12 Penyedap Rasa Makanan Terbaik, Terlaris & Terenak Di Indonesia

Penyedap rasa adalah salah satu bumbu dapur yang wajib untuk dimiliki. Penyedap digunakan untuk masakan agar memberikan citarasa gurih sehingga masakan tidak terasa hambar. Selain itu, penyedap rasa juga bisa meningkatkan aroma masakan, sehingga menjadi lebih lezat dan menggugah selera. 

Banyak penyedap rasa yang di jual di pasaran saat ini. Oleh sebab itu, kamu harus cermat sebelum membelinya, sebab penyedap ini memiliki perbedaan rasa karena komposisi bahan baku yang berbeda di dalamnya. Nah jika kamu merasa penasaran dan bingung untuk membelinya, berikut tips memilih penyedap rasa makanan.

Tips Memilih Penyedap Rasa Makanan

Pilih Rasa yang Sesuai dengan Makanan

Jika kamu menemukan penyedap masakan, pastikan varian rasa yang dibeli sesuai dengan masakan yang hendak dimasak. Penyedap ini umumnya terdiri dari rasa ayam dan sapi. So, pastikan jangan salah membeli ya. Jangan mencemplungkan varian rasa ayam ke dalam masakan berbahan dasar sapi jika tidak ingin rasanya berubah aneh.

Periksa Bahan Baku Penyedap Rasa 

Bagi kamu yang alergi terhadap MSG, maka sebaiknya cek kembali komposisi bahan baku yang terkandung dalam penyedap rasa sebelum membelinya. Kamu yang vegetarian juga harus cermat sebelum membeli penyedap rasa. Sebab penyedap rasa, banyak yang mengandung ekstrak ayam dan sapi. Sebagai gantinya pilih penyedap rasa berbahan dasar jamur.

Setelah mengetahui tips sebelum membeli penyedap rasa makanan, Berikut ini Anteraja rekomendasikan untuk kamu berbagai macam merk penyedap rasa yang mudah kamu temui di pasaran, yuk simak!.

Rekomendasi Penyedap Rasa Makanan Terbaik dan Enak

1. Royco

Sumber: Shopee

Brand Royco sudah berkecimpung dalam dunia penyedap sejak 1972. Mereka mengklaim citarasa yang dihasilkan berasal dari daging berkualitas yang direbus lama. Mereka juga menggunakan garam beryodium untuk membuat penyedap ini. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp9 ribuan saja.

2. Masako

Sumber: Fimela

Produk ini terbuat dari ekstrak daging pilihan terbaik. Untuk varian rasa sapi diklaim menggunakan daging sapi berjenis Brahman, sapi lokal, dan sapi Australia. Sementara untuk rasa ayam menggunakan ekstrak ayam pedaging terbaik. Harga Masako mulai dari Rp3 ribuan.

3. Sajiku

Sumber: Bukalapak

Sajiku menciptakan produk penyedap rasa khusus untuk nasi goreng. Tak perlu repot, kamu cukup menambahkan nasi beserta topping lainnya bersamaan dengan penyedap yang satu ini. Harga yang ditawarkan untuk produk ini cukup terjangkau mulai dari Rp2 ribuan saja.

4. Indofood

Sumber: Tokopedia

Indofood juga mengeluarkan bumbu penyedap rasa sapi dan ayam kampung. Penyedap milik Indofood ini cukup unik, yakni berbentuk kubus yang dikemas rapih satu per satu. Harga yang ditawarkan untuk produk ini sekitar Rp7 ribuan saja.

5. Lemonilo

Sumber: Shopee

Tak hanya mie, Lemonilo juga mengeluarkan kaldu penyedap dengan rasa ayam kampung. Penyedap ini memiliki rasa yang sangat kuat sehingga cocok untuk dijadikan sup. Harga yang dibanderol untuk produk Lemonilo ini mulai dari Rp30 ribuan.

6. Ajinomoto

Sumber: Blibli

Brand Ajinomoto sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan di luar negeri. Produk ini bisa memberikan rasa gurih kepada semua makanan. Cukup menggunakannya sedikit saja, maka citarasa makananmu akan berubah drastis. Harga yang dibanderol untuk Ajinomoto juga cukup murah, mulai dari Rp3 ribuan saja tergantung dari ukuran kemasan.

7. Sasa

Sumber: Tokopedia

Salah satu penyedap rasa legendaris di Indonesia. Jika kamu membeli semangkuk bakso atau mie ayam, penyedap rasa ini pasti tak luput dituangkan ke dalamnya. Hanya dengan harga mulai dari Rp9 ribuan saja, kamu bisa menyedapkan banyak masakan. 

8. Totole

Sumber: Tokopedia

Totole menjadi salah satu produk penyedap rasa yang sedang digandrungi masyarakat. Penyedap ini terbuat dari jamur dan protein sayuran yang cocok buat kamu para vegetarian. Harga yang dibanderol untuk satu bungkus penyedap ini mulai dari 19 ribuan saja.

9. Knorr

Sumber: Unilever

Produk ini awalnya berasal dari Amerika Serikat sebelum diakuisisi oleh Unilever. Produk ini tersedia dengan dua pilihan yakni dengan dan tanpa MSG. Knorr memiliki keunikan dengan mengeluarkan penyedap dengan rasa bawang putih. Harga yang dibanderol untuk produk ini sekitar Rp67 ribuan.

10. Halawa

Sumber: Official Halawa

Halawa mengklaim produknya terbuat dari kaldu ayam asli dan tanpa menggunakan bahan pengawet. Mereka juga menyebut produknya mengandung probiotik yang dapat melawan bakteri jahat. Harga Halawa dibanderol mulai dari  Rp10 ribuan.

11. Bio Miwon

Sumber: Mamasuka

Produk ini terbuat dari fermentasi tetes tebu alami dengan tambahan ribotida sebanyak 0,5 persen. Penyedap yang sudah mendapatkan sertifikasi halal ini tentunya akan memberikan rasa sedap pada banyak jenis masakan kamu. Harga yang dibanderol untuk produk ini mulai dari Rp10 ribuan.

12. Jays Kitchen

Sumber: Official Jays Kitchen

Sedikit berbeda dibanding dengan beberapa produk penyedap lainnya, Jays Kitchen memiliki fungsi serbaguna karena bisa digunakan untuk memanggang. Selain itu Jays Kitchen juga menggunakan bahan alami yang bebas dari MSG. Harganya dibanderol mulai dari Rp20 ribuan.

Baca Juga: 13 Merk Alat Masak yang Bagus, Tahan Lama dan Terbaik

Itu dia rekomendasi penyedap rasa makanan terlaris di Indonesia versi Anteraja. Kamu bisa membelinya secara online di marketplace kesayangan kamu ya, dan jangan ragu untuk mempercayakan layanan Anteraja sebagai jasa pengiriman terbaik dan terpercaya. 

Kamu bisa melakukan tracking paket untuk memastikan pengiriman barang hingga sampai tujuan dengan tepat. Tunggu apalagi? Selalu andalkan Anteraja untuk mengirim barang dengan cepat dan aman.