Tips Berjualan di Tokopedia Supaya Laris Manis dan Untung
Update Aja

13 Tips Berjualan di Tokopedia Supaya Laris Manis dan Untung

Jika kamu merupakan pemain baru dalam bisnis berjualan online, pasti kamu masih bingung menentukan media jual beli sebagai lapak kamu untuk berjualan. Apalagi sudah banyak media jual beli yang terkenal dan sama-sama memiliki keuntungannya tersendiri. Nah kenapa kamu nggak coba untuk berjualan di Tokopedia? Karena ada tips-tips berjualan di Tokopedia yang bakal membantu kamu memulai bisnis.

Siapapun bisa berjualan di Tokopedia, walaupun kamu pemain baru, kamu nggak perlu repot-repot untuk membuka toko kamu di Tokopedia. Karena kalau kamu baca tips-tips di bawah ini, kamu bisa langsung buka toko kamu dan bisa langsung berjualan di Tokopedia! Nah langsung aja yuk kamu simak!

Tips Berjualan Online di Tokopedia

1. Gunakan Nama Toko yang Jelas dan Mudah Diingat

Tips Berjualan di Tokopedia Supaya Laris Manis dan Untung - Gunakan Nama Toko yang Jelas dan Mudah Diingat

Pasti kamu menginginkan nama yang keren untuk toko kamu, namun yang terpenting pakailah nama yang mudah diingat oleh orang-orang. Kalau bisa menggabungkannya akan lebih baik, menggunakan nama yang keren dan mudah diingat orang. Usahakan nama toko kamu mengandung unsur produk yang kamu jual supaya mudah orang-orang mudah mengingat nama toko kamu dan mudah juga untuk mencarinya.

(Baca juga: Brand Lokal)

2. Gunakan Logo atau Gambar yang Jelas Untuk Profil Toko Kamu

Tips Berjualan di Tokopedia Supaya Laris Manis dan Untung - Gunakan Logo atau Gambar yang Jelas Untuk Profil Toko Kamu

Logo atau gambar diperlukan untuk menggambarkan toko kamu. Jika kamu menjual aksesoris handphone, kamu bisa menggunakan logo atau gambar yang mengandung unsur handphone. Atau jika kamu menjual makanan, kamu bisa menggunakan logo yang terdapat unsur makanan dan sebagainya. Usahakan pakai logo atau gambar yang kreatif dan membedakan kamu dengan toko-toko lainnya. Sama dengan nama, orang juga lebih mudah mengingat logo atau gambar toko kamu.

3. Gunakan Gambar atau Foto Produk yang Jelas

Tips Berjualan di Tokopedia Supaya Laris Manis dan Untung - Gunakan Gambar atau Foto Produk yang Jelas

Dalam berjualan online, calon pelanggan tidak bisa melihat langsung barang yang ditawarkan. Mereka juga tidak bisa memegang langsung barang yang ingin mereka beli seperti di toko offline. Jadi kamu harus memberikan foto produk yang jelas supaya calon pelanggan merasakan pengalaman yang sama seperti berbelanja di toko offline. Foto produk kamu dari berbagai sisi dan jarak yang dekat, pastikan foto memiliki pencahayaan yang cukup dan resolusi tinggi. Buat calon pelanggan kamu puas dengan produk yang kamu jajakan, supaya mereka tidak ragu untuk membeli produk kamu.

(Baca juga: Reseller Yang Menguntungkan)

4. Buat Deskripsi di Produk yang Informatif

Tips Berjualan di Tokopedia Supaya Laris Manis dan Untung - Buat Deskripsi di Produk yang Informatif

Sama dengan foto, deskripsi produk yang informatif akan memudahkan calon pelanggan untuk mengerti dengan produk yang kamu jual. Usahakan untuk menjelaskan produk secara detail, sehingga calon pelanggan kamu tidak perlu bertanya lebih lanjut. Jika kamu menjual baju, berikan informasi soal ukuran panjang dan lebar baju menggunakan centimeter. Dengan itu, calon pelanggan bisa menghitung sendiri ukuran baju yang ingin mereka beli.

5. Pilih Jasa Pengiriman yang Bervariasi dan Terpercaya

Tips Berjualan di Tokopedia Supaya Laris Manis dan Untung - Pilih Jasa Pengiriman yang Bervariasi dan Terpercaya

Sediakan jasa pengiriman yang bervariasi, supaya calon pelanggan kamu memiliki banyak pilihan untuk menggunakan jasa pengiriman yang mereka inginkan. Tidak semua jasa pengiriman dapat melayani pengiriman ke wilayah-wilayah yang diinginkan pelanggan kamu, jadi jangan lupa selalu aktifkan Anteraja untuk menjadi salah satu jasa pengiriman toko kamu.

6. Susun Etalase Dengan Baik

Tips Berjualan di Tokopedia Supaya Laris Manis dan Untung - Susun Etalase Dengan Baik

Sama seperti di toko offline, pada toko online kamu juga harus menyusun etalase kamu dengan rapi. Apalagi jika kamu menjual banyak barang, menyusun etalase akan memudahkan calon pelanggan kamu mencari barang. Misalnya jika kamu berjualan pakaian, pisahkan etalase antara kaos, kemeja, dengan celana. Sehingga calon pelanggan bisa langsung meng-klik etalase “kaos” apabila mereka mencari kaos untuk dibeli.

(Baca juga: Dropship Terbaik)

7. Install Aplikasi Tokopedia Seller

Tips Berjualan di Tokopedia Supaya Laris Manis dan Untung - Install Aplikasi Tokopedia Seller
Sumber: Tokopedia

Penting bagimu untuk menginstall aplikasi Tokopedia Seller pada smartphone. Aplikasi ini membantu kamu untuk mengatur produk, membalas chat pelanggan dan mengatur TopAds lebih mudah dalam satu aplikasi. Aplikasi Tokopedia Seller bisa kamu download di Google Playstore secara gratis.

8. Analisis Kompetitor

Tips Berjualan di Tokopedia Supaya Laris Manis dan Untung - Analisis Kompetitor

Dengan menganalisis kompetitor, kamu jadi bisa mengetahui apa yang tidak kamu miliki dari kompetitor kamu dan sebaliknya. Misalnya kompetitor kamu memiliki harga yang murah namun foto dan deskripsi produknya kurang informatif, kamu harus memberikan keduanya. Kalau bisa kamu harus berikan harga yang murah serta foto dan deskripsi produk yang informatif, sehingga kamu sudah memenangkan kompetisi tersebut. Intinya jangan sampai kamu memiliki perbedaan yang signifikan, usahakan kamu tetap memiliki kelebihan dibanding kompetitor.

(Baca juga: Cara Closing Penjualan Online)

9. Selalu Update Toko dan Fast Respond

Tips Berjualan di Tokopedia Supaya Laris Manis dan Untung - Selalu Update Toko dan Fast Respond

Calon pelanggan sangat menyukai toko yang selalu meng-update produk-produknya dan memberikan pelayanan yang cepat. Ada calon pelanggan yang berbelanja dengan cepat dan ada juga calon pelanggan yang banyak bertanya soal produk.Kamu harus bisa melayani mereka dengan cepat, jawablah pertanyaan mereka yang bertanya dan segera packing untuk mengirim barang mereka yang sudah memesan. Pelayan yang cepat sangat mempengaruhi ulasan yang diberikan oleh pelanggan dan akan mempengaruhi pada reputasi toko kamu.

10. Jadi Power Merchant

Tips Berjualan di Tokopedia Supaya Laris Manis dan Untung - Jadi Power Merchant
Sumber: Tokopedia

Power Merchant adalah program keanggotaan Seller Tokopedia yang bisa meningkatkan penjualan tokomu. Power Merchant menawarkan berbagai fitur khusus seperti statistik toko dan wawasan pasar yang berguna untuk riset pasar. Selain itu, kamu bisa mengaktifkan fitur Bebas Ongkir yang banyak dicari pelanggan Tokopedia. Berlangganan Power Merchant memerlukan biaya sebesar 1% dari setiap produk yang terjual.

11. Gunakan Promo Seller di Tokopedia

Tips Berjualan di Tokopedia Supaya Laris Manis dan Untung - Gunakan Promo Seller di Tokopedia

Calon pelanggan pasti sangat senang jika melihat sebuah potongan harga. Nah, kamu bisa manfaatkan fitur voucher toko di Tokopedia. Voucher toko bisa disesuaikan untuk potongan biaya ongkir atau cashback yang nominalnya bisa kamu sesuaikan. Setelah mengaktifkannya, jangan lupa untuk sebarkan di media sosial dan sampul toko supaya mereka mengetahui promo terbaru di tokomu!

(Baca juga: Tips Berjualan Di Shopee)

12. Gunakan TopAds

Tips Berjualan di Tokopedia Supaya Laris Manis dan Untung - Gunakan TopAds
Sumber: Tokopedia

TopAds memungkinkan kamu untuk mengiklankan produk tampil di halaman pertama mesin pencari Tokopedia. Hal ini sangat penting, karena calon pelanggan cenderung membeli produk yang tampil teratas di hasil pencarian. TopAds bisa disesuaikan dengan budget dengan tarif mulai dari Rp.250. Untuk mengaktifkannya, kamu perlu mengisi saldo dan mengaturnya melalui situs desktop atau aplikasi Tokopedia.

13. Share Toko ke Media Sosial atau Kerabat dan Keluarga Kamu

Tips Berjualan di Tokopedia Supaya Laris Manis dan Untung - Share Toko ke Media Sosial atau Kerabat dan Keluarga Kamu

Media sosial dapat membantu menyebarkan toko kamu ke teman-teman kamu di dunia maya. Apalagi kalau kamu meminta tolong kerabat dan keluarga kamu untuk share toko kamu di media sosial mereka. Maka semakin luas juga toko kamu tersebar di media sosial. Jadi selalu share dan promosikan toko kamu supaya orang-orang mengetahui toko kamu. Beruntung jika produk-produk kamu disukai mereka, mereka bisa saja langsung membeli produk dari toko kamu.

Nah sekarang nggak usah bingung lagi untuk memulai berjualan di Tokopedia, langsung ikutin aja tips-tips tadi dan segera mulai bisnis kamu. Jangan lupa, berbisnis membutuhkan proses yang panjang untuk menjadi besar. Jadi jangan lupa selalu berusaha dan berikan kepuasan lebih kepada pelanggan. Berikan pelayanan yang ramah dan cepat, sehingga pelanggan kamu semakin nyaman berbelanja di toko kamu. Semoga berhasil!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *