Update Aja

11 Rekomendasi Merk Makanan Kucing yang Bagus, Bernutrisi dan Terbaik

Sebagai pemilik kucing, kita semua ingin menjaga hewan peliharaan kita tetap sehat setiap harinya. Sebagian besar dari kita menyadari bahwa memberi makan makanan berkualitas tinggi adalah salah satu cara terbaik untuk membuat kucing kita sehat dan bahagia.

Namun, menemukan makanan terbaik untuk kucing bisa jadi membingungkan. Berbagai macam pilihan tampak tidak ada habisnya. Tentu saja memilih makanan kucing bisa menjadi tantangan.

Terutama jika kamu belum pernah membeli makanan untuk kucing sebelumnya. Sebaiknya, kamu bisa memilih makanan kucing berdasarkan bahan dalam makanan. Kamu juga dapat memilih makanan kucing berdasarkan jenis dan usia kucing yang kamu pelihara, sehingga mendapatkan nutrisi dan energi yang dibutuhkan untuk berkembang.

Nah, tunggu dulu. Anteraja punya tips dan berbagai rekomendasi makanan kucing terbaik yang bisa kamu pilih Sahabat, penasarankan apa saja? Intip di bawah ini ya!

Tips Memilih Makanan Kucing

– Pilih Berdasarkan Bahannya

Mulailah dengan melihat nama brand makanan hewan peliharaan. Jika makanan yang diiklankan mengandung bahan tunggal, makanan tersebut harus mengandung setidaknya 95% bahan tersebut, tidak termasuk air tambahan. Demikian juga, jika kombinasi bahan diiklankan, kombinasi tersebut harus terdiri dari setidaknya 95% dari makanan.

Misalnya, jika makanan mengaku hanya terbuat dari daging sapi, maka daging sapi harus memenuhi 95% dari makanan. Jika klaimnya adalah kalkun dan daging sapi, maka makanannya harus 95% kalkun dan daging sapi digabungkan.

– Cek Protein Hewani

Semua makanan kucing harus memiliki beberapa sumber protein dan lemak hewani. Kucing adalah karnivora wajib dan membutuhkan nutrisi seperti taurin dan asam arakidonat untuk dipasok dalam makanan mereka. Nutrisi ini hanya ada dalam sumber hewani. Mereka tidak ditemukan dalam sumber nabati. Sumber hewani dapat berupa daging sapi, unggas, ayam, kalkun, ikan atau daging lainnya. Atau mungkin dalam bentuk produk sampingan atau makanan produk sampingan.

– Pilih yang Mengandung Biji-bijian Berkualitas Tinggi

Banyak makanan kucing yang mengandung biji-bijian seperti jagung, barley, atau gandum. Biji-bijian ini menyediakan karbohidrat untuk kucing, yang akan memberi mereka energi. Idealnya, lima bahan teratas dalam makanan harus daging pertama, organ kedua (seperti hati), diikuti oleh biji-bijian dan bahan tanaman. Daging harus selalu didahulukan sebelum biji-bijian dan sayuran.

– Pastikan Ada Vitamin dan Mineral

Carilah vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, asam folat, dan vitamin B12 dalam makanan. Vitamin ini sangat penting untuk menjaga kucing kamu tetap sehat. Mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, dan seng juga harus dicantumkan sebagai bahan dalam makanan kucing. Mineral ini membantu kucing kamu menjaga kesehatan sendi, tulang, dan gigi.

– Berikan Produk Sampingan

Produk sampingan termasuk organ sangat mudah dicerna dan bergizi, seperti hati, paru-paru serta bahan makanan hewan yang diberi label sebagai produk sampingan. Beberapa merek makanan kucing akan mencantumkan produk sampingannya, seperti hati atau paru-paru hewan sementara merek lain mungkin hanya mengatakan produk sampingan hewan. Cobalah untuk memilih makanan yang menyertai deskripsi produk sampingan.

– Berikan Dua Pilihan Jenis Makanan (Kalengan atau Kering)

Makanan kaleng vs kering adalah topik kontroversial lainnya dalam hal memberi makan kucing. Beberapa ahli kucing percaya bahwa makanan kaleng lebih sehat daripada makanan kering. Yang lain berpendapat bahwa kucing melakukannya dengan baik pada kedua jenis makanan dan pemilik hewan peliharaan harus dapat memilih apa yang paling nyaman. Makanan kaleng memang menawarkan keuntungan memiliki kadar air yang lebih tinggi, penting bagi kucing yang tidak tertarik untuk minum air dengan mudah.

Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik


1. BOLT Cat Food

Sumber: Blibli

Dengan mengandung ikan tuna, BOLT dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit dan membuat bulu kucing halus. Formulanya juga dikhususkan untuk memenuhi asupan nutrisi kucing kamu. Terdapat kandungan yang bisa mempertajam penglihatan kucing, menjaga kesehatan gigi, mengurangi risiko penyakit saluran kemih dan bahkan meningkatkan sistem imunitas kucingmu. Menawarkan harga mulai dari Rp14,850, kamu bisa dapat segala macam manfaat dari produk BOLT ini.

2. Royal Canin Hair & Skin

Sumber: Tokopedia

Meski punya harga yang tidak murah, namun produk yang satu ini memiliki manfaat segudang untuk mengatasi masalah pada kucing kamu, misalnya saja bulu yang rontok. Dengan mengkonsumsi Royal Canin Hair & Skin dijamin bulu kucing kamu akan lebih lebat, sehat dan terawat dengan baik. Harga mulai dari Rp120.000.

3. Me-O Dry Food

Sumber: Shopee

Makanan kucing yang dikemas berwarna kuning ini memiliki nutrisi yang cukup tinggi. Kandungan gizinya juga gak main-main loh bisa buat kucing kamu semakin sehat, dan bulu juga semakin lebat. Vitamin C nya juga berfungsi menutrisi dan dapat mengurangi stres kucing kamu. Varian rasa yang ditawarkan juga beragam mulai dari tuna, salmon, dan sapi. Harga Rp45.000.

4. Felibite Dry Cat Food

Berbahan dasar olahan seafood dan tuna, makanan kucing ini tidak berbau amis sama sekali. Dijamin, kucing kamu gak akan bosan mengkonsumsi Felibite Dry Cat Food. Adapula Omega 3 dan Omega 6 untuk menjaga kesehatan bulu, kesehatan mata ada taurine, dan guna mengurangi bau pada kotoran kucing kamu, makanan ini dilengkapi yucca extract. Tak hanya itu, kandungan nutrisi yang seimbang pada makanan ini dapat membuat kucing kamu lebih sehat dan daya tahan tubuhnya terjaga. Harga mulai dari Rp15.800.

5. Whiskas

Sumber: Tokopedia

Siapa sih yang tak kenal makanan kucing yang satu ini? Merek yang terkenal itu memiliki berbagai macam manfaat yang bisa kamu berikan pada kucing kesayangan kamu. Rasa yang lezat dan sehat karena mengandung vitamin A dan E yang dapat meningkatkan perawatan dan nutrisi penuh pada si miaw. Perlu diingat, produk Whiskas ini terbuat dari gandum dan jagung, kamu perlu hati-hati saat memberikan makanan ini ketika kucing sedang mengalami gangguan pencernaan. Varian rasanya sendiri ada ayam, mackerel, ocean fish dan tuna. Harga mulai dari Rp4.500.

6. Equilibrio

Sumber: Shopee

Merasa kotoran kucing kamu berbau? Kamu bisa mengganti makanannya dengan yang mengandung ekstrak yucca schidigera. Ini bermanfaat untuk mengurangi bau kotoran pada kucing serta anti hairball. Produk besutan Brasil ini dipercaya dapat membuat kucing kamu gemuk, sebab terdapat kandungan 35 persen protein dan 20 persen lemak. Terlebih omega 3 dan 6 menutrisi kucing kamu setiap hari. Harga mulai dari Rp59.000.

7. Friskies Meaty Grills

Sumber: Shopee

Formulanya yang diklaim dapat mendukung pertumbuhan kucing kamu, Friskies Meaty Grills dilengkapi protein, karbohidrat, mineral, variasi vitamin, dan mengandung serat. Memiliki dua jenis bahan, ada yang basah dan juga kering. Makanan yang satu ini dapat dikonsumsi kucing dewasa dengan lima varian rasa yakni Sapi, Ayam, Domba, Kalkun dan Sayur-sayuran. Harga mulai dari Rp30.237.

8. Blackwood Kitten Food

Sumber: Official Blackwood

Terbilang mahal, namun makanan kucing yang satu ini dapat mencegah peliharaan kamu dari penyakit diare, berkat omega fatty acid dan prebiotik, sehingga pencernaan kucing kamu dapat terjaga sepanjang hari. Dilengkapi juga protein 33%, yucca schidigera extract dan bahan alami lainnya, sudah pasti Blackwood Kitten Food Chicken Meal & Brown Rice Recipe ini aman dikonsumsi kucing kamu. Harga Rp500.000.

9. Minino Nutritively Delicious Tuna

Sumber: Lazada

Dikhususkan untuk anak kucing dan kucing dewasa, makanan ini dikembangkan oleh para ahli di Prancis untuk menjamin kualitas nutrisi terbaik bagi kucing kamu. Diolah dengan daging ikan tuna asli serta kandungan protein yang tinggi, dijamin lebih nikmat dan bernutrisi untuk kucing kamu. Harga Rp62.000.

10. Maxi Premium Cat Food

Sumber: Tokopedia

Diperkaya dengan L-Lysine yang bekerja untuk kekebalan tubuh, merangsang nafsu makan dan terdapat yucca schidigera extract yang pastinya membuat kotoran kucing kamu tidak berbau. Sementara itu, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E di dalam makanan ini dapat meningkatkan sistem imun dan kesehatan kucing. Bulu kucing kamu juga akan sehat dan tebal berkat omega 6 dan omega 3. Harga mulai dari Rp17.000.

11. Pro Plan Weight Loss Sterilised

Sumber: Blibli

Saat kucingmu mengalami kelebihan berat badan sebaiknya kamu memilih makanan ini. Sesuai namanya, Pro Plan Weight Loss. Sterilised dapat menurunkan berat badan karena menggabungkan semua nutrisi penting termasuk vitamin A, C dan E, juga Asam Lemak Omega 3 & 6 dalam diet protein tinggi.

Pro Plan Weight Loss. Sterilised diformulasikan secara khusus dengan 25% lebih rendah lemak, mengandung ikan salmon dan tuna asli untuk membantu menurunkan berat badan serta membantu menciptakan rasa kenyang karena kandungan protein yang tinggi, karbohidrat kompleks dan kadar serat yang memadai. Makanan ini juga mampu membantu menjaga kesehatan saluran kemih pada kucing yang sudah di-steril yang cenderung mengalami Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD). Nutrisinya juga membuat rambut berkilau dan lembut, serta antioksidan yang terbukti secara ilmiah sebagai daya tahan tubuh.

Baca Juga: 13 Merk Sprei Terbaik, Bahannya Halus dan Nyaman. Tidur Jadi Nyenyak

Sahabat pasti kamu sudah gak bingung lagi kan memilih makanan kucing untuk peliharaan kamu, yuk cuss langsung aja checkout di e-commerce kesayangan kamu, dan tentu dong pilih Anteraja sebagai layanan antar kesayangan kamu. Murah ongkirnya, dapat menjangkau juga ke seluruh Indonesia.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *