11 Produk Asli Indonesia yang sudah dipakai di Luar Negeri

Produk Asli Indonesia yang sudah dipakai di Luar Negeri

Untuk kamu yang selama ini bertanya-tanya apa saja sih produk Indonesia yang sudah mendunia yang sudah sampai di Ekspor keluar atau yang sudah terkenal di luar negeri? Produk dari Indonesia sudah banyak dikenal salah satunya ialah Permen Kopiko yang dibawa oleh Astronot Nasa ke luar bumi kita loh. 

Kamu pasti tidak asing lagi dengan produk-produk yang akan kami bahas karena sebagian dari produk-produk ini biasanya kamu temukan dalam keseharian kamu, kami sudah merangkum 11 Produk Asli Indonesia yang sudah mendunia.

Produk Asli Indonesia Paling Terkenal

1. Polytron

Produk Asli Indonesia yang sudah dipakai di Luar Negeri - Polytron
Sumber: Polytron

Polytron merupakan sebuah perusahaan Elektronik asal Indonesia. Didirikan pada tanggal 16 Mei 1975 di Kudus, Jawa Tengah. Polytron merupakan salah satu anak perusahaan dari Djarum Group, Selain itu untuk Pabrik Djarum terletak di Kudus dan Sayung. Polytron adalah perusahaan yang membuat berbagai macam Elektronik seperti Televisi, Kulkas, Speaker, Mesin Cuci, AC, hingga ke Smartphone loh! Untuk Ekspor Polytron sendiri Polytron sudah mengekspor ke berbagai negara seperti Thailand, Myanmar, Bangladesh hingga ke Arab Saudi.

(Baca Juga: Brand Sepatu Lokal Terbaik)

2. Eiger

Produk Asal Indonesia yang sudah dipakai di Luar Negeri - Eiger

Eiger Merupakan salah satu Brand yang menjual peralatan Outdoor, Eiger sendiri memulai bisnisnya pada tahun 1979, dan pada tahun 1992 Eiger mendapatkan penghargaan oleh pemerintah Indonesia. Banyaknya keindahan alam yang ada Indonesia menjadi salah satu Brand yang satu ini akan selalu dipakai oleh para pecinta alam.Produk yang dijual Eiger ialah Tas, Carrier, Sepatu, Sarung tangan, Topi, Celana, Jam Tangan, Kaos dan masih banyak lagi Produk dari Eiger ini. Untuk Penjualannya sendiri Eiger sudah merambah ke berbagai negara di luar negara seperti Filipina, Jepang hingga ke Lebanon.

3. Polygon

Produk Asli Indonesia yang sudah dipakai di Luar Negeri - Polygon
Sumber: Polytron

Polygon merupakan salah satu Brand Sepeda dari Indonesia nih yang sudah cukup terkenal di dalam dunia persepedaan, Polygon sendiri didirikan pada tahun 1989 di Sidoarjo Jawa Timur. Pilihan Sepeda yang disediakan polygon juga beragam ada Sepeda Bmx, Gunung, Fixie hingga untuk balapan. Polygon sendiri sudah di ekspor keluar negeri berikut ialah beberapa negara yang sudah menjual polygon yaitu Spanyol, Australia, Amerika, Jepang, Rusia India dan masih banyak lagi negara yang sudah didatangi oleh brand Sepeda Indonesia ini. Jadi bagaimana? Ada kebanggaan tersendiri kan ketika memakai Polygon?

4. Silverqueen

Produk Asal Indonesia yang sudah dipakai di Luar Negeri - Silverqueen

Silverqueen merupakan salah satu coklat yang sangat terkenal di Indonesia, kamu bisa mendapatkan Silverqueen dimana saja mulai dari Minimarket, Supermarket hingga ke warung biasa. Salah satu faktanya juga Coklat Silverqueen ini merupakan produk asli dalam negeri loh, coklat ini mampu bersaing dengan Kitkat dan Ferrero Rocher. Pada tahun 1942 ketika Jepang menjajah Indonesia, sang pemilik (Belanda) berusaha untuk kabur meninggalkan Garut dan menjual aset perusahaan coklatnya dengan harga murah. Pada tahun 1950 coklat ini diproduksi Batangan dan Silverqueen berhasil membuat Coklat batangan pertama di Negara Tropis ini

(Baca Juga: Brand Clothing Bandung Terbaik)

5. Indomie

Produk Asal Indonesia yang sudah dipakai di Luar Negeri - Indomie

Indomie pertama kali diperkenalkan di masyarakat Indonesia pada tahun 1969, kala itu Mie belum menjadi bahan pokok di Indonesia. Indomie yang pertama dikenalkan ialah Mie Kaldu Ayam dan Indomie terus menambah varian rasa untuk Mie instannya dan saat ini Indomie memiliki lebih dari 30 Rasa. Indomie juga sering dijadikan Konten oleh Youtuber luar negeri maupun dalam negeri dan juga Indomie menjadi penunjang Ekonomi untuk para masyarakat Indonesia yang bergantung dengan Mie. Untuk Mienya sendiri Indomie sudah diEkspor Amerika Serikat, Arab saudi, Hongkong, Australia, Yordania dan negara-negara di Eropa

6. Tolak Angin

Produk Asli Indonesia yang sudah dipakai di Luar Negeri - Tolak Angin
Sumber: Tolak Angin

Siapa sih yang tidak tau Tolak Angin, Tolak angin banyak jadi jawaban untuk segala macam penyakit di Indonesia. Tolak angin merupakan produk Herbal karena terkomposisi dari Adas, Jahe, Mint, Cengkeh, dan madu. Tolak angin sendiri pertama dibuat oleh Ibu Rahmat Sulistyo. Tolak Angin sendiri pertama dibuat pada tahun 1930, Kini sudah diproduksi berstandar farmasi GMP (Good Manufacturing Practices) milik PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Untuk Ekspornya sendiri ke Arab Saudi, Filipina, Myanmar, Kamboja, Vietnam dan masih banyak negara lagi.

7. La Fonte

Produk Asli Indonesia yang sudah dipakai di Luar Negeri - La Fonte
Sumber: Bogasari

Kalau ingin memasak Spageti pasti yang ada di pikiran kita ialah La Fonte bukan? Pada tahun 1991 Bogasari mengeluarkan Produk pasta yaitu La Fonte, La Fonte yang terbuat dari Gandum, Tepung dan masih banyak bahan lainnya. Tidak hanya Spageti saja yang dibuat oleh La Fonte tetapi juga ke makaroni, fettucini dan lainnya. La Fonte juga sukses mengambil pasar luar negeri, La Fonte sendiri sudah merambah ke negeri Filipina, Jepang, Korea, Thailand, Malaysia, Singapura, Hong Kong, RRC, Vietnam, Brunei, Papua New Guinea, Bahrain, Kuwait, Uni Emirat Arab, Nigeria dan Zambia.

8. Equil

Produk Asli Indonesia yang sudah dipakai di Luar Negeri - Equil
Sumber: Equil Mineral Water

Equil pertama kali diproduksi pada tahun 1998 di Villa D’Equilibrium, Sukabumi, Indonesia. Kira-kira apa ya yang membuat minuman ini bisa menjadi go internasional? Air minum ini merupakan Air yang diambil dari Gunung Kaki Salak dan Air ini sengaja dikemas oleh Gelas kaca karena untuk menjaga kesegaran dan keaslian Air gunung salak tersebut. Untuk Pasarnya sendiri Equil lebih memilih untuk kalangan Atas karena air ini harganya bisa sampai 40 kali lipatnya Air mineral botolan yang kita sering temukan di pinggir jalan, Equil sudah masuk ke negara luar seperti Singapura, Australia, Hongkong dan sebagian besar Negara Eropa.

9. Bagteria

Produk Asli Indonesia yang sudah dipakai di Luar Negeri - Bagteria
Sumber: Bagteria

Kali ini kita akan sedikit masuk ke Fashion, Bagteria merupakan Tas buatan orang Indonesia yaitu Nancy Go. Tas Bagteria ini sudah menjadi Tas papan atas karena sudah dipakai oleh artis dunia seperti Emma Thompson, Anggun, Zara Phillips hingga ke Paris Hilton. Paris Hilton membawa tas ini ke New York fashion week. Bahan-bahan pembuat tas yang sering digunakan Bagteria antara lain batu mulia, perak, kristal, kulit ular, payet dan swarovski. Pengerjaan yang sangat mendetail membuat tas ini mempunyai keunikan yang dapat bersaing dengan brand-brand tas yang sudah lebih dulu mendunia.

10. GT Radial

Produk Asli Indonesia yang sudah dipakai di Luar Negeri - GT Radial
Sumber: GT Radial

Pada 1971 Gajah Tunggal bekerjasama dengan perusahaan Jepang Inoue Rubber Company, Sejak 1973 perusahaan itu memproduksi ban Sepeda motor. Kemudian Produk Gajah Tunggal pun berkembang. GT Radial adalah salah satu produk terkenal dari perusahaan berlambang gajah ini. Untuk ekspor dari ban GT Radial sendiri sudah mencakup Asia dan Timur tengah, ban yang diproduksi oleh GT Radial merupakan Ban Mobil

Untuk ekspor dari ban GT Radial sendiri sudah mencakup Asia dan Timur tengah, ban yang diproduksi oleh GT Radial merupakan Ban Mobil

(Baca Juga: Brand Tas Lokal Terbaik)

11. Sosro

Produk Asli Indonesia yang sudah dipakai di Luar Negeri - Sosro
Sumber: Sinar Sosro

Pada tahun 1969, muncul gagasan untuk menjual teh siap minum atau ready to drink tea dalam kemasan botol dengan nama Teh Botol Sosro. Nama tersebut diambil dari nama teh seduh “Teh Cap Botol“ dan nama keluarga pendiri yakni “Sosrodjojo”. Pertama-tama Teh Botol Sosro kemasan botol Kaca dan sampai sekarang Teh Botol Sosro sudah dapat ditemui dalam botol plastik dan karton. Untuk Ekspornya sendiri Teh Botol sosro sudah mencapai Arab Saudi, Jepang, Korea, Australia, Singapura, Amerika Serikat dan masih banyak lagi negara yang digandrungi oleh Sosro.

Itulah produk asli Indonesia yang tanpa disadari sudah membantu keseharian kita.  Yuk terus dukung produk Indonesia untuk terus berkembang hingga pasar Internasional. Di masa pandemi seperti ini, untuk mendapatkan produk makanan dan minuman seperti Indomie, Sosro dan La Fonte sebaiknya dilakukan secara online untuk meminimalisir penularan virus.


Sebagai pemilik toko online yang menawarkan produk asli Indonesia tersebut, sebaiknya juga menggunakan jasa pengiriman yang memiliki fitur pick up seperti yang dimiliki Anteraja dengan fitur unggulan cek resi untuk konsumen dan cek ongkir untuk mendapatkan harga terbaik. Selain menghindari resiko tertular, hal ini juga lebih praktis dan menghemat waktu.