16 Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

Berbisnis adalah pekerjaan yang banyak dilakukan oleh banyak orang. Namun, berbisnis tidak perlu dimulai dengan skala yang besar. Karena jika bisnis dilakukan dengan skala besar, maka modal yang dibutuhkan juga besar. Dengan bisnis skala kecil, pelaku bisnis dapat mengeluarkan modal yang tidak terlalu banyak, sehingga peluang untuk kehabisan modal tidak terlalu besar.

Banyak sekali bisnis skala kecil yang tidak terpikirkan oleh beberapa orang. Dengan membuka bisnis rumahan saja dapat menghemat modal yang harus dikeluarkan untuk menyewa lapak atau ruko. Membuka bisnis rumahan juga tidak banyak menyita waktu kamu untuk melakukan pekerjaan rumah. Berikut adalah beberapa ide bisnis rumahan dengan modal kecil yang bisa kamu coba!

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil 

1. Menjual Makanan dan Minuman

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil - Menjual Makanan dan Minuman

Menjual makanan dan minuman adalah bisnis rumahan yang sudah banyak dilakukan oleh pelaku bisnis, tetapi kamu bisa hanya menjual makanan secara online untuk menghemat modal. Kamu dapat mempraktikkan skill memasak kamu dari hasil melihat video memasak di channel YouTube. Kemudian gunakanlah layanan delivery berbasis ojek online yang sedang marak digunakan oleh masyarakat, itu dapat mempermudah kamu dalam mendistribusikan jualan kamu kepada pelanggan.

(Baca Juga: Ide Bisnis Online)

2. Menjual Pulsa

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil - Menjual Pulsa

Pulsa sudah menjadi komoditas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan paket data smartphone mereka. Kamu hanya perlu melakukan promosi kepada teman atau tetangga, supaya mereka mau membeli pulsa melalui kamu. Manfaatkanlah media sosial kamu untuk melakukan promosi pulsa yang kamu jual.

3. Agen PPOB

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil - Agen PPOB

PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank. Kamu dapat menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik, telepon, internet, dan PDAM. Di beberapa daerah, masyarakat belum mengerti cara pembayaran tersebut melalui internet. Maka dengan jasa PPOB, kamu dapat memudahkan masyarakat untuk membayar tagihan tersebut dan menaikkan harga beberapa persen sebagai untung kamu sebagai penyedia layanan.

4. Menjual Air Minum Isi Ulang

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil - Menjual Air Minum Isi Ulang

Menjual air minum isi ulang dapat menjadi pilihan yang menarik, namun bisnis ini harus mengeluarkan modal cukup besar untuk membeli peralatannya. Kamu juga harus harus memiliki izin dari Dinas Kesehatan untuk menjalankan bisnis kamu. Namun modal yang dikeluarkan dapat tertutup dengan cepat jika kebutuhan air isi ulang di daerah kamu besar, maka kamu harus rajin melakukan promosi jualan kamu. Untuk memulai promosi, kamu dapat menyediakan peminjaman galon gratis untuk pelanggan, karena harga galon dapat memberatkan pelanggan karena harganya yang mahal. Layanan antar jemput juga harus tersedia untuk mengantarkan air isi ulang kepada pelanggan.

5. Laundry Kiloan

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil - Laundry Kiloan

Membuka bisnis laundry kiloan terdengar menguras modal karena harus membeli mesin cuci, setrika, dan peralatan lainnya. Namun bisa dimulai dengan membeli peralatan bekas terlebih dahulu, sebagian modal dapat digunakan untuk membeli deterjen, pewangi, dan pelembut. Jika kamu belum memiliki modal besar untuk membeli mesin cuci yang banyak, kamu dapat meyakinkan pelanggan dari segi kebersihan dan kerapihan hasil laundry kamu. Setelah menghasilkan uang, kamu dapat menginvestasikan uang kamu untuk membeli mesin cuci lebih banyak lagi, supaya dapat meyakinkan pelanggan dari segi kecepatan laundry kamu.

(Baca juga: Bisnis Laundry Kiloan)

6. Membuka Warkop

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil - Membuka Warkop

Kalau kamu memiliki lahan atau garasi di rumah yang cukup besar, membuka warkop dapat menjadi peluang untuk membuka bisnis. Modal untuk menyewa tempat dapat dialihkan untuk membeli jajanan seperti mie instan dan minuman kemasan. Jika memiliki modal lebih, sediakan layanan Wi-Fi gratis untuk pelanggan supaya betah dan jajan lebih banyak di warkop kamu.

7. Menjual Aneka Gorengan

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil - Menjual Aneka Gorengan

Gorengan masih menjadi makanan sampingan yang disukai masyarakat saat ini, siapapun dapat membuka bisnis menjual aneka gorengan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Hanya perlu gunakan meja yang tidak terpakai untuk dijadikan tempat untuk menjajakan aneka gorengan yang dijual. Jangan menjual dengan harga yang terlalu mahal, karena gorengan adalah jajanan pasar dengan harga yang sangat miring. Kamu bisa menggunakan trik penjualan, seperti beli satu Rp. 2.000 dan beli tiga Rp. 5.000 supaya pembeli memilih untuk membeli lebih banyak.

8. Kios Minuman

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil - Kios Minuman

Minuman-minuman seperti thai tea dan bubble tea sangat disukai oleh anak-anak muda. Kamu bisa menjual minuman-minuman tersebut dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Carilah resep minuman di internet dan tirulah resep tersebut, ajak teman atau saudara mencoba resep yang kamu buat. Jika ada kekurangan, kamu bisa improvisasi resep tadi sehingga enak dan dapat dijual kepada pelanggan. Kemudian kamu bisa menyiapkan etalase di depan rumah untuk dijadikan tempat menjajakan minuman.

9. Berjualan Snack

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil - Berjualan Snack

Berjualan snack seperti keripik singkong dalam kemasan bisa menjadi hal yang menarik, karena keripik singkong bukan makanan yang cepat kadaluarsa. Kamu bisa membuat keripik singkong dari resep di internet dan menjualnya dengan menitipkan di warung-warung sekitar rumah kamu. Namun sebelum kamu menjualnya, kamu harus mencicipi snack yang kamu buat terlebih dahulu.

10. Writer

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil - Writer

Menjadi writer bisa menjadi pilihan yang menarik dengan memanfaatkan skill mengetik kamu. Bisnis ini hampir tidak perlu mengeluarkan modal jika kamu sudah memiliki laptop atau komputer di rumah. Kamu dapat menawarkan diri untuk menulis artikel di marketplace atau media online, biasanya writer akan dibayar per-artikel yang dibuat. Jangan lupa siapkan portofolio tulisan yang sudah kamu buat untuk menjadi modal kamu menjadi freelance writer di perusahaan.

(Baca Juga: Ide Usaha Makanan Terbaik)

11. Jasa Pengetikan

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil - Jasa Pengetikan

Membuka jasa pengetikan juga tidak perlu modal dengan memanfaatkan skill mengetik kamu. Kamu bisa menyediakan jasa pengetikan untuk tugas atau skripsi mahasiswa. Bisnis ini bisa dilakukan jarak jauh tanpa harus tatap muka dan melakukan pembayaran dengan memanfaatkan transfer bank atau digital payment. Dengan bisnis ini, kamu bisa melakukannya di rumah tanpa harus pergi keluar.

12. Dropshipper

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil - Dropshipper

Dropshipper adalah bisnis yang tidak perlu mengeluarkan modal karena hanya memanfaatkan smartphone dan kuota paket data kamu. Dropshipper adalah perantara yang menghubungkan antara pembeli dengan supplier tanpa harus melakukan stok barang dengan cara menaikkan harga jual barang sebagai keuntungan. Carilah barang yang menarik di marketplace untuk ditawarkan kepada pembeli dan lakukan pemasaran di media sosial dengan menarik. Sebelum kamu menawarkan kepada calon pembeli, belilah beberapa barang yang akan kamu jual untuk melihat kualitas barang tersebut. Setelah merasa puas, barulah tawarkan produk tersebut kepada calon pembeli.

13. Reseller

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil - Reseller

Berbeda dengan dropshipper, kamu harus melakukan stok barang jika menjadi reseller. Jika kamu menyukai sepatu, maka tidak ada salahnya untuk mencoba berjualan sepatu. Carilah supplier sepatu yang terpercaya dan memiliki harga yang murah. Lakukan stok barang sesuai modal yang dimiliki sembari melakukan promosi di media sosial. Yakinkan pelanggan dari segi pengiriman yang cepat, kamu dapat menggunakan layanan pengiriman dari Anteraja! Berbagai fitur unggulan bisa kamu gunakan seperti fitur tracking paket atau cek resi untuk mengetahui status dari produk yang kamu kirim. Selain itu, Anteraja juga menawarkan biaya layanan yang terjangkau, kamu bisa cek ongkir sekarang untuk membuktikannya. Karena dalam bisnis jual-beli online, pelanggan akan mementingkan kecepatan pengiriman barang.

14. Budidaya Ikan

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil - Budidaya Ikan

Kamu bisa membuka usaha budidaya ikan hias dengan ikan-ikan murah terlebih dahulu. Bisa dimulai dengan ikan mas koki, ikan cupang, dan ikan gupy. Kemudian kuasai pasar ikan hias di daerah kamu, akan lebih baik jika tidak ada saingan di daerah kamu, kamu bisa menjadi satu-satunya penjual ikan hias. Setelah memiliki pasar yang luas, kamu dapat menjual ikan-ikan mahal seperti ikan lohan, ikan arwana, dan ikan koi. Selain modal untuk membeli ikan hias, kamu juga harus menyiapkan aquarium dan makanan ikan. 

15. Budidaya Tanaman

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil - Budidaya Tanaman

Bisnis budidaya tanaman memerlukan skill lebih rumit, karena harus memiliki skill bertanam yang baik supaya tanaman tidak mudah mati. Tanamlah tanaman yang mudah dijual seperti sayuran. Kamu bisa menanam tanaman jagung, cabai, kangkung, dan sebagainya. Sayuran memiliki permintaan yang sangat tinggi, apalagi cabai dan bawang. Harga cabai dapat melambung tinggi bahkan sampai langka di pasaran menjelang hari raya. Maka kamu dapat memanfaatkan tanaman cabai kamu untuk dijual di wilayah tempat tinggal kamu.

16. Bisnis Franchise

Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil - Bisnis Franchise

Kalau kamu tidak memiliki ide untuk membuka bisnis sendiri, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis franchise. Franchise adalah metode membuka bisnis dengan nama, merk dagang, produk, dan bahan dari bisnis yang sudah ada. Kamu dapat memulai membuka bisnis franchise ayam goreng murah yang terkenal di daerah kamu. Kamu harus menyiapkan modal yang ditentukan oleh penyedia franchise, biasanya kamu hanya perlu menyiapkan lapak dan pegawai. Semua bahan atau produk sudah disediakan oleh penyedia franchise.

(Baca juga: Franchise Minuman Terbaik dan Franchise Makanan Terbaik

Nah itulah beberapa ide bisnis yang bisa dilakukan di rumah tanpa harus mengeluarkan modal besar dan menyita waktu. Dengan membuka bisnis sendiri, kamu termasuk dalam pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Ayo sama-sama dukung UMKM dan sukseskan Bangga Buatan Indonesia dengan membeli produk lokal!