Cara Mendukung UMKM Terdampak Pandemi

Bangga Buatan Indonesia Gerakan Nasional untuk Membantu UMKM Indonesia

Pandemi COVID-19 memiliki dampak yang besar bagi perkembangan ekonomi dunia. Hal ini dapat dilihat dari beberapa negara-negara besar yang mengalami pertumbuhan ekonomi riil negatif di kuartal kedua 2020 seperti Singapura, Filipina dan Perancis. Bahkan negara adidaya Amerika Serikat tak lepas dari resesi dengan angka pertumbuhan ekonomi minus 32,9 persen. Tak terkecuali di Indonesia, pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua 2020 tercatat minus 4,19 persen. 

Karena pergerakan manusia yang terbatas akibat pandemi menyebabkan kegiatan ekonomi tidak berjalan dengan baik adalah penyebab utama krisis ekonomi di tahun 2020 ini. Tentunya sebagai masyarakat Indonesia kita tidak menginginkan Negara tercinta mengalami resesi. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia, salah satunya adalah dengan memberdayakan UMKM. Upaya pemerintah dalam memberdayakan UMKM dapat dilihat dari gerakan Bangga Buatan Indonesia yang mengkampanyekan pembelian dari UMKM Indonesia dengan harapan dapat membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia selama masa pandemi. 

Sebagai masyarakat Indonesia apa sajakah langkah yang bisa kita lakukan untuk membantu UMKM tersebut? Yuk simak penjelasan dan langkah-langkah untuk membantu Indonesia melalui UMKM.

Apa itu UMKM?

Bangga Buatan Indonesia, Gerakan Nasional untuk Membantu UMKM - Apa itu UMKM

Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah sebuah perusahaan yang dimiliki oleh seseorang atau sekelompok orang dengan jumlah kekayaan tertentu yang dibagi dari beberapa kriteria.

1. Usaha Mikro

Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp50.000.000 dan penjualan tahunan paling banyak Rp300.000.000

2. Usaha Kecil

Memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp50.000.000 – Rp500.000.000 dan memiliki penjualan tahunan lebih dari Rp300.000.000 – Rp2.500.000.000,00

3. Usaha Menengah

Memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp500.000.000,00 –  Rp10.000.000.000,00 dan memiliki penjualan tahunan lebih dari Rp2.500.000.000,00  – Rp50.000.000.000,00

(Baca Juga: Bisnis Rumahan Modal Kecil)

Bangga Buatan Indonesia

Bangga Buatan Indonesia, Gerakan Nasional untuk Membantu UMKM - Bangga Buatan Indonesia

Bangga Buatan Indonesia adalah gerakan nasional yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu para UMKM di Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19 yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Mei 2020. Gerakan ini dilakukan terkhusus untuk UMKM karena salah satu yang paling merasakan dampak pandemi ini adalah UMKM Indonesia. Presiden Joko Widodo mengharapkan dengan gerakan nasional ini, masyarakat dapat saling membantu agar ekonomi Indonesia menguat kembali dengan cara berbelanja di UMKM dan membeli karya-karya lokal Indonesia. Melihat dari tren pembelian masyarakat yang dilakukan secara online, gerakan ini juga mengajak para UMKM offline untuk go online, dengan bergabung dengan platform-platform digital. Menurut Jokowi, perdagangan online menjadi cara paling efektif bertahan selama pandemi dan meraih penjualan maksimal ke depannya. 

Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dapat dimanfaatkan pemilik UMKM untuk mengembangkan bisnisnya di masa sulit seperti ini, dengan mengikuti beragam pelatihan untuk memperkenalkan ekosistem ekonomi digital yang dapat mereka manfaatkan di tengah tren pembelian online. Pemerintah juga memberikan stimulus bagi masyarakat untuk berbelanja produk lokal dari UMKM secara online dengan memberikan cashback maksimal sebesar Rp750.000 per konsumen untuk pembelian produk dari UMKM di berbagai platform digital. Pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp 7,6 triliun untuk merealisasikan stimulus ini. 

Bagaimana Cara Menikmati Cashback untuk Dukung Bangga Buatan Indonesia?

Bangga Buatan Indonesia, Gerakan Nasional untuk Membantu UMKM - Bagaimana Cara Menikmati Cashback untuk Dukung Bangga Buatan Indonesia

Dalam peringatan HUT Republik Indonesia ke-75 yaitu pada 17 Agustus 2020, pemerintah memanfaatkan momen ini untuk mengkampanyekan Bangga Buatan Indonesia. Dalam kampanye Bangga Buatan Indonesia, kabarnya pemerintah telah menyiapkan program cashback hingga Rp. 750.000 untuk pembelanjaan produk UMKM. Cashback ini dapat dinikmati seluruh konsumen dengan syarat membeli produk UMKM dalam negeri melalui transaksi non cash baik melalui mobile banking, internet banking dan juga dompet digital yang dilakukan melalui berbagai platform digital seperti salah satunya e-commerce ternama di Indonesia. Selain mendapatkan cashback, momen ini juga diharapkan agar masyarakat bisa masuk ke dalam era digital.

(Baca juga: Tips Bisnis Frozen Food)

Cara Menggunakan Insentif Cashback Secara Maksimal untuk Keperluanmu

Bangga Buatan Indonesia, Gerakan Nasional untuk Membantu UMKM - Cara Menggunakan Insentif Cashback Secara Maksimal untuk Keperluanmu

Tentunya kamu bisa menggunakan program cashback Bangga Buatan Indonesia semau kamu dengan bebas. Namun, ada beberapa tips di bawah ini yang mungkin bisa kamu praktikan ketika berbelanja pada puncak kampanye Bangga Buatan Indonesia nanti agar kamu bisa memaksimalkan program cashback tersebut. Berikut adalah tipsnya

1. Periksa Wishlist Kamu

Tips pertama untuk memaksimalkan penggunaan cashback kamu untuk berbelanja pada program Bangga Buatan Indonesia nanti adalah untuk memeriksa wishlist kamu. Hal ini karena produk-produk yang kamu paling minati dan sudah berencana untuk dibeli pasti terletak pada wishlist kamu kan? Namun karena promo-promo dadakan yang akan tampil pada platform belanja digital yang kamu gunakan nanti mungkin akan membuat kamu lupa sejenak akan apa yang sudah kamu rencanakan beli di wishlistmu. Maka dari itu, pastikan kamu periksa dulu wishlist kamu! 

Mungkin juga kamu sering menggunakan beberapa platform e-commerce yang berbeda-beda. Jadi jangan lupa juga untuk periksa wishlist pada masing-masing platform e-commerce yang kamu gunakan!

(Baca juga: Ide bisnis online untuk pelajar)

2. Prioritaskan Produk yang Kamu Butuhkan

Betul, memang seru untuk langsung impulsif membeli sebuah produk yang promonya paling mencolok. Namun, usahakan kamu tidak dibutakan oleh promo-promo tersebut! Pasti kamu ada beberapa produk yang memang kamu butuhkan kan? Mungkin rumahmu sedang butuh vacum baru atau meja belajar baru? Pastikan kamu ingat-ingat dulu kebutuhan utama kamu sebelum impulsif membeli produk yang sedang promo! 

3. Pastikan Kamu Memilih Opsi Pengiriman yang Bisa Diandalkan

Percuma jika kamu sudah susah-susah berpartisipasi dalam pembangkitan ekonomi dan UMKM Indonesia dengan program Bangga Buatan Indonesia dengan membeli sebuah produk idaman tapi produk tersebut sampai rumahmu dengan terlambat atau bahkan mungkin tidak sampai! Untuk mengurangi resiko hal seperti itu terjadi, pastikan kamu memilih kurir pengiriman yang bisa diandalkan dan memiliki reputasi bagus seperti Anteraja!  Anteraja memiliki beberapa voucher free ongkir pada platform-platform e-commerce terpopuler Indonesia! Namun, jika ternyata kamu tidak mendapatkan salah satu voucher free ongkir tersebut, jangan cemas! Karena kamu tetap bisa cek ongkir dengan akurat melalui Anteraja.  Setelah kamu memilih Anteraja sebagai kurir yang kamu percayakan untuk mengirim produk yang telah kamu beli, kamu juga bisa memeriksa status dan lokasi produkmu dengan fitur cek resi Anteraja! 

Setelah baca tips di atas, jangan lupa untuk kamu praktikan ketika belanja untuk mendukung gerakan Bangga Buatan Indonesia! Pastikan kamu ikut mendukung perkembangan UMKM dan juga ekonomi Indonesia dengan berpartisipasi dalam gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia! Dengan bersatu pasti kita dapat melewati masa ini!