Berbagai Cara Packing Paket Makanan agar Aman saat Dikirim

Boleh percaya atau tidak kalau saat ini sudah banyak orang yang menjual berbagai jenis makanan secara online. Mulai dari bahan makanan, seperti daging, ikan, kerang dan lain sebagainya. Di samping itu, makanan lain berupa makanan ringan juga bisa dibeli atau dipesan melalui e-commerce. Oleh sebab itu, bisnis ini dilakukan mulai diminati banyak orang sebagai mata pencaharian.

Jika kamu ingin memulai berbisnis dengan berjualan bahan makanan atau makanan ringan. Ada hal penting yang harus diperhatikan, yaitu pada proses pengemasan paket makanan agar produk yang dijual tetap terjaga kualitasnya saat sampai ke pembeli. Yuk, simak beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat packing makanan di bawah ini, ya!

Tips Packing Makanan agar Tetap Segar

Cara Packing Paket Makanan yang Tepat Agar Tetap Segar - Untuk Makanan yang Harus Bersuhu Rendah

Bahan makanan yang harus bersuhu rendah, seperti daging harus dijaga suhunya agar tak mudah busuk selama proses pengiriman. Berikut ini adalah tips saat packing makanan dengan suhu rendah, yaitu :

Simpan Paket Didalam Kotak Styrofoam

Cara Packing Paket Makanan yang Tepat Agar Tetap Segar - Kotak Styrofoam

Kotak styrofoam merupakan wadah yang terbuat dari bahan polistiren dan bisa digunakan sebagai menyimpan paket saat dikirim. Kotak ini memiliki berat yang ringan sehingga tidak terlalu berpengaruh terhadap berat dari paket. Seperti yang sudah diketahui, berat paket sangat memengaruhi tarif ongkos kirim. Kotak syrtofoam biasanya memiliki penutup dan bisa menjaga kondisi suhu didalam paket tetap stabil sesuai kebutuhan.

(Baca Juga: Cara Packing Tanaman Hias)

Bungkus dengan Bubble Wrap

Cara Packing Paket Makanan yang Tepat Agar Tetap Segar - Bantali dengan Bubble Wrap

Kamu bisa menambahkan lapisan tambahan makanan berupa bubble wrap. Bubble wrap berguna untuk melindungi paket makanan dan juga menjaga suhu paket makanan tetap dingin. Dengan adanya bubble wrap, paket makanan menjadi lebih aman dari guncangan atau benturan selama proses pengiriman.

Tambahkan Dry Ice atau Ice Gel Pack

Cara Packing Paket Makanan yang Tepat Agar Tetap Segar - Menggunakan Dry Ice - Ice Gel Pack

Fungsi dari dry ice dan ice gel pack adalah untuk menjaga suhu makanan tetap rendah atau dingin. Kamu bisa menaruh benda ini di atas kemasan makanan. Benda ini bisa kamu dapatkan dengan membeli dari toko online

(Baca Juga: Cara Packing Kosmetik)

Pakai Kardus yang Tahan Air

Cara Packing Paket Makanan yang Tepat Agar Tetap Segar - Pakai Kardus Anti Air

Untuk lapisan terluar dari paket, kamu bisa menggunakan kardus yang berlapis lilin agar lebih tahan terhadap air. Akan tetapi, tidak harus kardus berlapis lilin, kamu juga bisa membuat kardus yang tahan air sendiri. Caranya adalah membungkus kardus dengan plastik wrap, lalu balut dengan lakban.

Tips Packing Makanan Ringan yang Mudah Melempem

Cara Packing Paket Makanan yang Tepat Agar Tetap Segar - Untuk Makanan yang Mudah Alot

Makanan yang mudah melempem, seperti kerupuk, keripik dan makanan ringan lainnya. Jenis-jenis makanan tersebut bisa melempem atau tidak renyah karena terkena udara atau terkena air. Ini dia tips packing makanan agar terhindar dari kondisi tadi, yaitu :

Gunakan Kemasan Standing Pouch Plastik

Cara Packing Paket Makanan yang Tepat Agar Tetap Segar - Pastikan Udara Tidak Masuk

Standing Pouch Plastik merupakan jenis kemasan makanan yang kedap udara. Kemasan ini mempunyai segel yang mudah untuk dibuka dan ditutup. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan gambar dari produk makanan yang dijual pada kemasan agar terlihat lebih menarik di mata pembeli.

(Baca Juga: Tips Cara Packing Sepeda)

Packing dengan Kotak

Cara Packing Paket Makanan yang Tepat Agar Tetap Segar - Packing Dengan Kotak Agar Tidak Hancur

Selanjutnya, taruh kemasan makanan di dalam kotak. Tujuannya adalah melindungi makanan agar tidak hancur karena tertekan pada saat dikirim. Sebelum memasukkan produk makanan yang sudah dikemas, kamu juga bisa menambahkan bubble wrap agar paket semakin aman.

Itulah dia berbagai tips packing makanan yang bisa kamu terapkan. Proses packing yang baik, harus dilakukan dengan benar. Agar pengiriman paket makanan semakin aman dan nyaman, kamu bisa menggunakan layanan pengiriman dari Anteraja. Kamu bisa mengirimkan paket makanan melalui layanan Reguler atau Next Day. Nah, bagi yang tidak suka menunggu, ada layanan yang waktu pengiriman yang paling cepat, yaitu Same Day. Percayakan pengiriman paket makanan kamu ke seluruh Indonesia melalui Anteraja,ya!