9 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Terbaru di 2021

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Terbaru 2020

Memulai bisnis bisa dibilang merupakan hal yang gampang-gampang susah, karena kamu bisa menjadi bos untuk diri kamu sendiri dan bisa mengatur semuanya sesuai dengan yang diinginkan. Nah tetapi kamu jangan menganggap bahwa menjadi bos itu mudah, karena diperlukan sebuah kemampuan agar semua hal yang dilakukan bisa berjalan dengan benar. Namun kamu nggak perlu khawatir, kamu pun tetap memiliki kesempatan untuk memulai bisnis walau dari nol dan dengan pengalaman yang sedikit.

Biar kamu bisa yakin bahwa kamu bisa berbisnis dari nol, kamu harus simak artikel di bawah ini! Soalnya Anteraja sudah melakukan riset bagaimana cara memulai bisnis dari nol yang baik dan benar. Semuanya sudah dirangkum dengan detail khusus untuk kamu, sehingga bisa kamu jadikan referensi untuk memulai bisnis. Biar nggak membuang-buang waktu kamu, langsung aja deh simak tips dan cara memulai bisnis dari Anteraja di bawah ini!

Tips dan Cara-cara Memulai Bisnis dari Nol dari Anteraja!

1. Yakinkan Diri Kamu untuk Berbisnis

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol - Cara Memulai bisnis dari nol

Berbisnis adalah pekerjaan yang memiliki risiko besar dan tidak boleh main-main, maka itu kamu harus meyakinkan diri terlebih dahulu apakah kamu sudah siap untuk berbisnis. Akan ada banyak sekali pertimbangan yang harus dilakukan untuk mengambil sebuah keputusan, bisa saja keputusan yang diambil berakhir baik atau bahkan berakhir buruk. Jika kamu tidak siap dengan itu, urungkan niat kamu untuk berbisnis. Cari motivasi lebih yang dapat mendorong kamu supaya bisa yakin dan siap untuk menghadapi setiap risiko yang ada.

2. Pilih Bisnis yang kamu Ketahui dan Kamu Sukai

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol - Pilih Bisnis yang Kamu Ketahui dan Kamu Sukai

Jika kamu masih belum menentukan bisnis apa yang ingin dijalankan, coba deh pikirkan sesuatu yang kamu ketahui dan kamu sukai. Misalnya jika kamu menyukai kopi dan mengetahui banyak jenis-jenis kopi, membuka usaha kedai kopi bisa menjadi pilihan. Semakin kamu suka dengan apa yang kamu kerjakan, maka kamu akan semakin semangat untuk melakukannya. Apalagi jika hal yang kamu sukai bisa menghasilkan uang dan membawa keuntungan besar. 

3. Riset dan Tentukan Produk yang Akan Kita Jual

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol - Riset dan Tentukan Produk yang Akan Kita Jual

Banyak produk yang bisa kamu jual secara online, untuk itu kamu perlu riset dan menentukan produk yang akan dijual. Kamu bisa menjual produk yang dibutuhkan orang sehari-hari seperti pakaian dan makanan. Atau produk-produk yang menjadi hobi banyak orang seperti gadget dan aksesorisnya. Produk kecantikan juga tidak kalah laris di Indonesia sehingga bisa kamu pertimbangkan. Berbagai produk yang ingin kamu jual perlu melewati proses riset seperti melihat kebutuhan pasar sekarang atau produk musiman yang kebetulan sedang ramai dibeli orang.

4. Susun Rencana Bisnis (Bisnis Plan)

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol  - Susun Rencana Bisnis Plan

Tentu diperlukan perencanaan yang matang supaya kamu tau langkah-langkah yang harus dilakukan ketika mendirikan bisnis. Yang pertama kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu, seperti riset produk yang kamu jual, kompetitor, dan pasar yang ingin kamu targetkan. Kemudian tetapkan tujuan bisnis kamu dari latar belakang, jenis bisnis, dan tujuan akhir yang ingin dicapai. Setelah itu kamu bisa lakukan pencarian supplier untuk mencari kebutuhan membuka bisnis. Jangan lupa juga siapkan strategi pemasaran yang ampuh untuk mendatangkan banyak pembeli dan meningkatkan brand awareness.

5. Analisa Market Kamu

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol - Analisa Market Kamu

Setiap produk pasti memiliki pasar dan segmentasinya masing-masing, untuk itu kamu harus mengetahui siapa yang ingin kamu targetkan supaya bisa menyiapkan strategi bisnis yang tepat. Misalnya jika kamu menjual produk fashion ala Korea Selatan, bisa dipastikan sebagian besar pasar kamu adalah wanita remaja. Jika sudah mengetahuinya, maka kamu bisa segera menyiapkan strategi pemasaran yang ampuh untuk menyasar mereka. Kamu juga bisa mengetahui kebutuhan pasar saat ini, sehingga kamu bisa menyediakan produk-produk yang sedang tren dan dicari oleh pasar.

6. Harga yang Kompetitif

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol - Harga yang Kompetitif

Salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan dengan matang adalah menentukan harga yang tepat dan kompetitif. Jangan sampai kamu menentukan harga yang terpaut tinggi, karena pelanggan bisa saja tidak melirikmu. Namun jangan sampai juga kamu menentukan harga yang terlalu murah, karena bisa saja membuat kamu tidak untung. Nah maka itu kamu harus melakukan riset harga pasar untuk mengetahui rata-rata harga yang ditawarkan. Buatlah perhitungan keuntungan untuk setiap harga yang ingin kamu tetapkan, kemudian tentukan harga yang paling sesuai.

7. Jangan Takut Gagal

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol - Jangan Takut Gagal

Seperti yang sudah dijelaskan, kamu akan mengambil banyak sekali keputusan yang bisa saja berakhir buruk. Nah kamu harus selalu siap untuk menghadapi kemungkinan tersebut dan segera memutar otak untuk mencari solusi. Takut pada kegagalan adalah hal yang lumrah, namun jangan sampai ketakutan kamu membuat rencana kamu menjadi berantakan. Berusaha sekuat mungkin untuk mengembangkan bisnis kamu hingga menjadi besar serta hadapi setiap risiko dan tantangan yang ada. Jika mental kamu sudah terbangun, ketakutan tersebut lama kelamaan akan hilang dan akan ditutup dengan semangat dan passion.

8. Lakukan Inovasi di Bisnis Kamu

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol - Lakukan Inovasi di Bisnis Kamu

Jika kamu ingin bisnis kamu tetap berkembang, lakukan inovasi-inovasi yang memungkinkan. Seiring berjalannya waktu, tren juga semakin berubah. Beberapa tahun lalu pembayaran menggunakan uang elektronik masih belum tren, namun sekarang inovasi itu sudah sangat berkembang. Begitupun juga layanan pengiriman Anteraja yang sudah memiliki fitur tracking paket, sehingga pelanggan kamu bisa melacak paket yang dikirim dengan mudah hanya dari genggaman tangan. Caranya tinggal input nomor resi yang diberikan saat melakukan cek resi, langsung deh informasi soal posisi paket terpampang dengan jelas dan detail.

9. Adakan Promo

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol - Adakan Promo

Promo adalah satu faktor yang menarik orang untuk berbelanja, bahkan banyak orang iseng membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan hanya karena promo. Misalnya jika kamu membuka kedai kopi, kamu bisa mengadakan promo buy 1 get 1 pada hari-hari tertentu. Atau jika kamu berjualan online, kamu bisa mengadakan promo gratis ongkir. Biar kamu juga untung, kamu bisa gunakan pengiriman Anteraja yang memiliki banyak promo ongkir setiap harinya! Biar nggak ketinggalan info, coba deh kamu segera download aplikasi Anteraja untuk update soal info-info promo yang ditawarkan. Nggak hanya itu, kamu juga bisa sekaligus cek ongkir untuk kepoin harga ongkir ke tujuan yang kamu tentukan. Makanya pakai terus Anteraja biar kamu bisa selalu kasih promo gratis ongkir untuk pelanggan kamu! 

10. Buat Social Media

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol - Buat Social Media

Sangat banyak pengguna media sosial di Indonesia, terlebih lagi Instagram dan Facebook. Nah kamu harus memanfaatkan kedua media sosial tersebut untuk melakukan pemasaran, apalagi jika target pasar kamu adalah anak-anak muda yang sudah pasti memiliki media sosial. Manfaatkan fitur ads yang ditawarkan supaya kamu bisa menjangkau pasar yang tepat sesuai dengan jenis kelamin dan kalangan usia yang ditargetkan. Buat konten foto atau video yang menarik agar orang-orang tertarik untuk melihatnya lebih lama, serta jaga engagement kamu dengan followers dengan membuat kuis, tanya jawab, dan sebagainya.

11. Pisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol - Pisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Pengelolaan uang adalah hal yang paling penting untuk membuat bisnis tetap lancar, karena masalah keuangan seringkali membuat sebuah bisnis gagal dan bangkrut. Buat pencatatan untuk setiap uang yang masuk dan keluar dengan detail, sehingga kamu bisa selalu mengontrol setiap uang yang ada. Yang terpenting jangan sampai uang pribadi kamu tercampur dengan uang untuk berbisnis, karena uang untuk berbisnis hanya boleh digunakan untuk berbisnis. Kamu bisa gunakan software akuntansi online di smartphone atau laptop supaya kamu bisa mengelola keuangan kapanpun dan dimanapun.

12. Disiplin Waktu

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol - Disiplin Waktu

Seperti peribahasa waktu adalah uang, kamu harus disiplin terhadap waktu yang kamu miliki. Buatlah manajemen waktu kamu sendiri untuk membantu bisnis berjalan lebih terstruktur dan sesuai rencana. Kamu bisa membuat daftar tanggung jawab yang dimiliki, menentukan skala prioritas, menargetkan pekerjaan yang harus selesai dengan cepat, dan berbagi tugas dengan tim. Pastikan semua waktu terisi dengan kegiatan yang berurusan dengan bisnis, sehingga tidak ada waktu kosong yang bisa saja menghambat jalannya bisnis kamu.

Tidak hanya cara memulai bisnis dari nol saja loh yang disediakan Anteraja, Kami juga memiliki berbagai macam Artikel terbaik lainnya tentang usaha seperti:

Nah gimana, nggak sulit-sulit banget kan cara-cara yang harus dilakukan? Kesulitan yang harus kamu hadapi adalah meyakinkan diri kamu, karena dibutuhkan keyakinan dan tekad yang kuat untuk berbisnis. Gali motivasi yang dapat membuat kamu yakin untuk berbisnis, motivasi juga akan membangun semangat dan mental kamu. Setelah semuanya terbangun, segera buat bisnis kamu sebelum ide kamu keduluan orang lain. Semoga semua rencana kamu bisa berhasil ya, jangan patah semangat!