12 Sepatu Gunung yang Bagus untuk Hiking Terbaik & Berkualitas

Kamu yang hobi naik gunung pasti memerlukan perlengkapan yang komplit. Adapun perlengkapan yang dibawa saat naik gunung biasanya berupa tenda, alat masak, bahan makanan hingga pakaian dan sepatu khusus. Perlengkapan seperti itu dibutuhkan agar kamu bisa mendaki gunung dengan aman dan tanpa ada kendala.

Khusus untuk sepatu gunung, dapat melindungi kaki dari ancaman gigitan hewan dan duri tumbuh-tumbuhan. Sebagaimana kamu ketahui saat naik gunung, medan yang dilalui terkadang masih berupa jalan setapak atau semak belukar. Sehingga sangat riskan adanya benda-benda berbahaya.

Nah, kalau kamu sedang mencari sepatu gunung terbaik, Anteraja bakal mengulas merk mana saja yang punya kualitas bagus dan awet. Pasalnya ada banyak produk sepatu gunung di pasaran yang bisa kamu cari, namun karena saking banyaknya malah jadi bingung memilih, kan? Untuk itu Anteraja sudah siapkan rekomendasinya.

Tips Memilih Sepatu Gunung

Sebelum ke bagian daftar rekomendasi sepatu gunung terbaik, kamu sebaiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana memilih sepatu gunung. Kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga mengetahui keunggulan dari setiap sepatu. Maka dari itu, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Tentukan Jenisnya

Sama seperti sepatu lainnya, sepatu gunung juga ada jenisnya. Terdiri dari low cut, middle cut, dan high cut. Ketiga jenis ini menunjukkan rendah dan tinggi kerah pada pergelangan kaki. Tipe low cut cocok digunakan untuk permukaan datar atau padang rumput. Sementara middle cut buat kamu yang ingin gerak bebas namun kaki tetap terlindungi. Untuk high cut, kamu lebih mementingkan safety ketimbang kenyamanan kaki.

2. Fiturnya Apa Saja

Sepatu gunung juga memiliki fitur yang menunjang aktivitas kamu saat berpetualangan. Misalnya saja, beberapa merk mungkin sudah memberikan perlindungan anti-air. Fitur ini dapat melindungi agar kaki tidak basah ketika menerjang genangan atau ketika hujan. Ada juga sepatu yang dirancang agar punya sirkulasi udara yang bagus. Hal ini untuk menjaga agar kaki tidak panas dan menjaga kelembapan di dalamnya.

3. Cek Bagian Sol

Sol pada sepatu menentukan kenyamanan saat melangkah. Ada beberapa lapisan sol yang ada pada sepatu, yakni insole, midsole, atau outsole. Insole biasanya berbahan lembut dan sebagai pijakan kaki di dalam. Outsole adalah bagian luar sepatu sebagai pencengkeram dan pelindung kaki. Sedangkan midsole adalah bagian di antara insole dan outsole.

Untuk mengetahui sol yang cocok untuk kaki, kamu perlu mencobanya dulu sebelum membeli. Cobalah rasakan tingkat kelenturan midsole dan cengkeraman outsole-nya saat berjalan. Insole yang empuk juga dapat memberikan kenyaman agar tidak mudah lelah melangkah.

Rekomendasi Sepatu Gunung yang Bagus dan Terbaik

Itulah dia beberapa tips memilih sepatu gunung terbaik yang bisa kamu praktikkan. Sekarang Anteraja sudah memiliki beberapa merk sepatu yang kualitasnya sudah terkenal di kalangan para pendaki gunung. Maka dari itu, kamu hanya perlu menyesuaikan dengan budget dan desain yang kamu suka.

1. EIGER Pollock 2.0

Sumber: Tokopedia

Sepatu EIGER ini cocok buat kamu yang akan berpetualang di hutan tropis. Sepatu ini merupakan produk khusus dari rangkaian produk Ekspedisi 28 Gunung, sehingga dipastikan sesuai dengan unsur keselamatan dan kenyamanan. EIGER POLLOCK 2.0 juga punya fitur sirkulasi udara yang baik sehingga dapat menjaga kelembapan kaki. Harga mulai dari Rp 1.000.000.

2. KEEN Men’s Targhee III Waterproof Mid

Sumber: Tokopedia

Salah satu keunggulan dari sepatu ini adalah punya dua fitur sekaligus yakni waterproof dan breathable. Dua fitur tersebut  membuat sepatu ini tahan air dan sirkulasi udaranya baik. Dengan jenisnya yang high cut sepatu ini pun bisa melibas segala medan baik jalan berbatu, kemiringan ekstrem, hingga semak belukar. Harga mulai dari Rp 2.550.000.

3. EIGER Tarantula 2.0

Sumber: Shopee

Material utama sepatu ini menggunakan Nubuck leather yang menawarkan ketahanan. Sepatu ini juga punya fitur waterproof agar sepatu tidak mudah basah. Di samping itu ada juga pelindung jari yang terbuat dari karet. Bantalan sepatu ini juga terbilang baik karena  menggunakan insole Ortholite dan outsole Vibram Predator 625K. Harga mulai Rp 1.124.000.

4. SNTA 471

Sumber: Shopee

SNTA merupakan merk sepatu gunung dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk fitur, sepatu ini dirancang semi waterproof sehingga masih ada kemungkinan sepatu basah ketika melangkah di genangan. Dengan jenis high cut, sepatu SNTA 471 cocok digunakan untuk trekking medan yang berat. Harga mulai dari Rp 300.000.

5. Consina Mustang

Sumber: Bukalapak

Consina sudah terkenal dengan produk perlengkapan outdoor-nya. Sehingga kualitas sepatu gunungnya pun tak perlu diragukan. Salah satunya adalah Consina Mustang. Punya tipe high cut, sepatu ini menggunakan bahan kulit suede dan oxford pada bagian atasnya. Di samping itu sudah tahan air atau waterproof. Harga mulai dari Rp 800.000.

6. Mokzhaware Breathe Suede

Sumber: Tokopedia

Meski harganya cenderung terjangkau, namun sepatu gunung Mokzhaware Breathe Suede jadi salah satu yang terbaik karena fitur dan kualitasnya. Sepatu ini menggunakan bahan kulit suede dan fitur tahan air. Dengan jenis high cut, sepatu ini pun cocok dipakai di segala medan. Harga mulai dari Rp 250.000.

7. Consina Deurali

Sumber: Blibli

Consina Deurali terbuat dari bahan kulit suede yang kuat dan bahan oxford di bagian atasnya. Selain itu sepatu ini juga punya fitur waterproof dan breathable agar menjaga kaki tetap kering. Consina Deurali juga aman dipakai untuk medan yang berat seperti berbatu dan semak belukar karena jenisnya high cut. Harga mulai Rp 795.000.

8. Timberland Men Mt. Maddsen

Sumber: Tokopedia

Sepatu gunung terbaik lainnya ada Timberland Men Mt. Madden yang terbuat dari material premium full-grain waterproof leather uppers. Sepatu ini dirancang agar kaki tetap kering karena sudah ada fitur waterproof. Dengan jenis high cut, sepatu ini juga dikatakan dapat menempuh medan apa pun. Harga mulai Rp 2.300.000.

9. Hi-Tec Bandera Lite

Sumber: Shopee

Produsen sekaligus distributor pakaian olahraga yang berkantor pusat di Belanda, Hi-Tec, juga punya koleksi sepatu gunung yang berkualitas. Salah satunya adalah Hi-Tec Bandera Lite. Sepatu ini punya teknologi MDT rubber outsole yang diklaim mampu menjaga kestabilan kaki saat di medan sulit. Sepatu ini juga sudah waterproof. Harga mulai Rp 800.000.

10. Arei Nevis Shoes

Sumber: Arei Outdoor Gear

Sepatu koleksi dari merk Arei ini punya keunggulan fitur Multi Directional Traction sole agar anti-slip. Meski demikian sepatu ini masih semi waterproof. Dengan jenis mid cut kamu bisa menggunakan sepatu ini untuk medan yang sedang. Harga mulai dari Rp 500.000.

11. Jack Wolfskin Mountain Attack 5

Sumber: Shopee

Meskipun ini adalah sepatu gunung, namun bobotnya tergolong ringan. Dengan bobot yang ringan, kaki pun tidak punya beban berat saat melangkah. Kalau kamu ingin punya sepatu yang tidak membuat cepat lelah, ini adalah pilihannya. Sepatu ini terbuat dari material kulit suede dan textile. Fiturnya waterproof dan breathable. Harga mulai Rp 500.000.

12. Karrimor Hot Rock

Sumber: Shopee

Merek sepatu ini sudah berdiri sejak 1946 dan masih eksis hingga saat ini. Kualitas Karrimor pun tak perlu diragukan. Salah satunya pada sepatu Karrimor Hot Rock. Sepatu ini tahan air dan bahannya terbuat dari kulit sintetis serta tekstil. Harga mulai dari Rp 500.000.

Itulah beberapa rekomendasi sepatu gunung terbaik yang bisa kamu pilih untuk menjelajahi gunung-gunung di Indonesia. Selain perlengkapan yang sudah disebutkan di atas tentunya kamu juga perlu mempersiapkan daya tahan tubuh agar tidak mengalami kendala saat pendakian.

Baca Juga: 12 Sepatu Basket Terbaik dan Berkualitas Yang Ada Di Indonesia

Merk sepatu gunung terbaik di atas bisa kamu dapatkan di e-commerce kesayangan dan jangan lupa pilih Anteraja. Paket kamu dijamin cepat sampai karena Anteraja sudah menjangkau ke seluruh daerah di Indonesia. Pengiriman melalui Anteraja juga beragam mulai dari Same Day, Next Daya, atau Reguler.