8 Cara dan Tips Bersepeda Aman dan Nyaman

8 Cara dan Tips Bersepeda Aman dan Nyaman

Di tengah situasi Pandemi yang melanda seluruh dunia, kita dianjurkan untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Menjaga kesehatan tubuh sangat diperlukan pada saat seperti ini, salah satunya dengan berolahraga secara rutin. Jika biasanya kita bisa berolahraga bersama-sama seperti di tempat gym, sekarang sangat dianjurkan untuk berolahraga di rumah atau di lingkungan sekitar dengan tetap menerapkan aturan jaga jarak.  

Beberapa waktu belakangan, muncul fenomena atau tren bersepeda di kalangan masyarakat. Permintaan sepeda sangat meningkat dan terlihat banyak pengendara sepeda yang berseliweran. Ternyata, fenomena tren sepeda ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, di berbagai belahan dunia lainnya seperti di Inggris dan Amerika Serikat sepeda juga sedang digemari. Alasannya, sepeda dinilai sebagai alternatif berolahraga yang praktis, mudah dan menyenangkan. Selain itu, kekhawatiran tertular virus jika menggunakan transportasi umum untuk berangkat kerja juga menjadi alasan boomingnya sepeda belakangan ini khususnya bagi mereka yang harus tetap work from office.

Mengendarai sepeda tidak boleh sembarangan lho, kamu harus mengikuti sejumlah aturan dan keselamatan ketika bersepeda. Nah, supaya kegiatan bersepeda lebih aman dan nyaman berikut beberapa tips dan cara bersepeda yang benar.

Tips Berkendara Sepeda dengan Aman

1. Pilih Jenis Sepeda yang Sesuai

8 Cara dan Tips Bersepeda Aman dan Nyaman - Pilih Jenis Sepeda yang Sesuai

Saat mengendarai sepeda kenyamanan adalah salah satu hal utama. Cara mendapatkan kenyamanan maksimal adalah dengan memilih jenis sepeda yang sesuai dengan preferensi dan tujuan penggunaan sepeda. Untuk penggunaan olahraga ringan dan transportasi berangkat kerja, sepeda lipat sangat cocok digunakan karena bentuknya yang ringkas dan praktis. Untuk penggunaan di jalanan off-road, sepeda gunung atau sepeda MTB adalah pilihan sempurna dengan berbagai fitur ekstra seperti ban dan suspensi khusus untuk melibas jalanan off-road. Selain itu, jenis sepeda balap atau roadbike dan sepeda fixie juga bisa jadi pilihan untuk yang menginginkan sepeda yang unik dan sporty, karena jenis sepeda ini kebanyakan dijual dengan cara custom made. Pada situasi saat ini, sangatlah bijak untuk membeli sepeda dengan cara online untuk menghindari kerumunan. Tidak perlu khawatir masalah pengiriman, cek ongkir di Anteraja untuk mendapatkan harga dan pelayanan terbaik.

(Baca Juga: Tips Kirim Barang Murah)

2. Ketahui dan Patuhi Rambu Lalu lintas

8 Cara dan Tips Bersepeda Aman dan Nyaman - Ketahui dan Patuhi Rambu Lalu Lintas

Sama halnya dengan mengendarai kendaraan bermotor, setiap pengendara sepeda wajib mematuhi rambu lalu lintas yang berlaku. Meski bebas dari tilang, pastikan tidak melanggar aturan seperti melanggar marka jalan, menerobos lampu merah ataupun berjalan melawan arus kendaraan. Mematuhi aturan lalu lintas tidak hanya untuk kepentingan diri sendiri saja melainkan kepentingan sesama pengguna jalan dan jangan lupa untuk berbagi jalan dengan pengendara lainnya ketika bersepeda ya!

3. Gunakan Aksesoris Keselamatan 

8 Cara dan Tips Bersepeda Aman dan Nyaman - Gunakan Aksesoris Keselamatan

Setiap aktivitas yang dilakukan pasti memiliki resiko keselamatan. Sama halnya dengan sepeda, karena menggunakan sarana jalanan umum dimana banyak kendaraan lalu lalang, mengutamakan keselamatan diri adalah hal yang penting. Gunakan helm sepeda setiap berkendara sebagai langkah antisipasi ketika terjadi hal yang tidak diinginkan ketika di jalan. Lebih baik lagi, jika menggunakan pelindung lutut dan siku supaya perlindungan menjadi maksimal. Jangan lupa juga gunakan masker untuk melindungi diri dari virus.

4. Cek Kondisi Sepeda Sebelum Dikendarai

8 Cara dan Tips Bersepeda Aman dan Nyaman - Cek Kondisi Sepeda Sebelum Dikendarai

Setiap sebelum menggunakan sepeda, jangan lupa untuk cek kondisi sepeda secara menyeluruh. Beberapa checklist untuk kondisi sepeda diantaranya adalah tekanan angin ban, kondisi rem, rantai sepeda, sadel sepeda, dan juga pedal. Pastikan bagian-bagian tersebut dalam keadaan yang baik sebelum berjalan dan yang paling penting jangan paksakan menggunakan sepeda apabila ada bagian yang kurang baik, sebaiknya perbaiki atau bawa ke bengkel terlebih dahulu karena dapat membahayakan diri sendiri.

(Baca Juga: Brand Sepatu Lokal Terbaik)

5. Tetap Jaga Jarak dan Jangan Berkerumun

8 Cara dan Tips Bersepeda Aman dan Nyaman - Tetap Jaga Jarak dan Jangan Berkerumun

Ketika bersepeda khususnya di jalan raya memiliki resiko yang lebih besar. Maka pastikan selalu  menjaga jarak dengan kendaraan lainnya setidaknya sekitar 1-2 meter. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya crash, karena masih ada jarak untuk menghentikan laju sepeda. Bagi yang bersepeda bersama-sama pastikan juga untuk tidak berkerumun atau lebih parahnya lagi, mengobrol santai sambil mengayuh sepeda. Selain membahayakan diri sendiri, hal ini juga membahayakan pengguna jalan lainnya. 

6. Gunakan Kacamata

8 Cara dan Tips Bersepeda Aman dan Nyaman - Gunakan Kacamata

Gunakan kacamata khususnya Bagi yang menggunakan sepeda di wilayah perkotaan dimana polusi dan debu banyak bertebaran. Tujuannya untuk melindungi mata dari iritasi ketika bersepeda, hal ini tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan tapi juga bisa mengurangi konsentrasi ketika berkendara akibat mata terkena debu dan benda asing lainnya. Kacamata sepeda bisa dijadikan pilihan kacamata yang keren dan aman digunakan ketika bersepeda.

7. Gunakan Pakaian yang Nyaman

8 Cara dan Tips Bersepeda Aman dan Nyaman - Gunakan Pakaian yang Nyaman

Sebagai salah satu alternatif olahraga, ketika bersepeda tubuh pastinya akan mengeluarkan keringat dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, penggunaan pakaian yang nyaman harus diperhatikan. Pilihlah pakaian yang ringan dan dapat menyerap keringat dengan baik. Pakaian yang paling cocok untuk bersepeda tentu saja adalah jersey sepeda yang memang dirancang untuk kegiatan olahraga ini. Gunakanlah juga sepatu ketika mengendarai sepeda, selain untuk melindungi bagian kaki, menggunakan sepatu juga bisa meningkatkan grip dan kayuhan sepeda menjadi lebih maksimal.

(Baca Juga: Brand Tas Lokal Terbaik)

8. Segera Mandi Setelah Berolahraga

8 Cara dan Tips Bersepeda Aman dan Nyaman - Segera Mandi Setelah Berolahraga

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika berada diluar, virus dapat menempel pada tubuh dan pakaian. Untuk menghindari resiko tertular virus, segera bersihkan diri dan ganti pakaian setelah bersepeda.Setelahnya, kamu bisa kembali menyapa dan beraktivitas bersama keluarga di rumah.

Itulah beberapa cara dan tips mengendarai sepeda dengan aman dan nyaman. Jangan lupa perhatikan dan lakukan sebelum bersepeda ya! Ada info penting nih untuk pecinta sepeda, event riding sepeda pastinya sudah lama tidak diselenggarakan akibat pandemi. Untuk mengobati kerinduan, yuk Ikuti Virtual Ride Indonesia Merdeka Series! Yup, event riding sepeda yang diselenggarakan AnterAja ini dilakukan dengan cara virtual. Tidak seperti event biasa, Virtual Ride Indonesia Merdeka Series ini jauh lebih fleksibel dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Ada beberapa jenis kategori yang bisa dipilih yaitu kategori Pro dengan jarak 350 km, Medio dengan jarak 150 km dan Fun dengan jarak 75 km. Lebih serunya lagi, bagi setiap partisipan event virtual ini, akan mendapatkan medali dan merchandise eksklusif sesuai dengan kategori pilihan yang akan diantar langsung ke rumah. Yuk segera daftarkan dirimu untuk mengikuti event Virtual Ride Indonesia Merdeka Series dan raih medali emas mu!