Ini dia Fungsi dan Manfaat dari Silica Gel yang Mengawetkan
Update Aja

Ini dia Fungsi dan Manfaat dari Silica Gel yang Mengawetkan

Kamu pasti banyak yang nggak tau apa itu silica gel. Mungkin kamu pernah melihatnya, tapi nggak tau namanya. Butiran-butiran kecil seperti kristal yang biasa kamu temukan pada kemasan atau kardus ketika kamu membeli suatu barang. Biasanya pada kemasan makanan ringan, kardus sepatu, dan barang-barang elektronik yang baru kamu beli dari toko. Ternyata barang kecil yang banyak orang tidak tahu, memiliki kegunaan yang cukup penting lho!

Sebetulnya ada banyak kegunaan silica gel yang dapat membantu kamu menyelesaikan masalah yang sering kamu hadapi, namun belum menemukan penyelesaiannya. Mungkin kamu memiliki masalah dengan lemari kamu, box container mainan kamu, atau tempat penyimpanan lensa dan kamera kamu yang mudah berjamur. Nah, silica gel bisa membantu menghindari penyebaran jamur pada barang-barang kamu. Loh kok bisa, gimana caranya? Kalau gitu kamu perlu simak kegunaan silica gel yang akan dijelaskan di bawah ini!

Fungsi dan Manfaat Silica Gel

Apa Itu Silica Gel

Ini dia Fungsi dan Manfaat dari Silica Gel yang Mengawetkan - Apa itu Silica Gel

Tapi kamu tau nggak sih apa itu Silica Gel? Silica Gel adalah butiran seperti kaca dengan bentuk yang sangat berpori dan dibuat secara sintetis dari natrium silikat. Walaupun disebut “gel”, tapi tetap tergolong dalam silica padat. Silica gel biasa digunakan untuk menyerap kandungan air ketika tingkat kelembaban pada suatu tempat sangat tinggi dan mencegah pertumbuhan jamur.

Kandungan Dalam Silica Gel

Ini dia Fungsi dan Manfaat dari Silica Gel yang Mengawetkan - Kandungan Dalam Silica Gel

Silica gel dihasilkan melalui penggumpalan sol natrium silikat (NaSiO2) dan dapat didehidrasi sehingga berubah menjadi padatan atau butiran mirip kaca yang bersifat tidak elastis. Sol mirip agar-agar ini dapat didehidrasi sehingga berubah menjadi padatan atau butiran mirip kaca yang bersifat tidak elastis. Sifat ini menjadikan silica dimanfaatkan sebagai zat penyerap, pengering dan penopang katalis.

Fungsi dan Kegunaan Silica Gel

Ini dia Fungsi dan Manfaat dari Silica Gel yang Mengawetkan - Fungsi an Kegunaan Silica Gel

Nah udah tau kan apa itu Silica Gel? Sekarang kamu harus tau fungsi dan kegunaannya, karena silica gel memiliki kegunaan yang sangat penting. Silica gel mencegah terbentuknya kelembaban yang berlebihan sebelum terjadi, tanpa merubah kondisi zatnya. Sehingga dapat mencegah terjadinya pembentukan karat pada logam, mencegah risiko arus pendek listrik mikro, dan mencegah reaksi oksidasi dan dekomposisi bahan kimia akibat tingginya kelembaban udara. Dalam penggunaan sehari-hari, silica gel dapat mencegah barang-barang di rumah kamu ditumbuhi oleh jamur. Misalnya seperti makanan ringan, lemari pakaian, laci penyimpanan, dan barang-barang lainnya yang tidak tahan terhadap tingkat kelembaban yang tinggi.

Jenis-Jenis Silica Gel

Ini dia Fungsi dan Manfaat dari Silica Gel yang Mengawetkan - Jenis-jenis Silica Gel

Ternyata silica gel memiliki beberapa jenis, yaitu silica gel biru, putih dan natural. Ketiga jenis silica gel tersebut memiliki karakteristik masing-masing dan memiliki daya serap yang berbeda. Berikut penjelasan dari tiga jenis silica gel yang memiliki penggunaan berbeda-beda.

  • Silica Gel Biru

Silica gel biru merupakan silica gel yang memiliki daya serap paling tinggi, namun saat ini penggunaannya sudah dibatasi karena bahan pembuatannya yang relatif berbahaya bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Adanya kandungan cobalt chloride yang berfungsi sebagai zat aditif sangat berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai penyakit kanker, karena zat ini bersifat karsinogenik. Silica gel biru tidak boleh dipakai pada kemasan barang yang sering bersentuhan dengan manusia, seperti obat, makanan, sepatu, tas, dan sebagainya. Maka silica gel biru hanya dapat digunakan untuk barang-barang industrial dan kelistrikan, seperti kompresor, trafo, blower, dan mesin AC. Warna biru pada silica gel biru akan berubah menjadi pink atau merah saat sudah tidak bisa lagi menyerap kelembaban. Ketika silica gel biru sudah berubah menjadi pink atau merah, maka silica gel harus meregenerasi dengan menghangatkannya di dalam mesin oven. Setelah dipanaskan, silica gel akan berubah warna menjadi biru dan bisa digunakan kembali.

  • Silica Gel Putih

Silica gel putih merupakan silica gel yang sering kita temukan di pada industri kertas, alat-alat elektronik dan mainan anak. Silica gel putih terbuat dari sodium silikat yang memiliki berjuta-juta nanoporous berukuran 24 nanometer dan memiliki sifat hydrophilic yang aktif menyerap molekul di udara. Dengan bahannya yang dibuat dari mineral alami, silica gel putih tidak berbahaya bagi manusia karena tidak beracun, tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna. Selain itu, produk penyerap lembab ini tidak reaktif dan tidak mudah terbakar.

  • Silica Gel Natural

Silica gel natural diolah dari bahan mineral alami dan dikemas dalam kertas semi-permeable dan banyak ditemukan pada kemasan industri farmasi dalam bentuk serbuk, pil, atau kapsul. Silica gel natural food grade sehingga bisa digunakan untuk menyerap kelembaban pada kemasan obat, makanan kering, dan barang-barang lainnya yang biasa tersentuh manusia.

Cara Pakai Silica Gel

Ini dia Fungsi dan Manfaat dari Silica Gel yang Mengawetkan - Cara Pakai Silica Gel

Jika kamu ingin menggunakan silica gel sebagai bahan pengawet dalam kemasan, gunakan silica gel putih yang masih aktif dalam ukuran sachet sesuai dengan ukuran kemasan dan letakkan di dalam kemasan bersama barang yang akan dikemas dan tutup rapat-rapat. Pastikan tidak ada udara luar yang masuk ke dalam kemasan. Kalau kamu ingin menjaga kelembaban udara ruang penyimpanan, gunakan silica gel putih dan letakkan di sudut-sudut ruangan. Usahakan ruangan selalu dalam kondisi tertutup untuk meminimalisir masuknya udara lembab dari luar. Tambahkan silica gel jika tingkat kelembaban udara masih terlalu tinggi dan ganti silica gel dengan yang baru jika sudah tidak bisa menyerap.

Nah itu tadi kegunaan silica gel yang belum pernah ketahui sebelumnya, ternyata benda yang banyak dianggap tidak penting itu kegunaannya cukup besar ya. Jadi jangan lupa buat kamu yang ingin menyimpan barang kamu supaya tidak berjamur, gunakan silica gel untuk menghindari kerusakan barang-barang kamu akibat pertumbuhan jamur. Nah penting juga kalau kamu ingin mengirim barang yang mudah ditumbuhi jamur, seperti makanan ringan dan pakaian, kamu harus menaruh silica gel di dalamnya.

Dan Jangan lupa juga gunakan layanan pengiriman dari Anteraja supaya barang yang kamu kirim tidak berjamur, karena Anteraja menjamin barang kamu cepat sampai tujuan! Belum sempat berjamur, eh barang kamu udah sampai duluan ke tangan penerima. Makanya, langsung cek ongkir dan cek resi untuk manfaatkan layanan Anteraja dan nikmati layanan fitur tracking paket akurat ke seluruh wilayah Indonesia!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *