Update Aja

12 Rekomendasi Merk Raket Badminton/Bulutangkis yang Bagus dan Kuat

Badminton merupakan olahraga yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Banyak kompetisi di tingkat daerah rutin diadakan hingga ke tingkat nasional. Kepedulian masyarakat Indonesia terhadap olahraga ini tentu tak lepas dari sederet prestasi para atlet nasional di kancah internasional.

Kamu penggemar olahraga badminton atau bulutangkis? Kalau kamu salah satunya, pasti butuh perlengkapan seperti sepatu, jersey, net, shuttlecock hingga raket. Nah, di artikel kali ini, Anteraja akan memberi rekomendasi raket terbaik untuk badminton atau bulutangkis. 

Tips Memilih Raket Badminton

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dalam memilih raket badminton terbaik. Ini karena setiap jenjang keahlian memiliki spesifikasi yang berbeda. Selain itu raket badminton juga bisa disesuaikan dengan gaya permainan kamu. Maka dari itu simak penjelasan di bawah ini.

1. Sesuaikan dengan Gaya Permainan

Buat kamu yang sering bermain secara agresif dan kuat pilihan raket badminton yang cocok buat kamu adalah Head-heavy balance. Bagian kepala raket jenis ini punya bobot yang lebih berat ketimbang pegangannya, sehingga kamu bisa melakukan smash dengan kuat. Kelemahannya raket ini bisa memperlambat ayunan.

Sedangkan kamu yang ingin mengontrol permainan, gunakan raket jenis Even balance. Titik beratnya berada di tengah bagian raket sehingga lebih terasa seimbang. Ini memudahkan kamu untuk mengendalikan setiap ayunannya.

Selanjutnya head-light balance buat kamu yang suka bergerak lincah. Pusat gravitasi pada raket jenis ini mendekati bagian gagang sehingga kepala raket menjadi ringan dan lebih mudah diayunkan. Raket jenis ini cocok untuk pemula agar lebih mudah mengontrol raket pada saat bermain.

2. Bahan Raket Berkualitas

Raket badminton atau bulutangkis terbuat dari bahan yang bermacam-macam. Setiap bahan atau materialnya tentu punya kelebihan masing-masing. Bahan yang direkomendasikan untuk pembuatan raket badminton adalah full carbon. Bahan ini tergolong ringan namun kuat saat digunakan.

Selain itu kamu yang masih pemula bisa memilih bahan aluminium. Raket dengan bahan ini disebut tahan benturan namun tidak disarankan untuk latihan kompetisi. Kamu bisa menggunakan raket berbahan aluminium untuk latihan santai.

Bahan lainnya yang juga dipakai untuk pembuatan raket adalah titanium. Namun bahan ini tergolong premium dan mahal. Kualitas raket titanium cenderung stabil dan kuat sehingga bisa dipakai untuk pertandingan profesional.

Bahan biasa digunakan dalam membuat raket badminton adalah:

  • Alumunium
  • Super Hi Modulus Graphite
  • Nano Carbon
  • Ultra Titanium
  • Ultimum Ti
  • Modulus Graphite
  • Ultra Hi Modulus Graphite
  • Woven Kevlar
  • Titanium Composite
  • G Angkatan Ti

3. Bobot Raket

Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih raket adalah bobotnya. Kamu bisa memilih raket dengan bobot 3U atau setara 85-90 gram. Kalau masih terlalu ringan, kamu bisa memilih raket 2U atau U. Pada umumnya ukuran standar pemain pria adalah 3U dan wanita 4U-5U. 

Perlu kamu ketahui juga, semakin berat bobot raket yang kamu gunakan maka akan lebih kokoh dan menghasilkan pukulan yang kuat. Sedangkan raket yang ringan punya kelebihan dapat dikendalikan dengan mudah.

4. Grip atau Gagang Raket

Grip atau gagang raket juga menentukan kenyamanan saat bermain. Kamu bisa memilih gagang raket yang fleksibel kalau ingin mengontrol permainan dan punya gaya bermain yang lincah. Sedangkan kamu yang ingin mendapatkan pukulan yang keras bisa memilih gagang raket yang lebih kaku.

Buat kamu yang masih pemula sebaiknya gunakan gagang raket fleksibel atau lentur. Sementara untuk pertandingan bergengsi dan atlet profesional biasanya menggunakan gagang raket yang kaku.

5. Tarikan Senar

Untuk mengatur lompatan shuttlecock kamu juga perlu mengetahui karakteristik senar raket yang ditentukan lewat tarikannya. Ukuran tarikan raket dihitung berdasarkan lbs atau pound. Untuk pemula tarikan yang disarankan adalah 16-18 lbs. Sedangkan untuk tingkat menengah gunakan tarikan 18-21 lbs.

Kalau kamu berada di level intermediate ke atas, sebaiknya gunakan raket dengan tarikan senar 20-24 lbs. Tarikan senar raket yang lebih besar akan menghasilkan smash yang keras dan cepat.

Rekomendasi Merk Raket Badminton/Bulutangkis Terbaik

Sudah tahu kan karakteristik dan spesifikasi raket badminton atau bulutangkis terbaik yang bisa kamu pilih. Setelah menentukan raket seperti apa yang kamu butuhkan, Anteraja akan memberi daftar rekomendasi merk raket badminton/bulutangkis terbaik. Berikut ini merk-merknya!

1. Yonex

Kalau kamu sering menonton badminton dari era 90 ke 2000-an pasti sudah sering melihat nama ini di pinggir lapangan atau digunakan oleh para atlet dunia. Karakteristik raket Yonex memiliki kontrol yang sempurna dan kekuatan pukulan yang keras. Beberapa varian raket badminton terbaiknya yakni Yonex Muscle Power, Yonex Arcsaber FB, Yonex Nanoray 80, hingga yang paling mahal Yonex Voltric Z Force.

2. Li-Ning

Setelah kepopuleran Yonex, kini muncul merk Li-Ning yang saat ini sedang naik daun. Raket Li-Ning umumnya terbuat dari bahan carbon graphite sehingga lebih ringan namun tetap solid. Li-Ning juga memiliki beberapa keunggulan dengan teknologi aerotec beam system dan dynamic optimum frame. 

3. Victor

Merk raket badminton atau bulutangkis terbaiknya lainnya adalah Victor. Raket ini digunakan Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad yang juga diangkat sebagai brand ambassador-nya. Karakteristik raket Victor cocok buat kamu yang punya gaya permainan menyerang. Adapun varian populer dari merk ini adalah Victor Thruster TK 8000, Victor Meteor MX JJS dan lain sebagainya.

4. Wilson

Rekomendasi selanjutnya datang dari negeri Paman Sam atau Amerika Serikat. Merk Wilson memang jarang ditemui di pertandingan bergengsi. Namun hal itu bukan berarti raket ini punya kualitas buruk. Raket badminton Wilson dibuat dengan material high modulus carbon fiber sehingga kuat tapi tidak berat. Varian populer dari merk ini adalah Wave BLX yang sudah banyak digunakan para atlet di berbagai pertandingan.

5. Adidas

Merk Adidas memang jarang tampil dalam pertandingan badminton. Namun siapa sangka kalau mereka pun memproduksi raket untuk bermain badminton. Kualitasnya tentu tak perlu diragukan. Raketnya terbuat dari bahan pure nano carbon, x-tra titanium dan zylon super fibre. Dengan bentuk kepala isometric, raket badminton ini cocok buat kamu yang memiliki gaya permainan ofensif.

6. Toalson

Meski terlihat biasa saja, tetapi raket merk Toalson ini memiliki kualitas terbaik. Berbahan dasar alumunium, membuat raket ini cukup ringan saat dimainkan. Power grip nya juga terasa nyaman dan empuk, anti-slip dan memiliki ketebalan yang sangat pas. Ohiya, Toalson tak hanya memproduksi raket badminton tapi mereka juga memiliki raket untuk squash, tenis, dan lainnya.

7. Karakal

Merk asal United Kingdom (UK) ini merupakan salah satu produsen sekaligus perancang khusus perlengkapan badminton. Raketnya sendiri berbahan dasar full carbon, membuatnya sangat ringat saat dimainkan. Karakal juga membekali raketnya dengan desain grip yang ramah genggaman.

8. Pro Ace

Bisnis Pro Ace di dunia peralatan olahraga telah dimulai sejak 1978. Tak ayal, merk yang satu ini cukup terkenal dan laris manis produknya terjual di antara atlet maupun masyarakat biasa. Keunggulan raket Pro Ace yakni tersemat ultra graphite yang sangat kokoh, dipercaya dengan raket ini kamu dapat meningkatkan permainan karena sangat mudah digenggam. Adapula balance point yang membantu menjaga keseimbangan kamu saat di arena permainan.

9. Mizuno

Dibesut dengan teknologi modern, raket Mizuno memiliki fitur Aero Hexagram, di mana alat olagraga ini didesain seperti binatang yang memiliki enam sudut dengan sisi yang sama. Fitur ini bekerja mengurangi tekanan dan menambah kecepatan kepala raket saat memukul. Raket ini juga sangar ringan berkat gabungan kekuatan Box Frame dan Aero Hexagram.

10. Ashaway

Dibekali material full carbon dan graphite, merek asal Amerika Serikat (AS) ini cukup ringan saat digunakan, dan kekuatannya pun tidak diragukan lagi. Saat bermain badminton, pemain juga harus merasakan kenyamanan saat menggengam raket, dan Ashaway membuat grip yang nyaman dan empuk,dilengkapi juga senar yang mampu menahan tekanan besar.

11. Flypower

Membawa teknologi Trapezium Frame, raket ini didesain agar raket dapat mengayun dengan sangar ringan. Ketajaman struktur trapesium pada frame-nya, membantu kamu untuk meningkatkan kecepatan ayunan saat bermain. Raket ini cocok digunakan untuk kamu yang bermain sebagai penyerang maupun penahan. Karena memiliki bobot yang ringan, kamu bisa mengembalikan pukulan lawan dengan sempurna.

12. Yehlex

Merk yang satu ini sudah sangat mendunia. Raket yang super tipis dan ringan ini dilengkapi teknologi khusus untuk menunjang permainan kamu. Jika kamu pemain yang kerap melakukan penyerangan, itu artinya kamu harus menggunakan raket yang cukup kuat dengan teknologi mumpuni, Yehlex ini cocok menjadi pilihan.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Sepatu Badminton Terbaik, Awet Dan Berkualitas

Sahabat, itu dia rekomendasi merk badminton terbaik yang bisa kamu pilih yah, jangan ragu dan pastiin semua pilihan sesuai dengan kebutuhan kamu. Ohiya, semua raket di atas bisa kamu beli loh secara online lewat e-commerce kesayangan kamu, yuk buruan checkout dan pilih Anteraja sebagai layanan pengiriman kamu ya.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *