Update Aja

11 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock untuk Wajah yang Bagus dan Terbaik

Wajah adalah salah satu area tubuh yang sering terkena sinar matahari. Sangat penting untuk melindunginya, namun banyak yang tidak menyadari pentingnya menggunakan sunscreen atau tabir surya. Terkadang, kita memilih untuk menghiraukan produk yang satu ini dari manfaat yang sebenarnya.

Jika kamu suka sekali berjemur atau beraktivitas di bawah terik sinar matahari, sebaiknya kamu memilih untuk menggunakan sunscreen terlebih dahulu. Hal ini karena sunscreen dapat melindungi kulit wajah kamu lebih baik dari sinar UV, dan membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari bahkan kanker kulit.

Tetapi kamu juga perlu memerhatikan jenis sunscreen yang kamu pilih. Beberapa sunscreen mungkin tidak memiliki SPF yang cukup tinggi atau dibuat dengan bahan kimia yang mungkin berbahaya bagi kulit. Menemukan sunscreen yang terbaik dapat menjadi tantangan tersendiri. Untuk membantu mempersempit pencarian kamu, simak tips memilih sunscreen dan rekomendasi sunscreen terbaik untuk wajah kamu. Jangan diskip ya!

Tips Memilih Sunscreen untuk Wajah Kamu

Pilih Sunscreen dengan Kemampuan Broad-Spectrum

Ada tiga jenis utama sinar ultraviolet (UV) yakni UVA, UVB, dan UVC. Semua sunscreen umumnya dapat melindungi kulit wajah kamu dari sinar UVB, yang menyebabkan sebagian besar jenis kanker kulit. Namun, hanya sunscreen dengan kemampuan broad-spectrum yang bisa melindungi dari sinar UVA dan UVB . Sinar UVA juga dapat menyebabkan kanker kulit, dan menyebabkan kulit menua sebelum waktunya. Karena itu disarankan kamu memilih sunscreen yang berlabel broad-spectrum, ya!

Pertimbangkan Kandungan SPF

SPF adalah ukuran seberapa banyak sinar UVB yang dapat disaring oleh sunscreen. Direkomendasiman untuk penggunaan SPF minimal 30, di mana SPF 15 hanya memblokir sekitar 93 persen sinar UVB, sedangkan SPF 30 memblokir sekitar 97 persen sinar UVB.

Sangat penting untuk menerapkan tabir surya yang cukup ke area kulit yang terbuka setiap hari. Saat kamu beraktivitas di luar ruangan untuk waktu yang lama, misalnya bermain golf atau di pantai, sebaiknya kamu mengoleskan sunscreen dengan SPF 30 tidak hanya ke wajah kamu, tetapi juga ke seluruh tubuh setengah jam sebelum meninggalkan rumah dan kemudian mengoleskannya kembali setiap dua jam.

Perhatikan Jenis Kulit Wajah

Jika kamu memiliki kulit berjerawat atau berminyak, pastikan sunscreen kamu berlabel non-comedogenic, yang berarti telah terbukti tidak menyumbat pori-pori. Tidak hanya itu, kamu juga harus mencari sunscreen dengan tekstur yang ringan dan bebas minyak. Sedangkan jika kamu memiliki kulit kering, carilah pelembap dengan kandungan sunscreen atau sunscreen yang mengandung bahan-bahan yang menghidrasi, seperti asam hialuronat atau ceramide.

Untuk kulit sensitif, pilih sunscreen yang mengandung mineral, dan berbahan dasar seng oksida dan titanium dioksida untuk melindungi kulit. Kedua bahan tersebut tidak akan membakar atau menyengat di mata.

Ketahui Kandungannya

Perlu diperhatikan jika kulit wajah kamu sensitif, kamu perlu mengawasi apa pun yang mungkin membuat alergi, dan cari label vegan atau bebas gluten sesuai kebutuhan. Kamu juga perlu mencari sunscreen yang mengandung hyaluronic acid, Aloe vera extract, vitamin E serta vitamin B5. Semua bahan ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit kamu dan sebagai antioksidan.

Selain itu, pertimbangkan apakah kamu lebih suka sunscreen berbahan dasar mineral atau kimia. Tabir surya mineral yang tidak mengandung nanopartikel dianggap aman, tetapi sulit untuk digosok. Sedangkan, sunscreen kimia cenderung tipis.

