Update Aja

12 Merk Mentega/Butter Terbaik! Lezat, Sehat dan Berkualitas

Mentega alias butter merupakan salah satu faktor kenikmatan dari makanan yang kamu buat, dengan mentega yang berkualitas dan terbaik dapat menghasilkan rasa yang sangat lezat tentunya.

Saat ini mentega sudah banyak dijual di pasaran dengan harga mulai dari yang murah hingga yang mahal, tentu saja semua rasa yang dihasilkan tergantung dari mentega yang kamu pilih, sahabat!

Namun tentunya kamu nggak bisa menggunakan mentega pada semua makanan, karena hanya makanan tertentu dan jenis mentega yang digunakan juga memiliki fungsi yang berbeda pada setiap makanan.

Nah berikut ini Anteraja ulas sedikit jenis-jenis mentega dan kegunaannya ya sahabat, beserta pilihan mentega terbaik dari Anteraja, yuk simak!

Tips Memilih Jenis Mentega untuk Masakan Kamu

Perlu diketahui, nggak semua orang tahu perbedaan mentega dan margarin, terkadang orang selalu salah menyebut margarin menjadi mentega. Margarin sendiri diolah dari lemak nabati atau kelapa sawit dan teksturnya juga sangat padat. Warna margarin lebih kuning ketimbang mentega, dan tidak memiliki aroma yang menyengat.

Sedangkan mentega atau butter berbahan dasar lemak hewani seperti sapi, kambing, atau domba, krim susu dan padatan susu. Karenanya, warna mentega sendiri menjadi lebih cerah ketimbang margarin.

European Style Butter

Ini adalah mentega yang dibuat dengan krim manis segar dan dikocok dengan kandungan lemak susu yang lebih tinggi yaitu 82%. Mentega jenis ini sangat cocok untuk dioleskan pada roti dan untuk semua kebutuhan memanggang dan memasak kamu.

Salted Butter

Jenis ini adalah butter yang mengandung garam, sehingga membuat rasa gurih dan asin saat dicicipi. Meski asin, mentega ini juga cocok untuk olesan roti atau umumnya digunakan di Indonesia untuk dioleskan pada martabak. Tidak sedikit juga orang yang menggunakan salted butter ini untuk menumis masakan, karena tidak perlu lagi menambahkan banyak bumbu serta dapat mentoleransi panas juga.

Unsalted Butter

Sesuai namanya, jenis mentega ini cenderung memiliki rasa tawar berbeda dengan Salted Butter. Unsalted Butter bisa kamu olah untuk membuat kue dan berfungsi juga mengontrol jumlah garam dalam kue. Nggak cuma itu, Unsalted Butter bisa menjadi pilihan untuk mengolah berbagai masakan, termasuk nasi goreng.

Light Butter

Jenis Light Butter merupakan mentega yang lebih rendah lemak serta kalori dibandingkan dengan butter yang disebutkan di atas. Kamu dapat menggunakan Light Butter sebagai penunjang untuk program diet kamu loh.

Sayangnya, kandungan air pada Light Butter mencapai 25% sehingga tidak cocok jika kamu gunakan untuk memasak. Mentega akan cepat menguap jika terkena panas. Biasanya mentega jenis ini biasa digunakan sebagai olesan roti. Light Butter sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni salted dan unsalted.

Rekomendasi Mentega / Butter yang Bagus dan Terbaik

1. Mentega Hollman

Sumber: Blibli

Terkenal di kalangan pengusaha kue dan bakery, mentega Hollman ini layak menjadi pilihan bagi mereka karena memiliki aroma yang sangat kuat, dan kamu tidak perlu memasukan banyak butter pada adonan kue, maka Hollman Butter akan membuat kue kamu terasa nikmat. Hemat bukan?

Kadar garam dari mentega ini sangat sedikit, jadi ia memiliki rasa yang lebih tawar jika dibandingkan dengan yang lain. Produk mentega ini rata-rata dijual dengan ukuran besar, satu kilogram Hollman Butter dibanderol mulai dari Rp64.500.

2. Anchor Butter

Sumber: Shopee

Mentega dengan dua jenis pilihan salted dan unsalted ini berasal dari Selandia Baru, terbuat dari bahan-bahan alami juga, loh! Anchor Butter tidak memiliki aroma yang menyengat dan warna yang kuning cerah, menjadi ciri khas dari produk ini. Dengan Anchor Butter kamu bisa mengoleskannya ke roti atau membuat masakan tumis. Harga mulai dari Rp39.500.

3. Elle & Vire Butter

Sumber: Official Elle & Vire Butter

Untuk kamu yang sedang menjalani diet, mentega yang satu ini kurang cocok, karena memiliki kandungan lemak sebanyak 82%. Tapi, karena kandungan lemak ini mentega Elle & Vire ini mampu membuat masakan kamu terasa alami, dan semakin nikmat disantap. Selain itu, butter ini juga terbuat dari bahan bahan alami yang berkualitas serta aman dikonsumsi.

