InTips Aja

Serba-Serbi Penggunaan Alquran Digital

Penggunaan Alquran digital memang mengalami perkembangan yang cukup signifikan beberapa waktu belakangan. Tidak bisa dipungkiri, hal ini disebabkan oleh semakin pesatnya teknologi informasi, terutama yang berhubungan dengan dunia digital. Hal seperti ini tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga di negara-negara lainnya terutama yang memiliki penduduk muslim dalam jumlah besar.

Berkembangnya Alquran elektronik juga disambut baik oleh pemerintah, dalam hal ini adalah Kementerian Agama. Salah satunya adalah dengan meluncurkan aplikasi Quran Kemenag. Keunggulan aplikasi ini adalah memiliki teks ayat suci Alquran yang lengkap 30 juz. Untuk men-download Alquran online ini bisa melalui layanan seperti Google Play.

Selain yang bisa di-download langsung melalui gadget, Alquran digital/elektronik juga ada yang dijual dengan satu set. Biasanya terdiri dari Alquran yang dilengkapi pen digital, pad, atau versi audio digital. Umumnya Alquran juga dilengkapi dengan audio murrotal yang memudahkan siapa saja untuk mendengarkan dan belajar Alquran.

Manfaat menggunakan Alquran digital

Bagi umat islam, Alquran tidak hanya sekadar kitab suci, melainkan pedoman untuk menjalankan kehidupan sehari-hari. Baik itu kehidupan yang berhubungan dengan sesama manusia dan makhluk Tuhan maupun tuntunan untuk beribadah kepada Allah SWT. Adanya perangkat digital ini memberikan manfaat tersendiri, terutama memberikan kemudahan untuk dibaca maupun diamalkan dalam kehidupan. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan Alquran digital.

  • Dapat Digunakan Dimana Saja

Kitab Suci digital ini dapat dibawa ke mana saja dan digunakan kapan saja. Ini pun membuat kamu seolah menjadi dekat dengan Tuhan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Terutama untuk yang berbentuk audio digital. Kamu bisa mendengarkan murottal Alquran dengan mudah dan nyaman. Misalnya saja kamu dengarkan saat berkendara atau saat sedang bekerja. Cara seperti ini juga akan menumbuhkan kecintaanmu terhadap Alquran.

  • Lebih Praktis

Alasan yang paling utama mengapa banyak orang kini menggunakan Alquran digital adalah karena bentuknya yang praktis. Baik itu Alquran yang bisa di-download secara gratis maupun berbayar ataupun yang berbentuk audio. Kamu pun dapat membawanya baik di saku, tas, dan di tempat-tempat yang praktis lainnya. 

  • Mudah Dipahami

Manfaat lainnya adalah adalah memberikan kemudahan dalam memahami setiap ayat-ayat dan maknanya di kitab suci ini. Contohnya Alquran digital yang dilengkapi dengan pen digital. Dengan mengarahkannya pada ayat yang dipilih, pen ini akan membacakan ayat tersebut. Kemudian, kamu bisa mendengarkan lantunan ayat suci pada Alquran audio digital menggunakan earphone yang memudahkanmu memahami ayat-ayat dengan jelas.

Fitur Alquran digital

Alquran digital dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan yang memudahkan para pembaca maupun penggunanya. Mulai dari pen digital, audio digital yang jernih, dan ftur lainnya seperti fitur terjemahan ayat-ayat suci atau murrotal Alquran. Selain it,u kamu juga bisa memilih bacaan yang dilantunkan oleh qari terbaik.

  • Adanya Digital Pen

Jika dahulu pen sering digunakan sebagai penunjuk saat melantunkan atau membaca ayat suci Alquran, namun seiring perkembangan teknologi, pen digital ini tidak hanya sebagai penunjuk saja, tetapi juga memudahkanmu dalam mempercepat belajar membaca Alquran dengan baik. Pen Alquran digital dilengkapi dengan bacaan dzikir dan doa. Ketika kamu menekan tombol ‘ON’, maka pen digital ini akan muncul bacaan basmalah. Kemudian untuk mematikan atau dalam keadaan ‘OFF’, akan muncul bacaan ‘Sadakallahuladzim’.

  • MP3 Alquran Audio yang Jernih

Sama halnya seperti pen digital, Alquran digital yang berbentuk audio MP3 juga dilengkapi dengan bacaan dizkir dan doa selain bacaan-bacaan ayat suci. Adanya kualitas audio yang jernih akan memudahkan kamu untuk mendengarkan bacaan ayat tersebut sesuai dengan bacaan tajwid. Jadi, kamu tidak cuma membacanya saja, tapi juga mempelajari bacaannya atau tajwidnya.

  • Dilengkapi Terjemahan dan Pad

Fitur lainnya di Alquran digital adalah dilengkapi dengan terjemahan pada setiap ayat yang ada. Jadi, kamu pun lebih mengerti makna bacaan yang ada. Kemudian, untuk full set Alquran juga dilengkapi dengan pad. Pad inilah yang mudah untuk dibawa ke mana saja. Kapan saja kamu ingin membacanya, tinggal mengaktifkannya dan memilih surat maupun juz yang diinginkan.

Cara Mendapatkannya

Mendapatkan Alquran digital tidaklah sulit, kamu bisa mendatangi outlet yang khusus menjual perangkat Alquran ini. Namun, jika kamu ingin mendapatkannya dengan mudah, bisa dengan membelinya di toko online. Kini sudah banyak toko online yang menjual Alquran digital, baik untuk jenis full set maupun berbentuk audio Mp3.

Saat kamu membeli Alquran digital melalui toko online, pastikan pula memilih jasa kurir atau ekspedisi terbaik. Salah satunya adalah melalui Anteraja. Selain membuat pesananmu aman dan nyaman, ada juga promo menarik yang bisa kamu dapatkan jika memilih layanan kurir Anteraja. Di antaranya adalah promo potongan harga kirim di kawasan Jabodetabek.

Itulah serba-serbi tentang Alquran elektronik yang perlu kamu ketahui. Jadi, sudahkah kamu memiliki Alquran digital ini?

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *