14 Usaha Tanpa Modal Terbaik yang Menguntungkan & Menjanjikan

Di zaman yang serba canggih ini banyak yang memanfaatkan peluang untuk membuka usaha, dan tentunya mencari keuntungan. Nah karena sudah serba canggih, memulai usaha ternyata nggak memerlukan modal besar bahkan bisa tanpa modal loh.

Kok bisa sih? Iya dong, yang kamu butuhkan di sini hanya kemampuan kamu saja. Kamu bisa memikirkan kemampuan apa yang kamu miliki, sehingga dapat menghasilkan uang dari sana. Perlu diingat yah, ini semua bisa dilakukan asalkan kemampuan kamu memiliki standar dan bisa dimanfaatkan dengan baik.

Nah pasti kamu makin penasaran kan apa saja usaha yang bisa menjadi peluang kamu mencari uang di tahun 2022 ini? Jangan bingung dan jangan galau, karena ada 14 rekomendasi peluang usaha tanpa modal yang bisa menjadi pertimbangan kamu! Anteraja yakin pasti kamu tertarik dengan salah satu peluang usaha di bawah ini. Yuk langsung aja simak artikelnya!

Usaha Tanpa Modal Terbaik


1. Bisnis Dropshipper

Peluang Usaha Tanpa Modal Terbaik  - Usaha Dropshipper

Kalau kamu menguasai dunia marketplace atau online shop, bisnis dropshipper ini bisa menjadi pilihan kamu loh. Selain tanpa modal, bisnis ini juga cukup mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Tetapi kamu juga harus memilih barang-barang yang mudah diminati semua orang dan pastikan memiliki pasar yang luas, seperti pakaian, hijab, dan aksesori ponsel.

Eits, kamu bisa juga kok berjualan barang-barang antik, tapi pastikan dulu barang-barang tersebut masih banyak peminatnya ya. Sebab, keuntungan menjadi dropshipper jika kamu menjual barang dengan jumlah yang banyak.

2. Menjadi Writer

Peluang Usaha Tanpa Modal Terbaik  - Menjadi Writer

Pekerjaan kali ini mudah-mudah susah, karena di sini kamu harus memiliki kreativitas tinggi dalam menulis, supaya tulisan-tulisan yang kamu buat bisa menghasilkan uang. Jasa writer biasanya akan diminati oleh perusahaan yang membutuhkan konten untuk sebuah promosi, meningkatkan brand awareness, dan memaksimalkan SEO perusahaan.

Usaha kali ini memang hanya membutuhkan skill saja kamu sendiri sudah memiliki laptop atau smartphone, tetapi jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa mengajukan untuk dipinjamkan dari perusahaan sesuai kesepakatan.

3. Usaha Desain Grafis

Peluang Usaha Tanpa Modal Terbaik  - Usaha Desain Grafis

Bagi kamu yang memiliki skill desain grafis cukup andal, skill kamu ini juga banyak dicari oleh perusahaan loh. Biasanya jasa desain grafis dibayar cukup tinggi, karena tingkat kesulitan dari pekerjaannya bervariasi, apalagi untuk proyek perusahaan besar. Kalau kamu merasa berat bekerja sendirian, kamu bisa mengajak teman-teman kamu yang memiliki skill sama untuk membuat agensi yang menyediakan jasa desain grafis, sehingga kamu memiliki tim untuk mengerjakan sebuah proyek.

4. Usaha di Bidang Jasa

Peluang Usaha Tanpa Modal Terbaik  - Usaha di Bidang Jasa

Menjalankan usaha di bidang jasa ada yang tidak membutuhkan modal berupa uang, sehingga kamu bisa mempertimbangkan usaha ini. Kamu bisa menyediakan jasa seperti, mengajar alat musik, pelajaran sekolah, pembuatan website, joki game, atau hal-hal lainnya yang kamu kuasai. Tentunnya disini modal utama yang kamu butuhkan hanyalah skill, sehingga kamu bisa menghasilkan uang.

5. Menjadi Blogger

Peluang Usaha Tanpa Modal Terbaik  - Menjadi Blogger

Pekerjaan menjadi blogger memang sudah terbilang biasa, kamu hanya memerlukan skill menulis, dan memiliki kreativitas yang tinggi seperti writer, namun sekarang menulis di blog tidak hanya sebagai hobi melainkan untuk mencari uang. Banyak sekali hal yang bisa kamu tulis di blog, misalnya seperti review produk, berbagai macam tutorial, do it yourself (DIY), dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana caranya mendapatkan uang? Mudah saja, kamu bisa mendapatkan uang dari endorsement, afiliasi, adsense, dan sumber lainnya. Tetapi, proses mendapatkan uang dari menjadi blogger tidaklah instan, dibutuhkan kesabaran dan ketekunan sehingga tulisan-tulisan kamu dapat dibaca oleh banyak orang. Jangan lupa rajin-rajin unggah hasil karya kamu di media sosial ya, supaya banyak orang yang mengunjungi blog kamu.

6. Menjadi Reseller

Peluang Usaha Tanpa Modal Terbaik  - Usaha Reseller

Pekerjaan menjadi reseller memang membutuhkan modal, karena kamu harus menyetok barang terlebih dahulu. Meski begitu, kamu bisa berjualan barang-barang yang tidak membutuhkan modal besar, misalnya aksesori handphone. Kenapa? Karena biasanya aksesori handphone seperti casing, tempered glass, dan kabel charger memiliki harga yang sangat murah, sehingga kamu bisa membelinya dengan modal yang sedikit. Kamu nggak akan menyangka kalau aksesori handphone seperti itu banyak dicari oleh orang dan dapat memberikan keuntungan yang besar.

7. Admin Media Sosial

Peluang Usaha Tanpa Modal Terbaik - Admin Media Sosial

Di zaman yang serba maju ini sudah banyak orang yang bisa mengoperasikan media sosial, karena hampir semua orang pasti memiliki media sosial saat ini. Karena media sosial adalah tempat semua orang dari berbagai dunia berkumpul, maka menarik jika dijadikan wadah promosi. Hal ini biasanya dilakukan oleh perusahaan besar maupun kecil.

Sehingga kamu bisa memanfaatkan untuk mengelola media sosial mereka. Namun kamu nggak bisa sembarangan nih, karena membutuhkan kreativitas yang tinggi untuk membuat sebuah konten, caption dan hastag di media sosial. Pastikan diri kamu mampu dan siap untuk menjadi admin media sosial ya.

8. Bisnis Fotografi

Jika kamu hobi dan sangat passion di bidang fotografi, bisnis fotografi bisa menjadi pilihan menarik di 2022 ini. Kamu bisa mengajak teman-teman kamu sesama fotografer untuk membuat agensi kecil-kecilan yang menyediakan jasa fotografer untuk berbagai acara, seperti pernikahan, company profile, membuat iklan, dan sebagainya. Apabila kamu adalah seorang fotografer, pasti kamu sudah memiliki kamera dan alat-alat lainnya, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan modal lagi untuk membeli peralatan fotografi.

9. Usaha Cosign/Titip Barang

Peluang Usaha Tanpa Modal Terbaik  - Usaha Consign

Terkadang banyak orang merasa malas untuk menjual barang yang sudah tidak terpakai, karena mereka harus effort memposting barang di forum jual beli, berkomunikasi dengan calon pembeli, melakukan COD, dan sebagainya.

Untuk kamu yang punya banyak waktu luang, kamu bisa mencoba usaha ini, usaha consign ini cukup berkembang beberapa tahun terakhir, karena orang-orang lebih memilih menitipkan barang yang ingin mereka jual pada consign. Bisa jadi usaha ini cocok untuk kamu yang memiliki banyak followers atau kenalan orang yang siap membeli barang-barang yang dijual. Biasanya usaha consign melayani komponen-komponen PC dan gadget.

10. Bisnis Ide Campaign

Campaign adalah salah satu strategi penting dalam sebuah pemasaran usaha. Campaign sendiri mempunyai misi untuk mendorong penjualan produk ataupun jasa perusahaan. Buat kamu yang memiliki ide serta kreativitas yang tinggi, usaha ini cocok banget buat kamu. 

Disini kamu hanya perlu mulai mengerti tentang campaign yang akan kamu jalani, karena campaign yang kuat dan tepat dapat memegang peran dalam menggaet konsumen, baik yang baru maupun yang lama, untuk memakai jasa atau produk yang kamu tawarkan.

11. Usaha Jastip

Peluang Usaha Tanpa Modal Terbaik  - Usaha Jastip

Buat kamu yang suka bepergian ke mall dan mencari barang-barang diskonan, jangan membeli barang untuk diri sendiri. Kamu bisa menyediakan jasa titip untuk orang lain yang juga menginginkan barang tersebut. Usaha jastip ini sudah sangat merebak, sehingga kamu harus pintar-pintar untuk menemukan barang yang bagus dengan diskon yang menarik. Ambil keuntungan beberapa persen dari setiap barang yang kamu beli, untuk dijadikan keuntungan kamu sebagai penyedia jastip.

12. Menjadi Translator

Peluang Usaha Tanpa Modal Terbaik - Menjadi Translator

Pekerjaan translator bukanlah hal mudah, sayangnya ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang, karena dibutuhkan kemampuan menguasai bahasa asing yang sangat baik untuk menjalani usaha ini. Jika kamu memiliki kemampuan tersebut, jangan ragu untuk menawarkan diri kamu untuk menjadi translator.

Untuk memulainya, kamu bisa menawarkan diri kepada anak-anak kuliah yang sedang menyelesaikan skripsi untuk menerjemahkan buku, jurnal, wawancara, dan sebagainya. Namun, jika kamu memiliki kenalan yang bisa menghubungkan kamu dengan turis asing yang membutuhkan jasa translator saat wisata, kamu bisa mencobanya ya.

 13. Menjadi Web Programmer

Secara sederhana, web programmer adalah seseorang yang mampu mengerti kode-kode pemrograman dan mengubahnya menjadi instruksi untuk komputer atau perangkat lain supaya menghasilkan suatu program yang dapat membantu pekerjaan orang lain.

Jika kamu memiliki skill di atas, kamu bisa menawarkan kepada bisnis skala kecil untuk membuat sebuah program, atau website untuk menaruh produk jualan mereka. Nantinya, kamu juga perlu memaksimalkan tampilan dan fungsi program supaya pengguna dapat menggunakannya dengan mudah, merasa nyaman, dan efisien.

14. Menjadi Voice Over

Rekomendasi usaha tanpa modal yang terakhir adalah voice over. Di sini yang kamu perlukan hanya modal suara yang cocok digunakan untuk mengisi suara di industri iklan, TV, radio, sampai internet. Kalau kamu punya suara khas dan unik kamu bisa menjajal usaha ini ya, karena kamu hanya membaca script yang biasanya sudah dibuat oleh peminat jasa kamu, tetapi kamu jangan kaget kalau harus mengulang berkali-kali, karena biasanya mereka menginginkan suara yang sempurna agar produk mereka dilirik oleh khalayak banyak.

Baca Juga: 18 Bisnis Untuk Anak Muda, Modalnya Kecil Dan Menjanjikan!

Sahabat, itu dia 14 peluang usaha tanpa modal yang bisa kamu jalankan di tahun 2022 ini, jadi usaha apa yang akan kamu pilih? Pilihlah sesuai passion atau keahlian kamu ya Sahabat, supaya kamu juga bahagia menjalankannya.

Karenanya, Anteraja selalu mendukung apapun usaha kamu dengan memberikan layanan pengiriman terbaik, sehingga kamu bisa dengan mudah melakukan pengiriman tanpa takut barang yang dikirim telat sampai atau salah tujuan.

Supaya kamu semakin tertarik dengan Anteraja, kamu harus cek ongkir sekarang untuk buktikan murahnya ongkir Anteraja dengan beragam opsi pengiriman yang ditawarkan! Jangan lupa juga, kamu bisa dengan mudah melacak barang yang sedang dikirim hanya melalui smartphone. Caranya mudah banget, tinggal input aja nomor resi pengiriman kamu saat melakukan cek resi. Dijamin nggak sulit, pokoknya Anteraja bakal selalu memudahkan kamu!