Begini Cara Bisnis Kaos Distro dan Trik Membangun Usahanya

Begini Cara Bisnis Kaos Distro dan Trik Membangun Usahanya

Distro masih menjadi pertimbangan banyak anak muda untuk berbisnis hingga saat ini, padahal konsep distro sudah lahir dari era 90-an di Bandung. Bisa dibilang, bisnis membuka distro dapat menuangkan kreativitas mereka dalam mendesain pakaian-pakaian untuk dijual. Seperti yang kamu tau, distro-distro lokal sangat merebak di kota-kota besar, terlebih lagi di Kota Bandung dan Jakarta. Bahkan pakaian-pakaian yang dijual memiliki desain yang keren, sehingga bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi

Kalau kamu memiliki ide-ide desain kreatif untuk diaplikasikan pada pakaian, kamu harus mencoba bisnis distro ini, karena kamu bisa menghasilkan uang dari kreativitas kamu. Nah mungkin kamu harus mengetahui beberapa faktor untuk memulai bisnis distro, karena berbisnis juga memerlukan banyak persiapan. Kamu juga perlu mengetahui cara-cara untuk mengembangkan produk kamu, supaya produk kamu selalu disukai dan dibeli oleh orang. Makanya, yuk langsung simak cara bisnis kaos distro dan trik membangun usahanya di bawah ini!

Persiapan Awal Sebelum Memulai Bisnis Kaos Distro

1. Menyusun Rencana Bisnis

Begini Cara Bisnis Kaos Distro dan Trik Membangun Usahanya - Menyusun Rencana Bisnis

Kamu perlu merencanakan dengan matang bisnis yang ingin kamu jalankan. Tentukan dimana kamu akan berjualan. Jika kamu hanya ingin berjualan secara online, maka kamu tidak memerlukan toko untuk berjualan. Namun jika kamu ingin berjualan secara offline juga, kamu harus menentukan lokasi toko yang tepat untuk kamu berjualan. Kemudian tentukan target pasar kamu, apakah kamu ingin menyasar masyarakat menengah ke atas atau menengah ke bawah. Penentuan target pasar akan mempengaruhi harga jual, lokasi, desain yang akan kamu buat.

(Baca juga: Ide Bisnis 2021)

2. Membuat dan Merancang Keuangannya

Begini Cara Bisnis Kaos Distro dan Trik Membangun Usahanya - Membuat dan Merancang Keuangannya

Tentukan modal yang ingin kamu keluarkan, karena modal akan menentukan sebesar apa bisnis yang ingin kamu jalankan. Hitung berapa modal awal yang kamu punya dan uang yang perlu kamu keluarkan untuk memulai bisnis. Siapkan dana tak terduga untuk berjaga-jaga jika ada pengeluaran di luar rencana.

3. Cari Pemasok Kaos yang Terbaik Tetapi Murah

Begini Cara Bisnis Kaos Distro dan Trik Membangun Usahanya - Cari Pemasok Kaos yang Terbaik Tetapi Murah

Tentu kamu harus menjual kaos dengan kualitas terbaik kepada calon pelanggan kamu, untuk itu kamu perlu mencari pemasok kaos yang terbaik. Namun jangan lupa, biasanya yang terbaik akan memberikan harga yang tinggi. Untuk itu carilah yang memiliki harga cukup terjangkau. Nah di sini, kamu harus menghitungnya sesuai dengan modal usaha kamu. Jika modal kamu tidak terlalu besar, kamu bisa menurunkan sedikit kualitas dari kaos yang kamu jual. Sehingga kamu juga bisa menurunkan harga jualnya. Begitupun sebaliknya.

(Baca juga: bisnis thrift)

4. Cari Jasa Sablon yang Bagus

Begini Cara Bisnis Kaos Distro dan Trik Membangun Usahanya - Cari Jasa Sablon yang Bagus

Sudah banyak sekali jasa sablon yang tersebar di berbagai daerah, sehingga kamu tinggal cari jasa sablon yang menurut kamu bagus. Kamu perlu mencoba desain kamu untuk disablon pada jasa sablon yang kamu pilih, supaya kamu bisa mengetahui hasilnya. Usahakan bandingkan lebih dari lima jasa sablon, supaya kamu bisa menemukan yang terbaik.

(Baca juga: Bisnis Konveksi)

5. Market dan Design Analisis

Begini Cara Bisnis Kaos Distro dan Trik Membangun Usahanya - Market dan Design Analisis

Buatlah analisis SWOT dari bisnis yang kamu jalankan. SWOT adalah (Strength) Kekuatan, (Weakness) Kelemahan, (Opportunities) Peluang dan (Threats) Ancaman. Dengan itu kamu mengetahui masing-masing SWOT yang kamu miliki, sehingga kamu bisa membandingkannya dengan distro-distro kaos kompetitor kamu. Karena akan banyak sekali kompetitor yang siap melawan kamu, sehingga kamu harus siap memperbaiki kekurangan dari bisnis kamu.

(Baca juga: Brand Lokal Terbaik)

Cara Mengembangkan Produk Kaos Distro

1. Buat Nama Brand yang Mudah Diingat

Begini Cara Bisnis Kaos Distro dan Trik Membangun Usahanya - Buat Nama Brand yang Mudah Diingat

Nama brand sangat berperan penting atas produk yang kamu jual, karena orang-orang akan mempertimbangkan design dan nama brand yang kamu punya. Seperti yang kamu tau, banyak sekali nama brand distro lokal di Indonesia yang memiliki nama yang unik dan disukai orang. Untuk itu kamu perlu mempertimbangkan antara nama yang unik atau nama yang keren, karena keduanya memiliki nilai jual masing-masing.

2. Pastikan Design di Baju Kamu Unik

Begini Cara Bisnis Kaos Distro dan Trik Membangun Usahanya - Pastikan Design Baju Kamu Unik

Design merupakan nilai jual produk kamu untuk ditawarkan kepada calon pelanggan. Semakin bagus dan unik design kamu, semakin besar produk kamu disukai oleh orang. Untuk itu, luapkan kreativitas kamu dalam mendesain kaos-kaos yang ingin kamu jual. Berikan juga desain yang bagus untuk dijual dengan jangka waktu tertentu, sehingga desain yang kamu buat tersebut tidak tersebar banyak dan membuat orang merasa eksklusif dengan produk tersebut.

(Baca juga: Brand Sepatu Lokal Terbaik)

3. Mengikuti Trend

Begini Cara Bisnis Kaos Distro dan Trik Membangun Usahanya - Mengikuti Trend

Trend dari sebuah desain kaos akan berubah setiap tahunnya, untuk itu kamu memerlukan sebuah inovasi pada desain-desain yang kamu buat. Tentunya kamu harus selalu mengikuti trend yang sedang terjadi di Indonesia. Misalnya trend boyband Korea Selatan dan sepeda sedang sangat tinggi saat ini. Nggak ada salahnya untuk membuat desain yang dapat merepresentasikan orang-orang yang menyukai kedua hal tersebut. Apalagi keduanya sangat disukai oleh banyak sekali orang, sehingga bisa saja produk-produk kaos kamu dibeli oleh banyak orang.

4. Buat Social Media

Begini Cara Bisnis Kaos Distro dan Trik Membangun Usahanya - Buat Social Media

Zaman sekarang promosi lebih efektif dilakukan melalui media sosial, apalagi kamu akan menjual kaos distro yang pasti menyasar anak-anak muda. Sudah pasti mereka memiliki media sosial, sehingga kamu perlu membuat akun media sosial dari brand kamu. Manfaatkan juga fitur ads yang sediakan di media sosial seperti Instagram dan Facebook. 

5. Ikuti Event-Event Fashion

Begini Cara Bisnis Kaos Distro dan Trik Membangun Usahanya - Ikuti Event Event Fashion

Setiap tahunnya selalu ada event-event fashion besar di Indonesia, nah kamu harus mengikuti event-event tersebut. Event fashion akan membuat orang-orang melihat secara langsung produk yang kamu jual, sehingga mereka dapat menilai langsung kualitas produk yang kamu jual. Event fashion juga akan mengenalkan nama brand kamu ke masyarakat luas, sehingga orang-orang yang tadinya belum mendengar brand kamu bisa mengetahuinya di sana.

(Baca juga: Brand Tas Lokal Terbaik)

6. Promosikan ke Teman dan Keluarga

Begini Cara Bisnis Kaos Distro dan Trik Membangun Usahanya - Promosikan ke Teman dan Keluarga

Kamu harus memberi tau kerabat dan keluarga kamu tentang bisnis baru yang baru kamu jalankan. Tawarkan produk kamu kepada mereka dengan harga cuma-cuma, supaya mereka mau membeli produk kaos kamu. Setelah itu, minta pendapat dari mereka tentang produk kaos kamu, apakah ada yang tidak disukai dan harus dirubah. Jika mereka cukup menyukainya, kamu bisa sekalian meminta tolong kepada mereka untuk mempromosikannya.


Nah gimana, kamu sudah siap untuk menjalankan bisnis distro? Kalau udah punya modalnya, tunggu apalagi? Langsung aja kamu ikutin cara-cara di atas, supaya bisnis distro kamu dapat memberikan keuntungan besar. Tapi jangan lupa, kamu harus mempercayakan Anteraja sebagai layanan pengiriman produk-produk kamu. Sudah banyak sekali distro-distro lokal yang mempercayakan Anteraja dan mereka sangat puas. Masa kamu nggak mau coba juga? Buruan, langsung aja cek ongkir untuk menentukan opsi pengiriman yang cocok untuk kamu. Soalnya harganya yang terjangkau dan fitur tracking akurat bisa kamu nikmati hanya di Anteraja. Yuk jangan lupa juga untuk cek resi kamu setelah barang dikirim!