Tips Kirim Barang Murah dan Mudah untuk Pemilik Toko Online
Update Aja

Tips Kirim Barang Murah dan Mudah untuk Pemilik Toko Online

Membuka toko online saat ini sedang digemari. Waktu yang fleksibel, permintaan yang tinggi hingga keuntungan yang besar menjadi alasan dibalik kepopuleran bisnis online. Terlebih lagi dengan kehadiran e-commerce marketplace di Indonesia dan berbagai fitur dari social media yang memfasilitasi kegiatan jual beli online menjadi lebih mudah. Karenanya, kini hampir seluruh kebutuhan primer hingga kebutuhan tersier dapat kamu penuhi dengan berbelanja online akibat banyaknya penjual yang menawarkan berbagai jenis barang.

Bagi pemilik toko online, pasti ada momen ketika tokomu kebanjiran pesanan dan kamu merasa kewalahan untuk melayani pesanan mulai dari mengemas barang, mengirimkan pesanan konsumen dan mencari-cari cara agar bisa menghemat biaya ongkos kirim. Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu melakukan beberapa tips berikut agar proses pengemasan dan pengiriman produk lebih efisien sekaligus hemat ongkir!

Cara Kirim Barang Murah

1. Tentukan Jam Operasional dan Batas Pengiriman Barang

Tips Kirim Barang Murah dan Mudah untuk Pemilik Toko Online - Tentukan jam Operasional dan Batas Pengiriman Barang

Meski dapat diakses selama 24 jam setiap harinya, toko online baik di e-commerce maupun di social media akan sangat memakan tenaga jika dipaksakan untuk melayani permintaan dari konsumen terlebih jika menjalankan bisnis online seorang diri. Maka dari itu, tentukan jam operasional agar manajemen toko menjadi lebih efisien. Tulis jam operasional toko di kolom deskripsi toko online agar konsumen mengetahuinya. Selain itu, tentukan batas waktu pemesanan barang agar konsumen yang ingin barang pesanannya dikirim segera dapat mengetahui estimasi waktu dengan jelas.

(Baca Juga: Tips Bisnis Frozen Food)

2. Siapkan Waktu Khusus untuk Mengemas Barang

Tips Kirim Barang Murah dan Mudah untuk Pemilik Toko Online - Siapkan Waktu Khusus untuk Mengemas Barang

Dengan menentukan waktu khusus untuk mengemas barang, kamu dapat menggunakan waktu lainnya untuk melayani chat pembeli, dan mengupload katalog baru di toko onlinemu. Waktu yang paling tepat adalah tepat setelah batas pengiriman barang yang sudah kamu tentukan sebelumnya atau sebelum batas waktu pengiriman dari layanan pengiriman barang pilihanmu.

3. Kemas Produk dengan Rapi dan Ukuran Ringkas

Tips Kirim Barang Murah dan Mudah untuk Pemilik Toko Online - Kemas Produk dengan Rapi dan Ukuran Ringkas

Ketika berjualan online, pengemasan barang adalah hal yang harus diperhatikan. Selain untuk menjaga barang hingga ke tangan konsumen dengan mengemas produk dengan lebih ringkas bisa menghemat ongkos kirim. Kemasan ringkas bukan berarti kualitas kemasan harus berkurang, kamu harus tetap memastikan produk yang dikemas dengan rapi. Karena kemasan yang rapi juga menjadi salah satu penilaian toko onlinemu di mata konsumen lho!

(Baca Juga: Cara Mendukung UMKM di Pandemi seperti ini)

4. Hitung Berat Produk dengan Akurat

Tips Kirim Barang Murah dan Mudah untuk Pemilik Toko Online - Hitung Berat Produk dengan Akurat

Cara lain untuk menghemat ongkos kirim dapat dilakukan dengan cara menghitung berat produk. Untuk melakukannya kamu memerlukan timbangan yang memiliki akurasi tinggi seperti timbangan digital karena memiliki satuan numerik yang lebih jelas dibandingkan timbangan biasa. Dengan menimbang produk secara akurat, kamu bisa menghemat ongkos kirim dari selisih berat produk dibandingkan dengan hanya mengira-ngira berat produk jualanmu.

5. Kelompokkan Barang Sesuai dengan Lokasi Tujuan

Tips Kirim Barang Murah dan Mudah untuk Pemilik Toko Online - Kelompokkan Barang Sesuai dengan Lokasi Tujuan

Setelah proses pengemasan barang selesai sebaiknya kelompokkan barang sesuai dengan tujuan. Kamu bisa kelompokkan berdasarkan kota tujuan pembeli di toko onlinemu. Tujuan dari pengelompokkan ini adalah agar lebih mudah untuk mengirimkan barang ketika diserahkan ke layanan pengiriman barang. 

6. Pilih Jasa Pengiriman Barang Terpercaya

Tips Kirim Barang Murah dan Mudah untuk Pemilik Toko Online - Pilih Jasa Pengiriman Barang Terpercaya

Memilih jasa pengiriman barang untuk toko online tidak boleh sembarangan, kamu harus memilih jasa pengiriman barang yang cepat dan bisa diandalkan supaya produk jualanmu sampai dengan selamat ke tangan konsumen. Maka dari itu, pemilihan jasa pengiriman barang yang tepat harus kamu perhatikan. Proses ini juga dapat menghemat biaya ongkos kirim. Untuk kamu yang sedang mencari layanan pengiriman barang untuk toko online, Anteraja adalah pilihan terbaik! Banyak keuntungan yang ditawarkan oleh Anteraja seperti sistem pick up sehingga kamu tidak perlu repot membawa barang ke agen pengiriman, Satria Anteraja akan mengambil paket langsung ke rumah untuk diantarkan ke tujuan. Keuntungan lainnya adalah tarif ongkir yang sangat bersahabat untuk bisnis online, mulai dari Rp.10.000 rupiah saja. 

(Baca Juga: Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil)

7. Manfaatkan Promo dari Jasa Pengiriman Barang

Tips Kirim Barang Murah dan Mudah untuk Pemilik Toko Online - Manfaatkan Promo dari Jasa Pengiriman Barang

Nah ini dia salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya ongkir toko onlinemu, yaitu dengan memanfaatkan promo yang ditawarkan oleh jasa pengiriman barang. Anteraja menawarkan berbagai macam promo potongan biaya ongkir yang sangat cocok untuk menghemat biaya pengiriman toko onlinemu! Yuk cek ongkir sekarang dan manfaatkan promonya!

Ingin mengembangkan toko onlinemu dengan menggunakan layanan dari Anteraja? Berikut langkah untuk mengirim produk toko onlinemu dengan Anteraja.

Cara Mengirimkan Barang Lewat Anteraja

Cara Mengirimkan Barang Lewat Anteraja
  1. Download aplikasi Anteraja Melalui Appstore / Playstore di Smartphone
  2. Daftar atau Login akun Anteraja melalui aplikasi
  3. Klik create order dan pilih order type pick-up untuk layanan pengambilan barang langsung ke lokasimu
  4. Pilih lokasi pengambilan barang  dan tujuan pengiriman barang
  5. Isi deskripsi dari paket yang dikirimkan
  6. Pilih layanan regular, next-day atau same day sesuai kebutuhan
  7. Konfirmasi pesanan dan tunggu Satria menjemput paket yang akan dikirim

Setelah barang diserahkan ke Satria Anteraja, resi akan segera kamu terima dan bisa kamu berikan ke konsumen. Anteraja juga menyediakan fitur cek resi atau pelacakan barang yang dapat diakses oleh kedua pihak penjual dan pembeli dengan memasukan nomor resi. Sehingga kamu dan konsumen tidak akan khawatir tentang lokasi barang yang dikirimkan melalui Anteraja.

Nah itu dia beberapa tips untuk mengirimkan barang dan mendapatkan harga kirim barang murah untuk toko onlinemu. Tetap berikan pelayanan terbaik kepada konsumen tokomu ya, salah satu bentuk pelayanan yang baik adalah dengan memberikan layanan pengiriman yang cepat dan akurat. Pastinya, Anteraja siap untuk menjadi partner layanan pengiriman untuk toko onlinemu. Tunggu apa lagi? Yuk percayakan segala pengiriman barang dengan Anteraja!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 + 3 =