Rekomendasi Sunscreen Wajah Terbaik

1. L’Oreal Paris UV Defender Serum Protector Sunscreen SPF50+/PA++++ 

Sumber: Shopee

Meski termasuk serum tetapi produk ini juga bertindak sebagai sunscreen yang dapat melindungi wajah berminyak kamu dari sinar UV. L’Oreal Paris UV Defender Serum Protector Sunscreen mampu mencegah kulit kamu tampak lima tahun lebih tua yang menimbulkan tampilan garis halus, noda hitam, kulit kusam. Dilengkapi dengan kandungan airlicium. Mampu membantu menghasilkan kulit bebas berminyak dan menyamarkan pori pori. Hyaluronic Acid yang direkomendasikan oleh dermatologis, dapat membuat kulit terasa kenyal. Tesktur moist dan fresh serum protectornya juga cocok untuk kulit kering yang perlu efek melembapkan kulit. Harga Rp150.000.

2. EMINA Sun Battle Protection SPF 30 PA+++

Sumber: Shopee

Produk terbaru dari Emina ini memiliki tekstur ringan, dan siap melindungimu dari paparan sinar UV. Berbahan dasar Aloe Vera extract dapat memberikan kesegaran ekstra pada kulit, nyaman digunakan untuk penggunaan sehari-hari. Formula Hypoallergenic juga cocok untuk segala jenis kulit wajah kamu. Cukup oleskan pada area wajah dan leher 15 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan, EMINA Sun Battle Protection SPF 30 PA+++ dapat melindungi kulit kamu seharian. Harga Rp27.500.

3. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30

Sumber: Blibli

Punya SPF yang cukup tinggi, produk tersebut mampu untuk perlindungan kulit wajah kamu secara maksimal dari bahaya sinar matahari. Formula paling lengkap juga hadir seperti double protection untuk UVA dan UVB, Aloe Vera dan pro Vitamin B5 sebagai moisturizer, serta Vitamin E sebagai antioksidan. Saat kamu mengaplikasikan sunscreen ini, kesan pertama kamu akan merasa dingin, lembab, tidak lengket dan nyaman di kulit wajah kamu meski teksturnya gel. Psst, sunscreen ini juga non-comedogenic, loh! Harga mulai dari Rp26.000.

4. Biore UV Aqua Rich Watery Essence Sunscreen SPF50+

Sumber: Sociolla

Produk ini merupakan salah satu varian Biore UV Series dengan Formula Micro Defense yang memberikan perlindungan UVA UVB secara maksimal pada wajah kamu. Dengan Unique Outer Skin Technology memberikan perlindungan terhadap UV yang terasa nyaman dan ringan seperti air. Kandungannya sendiri terdapat Hyaluronic Acid dan Royal Jelly Extract yang dapat melembapkan kulit kamu. Sunscreen ini juga punya wangi yang cukup tahan lama. Harga Rp104.000.

5. N’PURE Cica Beat The Sun Powder

Sumber: Sociolla

Berkat gabungan physical sunscreen (Titanium Dioxide) dan chemical sunscreen (Ethylhexyl Salicylate & Ethylhexyl Methoxycinnamate), Hybrid sunscreen powder ini dapat memberikan perlindungan terhadap sinar matahari UVA/UVB dengan kuas yang nyaman. Tidaj hanya itu, sunscreen ini juga bekerja menyerap minyak berlebih, dan menyembunyikan pori-pori. Diformulasikan dengan Natural Centella Asiatica Leaf Water untuk menenangkan kulit wajah kamu. Kandungan Oryza Sativa (Rice) Bran Oil dan Vitamin E nya membantu melembapkan kulit. Sunscreen bebas Paraben dan halal ini dibanderol Rp119.000.

6. Azarine HYDRASHOOTHE SUNSCREEN GEL SPF45 PA++++

Sumber: Tokopedia

Produk kali ini memiliki tekstur gel yang sangat ringan, dingin dan mudah meresap untuk seluruh jenis kulit. Diformulasikan dengan kandungan bahan alami Aloe Vera yang dapat menyegarkan dan menenangkan kulit. Greentea-nya bekerja sebagai antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas dan anti aging/ firming. Propolis dapat menutrisi dan sebagai antiseptik alami. Terakhir, Pomegranade juga dapat menjadi antioksidan dan melindungi kulit dari sinar UVA / UVB serta menutrisi kulit. Harga Rp59.000.