Ohiya, butter yang satu ini tanpa tambahan garam ya sahabat, tapi kamu juga bisa memilih jenis salted jika menginginkan tambahan kandungan garam. Dikemas pula dengan aluminium foil yang tear–proof, maka dijamin kemasan nggak akan rusak. Harga mulai dari Rp28.000.

4. Orchid Butter

Sumber: Tokopedia

Nah butter besutan Indofood ini cocok banget buat kamu yang mencari mentega untuk membuat kue kering. Dengan Orchid Butter kue kering buatan kamu akan terasa lebih nikmat dan gurih, tapi kalau kamu memilih mentega jenis salted ya. Kalau kamu lebih suka yang tidak memiliki rasa, kamu bisa memilih jenis unsalted dari Orchid Butter ini.

Terdapat pula kandungan vitamin E dan A serta berbahan dasar lemak susu. Tak hanya dijadikan bahan dasar pembuat kue kering, Orchid Butter ini juga cocok dijadikan olesan roti. Harga mulai dari Rp32.999.

5. Mentega Corman

Sumber: Shopee

Memiliki tekstur yang lembut, kamu bisa mengandalkan butter ini untuk membuat cream, roti maupun mencampurkannya dalam adonan kue atau pastry. Tentu saja hasilnya akan membuat pastry lebih renyah.

Produk Corman ini asli buatan Belgia dan memiliki aroma seperti butter dutch Wysman. Selain itu, Corman terbuat dari mentega pilihan dan minyak nabati yang dipilih. Harga mulai dari Rp200.000.

6. Mentega Wijsman

Sumber: Bukalapak

Mentega yang satu ini nggak perlu diragukan lagi soal kualitasnya. Wijsman sendiri merupakan jenis concentrated butter yang mengandung lemak susu tinggi. Biasanya Wijsman digunakan untuk membuat kue-kue kering saat lebaran, seperti cookies, dan lainnya. Namun, harga yang ditawarkan juga nggak murah sahabat. Harga mulai dari Rp55.000.

7. Blue Triangle Butter

Sumber: Official Blue Triangle Butter

Produk dairy yang berasal dari New Zealand ini memiliki aroma khas dan menghasilkan tekstur kue yang lembut. Selain itu, mentega ini juga kaya akan nutrisi dan bebas pengawet. Kamu dapat mencampurkan mentega ini pada masakan kamu, membuatnya tampak semakin lezat. Harga mulai dari Rp70.000.

8. Royal Krone Butter

Sumber: Shopee

Berbahan dasar susu pilihan terbaik, mentega Royal Krone ini akan membuat olahan masakan, roti dan kue kamu memiliki aroma yang khas. Mentega ini bahkan mampu bertahan dalam suhu yang tinggi. Harga mulai dari Rp40.000.

9. Golden Churn Butter

Sumber: Bukalapak

Butter yang satu ini dijamin bakal awet hingga 18 bulan tanpa membutuhkan mesin pendingin alias kulkas, karena mengandalkan garam sebagai bahan pengawet alami. Cita rasa yang diciptakan untuk masakan juga akan lebih creamy karena Golden Churn Butter terbuat dari krim pasteurisasi (81% butterfat), air, dan garam. Harga mulai dari Rp79.000.

10. Lurpak Butter

Sumber: Tokopedia

Sesuai namanya Lurpak Spreadable Slightly Salted, butter ini tidak memiliki rasa asin setinggi jenis salted butter. Namun, kamu akan tetap merasakan sedikit asin jika dipadukan dengan topping lainnya, seperti meses atau selai. Selain itu, mentega ini dikemas dalam wadah, jadi kamu mudah menyimpannya sahabat. Harga mulai dari Rp70.000.

11. Mentega Blue Band

Sumber: Kiozorenz

Selain margarin, Blue Band juga punya produk mentega. Meski tidak sepenuhnya mentega, melainkan dipadukan juga dengan margarin, produk ini cocok menjadi bahan utama bagi kamu yang ingin membuat kue kering yang lezat. Harga mulai dari Rp10.200. 

12. Mentega Royal Palmia

Sumber: JD.ID

Satu lagi produk dari Indofood adalah Royal Palmia. Dengan mentega murni ini kue kamu akan menjadi lebih renyah dan gurih. Teksturnya yang lebih lunak, produk ini dibuat dari susu dan garam. Harga mulai dari Rp8.000.

Baca Juga: 13 Merk Sosis Yang Enak, Bergizi Dan Terbaik Untuk Makan Apa Saja

Sahabat Anteraja, itu dia pilihan berbagai macam butter atau mentega yang bisa kamu pilih. Kamu bisa membelinya secara offline di supermarket terdekat, eits tapi kalau kamu nggak punya waktu kamu bisa juga loh belanja online di e-commerce kesayangan kamu, lebih hemat waktu bukan? Apalagi kalau memilih Anteraja untuk jadi layanan pilihan kamu, dijamin nggak lama deh sampai rumah kamu sahabat.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *