Cara Mempacking Kosmetik Agar Tidak Rusak Sampai Tujuan
Update Aja

Cara Mempacking Kosmetik Agar Tidak Rusak Sampai Tujuan

Penjualan kosmetik online kian menggairahkan di Indonesia. Bahkan diprediksi 10 persen dari total pendapatan pasar kecantikan dan perawatan tubuh di Indonesia, akan dihasilkan lewat penjualan online hingga 2 tahun ke depan! Kosmetik adalah barang yang banyak dicari oleh kaum hawa untuk memenuhi perawatan tubuh yang mereka butuhkan. Apalagi sudah banyak kosmetik-kosmetik impor dari Korea Selatan yang memiliki harga sangat terjangkau dan banyak tersebar di marketplace.

Pertumbuhan penjual kosmetik juga meningkat seiring dengan tingginya kebutuhan, sehingga penjual kosmetik sudah sangat merebak. Mungkin sebagian orang masih takut untuk membeli kosmetik secara online, bisa jadi karena takut tidak cocok atau takut barang yang dipesan rusak ketika pengiriman, sehingga tidak bisa digunakan. Bagi kamu para penjual kosmetik online atau jika kamu baru ingin memulai bisnis berjualan kosmetik, sangat penting untuk memperhatikan cara packing kosmetik yang baik dan benar, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga pelanggan tidak merasa takut kosmetik akan rusak ketika pengiriman. Buat kamu yang penasaran, langsung simak yuk tips-tipsnya!

(Baca Juga: Cara Menulis Alamat Paket)

Cara Packing Kosmetik Agar Aman di Pengiriman

1. Pilih Pembungkus yang Tepat

Cara Mempacking Kosmetik Agar Tidak Rusak Sampai Tujuan - Pilih Pembungkus yang Tepat

Ada banyak material pembungkus yang biasa digunakan pada paket barang yang akan dikirim. Biasanya packing menggunakan plastik dan kardus sudah sangat lumrah digunakan untuk membungkus paket barang. Kosmetik juga memerlukan packing yang kuat, karena kosmetik sangat mudah pecah atau tumpah ketika pengiriman. Kamu bisa menggabungkan packing plastik dan kardus untuk menghindari dua hal tadi. Pastikan gunakan kardus yang masih baru dan kuat, karena kardus bekas biasanya sudah lemah dan mudah bengkok jika tertekan. Pastikan juga ukuran kardus sesuai dengan barang yang dibungkus, jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil.

(Baca Juga: Cara Packing Tanaman Hias)

2. Perhatikan Cara Packing

Cara Mempacking Kosmetik Agar Tidak Rusak Sampai Tujuan - Perhatikan Cara Packing

Setelah memilih pembungkus yang tepat, kamu harus memperhatikan juga cara packing paket kosmetik kamu. Pastikan masing-masing kosmetik berada dalam kardus yang berbeda supaya tidak terhimpit satu sama lain. Gunakan kardus dengan ukuran yang pas, jika lebih besar kamu harus menyumpalnya dengan gumpalan koran atau kertas lainnya, sehingga kosmetik tidak bisa bergerak di dalam paket. 

3. Hati-Hati Jika Mengirim Lebih dari Satu Barang

Cara Mempacking Kosmetik Agar Tidak Rusak Sampai Tujuan - Hati-hati Jika Mengirim Lebih dari Satu Barang

Jika mengirim lebih dari satu barang, kamu harus menyekat masing-masing kosmetik sehingga tidak terjadi benturan. Gunakan kardus atau styrofoam untuk menyekat antara kosmetik. Sama dengan yang dijelaskan pada nomor 2, kamu juga bisa menggunakan gumpalan kertas atau koran untuk menyumpal sela-sela antara satu kosmetik dengan yang lainnya. Atau kamu juga bisa menggunakan bubble wrap yang cukup tebal, jangan ragu untuk melapisi kosmetik dengan bubble wrap karena harga bubble wrap sangat murah.

(Baca Juga: Cara Packing paket Makanan)

4. Lindungi dengan Selotip

Cara Mempacking Kosmetik Agar Tidak Rusak Sampai Tujuan - Lindungi dengan Selotip

Selotip diperlukan untuk merekatkan kardus-kardus yang membungkus kosmetik supaya tidak keluar dari kardusnya. Jika diperlukan, selotip juga dapat dipakai untuk merekatkan tutup dari kosmetik-kosmetik supaya isinya tidak tumpah ketika pengiriman. Harus dilakukan secara berulang ketika merekatkan dengan selotip, supaya selotip mampu merekatkan dengan baik.

5. Beri Label Fragile

Cara Mempacking Kosmetik Agar Tidak Rusak Sampai Tujuan - Beri Label Fragile

Penting untuk memberikan label fragile pada paket kosmetik yang akan dikirim. Kosmetik juga termasuk barang pecah belah yang perlu dipisahkan dari barang lain ketika pengiriman. Label fragile akan memudahkan layanan pengiriman untuk memisahkan paket barang pecah belah dengan paket barang lainnya, sehingga paket barang dengan label fragile diusahakan akan lebih hati-hati dan tidak ditiban dengan paket lainnya pada saat pengiriman.

(Baca Juga: Tips Cara Packing Sepeda)

Nah kalau udah ngikutin tips-tips tadi, tinggal percayakan Anteraja untuk mengirim paket kosmetik kamu kepada pelanggan. Dijamin paket kosmetik kamu selamat sampai tujuan! Yuk langsung cek ongkir untuk melihat ongkos pengiriman Anteraja yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan lupa, Anteraja juga punya fitur tracking paket yang bisa kamu manfaatkan untuk melacak posisi paket kamu! Nggak percaya? Coba deh langsung cek resi untuk tracking paket yang sedang kamu kirim, supaya pelanggan kamu nggak khawatir.


Semoga tips-tips tadi bisa membantu dan dapat meningkatkan layanan kamu dalam berjualan kosmetik online. Selalu utamakan kepuasan pelanggan dengan memberikan pelayanan terbaik, apalagi barang yang dikirim adalah barang yang mudah pecah atau rusak. Selalu perhatikan cara packing kosmetik kamu dengan baik ya!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *