11 Penggiling / Grinder Kopi yang Bagus, Terbaik dan Berkualitas

Apakah kamu penikmat kopi? Atau ingin mencoba membuat kopi sendiri? Yup, itu menandakan kamu sudah harus memiliki alat untuk menggiling biji kopi kamu alias grinder kopi.

Tetapi dengan semua opsi di pasar, mungkin sulit atau bingung untuk memilih mesin terbaik untuk kamu. Di samping itu, kamu juga perlu mengetahui bahwa semua jenis mesin penggiling kopi tidaklah sama, mereka diciptakan sesuai dengan kebutuhan pemiliknya.

Terdapat dua jenis grinder kopi yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera kamu, yakni blade grinder dan burrs grinder, karena perbedaan pada penggiling menentukan rasa kopi yang dihasilkan loh! Berikut penjelasannya.

Perbedaan Blade Grinder dan Burrs Grinder

Blade Grinder

Persis seperti namanya, penggiling jenis ini memiliki pisau yang akan mengiris biji kopi kamu menjadi beberapa bagian. Namun, ingatlah bahwa penggiling pisau memukul biji kopi dengan keras. Kamu akan mendapatkan banyak tekstur yang masih kasar seperti batu kecil.

Dengan penggiling jenis ini, kamu dapat mengontrol ukuran serbuk kopi melalui pengaturan waktu. Semakin lama penggiling berjalan, semakin halus serbuk nya. Beberapa model memiliki pengatur waktu yang membantu kamu mengontrolnya.

Keuntungan: Harganya murah, membuatnya dapat diakses oleh pembuat kopi pemula.

Kekurangan: Mereka menghasilkan gilingan yang tidak rata, sesuatu yang bisa menjadi masalah serius, terutama jika kamu menyukai kopi atau espresso Turki.

Burrs Grinder

Penggiling ini memiliki dua gerinda, satu yang tetap diam dan yang lainnya melekat pada motor dan berputar. Alih-alih mengiris biji kopi, penggiling jenis ini menghancurkannya. Karena kekuatan tumbukan tidak terkonsentrasi pada satu titik tertentu, penggilingan cenderung lebih konsisten. Kamu masih akan mendapatkan beberapa butiran halus dan batu besar, tetapi kurang dari yang kamu lihat dengan penggiling pisau.

Keuntungan: Presisi, konsistensi yang lebih baik, dan kontrol yang lebih baik. Jika kamu ingin menyaring biji kopi, kamu harus memasukkannya sedikit demi sedikit.

Kekurangan: Harga. Beberapa burr grinder juga lebih besar dan lebih berat daripada penggiling blade, dan mereka juga dapat menggunakan lebih banyak energi.

Rekomendasi Grinder Kopi yang Bagus

1. Timemore Chestnut C2 Coffee Grinder

Sumber: Official Timemore

Memiliki body logam, alat satu ini mengadopsi desain handy grinder yang cukup sederhana dan mudah dioperasikan. Timemore Chestnut C2 merupakan grinder jenis burrs stainless, kamu bisa mengatur serbuk kopi yang halus atau kasar.

Meski memiliki desain handy, tenang grinder ini memiliki bodi anti licin dengan kontur bertitik. Kapasitasnya 25 gram, dan cukup stabil untuk ditaruh di atas meja. Praktis bisa kamu bawa ke mana saja. Harga mulai dari Rp638.000.

2. GOTO Ufo Coffee Maker Grinder

Sumber: Bigo Go

GOTO Hardware punya beragam jenis grinder kopi yang berkualitas, salah satunya Ufo Coffee ini, grinder kopi berbentuk mini yang praktis bisa kamu bawa saat traveling atau ke kantor.

Nggak hanya itu, grinder ini juga dilengkapi dengan pisau tajam dengan lapisan baja yang tahan karat, dapat menghaluskan coarse grind hingga fine grind, semua tergantung durasi yang kamu pilih ya. Memiliki tutup yang transparan, sehingga kamu bisa melihat proses terjadinya penggilingan biji kopi, praktis banget, hanya tinggal sekali tekan, biji kopi kamu akan tergiling sempurna. Bisa kamu gunakan juga loh untuk menggiling rempah-rempah, dan bumbu-bumbu kering. Harga mulai dari Rp129.000.

3. Kova Sylus Coffee Grinder Maker

Sumber: Tokopedia

Masih dari produk GOTO Hardware, kali ini merk tersebut menawarkan grinder kopi digital. Kamu bisa mengatur dan mengawasi tingkat kehalusan coffee grinder karena dilengkapi dengan layar digital dengan panel tombol di bawahnya.

Dibekali juga dengan  portafilter dimensi 51mm atau 58 mm untuk membuat espresso shot. Kapasitasnya sendiri mencapai 320 gram untuk biji kopi, sedangkan bubuknya mencapai 130 gram. Tingkat kecepatan putarnya 500 rpm. Harga mulai dari Rp749.000.

4. Blanco BCM-30 

Sumber: Blibli

Masih cari penggiling portable yang bisa kamu bawa ke mana saja? Yup, Blanco BCM-30 ini punya ukuran yang mini, dan bobotnya hanya 254 gram aja, karenanya hanya mampu menampung 30 gram biji kopi.

