Update Aja

11 Odol Terbaik untuk Anak 1 – 3 Tahun, Aman Jika Tertelan!

Menyikat gigi dua kali sehari adalah kebiasaan yang sangat penting untuk mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi pada masa kanak-kanak. Sayangnya, anak-anak tak boleh sembarang menggunakan pasta gigi atau odol, apalagi milik orang dewasa. Mereka harus menggunakan odol sesuai dengan umurnya. Dan kini banyak brand yang telah mengeluarkan odol khusus untuk anak di umur 1 hingga 3 tahun.

Sebagian besar pasta gigi khusus anak-anak biasanya sudah terbebas dari semua bahan kimia berbahaya dan aman jika tak sengaja tertelan. Karena tak semua anak-anak sudah bisa berkumur. Tapi sebelum itu, bunda harus tahu nih pasta gigi mana yang bagus untuk si kecil, pilih kandungan yang benar-benar aman untuk gigi dan gusi mereka itu sudah jadi hal wajib ya bund.

Agar bunda lebih teliti, biasakan untuk memeriksa bahan yang terkandung pada labelnya. Bunda bisa mencari pasta gigi yang bebas dari fluoride, pengawet, pewarna dan pengharum, dan bahan kimia lainnya. Untuk itu simak tips memilih odol dan rekomendasi odol terbaik anak usia 1-3 tahun dari Anteraja di bawah ini ya bund.

Tips Memilih Odol untuk Anak Usia 1-3 Tahun

Pilih yang Bebas Fluoride

Fluoride adalah mineral alami yang telah terbukti dapat mengurangi kerusakan gigi. Tetapi terlalu banyak fluoride tertelan dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai fluorosis. Namun, fluoride dalam dosis yang tepat, benar-benar aman untuk bayi. Karena dapat memperkuat gigi, melindungi email dari asam penyebab gigi berlubang yang ditemukan dalam plak dan juga membantu membunuh beberapa bakteri jahat di mulut

Untuk itu bunda dapat mempertimbangkan dengan menggunakan pasta gigi bebas fluoride atau yang terdapat fluoride tetapi hanya menggunakannya dengan seukuran kacang polong.

Pilih Rasa yang Ramah Anak

Meskipun bukan masalah kesehatan, bunda pasti ingin dong memastikan bahwa pasta gigi tidak terasa tidak enak untuk si kecil. Banyak anak sering menganggap rasa seperti mint terbilang pedas, dan mereka sering kali lebih menyukai pilihan yang lebih ramah anak yang tersedia saat ini seperti buah-buahan.

Cek Keamanan Produk

Untuk memastikan keamanan suatu produk, selalu periksa apakah produk tersebut memiliki sertifikasi pemerintah yang diperlukan. Jika bunda memiliki kekhawatiran tentang kualitas odol atau apakah anak bunda sudah cukup umur untuk menggunakannya, sebaiknya bunda bisa konsultasikan dengan dokter gigi terlebih dahulu ya.

Rekomendasi Odol Terbaik untuk Anak 1-3 Tahun

1. Pigeon Toothpaste for Children

Sumber: Orami

Bagi bunda yang nggak mau pilih pasta gigi mengandung flouride, tenang! Produk yang satu ini benar-benar bebas flouride ya bund, jadi aman banget buat si kecil. Apalagi busa yang dihasilkan dari pasta gigi ini nggak banyak, membuat si kecil aman saat menyikat gigi. Selain itu, Pigeon Toothpaste for Children juga mengandung dicalcium phospate dihydrogen (DPCD).

DPCD merupakan kalsium alami yang tmemberikan perlindungan terhadap gigi untuk buah hati bunda. Kandungan tersebut dinilai sangat efektif dalam menghilangkan bau mulut dan mencegah gigi berlubang. Varian rasa yang ditawarkan adalah stroberi dan jeruk. Harga mulai dari Rp8.000.

2. Pure Kids Tooth Paste

Sumber: Shopee

Bunda perlu diketahui kalau gigi anak pada umumnya masih sangat rentan, dan berujung dengan adanya lubang. Karenanya, bunda perlu pasta gigi yang bisa menuntaskan masalah tersebut sekaligus memberikan perawatan maksimal. Nah, bunda bisa mencoba Pure Kids Tooth Paste.

Diformulasikan tanpa fluoride, sehingga pasta gigi ini sangat aman untuk mencegah gigi rapuh dan berlubang. Bahkan odol ini nggak mengandung SLS, detergen, paraben dan pewarna sehingga aman untuk anak.

Untuk mencegah pertumbuhan bakteri, pasta gigi ini dibekali xylitol, dan tersedia dengan dua varian rasa seperti banana dan strawberry. Harga mulai dari Rp30.000.

3. Kodomo Regular Toothpaste

Sumber: Shopee

Merk yang satu ini sudah sangat terkenal banget di telinga para ibu-ibu Indonesia. Karena desain kemasannya yang unik, tak ayal produk ini juga banyak diburu. Namun, Kodomo Regular Toothpaste sendiri mengandung fluoride dan xylitol yang dapat membantu menjaga gigi bayi tetap sehat, kuat, dan tidak berlubang.

Meski begitu, odol ini tidak mengandung SLS maupun bahan berbahaya lainnya sehingga aman jika tertelan oleh bayi. Tersedia dalam varian grape, orange, strawberry, dan melon. Harga mulai dari Rp5.000.

4. Jack N’ Jill Natural Toothpaste

Sumber: Shopee

Kalau buah hati bunda mudah alergi dengan berbagai produk termasuk pasta gigi, tenang bund, karena Jack N’ Jill Natural Toothpaste tak mengandung alergen sehingga aman untuk gusi, lidah, rongga mulut, atau gigi buah hati bunda.

Terlebih, pasta gigi ini juga sangat aman jika tertelan karena tidak mengandung fluoride. Terdapat kandungan xylitol yang mampu mencegah pengeroposan gigi, dijamin gigi si kecil bakal tumbuh sehat bunda. Harga mulai dari Rp65.000.

5. Buds Children Toothpaste With Xylitol

Sumber: Blibli

Selain mengurangi makanan manis, seperti permen dan cokelat, bunda bisa menggunakan odol sebagai solusi untuk mencegah gigi berlubang dan merawat gigi seperti produk Buds Children Toothpaste With Xylitol ini.

Hadir dengan kandungan organic Aloe vera leaf juice, phytic acid, dan xylitol, dipercaya mampu menenangkan gusi dan memperkuat pertahanan gigi anak agar tidak mudah berlubang, sekaligus merawatnya agar tidak timbul masalah gigi yang lainnya bund, wah cocok banget kan untuk buah hati bunda? Harga mulai dari Rp134.000.

6. Dr. Brown’s Natural Baby Toothpaste 

Sumber: Shopee

Nah bunda, masih cari-cari pasta gigi yang tidak mengandung fluoride? Produk Dr. Brown’s Natural Baby Toothpaste ini jawabannya. Aman banget untuk si kecil jika tak sengaja tertelan bunda. Bahkan, odol khusus bayi berusia 0-3 tahun ini juga tidak mengandung perisa buatan, pewarna, dan pengawet, makin aman ya bund. Pasta gigi rekomendasi Anteraja kali ini memiliki dua varian rasa, yakni buah pir dan apel alami. Untuk harganya bunda juga harus merogoh kocek besar sekira Rp150.000.

7. Chicco Dentifricio Toothpaste

Sumber: Tokopedia

Diformulasikan dengan low abrasive (level 2), pasta gigi ini akan memberikan sensasi lembut pada gigi dan gusi buah hati bunda, terlebih mampu menghilangkan plak yang mengganggu, tanpa merusak enamel gigi.

Diperkaya juga dengan kalsium bioavailable yang akan bermanfaat untuk gigi si kecil. Terdapat dua varian rasa yang disukai anak-anak, seperti rasa stroberi dan apel-pisang. Dengan bahan-bahan yang tak berbahaya dan justru memberikan manfaat lebih, bunda harus merogoh kocek mulai dari Rp100.000 untuk Chicco Dentifricio Toothpaste ini.

8. Orajel Training Toothpaste

Sumber: Lazada

Rekomendasi pasta gigi selanjutnya adalah Orajel Training Toothpaste. Keunggulannya tentu saja tidak mengandung flouride sehingga aman jika tak sengaja tertelan si kecil. Seperti odol untuk anak pada umumnya, produk ini memiliki rasa buah dengan kandungan bahan yang aman untuk sang buah hati bunda. Jadi nggak perlu khawatir deh bund jika bunda memilih produk ini. Harga mulai dari Rp90.000.

9. Jordan Oral Care Kids Toothpaste

Sumber: Vitaminkita

Dibuat dari bahan alami dan 100 persen vegan, pasta gigi ini dikhususkan untuk anak usia 0-5 tahun. Namun, perlu diingat ya bunda, meski pasta gigi merk ini mengandung fluoride, tetapi sudah memiliki takaran sendiri untuk dianjurkan. Dengan kandungan non-SLS dan non-paraben, pasta gigi ini tidak akan merusak lapisan gigi dan gusi. Apalagi, tak ada kandungan gula sama sekali, jadi aman untuk buah hati. Tersedia dalam varian Strawberry. Harga mulai dari Rp24.000.

10. Mamiae Baby Toothpaste

Sumber: Blibli

Pasta gigi buatan Korea ini khusus dan aman digunakan untuk anak berusia 0-6 tahun. Dibekali Xylitol, Calendula, dan berbagai bahan organik lainnya dengan sertifikasi Ecocert juga terkandung dalam pasta gigi ini.

Terbilang aman karena Mamiae Baby Toothpaste ini juga terbebas dari Fluoride, SLS, Paraben, jadi aman banget kalau pasta gigi ini tak sengaja tertelan oleh si kecil bunda. Tersedia dalam dua varian rasa, yaitu Strawberry dan Orange. Harga mulai dari Rp64.000.

11. Little Tree Fruity Fresh Toothpaste

Sumber: Shopee

Terdapat berbagai kandungan alami yang tentunya aman untuk digunakan anak usia 1 tahun. Kalsiumnya dipercaya membantu memperkuat gigi buah hati bunda loh! Adapula kandungan Xylitol dengan ekstrak daun blueberry, Vitamin C dan E.

Pasta gigi Little Tree Fruity Fresh Toothpaste ini dijamin aman dan terbebas dari bahan pengawet, pemanis, fluoride serta bahan kimia berbahaya lainnya. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp80.000, bunda bisa dapat pasta gigi yang aman untuk buah hati.

Baca Juga: 11 Merk Sepeda Anak Yang Bagus, Berkualitas Dan Terbaik

Bunda itu dia rekomendasi odol terbaik untuk buah hati bunda yang berusia 1-3 tahun, semoga bunda bisa segera tentukan pilihan ya, pastinya dengan memilih produk yang aman untuk si kecil. Jangan lupa ya bund untuk menghemat waktu, belanja online dengan pilih pengirinan menggunakan Anteraja, dijamin pasta gigi si buah hati sampai dengan cepat bunda.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *