Tips Cerdas Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku
Update Aja

11 Tips Cerdas Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku

Ada banyak marketplace yang bisa kamu manfaatkan sebagai media kamu berjualan, salah satunya adalah Shopee. Media jual beli ini sudah lumayan besar di Indonesia dan sudah digunakan oleh banyak pengguna dari pembeli maupun penjual. Jadi jangan sia-siakan kesempatan kamu berjualan di Shopee, siapa tau kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar!

Nah buat kamu yang sudah membulatkan niat untuk berjualan di Shopee, ada tips nih buat kamu. Mungkin beberapa dari kamu masih bingung cara memulai berjualan di Shopee, karena banyak yang harus dilakukan. Kalau gitu sekarang kamu nggak perlu bingung, kamu bisa baca 11 tips berjualan di Shopee yang bisa kamu terapkan dalam memulai bisnis jualan online kamu. Yuk langsung simak tipsnya di bawah!

1. Buat Akun Toko

Tips Cerdas Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku - Buat Akun Toko
Sumber: Shopee

Yang pertama, kamu perlu membuat akun supaya kamu dapat membuka toko online di Shopee. Jangan lupa selalu gunakan nama asli, e-mail, dan nomor telepon yang sesuai dengan yang kamu miliki. Supaya memudahkan kamu untuk mengatur jika akun kamu mengalami kerusakan atau mengembalikan akun kamu jika diambil alih dan disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

(Baca juga: Brand Lokal Terbaik)

2. Unggah Produk-Produk Kamu

Tips Cerdas Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku - Unggah Produk Produk Kamu

Kalau kamu sudah memiliki akun toko, langsung unggah produk-produk kamu di toko kamu. Supaya kamu bisa cepat-cepat share toko kamu dan mulai berjualan. Jangan lupa untuk susun produk-produk kamu sesuai dengan kategori, supaya calon pelanggan kamu mudah untuk mencari barang yang mereka inginkan.

3. Deskripsi yang Jelas

Tips Cerdas Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku - Deskripsi yang Jelas

Berikan deskripsi dengan kalimat yang mudah dicerna dan informatif, sehingga calon pelanggan mudah untuk mengerti spesifikasi produk yang kamu jual. Jika kamu menjual celana, cantumkan ukuran yang detail beserta panjang dan lebar celana dalam satuan centimeter. Dengan ukuran yang detail, memudahkan calon pelanggan untuk mengukur sendiri celana yang ingin mereka beli. Itu juga mengurangi kesalahpahaman calon pelanggan dengan celana yang kamu jual dan mereka tidak perlu bertanya lebih lanjut kepada penjual.

(Baca juga: Tips Berjualan Di Tokopedia)

4. Foto yang Bagus

Tips Cerdas Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku - Foto yang Bagus

Pampang foto terbaik dari produk kamu secara detail, supaya calon pelanggan bisa melihat segala sisi dan detail dari produk kamu. Tidak ada salahnya untuk memberikan foto yang banyak, supaya calon pelanggan merasa puas dengan produk kamu. Selalu gunakan foto asli dari produk kamu, jangan mengambil gambar dari internet atau dari penjual lain. Usahakan kamu foto produk kamu sendiri supaya produk yang ada di foto sama dengan produk yang dijual.

5. Analisis Harga Penjual Lainnya

Tips Cerdas Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku - Analisis Harga Penjual Lainnya

Kamu perlu menganalisis harga-harga yang ditawarkan oleh penjual lainnya, supaya kamu tau berapa pasaran harga yang ditawarkan dari produk yang sama dengan yang kamu jual. Setelah kamu mengetahui variasi harga-harga yang ditawarkan penjual lainnya, pastikan harga yang kamu tawarkan tidak jauh lebih mahal dari mereka. Apabila harga yang kamu miliki lebih murah dari penjual lain, memungkinkan orang akan lebih memilih berbelanja di toko kamu. Pertimbangkan juga harga dengan produk yang kamu tawarkan, jika kamu yakin produk kamu berkualitas, jangan ragu untuk menjual dengan harga lebih tinggi dibandingkan penjual lainnya.

6. Manfaatkan Promosi dari Shopee

Tips Cerdas Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku - Manfaatkan Promosi dari Shopee

Manfaatkan fitur-fitur promosi yang ditawarkan oleh Shopee. Misalnya menggunakan Iklanku, Promo Toko, dan Voucher Toko Saya. Iklanku merupakan fitur promosi berbayar yang akan meningkatkan exposure produk kamu di hasil pencarian. Promo Toko memungkinkan kamu mengatur diskon produk sendiri sesuai dengan budget kamu dengan jangka waktu yang bisa ditentukan. Dan Voucher Toko Saya akan membuat pembeli dapat menggunakan voucher tersebut untuk mendapatkan diskon saat membeli produk kamu. Jadi tentukan fitur promosi yang cocok dengan kamu dan pastikan juga fitur promosi tersebut setimpal dengan uang yang kamu keluarkan.

(Baca juga: Reseller Yang Menguntungkan)

7. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Tips Cerdas Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku - Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Promo gratis ongkir sangat dicari oleh orang karena sangat menguntungkan bagi mereka. Apalagi Shopee terkenal dengan promo gratis ongkirnya yang paling dicari. Jadi jangan lupa untuk kamu mengaktifkan fitur gratis ongkir, supaya pelanggan kamu makin sering belanja di toko kamu. 

8. Kejar Star Seller

Tips Cerdas Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku - Kejar Star Seller

Star Seller bakal membuat toko kamu semakin terkenal di Shopee dan dapat meningkatkan omzet penjualan kamu. Maka itu kamu harus kejar reputasi kamu supaya toko kamu menjadi Star Seller. Star Seller memiliki beberapa kriteria, yaitu penilaian toko lebih dari 4.5, memiliki persentase chat dibalas lebih dari 80%, tidak memiliki poin penalti, jumlah transaksi minimal 30 pesanan atau pendapatan bersih, dan memiliki lebih dari 10 pembeli berbeda di bulan sebelumnya. Dengan mengejar Star Seller, toko kamu akan lebih terlihat dibanding toko-toko lainnya yang tidak memiliki badge Star Seller.

(Baca juga: Cara Membuat Tagline)

9. Perbanyak Followers

Tips Cerdas Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku - Perbanyak Followers

Ajak pembeli kamu untuk follow toko kamu, supaya toko kamu terlihat memiliki followers yang banyak. Itu akan membuat orang-orang baru yang baru ingin membeli di toko kamu merasa yakin dan mengurangi keraguan mereka. Banyaknya followers juga menunjukan bahwa toko kamu dipercayai oleh orang-orang. Namun untuk mendapatkan followers, kamu perlu share dan mempromosikan toko kamu dan mendapatkan pelanggan yang banyak.

10. Fast Respond

Tips Cerdas Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku - Fast Respond

Calon pelanggan sangat menyukai toko yang memiliki pelayanan yang cepat. Cepat dalam membalas chat maupun cepat dalam memproses barang yang dipesan. Jadi jangan buat pelanggan kamu menunggu dan membuat mereka kesal. Selalu utamakan kepuasan pelanggan, karena kepuasan mereka mempengaruhi reputasi toko kamu melalui ulasan-ulasan yang mereka berikan. Jangan sampai ada penilaian jelek dari pelanggan kamu karena pelayanan kamu yang kurang cepat.

11. Share Toko ke Media Sosial serta Kerabat dan Keluarga Kamu

Tips Cerdas Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku - Share Toko ke Media Sosial Serta Kerabat dan keluarga Kamu

Selalu manfaatkan media sosial sebagai platform kamu untuk mempromosikan toko dan produk jualan kamu. Karena dengan media sosial kamu bisa menjangkau orang-orang yang sesuai dengan target kamu, namun kamu tidak bisa menjangkau target pasar secara langsung. Minta pertolongan kepada kerabat dan keluarga kamu untuk mempromosikannya melalui media sosial mereka. Semakin banyak kamu share, semakin besar kemungkinan orang mengetahui toko kamu dan membeli produk-produk kamu.

(Baca juga: Dropship Terbaik)

Nah kalau udah baca tips-tips di atas, langsung aja buka toko online kamu di Shopee. Jangan lewatkan kesempatan untuk kamu mendapatkan keuntungan dari berjualan online. Tapi jangan lupa untuk aktifkan layanan pengiriman Anteraja pada toko kamu. Sudah banyak penjual di Shopee yang merasa puas dengan layanan pengiriman Anteraja, karena ada banyak pilihan pengiriman yang akan memudahkan calon pelanggan. Ada layanan Regular, Next Day, dan Same Day yang sangat menguntungkan buat pelanggan kamu. Nah kalau penasaran berapa harga ongkirnya, yuk langsung aja kamu cek ongkir untuk dapatkan harga terbaik. Jangan lupa juga fitur tracking paket akurat yang bisa kamu manfaatkan dengan cek resi!

Tunggu apalagi? Langsung aja buka toko online kamu di Shopee! Segera jual produk-produk kamu yang dicari oleh orang, bantu juga orang-orang mendapatkan barang yang mereka butuhkan dengan barang yang kamu jual. Semoga toko online kamu memiliki banyak pelanggan, jangan lupa kepuasan pelanggan selalu nomor satu. Selamat mencoba!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *