11 Rekomendasi Wajan Anti Lengket yang Bagus, Awet dan Terbaik

Wajan merupakan alat yang penting bagi semua mommy yang gemar memasak. Apalagi memiliki wajan yang anti-lengket (non-sticky) dan ringan, bikin masak jadi makin rajin dan senang.

Namun terkadang para mommy masih bingung nih soal memilih wajan selain banyaknya model, harga yang ditawarkan pun tidak sembarangan. Meski begitu, mommy perlu tahu kalau wajan terbaik adalah wajan yang sesuai dengan kompor mommy, dengan begitu memberikan mommy rasa nyaman saat memasak.

Jika mommy termasuk pemula atau sudah profesional, disarankan untuk menggunakan wajan anti lengket dan stainless steel. Permukaan anti lengket yang licin membuatnya ideal untuk memasak makanan yang lebih lengket seperti telur dan pancake. Sementara, jika mommy memilih wajan stainless steel sejatinya masakan mommy akan menempel pada wajan, tetapi itu juga bisa menjadi keuntungan saat mommy sedang memasak daging, sayuran dengan sempurna dan membuat saus pan yang lezat serta matang merata.

Agar tidak semakin bingung, yuk simak tips memilih wajan yang dapat mommy lihat di bawah ini, beserta rekomendasi wajan anti lengketnya!

Tips Memilih Wajan

1. Perhatikan Bahan Dasar Wajan

Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam memilih wajan adalah bahan wajan. Berikut adalah bahan yang paling umum digunakan dalam pembuatan wajan:

– Non-sticky

Untuk diketahui, wajan anti-lengket terbuat dari bahan dasar aluminium atau stainless steel yang dilapisi permukaan licin, sehingga makanan tidak lengket di bagian bawah dan samping. Wajan jenis ini bagus untuk memasak makanan yang lebih lembut seperti telur, ikan, sandwich keju panggang, dan pancake.

– Cast Iron

Wajan berbahan dasar ini dikenal dengan beratnya dan lama mengeluarkan panas. Namun, begitu mommy membuatnya panas, mereka akan menahannya dengan baik. Inilah yang membuat mereka sangat baik untuk memasak steak, dan jenis daging lainnya. Jenis peralatan masak ini hampir tidak bisa dihancurkan, begitu kokoh dan kaku, tidak akan bengkok atau melengkung saat digunakan sesering apapun. Wajan jenis ini juga tergolong sangat murah.

– Copper

Panci tembaga terbuat dari tembaga, logam yang mampu memanas dengan sangat cepat dan merata. Kontrol yang tepat atas suhu memasak yang diberikan panci tembaga membuatnya sempurna untuk membuat saus. Wajan jenis ini biasanya relatif mahal, dan cenderung menjadi barang koleksi yang langka.

– Stainless Steel

Sementara, wajan stainless steel terbuat dari baja food grade yang mengandung kromium dan nikel, yang melindunginya dari karat. Jenis ini sempurna untuk membakar steak, menumis sayuran, dan membuat saus. Kelemahan besar dari stainless steel adalah bahwa makanan tinggi protein dan rendah lemak, seperti telur dan ikan, umumnya cenderung menempel padanya. Tapi mommy bisa mengatasinya dengan memanaskan wajan selama 2-3 menit sebelum menggunakannya dengan minyak goreng.

– Carbon Steel

Sebagian besar jenis baja memiliki kandungan karbon 0,05%-0,3%. Carbon Steel dapat memiliki kandungan karbon hingga 2,5%. Wajan berbahan dasar ini memanas dengan cepat dan dapat menahan panas dengan relatif baik, serta memiliki permukaan anti lengket alami. Mereka juga cukup tangguh untuk dimasukkan ke dalam oven mommy, termasuk pada suhu tertinggi

– Enamel Ceramic

Wajan yang 100% berbahan dasar keramik ini diklaim sangat aman digunakan, sebab tidak mengandung bahan kimia yang dapat merusak kesehatan. Meski begitu, persis dengan wajan jenis Copper, Enamel ini juga memiliki harga yang cukup tinggi, karena kualitas yang dibawa juga tidak sembarangan.

2. Pilih Ketebalan Wajan yang Sesuai

Selain memerhatikan bahan dasar wajan, selalu penting untuk mempertimbangkan ketebalan wajan yang mommy beli. Sebagian besar peralatan masak yang mommy temukan memiliki ketebalan 10 hingga 30 cm.

Mommy juga perlu memperhitungkan apakah wajan yang dibeli sudah sesuai ukuran dan kebutuhan, jika mommy gemar mengandalkan handle, sebaiknya mommy pilih wajan yang memiliki tebal rata-rata 24 cm saja. Atau jika mommy suka memasak sekaligus dalam jumlah banyak, bisa memilih ukuran 28 cm agar tidak terlalu berat.

3. Sesuaikan dengan Kompor

Bentuk wajan bisa memiliki dasar yang rata atau bulat. Apa yang harus dipilih tergantung pada jenis kompor atau kompor yang mommy miliki. Kompor listrik memerlukan wajan dengan alas yang rata karena bagian bawah yang bundar cenderung memantulkan panas kembali, yang dapat menyebabkan kerusakan pada kompor mommy. Selain itu, wajan dengan alas bulat mungkin tidak terasa kokoh di atas kompor listrik. Namun, jika mommy memiliki kompor gas, pilih yang bagian bawahnya bulat.

4. Pilih Wajan dengan Penutup

Wajan dengan penutup memberi mommy lebih banyak kenyamanan, terutama saat memasak makanan China. Karena beberapa hidangan perlu waktu untuk matang, dan dengan penutupnya pasti akan berguna. Saat digunakan untuk mengukus makanan, penutup sangat penting untuk memastikan panas terdistribusi secara merata.

Rekomendasi Wajan Anti Lengket Terbaik

1. BOLDë Granite Super Pan Wok

Sumber: Blibli

Dibuat menggunakan ECO GREEN Technology, sehingga menghasilkan wajan dengan teknologi ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. BOLDë Granite Super Pan Wok juga aman digunakan karena bebas PFOA. Selain itu, kemampuan perlindungan anti lengket berkualitas tinggi berkat lapisan granit dan panasnya juga merata. Wajan ini bisa mommy gunakan pada kompor gas ataupun kompor listrik (induksi). Cocok untuk menumis, merebus, ataupun menggoreng aneka masakan dengan higienis. Harga Rp409.000.

2. Oxone Performa Fry Pan

Sumber: Bhineka

Memiliki pegangan silikon yang lembut, wajan ini juga dibalut dengan ketebalan 3 mm. Berlapis granit dari Jepang, Oxone Performa Fry Pan ini dijamin anti lengket dan membuat masakan mommy jadi cepat matang. Pada bagian bawah wajan ini juga sengaja dibentuk bulat cekung agar saat mommy menumis masakan jadi lebih mudah. Dibekali juga penutup kaca tebal, sehingga saat digunakan untuk menggoreng, minyak tidak menyembur keluar. Harga Rp435.000.

3. Lock & Lock Cookplus Prima Frying Pan

Sumber: Shopee

Diklaim terbuat dari bahan kualitas tinggi dengan tujuh lapisan sistem, wajan ini cocok untuk memasak kebutuhan keluarga maupun restoran, karena berbagai macam ukuran hadir sebagai pilihan. Tak hanya menggoreng, wajan ini juga digunakan untuk merebus serta cepat membuat daging jadi lunak, membuat masakan jadi matang merata. Mudah dibersihkan juga menjadi keunggulan utamanya. Harga mulai dari Rp534.000 hingga Rp690.000.

4. Tefal Day by Day Wokpan

Sumber: Panen Lentera Jaya

Didesain khusus untuk berbagai jenis masakan Asia, Tefal Day by Day Wokpan ini terbuat dari material berkualitas tinggi dengan lapisan titanium anti lengket. Deep Frypannya mengusung Pouring spout yang dapat digunakan segala jenis masakan. Dibekali juga dengan teknologi Thermo Signal, jadi memudahkan mommy untuk mengetahui suhu ideal saat memasak. Wajan ini bisa mommy gunakan baik di kompor gas maupun kompor induksi. Harga Rp794.000.

5. Cypruz Fry Wok

Sumber: Dapurnesia

Wajan dibalut marbel tiga lapis ini diklaim cukup aman untuk kesehatan karena free PFDA, yang dikenal dapat menyebabkan kanker bila mengelupas di wajan. Mommy bisa memasak tanpa minyak jika menggunakan wajan ini, dijamin anti lengket dan tidak akan tergores sekalipun mommy menggunakan spatula besi. Gagang kayunya yang ringan memudahkan mommy untuk membalikan masakan. Harga mulai dari Rp175.000.

6. IKEA Kavalkad Frying Pan

Sumber: Official IKEA

Berbahan dasar aluminium membuat masakan cepat matang karena wajan ini dapat menimbulkan panas yang merata, karenanya mommy jadi bisa menghemat gas. Anti lengketnya juga memudahkan mommy untuk memasak dan membersihkannya. Tak hanya itu, wajan ini juga cukup ringan meski penuh dengan masakan. Harga mulai dari Rp66.900.

7. Stein Cookware Granite Series

Sumber: Dapurnesia

Merek yang satu ini sedang booming karena keunggulan desain yang cantik dan anti lengket. Dilapisi enam layer Granit German Greblon, wajan ini sudah free PFOA, dan Cadmium. Meski lebih berat dibanding series Glow, tapi Granite series ini bisa mommy gunakan untuk kompor gas dan juga kompor induksi. Harga mulai dari Rp689.000.

8. Kochgerate Induction Frying Pan

Sumber: Tokopedia

Wajan aluminium yang dilapisi dengan marbel berkualitas tinggi, cocok digunakan untuk mommy yang sering memasak di kompor induksi. Lapisan bawahnya juga dilengkapi dengan lempengan induksi, sehingga proses memasak mommy jadi lebih matang merata dan efisien. Tenang mom, wajan ini sudah dilengkapi juga dengan teknologi anti lengket, jadi mommy bisa memasak tanpa minyak. Harga Rp204.000.

9. Welcook Granite Frypan

Sumber: Shopee

Membawa desain yang elegan, Welcook Granite Frypan ini menggunakan material premium Granite Coating tiga lapis yang memiliki daya tahan sangat tinggi, serta anti lengket yang membuat mommy bisa masak tanpa minyak juga mudah dibersihkan. Terpenting, wajan dengan handle yang kuat ini bisa mommy gunakan di segala jenis kompor, seperti gas, listrik dan induksi. Harga Rp350.000.

10. Carote Essential Woody Wajan

Sumber: Lazada

Salah satu wajan anti lengket ini sudah bebas PFOA, dan lapisan bagian luarnya terbuat dari batu Maifan ILAG yang diimpor langsung dari Swiss. Bagian bawah yang tebal 4,5 mm dapat memberikan panas yang stabil dan merata selama proses memasak mom. Yuk jagan ragu lagi, beli Carote Essential Woody Wajan harganya mulai dari Rp440.000 hingga Rp704.000.

11. Kirin Frypan Serunai

Sumber: Official Kirin

Rekomendasi terakhir ada wajan dari Kirin Frypan Serunai. Terbuat dari aluminium 3003 yang dilapisi lapisan antigores atau hard anodize. Membuat wajan ini mampu memberikan panas merata sehingga membuat masakan mommy cepat matang. Lapisan anti lengketnya dapat memudahkan mommy untuk membersihkannya sehabis masak. Harga Rp136.000.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik, Berkualitas dan Hemat Listrik

Momm itu dia rekomendasi wajan anti lengket terbaik, mudah-mudahan dengan adanya artikel ini bisa membantu mommy memilih wajan yang cocok untuk masak sehari-hari ya. Kalau sudah dapat pilihannya, yuk buruan checkout di e-commerce kesayangan mommy. Bisa juga loh kalau mommy mau kirim kado untuk teman dan keluarga, jangan lupa pilih Anteraja sebagai andalannya, karena sudah menjangkau pengiriman ke seluruh Indonesia dengan ongkir murah!