming terbaik yang bagus beserta spesifikasi dan harganya versi Anteraja. Gimana? kamu sudah nentuin pilihan laptop yang ingin kamu beli dari rekomendasi kami? Jangan lupa ya, jika kamu nanti ingin memilih layanan antar dan pengiriman yang terbaik, kamu bisa mengandalkan Anteraja sebagai jasa pengiriman terbaik dan terpercaya.

Untuk Pembaca Setia Anteraja yang ingin mencari artikel tentang laptop lainnya tenang saja, Anteraja juga menyediakan Artikel terbaik lainnya seperti:

Anteraja juga menyediakan sistem tracking paket untuk memastikan barang sampai tujuan dengan tepat dan akurat, jadinya tidak perlu khawatir lagi deh kalau kamu membutuhkan jasa pengiriman yang cepat dan aman karena ada Anteraja.