Eits, meski berukuran kecil, tapi grinder kopi ini punya banyak fitur loh, dimana kamu bisa mengatur tingkat kehalusan atau kasarnya serbuk kopi. Jenis penggiling kopi ini adalah burrs, dan terbuat dari keramik jadi bisa optimal menggiling biji kopi kamu. Harga mulai dari Rp189.000.

5. Latina Flores Mini Coffee Grinder

Sumber: Blibli

Grinder kopi yang satu ini sangat praktis bisa kamu bawa ke mana saja, dan menghemat tempat. Di desain dengan tuas yang dapat dilipat juga. Selain itu, kamu dapat menggenggamnya saat menggiling biji kopi. Dilengkapi pula burrs keramik yang lebih presisi dengan adanya klik dan angka. Kamu juga bisa menggiling halus, medium sampai kasar untuk V60 dan manual brew lainnya. Sayangnya daya tampungnya hanya 15 gram saja. Harga mulai dari Rp220.000.

6. UFO Electric Blade Coffee Grinder

Sumber: Shopee

Kamu lebih suka penggiling kopi tanpa perlu usaha? Nah, kamu bisa memilih UFO Electric Blade Coffee Grinder ini karena alat ini berfungsi untuk menggiling biji kopi menjadi bubuk kopi secara elektrik, tanpa manual menggunakan tenaga tangan kamu. 

Grinder ini cukup multifungsi karena bisa digunakan untuk menggiling bumbu dapur seperti rock salt, kacang lada, dan lainnya. Harga mulai dari Rp250.000.

7. Electric Coffee Grinder HL 600N

Sumber: Tokopedia

Eits jangan tertipu sama desainnya yang elegan dan mewah ini, karena ternyata Electric Coffee Grinder HL 600N ini nggak dibanderol dengan harga mahal loh. Hanya Rp395.000 saja. Murah banget kan?

Selain harganya murah, grinder kopi ini juga memiliki varian warna seperti Midnight Black, Lavish Red, Pear, White, Cherry Blossom Pink. Kamu juga dapat menyesuaikan tingkat kehalusan sesuai kebutuhan dan menghasilkan bubuk kopi dengan tingkat kehalusan yang seragam.

8. DeLonghi Dedica Digital KG521

Sumber: Tokopedia

Persis seperti penggiling digital biasanya, merk DeLonghi ini memiliki LCD yang berfungsi sebagai panel kontrol saat kamu menggiling. Didesain juga sebagai grinder yang berjalan secara otomatis, modern banget kan Sahabat? Kamu nggak perlu capek-capek pakai tenaga tangan.

Selain itu, DeLonghi bisa menghasilkan 18 variasi kopi yang berbeda dan dibekali pula dengan berbagai jenis gilingan yaitu espresso, kopi drip, dan french press. Kemampuan grindingnya juga hingga 14 cangkir kopi dengan sekali giling. Harga mulai dari Rp3.500.000.

9. Feima Coffee Grinder N600

Sumber: Otten Coffee

Alat giling kopi elektrik ini cocok banget buat kamu yang gemar bikin kopi sendiri di rumah, atau baru memulai bisnis coffee shop. Selain mudah digunakan, Feima Latina N600 ini dapat menghasilkan tingkat kehalusan kopi beragam dari mulai fine hingga coarse.

Kapasitas penggilingnya juga cukup besar, sekitar 250 gram kamu bisa bikin kopi tak hanya satu gelas saja, apalagi grinder ini menggunakan dinamo yang jelas tidak akan menimbulkan suara bising. Harga mulai dari Rp2.090.000.

10. Baratza Encore

Sumber: Prima Coffee

Dilengkapi 40 pengaturan penggilingan individu, dari halus hingga kasar, Baratza Encore dirancang khusus memberikan penggilingan yang presisi dengan butiran halus minimal untuk ekstraksi yang beraroma dan seimbang saat membuat espresso.

Roda gigi dapat memperlambat duri hingga 450 RPM, memastikan umpan biji yang halus dan mengurangi kebisingan, panas, dan penumpukan statis. Harga mulai dari Rp2.950.000.

11. Moyeah All in One Coffee Grinder

Sumber: Shopee

Grinder yang dilengkapi berbagai fungsi dalam satu alat ini bisa sebagai penggiling, penyaring, dan dapat langsung menyediakan kopi karena dibekali dengan tempat gelas. Seperti grinder kopi manual lainnya, kamu dapat langsung menyeduh kopi dengan air panas di grinder Moyeah. Harga mulai dari Rp304.000.

Baca Juga: 12 Merk Rekomendasi Juicer yang Bagus, Awet dan Terbaik. Praktis!

Sahabat Anteraja, itu dia rekomendasi grinder kopi yang terbaik pilihan kami, kamu bisa membelinya di e-commerce atau layanan jual beli online lainnya. Eits tapi jangan lupa dong ya pilih Anteraja sebagai layanan pengiriman kamu, dijamin dalam sehari saja grinder kopi kamu bisa sampai dengan selamat. Asal, kamu pilih layanan Same Day ya Sahabat.