11 Suplemen Vitamin B Kompleks yang Bagus dan Terbaik untuk Tubuh

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar kamu memerlukan asupan suplemen. Sebab, terkadang makanan atau minuman yang kamu konsumsi setiap hari tidak sepenuhnya memenuhi semua nutrisi yang diperlukan tubuh. Untuk mengisi kekurangan tersebut kamu pun bisa mengonsumsi suplemen, salah satunya yang mengandung vitamin B kompleks.

Biasanya kebanyakan orang akan memilih memenuhi asupan vitamin  C, D, atau E setiap hari. Wajar saja, karena ketiganya punya nutrisi yang dapat mempercantik dan menyehatkan kulit. Namun, terkadang mereka lupa bahwa tubuh juga memerlukan vitamin lainnya seperti vitamin B kompleks. Untuk mengetahui manfaatnya simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat Vitamin B Kompleks bagi Tubuh

Vitamin B Kompleks merupakan sebutan untuk turunan dari vitamin B. Masing-masing turunan vitaminnya memiliki masing-masing manfaat yang baik untuk tubuh. Adapun turunan dari vitamin B atau disebut vitamin B kompleks adalah:

Thiamin (B1): Menjaga fungsi otak, otot, jantung, dan produksi energi.

Riboflavin (B2): Sumber energi, produksi sel darah merah, fungsi mata, metabolisme, sistem saraf, dan organ tubuh keseluruhan.

Niasin (B3): Menjaga fungsi sistem saraf, pencernaan, gula darah, jantung, dan menjaga kesehatan tubuh keseluruhan.

Asam pantotenat (B5): Berperan untuk produksi hormon, menjaga fungsi liver, sistem saraf, mata, rambut dan kulit, saluran pencernaan, dan kesehatan umum.

Piridoksin (B6): Menjaga fungsi otak, saraf, produksi hormon serotonin, energi, jantung, dan mengatasi gejala PMS pada wanita.

Biotin (B7): Bertugas untuk mengelola protein, kesehatan rambut, kuku, dan kulit, serta sistem saraf, dan seluruh organ tubuh.

Asam Folat (B9): Meningkatkan kesuburan, mendukung kesehatan janin, menjaga kesehatan kehamilan, mencegah bayi lahir cacat, dan melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Cobalamin (B12): Produksi sel darah merah, kesehatan tulang, fungsi otak, mata, produksi energi, serta kesehatan rambut, kuku, dan kulit.

Rekomendasi Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik

1. Dexa Medica Folamil Genio

Sumber: Blibli

Ini adalah suplemen khusus untuk ibu hamil. Produk ini memiliki nutrisi yang cukup lengkap bagi perkembangan janin. Salah satu keunggulan pada suplemen ini adalah kadar asam folatnya mencapai 1.000 mikrogram. Kandungan vitamin B kompleks pada suplemen ini terdiri dari vit. B1 (3 mg), vit. B2 (3,4 mg), vit. B3 (20 mg), vit. B5 (dalam kalsium pantotenat 7,5 mg), vit. B6 (2 mg) vit B7 (30 mikrogram), vit. B9 (1 mg), dan vit. B12 (4 mikrogram). Harga mulai Rp 131.670.

2. Tempo Scan IPI Vitamin B Complex

Sumber: Official Tempo Scan

Meski memiliki banyak manfaat untuk tubuh, suplemen yang satu ini punya harga yang terjangkau loh! IPI Vitamin B Complex memiliki komposisi vit. B1 (2 mg), vit. B2 (2 mg), vit. B3 (15 mg), vit. B5 (dalam kalsium pantotenat 5 mg), dan vit. B6 (2 mg). Setiap kemasannya terdiri dari 45 butir suplemen. Harga mulai Rp 5.500.

3. Procter and Gamble Neurobion Forte

Sumber: Official Neurobion

Kamu sering kesemutan atau kebas? Mungkin ada gangguan ada pada saraf. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi Neurobion Forte. Suplemen ini memiliki komposisi vitamin neurotropic yang terdiri dari vitamin B1, B6, dan B12. Ketiganya memberikan nutrisi yang baik untuk saraf. Harga mulai dari Rp 36.500.

4. Kimia Farma Vitamin B Kompleks

Sumber: K21Klik

Kimia Farma merupakan perusahaan yang sudah dikenal dalam dunia medis, khususnya sebagai produsen obat dan suplemen. Salah satu suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh adalah Vitamin B Kompleks. Harga dari suplemen ini cukup terjangkau dan sudah memiliki kandungan vitamin B7, B9, dan B12. Harga mulai dari Rp 19.400.

