11 Novel yang Bagus, Best Seller dan Terbaik untuk Dibaca

Dijaman yang serba modern ini, novel masih menjadi pilihan untuk kamu yang gemar membaca, apalagi disaat pandemi COVID-19 ini, selain film novel juga dapat menjadi pilihan kamu mengisi waktu luang di rumah.

Ada banyak penulis yang terkenal dan karya-karyanya selalu ditunggu orang, seperti Tere Liye, Dee Lestari, Eka Kurniawan, Andrea Hirata dan masih banyak lagi. Namun, tidak semua novel bisa kamu beli.

Dari novel yang terdapat di toko buku maupun online, banyak menyediakan genre yang beragam, dari mulai fiksi dan nonfiksi. Adapula romance, fantasy, horror, teenlit dan masih banyak lagi. Untuk itu perlu kamu ketahui novel mana yang bisa kamu pilih dan bagus untuk kamu baca. Nah, di bawah ini ada rekomendasi novel best seller dan terbaik untuk sahabat Anteraja, simak yuk!

Rekomendasi Novel Best Seller dan Terbaik

1. Dikta & Hukum – Dhia’an Farah

Sumber: Tokopedia

Novel ini bermula dari cerita alternative universe yang ditulis di Twitter, dan sangat viral karena menggunakan penggambaran Doyoung NCT sebagai tokoh utamanya. Bercerita tentang sosok mahasiswa hukum tingkat akhir dan memiliki sahabat anak SMA kelas 12 yang sudah bersama-sama sejak kecil.

Keduanya memiliki sifat yang sangat berbeda. Dikta dan Nadhira, meski masing-masing sudah memiliki pacar, namun tak bahagia dengan pasangannya, tetapi lambat laun karena sering bersama, mereka akhirnya menemui percikan cinta. Di samping itu, Dikta juga mempunyai wishlist yang ingin ia lakukan bersama Nadhira sebelum semuanya sirna, karena hidupnya dirasa sudah tak lama lagi, apakah wish list Dikta? Yuk baca novelnya..

2. Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam – Dian Purnomo

Sumber: Shopee

Novel yang diangkat dari kisah nyata isu kekerasan berupa kejamnya tradisi kawin tangkap menurut Dian Purnomo, kebiasaan ini bisa disalahgunakan dan merugikan perempuan.

Adalah Magi Diela yang mempunyai cita-cita untuk membangun Sumba, Nusa Tenggara Timur, tempat ia tinggal menjadi lebih baik. Sayang, cita-cita Magi harus sirna karena tradisi kawin tangkap. Ia diculik oleh Leba Ali, salah seorang berpengaruh yang sudah menodainya secara paksa. Hal ini membuat Magi harus melawan tradisi serta orang tuanya. Apakah Magi bisa memperjuangkan keadilan?

3. Di Tanah Lada – Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Sumber: Shopee

Menceritakan seorang anak yang dianggap tidak berguna oleh ayahnya, Salva atau yang biasa dipanggil Ava sekeluarga pindah ke Rusun Nero setelah kakeknya, Kia meninggal dunia. Kakek Kia pernah memberi Ava kamus sebagai hadiah ulang tahun yang ketiga. Sejak itu Ava menjadi anak yang pintar berbahasa Indonesia. 

Diketahui, kakek Kia merupakan kakek dari papa Ava. Namun, keahlian Ava tidak dipedulikan oleh orang dewasa, mereka menyatakan seharusnya anak-anak belajar bahasa Inggris. Di Rusun Nero, Ava bertemu anak laki-laki bernama P, setelah pertemuan itulah hidup Ava menjadi berubah dengan akhir yang mengejutkan.

4. Cantik itu Luka – Eka Kurniawan

Sumber: Shopee

Karya pertama dari penulis handal asal Indonesia, Eka Kurniawan ini mengisahkan seorang perempuan yang memiliki rupa cantik dan manis. Sayangnya, dia memiliki kehidupan yang tak secantik wajahnya alias tragis. Novel ini bisa membuat kamu meneteskan air mata karena kisahnya benar-benar menusuk hati.

5. Twenty Four Eyes – Sakae Tsuboi

Sumber: Shopee

Menceritakan tentang guru baru yakni Bu Oishi. Ia ditugaskan mengajar di sebuah desa nelayan yang sangat miskin. Namun, di sana dia belajar memahami kehidupan sederhana dan kasih sayang yang ditunjukkan kepada murid-muridnya.

Sayangnya, kehidupan Bu Oishi tak berjalan mulus, semua impian harus disapu dengan kenyataan bahwa perang telah terjadi di sana, menghancurkan semua dan guru serta anak-anak harus menyesuaikan diri dari perubahan tersebut.

6. Pintu Harmonika – Clara Ng dan Icha Rahmanti

Sumber: Bukalapak

Satu novel yang terdiri atas tiga cerita dengan benang merah kehidupan ruko perumahan. Masing-masing cerita memiliki tiga tokoh utama yang saling mengenal karena bertetangga. Adalah Rizal, Juni, dan David yang telah menemukan surga lewat ketidaksengajaan.

Surga itu tersembunyi di belakang ruko tempat tinggal mereka. Surga membuat mereka menemukan bukan hanya sahabat, tetapi juga saudara dan keluarga. Apa maksud surga ini, dan hubungan ketiganya? Simak cerita lengkapnya di novel ini ya!

7. Negeri 5 Menara – Ahmad Fuadi

Sumber: Fimela

Berlatarbelakang tempat di pondok pesantren, novel ini mengisahkan kehidupan enam santri dari masing-masing daerah yang berbeda. Mereka mencari makna kehidupan dan terus menyebarkan segala sesuatu yang bermanfaat. Bagaimana kisah mereka? Dan apa akhir dari novel karya pertama Ahmad Fuadi ini? 

8. Moon atau Bulan – Tere Liye

Sumber: Good Reads

Dua gadis beranjak dewasa saling bersahabat dan kerap melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama, tetapi keduanya memiliki rahasia besar yang tak diketahui siapapun.

Rahasia itu adalah kekuatan laiknya superhero, dengan memiliki kekuatan ini mereka kerap berpetualang ke tempat-tempat menakjubkan. Ini merupakan novel kedua dari seri Bumi – Tere Liye.

9. Puya ke Puya – Faisal Oddang

Sumber: Good Reads

Menceritakan bagaimana seorang anak ingin terbebas dari adat yang dirasa membelenggunya. Sayang, dilema melanda sang anak karena ayahnya adalah seorang tetua yang memegang teguh adat. Jika kamu tertarik dengan budaya Toraja khususnya Rambu Solo, novel ini bisa kamu pilih untuk memperluas pengetahuanmu.

10. Tetralogi Pulau Buru – Pramoedya Ananta Toer

Sumber: Shopee

Dikenal sebagai novel terbaik sepanjang masa. Tetralogi Pulau Buru menceritakan tentang Minke, seseorang yang merupakan nama lain dari tokoh pers generasi awal Indonesia, Raden Tirto Adhi Soerjo. Mengutip llatar belakang terbentuknya negara Indonesia pada abad ke-20 yang menceritakan bagaimana sejarah Nusantara di masa lampau.

Novel Tetralogi Pulau Buru terdiri dari Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca itu terbit dari tahun 1980 hingga 1988.

11. Yang Bertahan dan Binasa Perlahan – Okky Madasari

Sumber: Good Reads

Mengadaptasi cerita pendek alias cerpen dari pertarungan dan daya tahan manusia. Novel ini menceritakan bagaimana tokoh dari cerpen di dalamnya melawan dan bertahan, ada yang lari dan menyembunyikan diri, ada yang tak punya pilihan selain binasa perlahan.

Adapula sosok dari Tanah Jawa yang mengadu nasib ke Kalimantan tanpa bekal apapun, sebagai tanggung jawabnya kepada keluarga. Lainnya, ada seorang perempuan yang hidup di lingkungan tak sehat, karenanya ia hamil di luar nikah. Cerita-cerita dalam buku ini hanya satu upaya kecil untuk menghayati makna kita sebagai manusia.

Baca Juga: Jenis Lampu Tidur Terbaik dan Awet yang Buat Tidur Lebih Nyenyak

Sahabat Anteraja, itu dia rekomendasi novel best seller dan terbaik dari kami, semoga bisa menjadi salah satu pilihan kamu ya. Oh iya kamu bisa membelinya di book store online maupun e-commerce kesayangan, tapi ingat! Pilih Anteraja dong sebagai layanan pengiriman tercepat dan terpercaya!