Tips dan Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis Online

Tips dan Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis Online

Udah lama bisnis berjualan online, kok omset kamu nggak naik-naik? Padahal produk yang kamu jual sudah pasti dicari banyak orang. Kalau omset segitu terus, bisa-bisa nggak menutup biaya produksi yang udah dikeluarkan. Hati-hati, omset yang nggak naik-naik bisa membahayakan kelangsungan bisnis kamu lho! Apalagi kalau omset kamu sudah semakin menipis bahkan lebih kecil dari biaya produksi kamu. 

Tapi jangan sedih dulu! Mungkin ada langkah-langkah yang belum kamu penuhi dalam bisnis jualan online kamu. Memang harus melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk berkompetisi dalam berbisnis, karena banyak sekali kompetitor di luar sana yang siap untuk mengalahkan kamu. Kamu bisa cobain nih 7 tips cara meningkatkan omset penjualan online di bawah ini, siapa tau omset kamu bisa meningkat setelah mengikuti tipsnya. Yuk langsung simak!

Tips dan Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis Online


1. Inovasi Produk

Tips dan Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis Online - Inovasi Produk

Selalu inovasikan produk-produk kamu, supaya pembeli selalu puas dengan barang-barang yang kamu jual. Kamu perlu memenuhi kebutuhan pelanggan. Misalnya ketika pandemi Corona seperti sekarang, kamu bisa berjualan masker kain yang stylish namun tetap memiliki standar kesehatan yang baik. Kemudian kamu juga harus selalu meningkatkan kualitas produk kamu dan buat produk kamu selalu terlihat setimpal dengan uang yang dikeluarkan oleh pelanggan.

(Baca Juga: Cara Membuat Linktree)

2. Memiliki Harga yang Bersaing

Tips dan Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis Online - Memiliki Harga yang Bersaing

Berjualan online pasti memiliki banyak kompetitor, maka kamu harus memiliki harga yang bersaing untuk memenangkan kompetisinya. Pada bisnis berjualan online, kamu bisa dengan mudah melihat harga-harga yang ditawarkan oleh kompetitor kamu. Pastikan harga yang kamu tawarkan tidak jauh lebih tinggi dari kompetitor kamu, karena calon pelanggan pasti akan lebih memilih harga yang lebih murah. Namun juga jangan sampai harga barang kamu terlalu murah dan tidak sesuai dengan biaya produksi yang sudah kamu keluarkan. Selalu perhitungkan untung rugi dengan mengontrol omset dan biaya produksi bisnis kamu.

3. Meluaskan Penjualan Melalui Media Sosial dan Marketplace

Tips dan Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis Online - Meluaskan Penjualan Melalui Media Sosial dan Marketplace

Jika kamu masih berjualan skala kecil seperti ke teman dan keluarga kamu, kamu harus meluaskan penjualan kamu ke target pasar yang lebih luas. Banyak platform di internet yang bisa kamu manfaatkan untuk meluaskan penjualan kamu, seperti media sosial dan marketplace. Karena biasanya orang lebih tertarik melihat produk-produk jualan di Instagram, namun lebih nyaman untuk melakukan transaksi di marketplace, maka itu kamu harus memiliki keduanya. Gunakan media sosial kamu untuk memamerkan produk jualan kamu, setelah itu kamu bisa mengarahkan calon pelanggan ke toko online kamu di marketplace.

(Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol)

4. Foto Produk yang Bagus

Tips dan Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis Online - Foto Produk yang Bagus

Dalam berjualan online, calon pelanggan tidak bisa melihat bahkan menyentuh produk secara langsung. Maka itu kamu harus memberikan foto produk jualan kamu dengan jelas, sehingga seolah-olah mereka merasakan pengalaman seperti melihat produk secara langsung. Foto produk dari segala sisi hingga sudut-sudutnya. Jika kamu menjual pakaian, foto produk pakaian kamu dari depan, belakang, bagian kerah, dan jahitannya. Buat pelanggan kamu mengerti produk-produk yang kamu tawarkan tanpa harus memaksa mereka bertanya lebih lanjut kepada kamu.

5. Tulis Dengan Caption yang Menarik

Tips dan Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis Online - Tulis dengan Caption yang Menarik

Caption juga penting karena digunakan untuk menjelaskan foto-foto produk kamu. Tulislah dengan bahasa-bahasa yang santai dan disukai orang, pastikan juga caption kamu sangat menjelaskan produk yang kamu jual. Jika kamu menjual pakaian, kamu harus menjelaskan soal bahan, ketebalan, dan ukuran. Pastikan ukuran yang kamu tulis di deskripsi sudah sesuai dengan ukuran aslinya, sehingga tidak membuat calon pelanggan kamu ragu-ragu soal ukuran produk pakaian kamu. Dengan caption yang jelas dan menarik, pelanggan akan mendapatkan pengalaman yang baik ketika berbelanja di toko kamu.

(Baca Juga: Cara Mendapatkan Passive Income)

6. Selalu Update dan Fast Respons

Tips dan Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis Online - Selalu Update dan Fast Respons

Selalu update media sosial kamu dengan produk-produk yang ingin kamu jual. Kamu bisa manfaatkan fitur Instastory yang ada di Instagram untuk meng-update produk-produk jualan kamu. Dengan meng-update produk-produk kamu di instastory, akan lebih banyak orang yang melihat postingan kamu. Gunakan foto produk terbaik kamu untuk diposting di media sosial supaya calon pelanggan tertarik untuk mengunjungi profile toko kamu di media sosial. Setelah meng-update produk-produk kamu, berikan respons yang cepat apabila pelanggan kamu bertanya soal produk kamu. Jangan lupa untuk selalu ramah terhadap pelanggan kamu supaya mereka merasa nyaman melakukan pembelian di toko kamu.

(Baca Juga: Tips Usaha Sembako)

7. Sisihkan Keuntungan Untuk Beriklan di Facebook dan Instagram

Tips dan Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis Online - Sisihkan Keuntungan untuk Beriklan di Facebook dan Instagram

Mengiklankan produk-produk kamu penting untuk menjangkau calon pelanggan yang kamu targetkan, namun mereka belum menemukan toko kamu di media sosial. Jika kamu berjualan pakaian, maka calon pelanggan yang sedang mencari produk-produk pakaian akan mudah mendapatkan toko kamu, jika kamu beriklan di Facebook dan Instagram. Selalu sisihkan keuntungan kamu untuk beriklan, karena dari sisihan uang tadi bisa memberi kamu peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan menambah keuntungan kamu jika mereka membeli produk kamu.

Nah itu tadi tips cara meningkatkan omset penjualan online kamu, supaya bisnis online kamu bisa terus berkembang. Kamu harus sabar dalam menjalankan bisnis, karena tidak ada cara instan untuk sukses. Perlu memutar otak untuk menemukan strategi supaya dapat memenangkan bisnis kamu pada kompetisi melawan pebisnis lainnya. Semoga tips-tips tadi membantu ya!

(Baca Juga: Tips Berjualan Di Shopee)

Tapi jangan lupa, tips terakhir untuk meningkatkan omset penjualan adalah meyakinkan pelanggan kamu dengan memberikan pelayanan pengiriman terbaik. Dengan pengiriman yang cepat, dapat membuat pelanggan kamu senang berbelanja di toko kamu. Langsung aja kamu manfaatkan layanan Next Day dari Anteraja! Nggak perlu buat pelanggan kamu menunggu lama, karena hari ini dikirim, besok pasti sampai. Dan nggak pake mahal tentunya, mulai dari Rp. 13.000 aja kamu udah bisa nikmati layanannya. Cek ongkir langsung untuk buktikan murahnya dan cek resi untuk fitur tracking paket ke seluruh wilayah!