5. Ikapharmindo Kamulvit B-12

Sumber: Tokopedia

Anak-anak memerlukan asupan nutrisi yang optimal. Sebab, selama masa pertumbuhan, orang tua dianjurkan memberikan vitamin terbaik untuk mereka. Salah satu vitamin yang bisa diberikan adalah B Kompleks. Dalam Kamulvit B-12 terdiri dari Vit. B1 (1,8 mg), vit. B2 (0,75 mg), vit. B3 (6 mg), vit. B5 (dalam kalsium pantotenat 3 mg), vit. B6 (0,3 mg), vit. B12 (3 mikrogram). Harga mulai Rp 23.760.

6. Wellness Mega B Complex

Sumber: Halodoc

Kandungan vitamin dalam produk ini diklaim 100% alami tanpa tambahan zat kimia, pengawet, hingga pewarna. Oleh karena itu produk ini aman dikonsumsi oleh anak-anak. Kandungan vitaminnya pun tergolong lengkap yang terdiri dari vitamin B1, B2, B6, B12, biotin, asam folat, PABA, choline, niacinamide, pantothenic, choline, dan inositol. Harga mulai dari Rp 250.000.

7. Kalbe Blackmores Multi B Performance

Sumber: Kalcare

Untuk kombinasi vitamin dan mineral, kamu bisa mengonsumsi produk Kalbe Blackmores Multi B Performance. Kombinasi keduanya dapat bermanfaat untuk meredakan stres, meredakan syaraf yang tegang, hingga meningkatkan kualitas tidur. Meski begitu, tidak dianjurkan bagi orang yang sensitif terhadap gluten karena vitamin ini mengandung gluten. Selain itu kamu juga sebaiknya tidak mengonsumsi produk ini setelah jam 4 sore karena dapat menyebabkan susah tidur. Harga mulai Rp 280.000.

8. Nutrimax Vitamin B Complex

Sumber: Shopee

Kamu cari suplemen Vitamin B yang kaya akan manfaat, nah Nutrimax Vitamin B Complex ini bisa jadi pilihan kamu, karena dilengkapi dengan Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12. Berbagai macam masalah kesehatan juga bisa diatasi jika kamu rutin mengonsumsi produk ini, di antaranya, membantu memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan nafsu makan, membantu mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan kulit, membantu proses pembentukan sel darah merah, dan mempercepat penyembuhan setelah sakit. Harga per botolnya nggak bikin kantong jebol kok, yakni Rp. 165.000 saja.

9. Healthy Care Vitamin B12

Sumber: Tokopedia

Hadir dengan 60 butir suplemen, Healthy Care Vitamin B12 ini mengandung Cyanocobalamin sebanyak 1000 mg. Nggak hanya memenuhi kebutuhan Vitamin B12, produk ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan sel darah kamu loh. Bahkan, bisa juga membantu gangguan stress ringan akibat rutinitas yang kamu jalankan setiap hari. Bikin mood kamu balik lagi. Harga mulai dari Rp230.000.

10. Natrol Vitamin B12

Sumber: Shopee

Nggak suka minum suplemen tanpa rasa? Tenang, merk Natrol Vitamin B12 yang satu ini hadir dalam rasa strawberry yang pasti bakal kamu suka. Terlebih, karena bentuknya seperti permen, jadi nggak takut lagi kan konsumsi suplemen. Cocok banget bagi kamu yang tengah diet atau menjalani hidup sebagai vegetarian, harganya juga murah abis, mulai dari Rp195.000 aja ya, Sahabat.

11. Swisse High Strength Vitamin B12

Sumber: Tokopedia

Produk dengan Vitamin B12 ini dibuat khusus bagi kamu yang peduli banget sama kesehatan. Karena kandungan Vitamin B12-nya cukup tinggi yakni 1000 mcg suplemen ini bisa membantu kamu menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Seperti produk rekomendasi sebelumnya, Swisse High Strength Vitamin B12 juga cocok untuk kamu sebagai vegetarian, guna memenuhi asupan daging atau susu yang nggak bisa kamu konsumsi setiap hari. Kamu juga sedang lelah setelah aktivitas seharian? Yup, kamu bisa banget konsumsi suplemen ini yang bisa balikin energi kamu. Harga mulai dari Rp199.000.

Baca Juga: 12 Suplemen Vitamin yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Sahabat itu dia rekomendasi suplemen Vitamin B kompleks terbaik dari Anteraja, kalau kamu nggak punya waktu untuk beli, yuk buruan belanja di marketplace kesayangan kamu, dan pilih Anteraja sebagai layanan pengirjman terpercaya kamu. Pilih Same Day agar suplemen kamu bisa sampai hanya dalam waktu 8 jam saja. Cepet banget kaaan?