7. Skin Aqua UV Moisture Milk

Sumber: Khyrastore

Punya SPF 50+, produk ini dipercaya dapat memberikan perlindungan 51x lebih lama terhadap sinar UVB yang menyebabkan kulit terbakar. Sedangkan PA+++, untuk perlindungan terhadap UVA yang menyebabkan penuaan dini dan kulit menjadi lebih gelap. Formula Improved Hyaluronic Acid (AcHA) dan Collagen juga dapat melembabkan dan melembutkan kulit. Ketika kamu aplikasikan di wajah setiap hari, sunscreen ini tidak akan terasa lengket sekalipun, bahkan dapat digunakan sebagai dasar make up. Cocok untuk semua jenis kulit. Harga Rp49.000.

8. Garnier Super UV Spot Proof SPF 50+ PA+++

Sumber: Shopee

Diklaim memiliki kemampuan perlindungan ganda untuk kulit wajah kamu dari paparan sinar UV dan munculnya noda hitam. Formulanya diperkaya dengan SPF 50 + sebagai perlindungan kulit tertinggi dari sinar UVA dan UVB untuk lawan penggelapan kulit. Keunggulan produk garnien mengedepankan Vitamin C yang dapat mencerahkan kulit dan samarkan noda hitam. Vitamin E nya juga bisa melindungi kulit dari sinar matahari dan debu polusi. Cocok untuk semua jenis kulit, termasuk yang berjerawat sekalipun. Harga mulai dari Rp65.000 hingga Rp79.000.

9. Carasun Solar Smart UV Protector

Sumber: Blibli

Meski namanya terdengar ke barat-baratan, tetapi produk yang satu ini Made in Indonesia, loh! Dibekali SPF 45 yang mampu menangkal 97.8% UVB, dan PA++++ perlindungan tertinggi terhadap UVA yang dapat menggelapkan kulit wajah kamu. Berkat teknologi yang dipatenkan CloudLike, Carasun Solar Smart UV Protector punya tekstur unik seringan awan yang non-comedogenic. Mengaplikasikan sunscreen ini tentu akan membuat kulitmu terasa nyaman dan tetap fresh hingga 8 jam! Tenang, ini Halal kok, karena dibuat tanpa alkohol, dan teruji klinis sesuai untuk kulit sensitif. Sunscreen yang juga dapat menangkal radikal bebas ini dijual seharga Rp69.000 saja.

10. Nivea Sun Face Protection Serum Oil Control SPF 50+ PA +++

Sumber: Lazada

Mencegah berbagai macam kerusakan kulit akibat sinar UVA dan UVB, sunscreen ini dilengkapi dengan double UV protection SPF 50+ dan PA +++. Teksturnya juga cepat meresap, dan tidak menimbulkan white-cast di wajah kamu. Karena formulanya ringan, cocok untuk dijadikan base makeup kamu. Sunscreen berbasis serum ini juga dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih. Terdapat varian lainnya juga yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, yakni NIVEA Sun Face Serum Instant Aura SPF 50+ yang membantu mencerahkan kulit wajah kamu. Masing-masih dibanderol Rp49.000.

11. Madame Gie Madame Protect Me Sunscreen With Calendula SPF 30 PA +++

Sumber: Shopee

Dibekali Ekstrak Calendula, sunscreen ini dapat membantu kulit terlihat tampak halus, bercahaya dan segar. Mampu menutupi masalah kulit wajah kamu seperti kulit kusam, garis-garis halus kering, serta warna dan tekstur kulit tidak merata. SPF 30 PA+++ nya cukup untuk melindungi kulit dari sinar matahari sekaligus menjaga kelembapan kulit sepanjang hari. Daya serap, teksturnya yang kental dan membuat kulit tampak glowing tak ayal sunscreen ini banyan diminati kaum hawa. Harga Rp40.000.

Nah sahabat Anteraja, itu dia beberapa rekomendasi sunscreen terbaik untuk wajah kamu. Sunscreen benar-benar diperlukan jika kamu tidak mau mengalami penuaan dini akibat paparan sinar UVA dan UVB. Namun perlu diingat, tidak ada sunscreen yang dapat sepenuhnya melindungi kamu dari sinar matahari sehingga penting untuk selalu mengoleskan ulang sepanjang hari, memakai pakaian pelindung seperti topi, pakaian renang yang menutupi tangan dan kaki dari sinar matahari, sera selalu mencari tempat yang tidak terpapar langsung sinar matahari.

Baca Juga: 11 Moisturizer Yang Bagus Untuk Kulit Berminyak, Terbaik dan Ampuh

Tapi setidaknya dengan menggunakan sunscreen, dapat membantu meminimalisir dampak sinar UV pada kulit wajah kamu. Yuk buruan order di e-commerce favorit kamu, jangan lupa pilih Anteraja sebagai layanan pengiriman terpercaya kamu ya, sahabat!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *