Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kardus Bekas Untuk Sehari-hari
Update Aja

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kardus Bekas Untuk Sehari-hari

Habis beli barang, eh bingung kardusnya mau disimpan dimana. Mau disimpan di gudang, tapi lama-lama bikin penuh dan sumpek. Jadi bingung nggak sih, mau diapakan kardus-kardus bekas ini? Kamu pasti banyak deh yang punya kardus bekas di rumah, yang didapat sehabis membeli barang elektronik, furniture, dan lain sebagainya. 

Jangan sampai kardus bekas tersebut membuat rumah kamu menjadi sempit! Malah kamu harus memanfaatkan kardus-kardus itu untuk membuat rumah kamu menjadi lebih lega. Bagaimana caranya ya? Nah berarti kamu harus membaca dulu 6 manfaat kardus bekas yang perlu kamu ketahui. Supaya kamu nggak bingung untuk membereskan kardus-kardus bekas di rumah kamu. Yuk langsung simak aja manfaatnya di bawah ini!

Manfaat Serbaguna dari Kardus Bekas

1. Mengemas Barang

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kardus Bekas Untuk Sehari-hari - Mengemas Barang

Memanfaatkan kardus bekas untuk mengemas barang pasti sudah banyak dilakukan semua orang. Misalnya kamu ingin berpindah rumah atau kost, kamu perlu menggunakan kardus bekas untuk mengangkut barang-barang kamu. Dengan menggunakan kardus, kamu juga tidak perlu takut membawa barang yang berat, karena kardus cukup kuat untuk menahan beban yang berat. Kamu juga tidak perlu takut untuk mengemas barang-barang kamu yang berdebu, tidak seperti tas atau koper, kamu tidak perlu khawatir jika kardus tersebut harus kotor akibat terkena debu dari barang-barang yang dikemas.

2. Menyimpan Barang yang Tidak Terpakai

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kardus Bekas Untuk Sehari-hari - Menyimpan Barang yang Tidak Terpakai

Jangan pusing kalau kamu memiliki barang-barang yang tidak terpakai di rumah, simpan saja barang-barang tersebut di dalam kardus bekas yang kamu miliki. Menyimpan barang-barang kamu juga akan menghindari barang kamu dari kerusakan. Tetapi hati-hati, kardus bisa menjadi sarang hewan seperti kecoa dan tikus, jadi selalu jaga kebersihan daerah penyimpanan di rumah kamu. Jangan sampai barang-barang yang kamu simpan malah rusak akibat ulah dari hewan yang menggerogoti barang-barang kamu.

3. Dijadikan Karya Seni

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kardus Bekas Untuk Sehari-hari - Dijaddikan karya Seni

Nah kalau kamu orangnya memiliki bakat terpendam dalam membuat karya seni, nggak ada salahnya untuk memanfaatkan kardus bekas yang kamu miliki untuk disulap menjadi karya seni yang keren. Kamu bisa menyulap kardus bekas menjadi miniatur sepeda motor, rumah-rumahan, bingkai foto, kotak tisu, bahkan robot-robotan. Karya seni seperti ini banyak diminati orang, kamu bisa menjualnya di marketplace atau media sosial. Atau kalau kamu sudah memiliki anak atau keponakan, kamu bisa mengajari mereka untuk memanfaatkan kardus-kardus bekas menjadi sebuah karya seni. Selain menjadi kegiatan yang seru, kegiatan ini juga dapat mengasah bakat untuk membantu perkembangan otak mereka.

4. Mengemat Ruangan

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kardus Bekas Untuk Sehari-hari - Mengemat Ruangan

Kalau rumah kamu sumpek dengan barang-barang yang banyak, kamu perlu memanfaatkan kardus bekas sebagai alat untuk menyimpan barang-barang kamu. Kamu bisa memanfaatkan kardus bekas menjadi rak sepatu untuk menyimpan sepatu-sepatu kamu. Bisa juga kamu membuat rak buku dari kardus-kardus tersebut untuk menyimpan buku-buku kamu supaya tidak memakan tempat yang banyak. Atau jika kamu cukup mahir, kamu bisa membuat laci multifungsi dari kardus-kardus tersebut, supaya barang-barang kamu bisa disimpan pada tempatnya. Semua cara-cara untuk menyulap kardus menjadi alat penyimpanan bisa kamu lihat di internet, banyak sekali tutorial Do It Yourself (DIY) yang tersebar di internet dan bisa kamu tiru.

5. Bisa Diuangkan Lagi

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kardus Bekas Untuk Sehari-hari - Bisa diuangkan Lagi

Nah kalau kamu sudah memanfaatkan kardus bekas menjadi karya seni, kamu bisa menjualnya kepada orang-orang. Banyak juga kok orang-orang yang menyukai karya seni dari kardus bekas. Itu juga akan memberi keuntungan untuk kamu dan dapat mengasah bakat yang kamu miliki. Tapi bagi kamu yang nggak mau repot memikirkan untuk membuat kardus bekas menjadi karya seni, jual saja kardus bekas kamu ke orang yang melakukan daur ulang kardus bekas. Walaupun uangnya tidak terlalu besar, setidaknya kamu membantu orang yang membuka usaha daur ulang untuk tetap bisa menjalankan usahanya. Kamu juga menyerahkan kardus bekas kamu ke orang yang tepat, karena jika kamu buang sembarangan, bisa saja kardus-kardus tersebut hanya menjadi sampah dan dapat merusak lingkungan.

6. Dipakai Untuk Mengirim Barang

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kardus Bekas Untuk Sehari-hari - Dipakai untuk Mengirim Barang

Pas banget nih kalau kamu seorang yang berbisnis online, manfaatkan saja kardus-kardus bekas yang kamu miliki untuk dipakai sebagai alat packing dari barang-barang yang kamu jual. Jadi kamu nggak perlu repot untuk mencari-cari kardus bekas atau bahkan membeli kardus untuk packingan barang jualan kamu. Jadinya kamu semakin untung deh karena nggak perlu mengeluarkan uang lebih.  Nah kalau kamu mau lebih untung, jangan lupa juga pakai Anteraja untuk mengirim barang-barang jualan kamu. Soalnya ada promo-promo yang nggak bikin kamu galau soal ongkir, jadi jangan takut kalau bobot barang yang kamu kirim terlalu berat. Mulai dari Rp. 10.000 aja kamu udah bisa nikmati layanan pengiriman Anteraja, murah banget kan? Tunggu apa lagi? Yuk langsung cek ongkir untuk buktikan murahnya layanan Anteraja. Jangan lupa, fitur tracking paket selalu tersedia untuk kamu yang menggunakan layanan Anteraja, jangan lupa cek resi selalu untuk lacak barang kiriman kamu!

Bagaimana, udah tau kan mau diapakan kardus-kardus bekas yang ada di rumah kamu? Kalau belum tau, langsung aja untuk tentukan mau diapakan kardus-kardus bekas di rumah kamu. Supaya rumah kamu nyaman dan tidak sumpek akibat banyaknya kardus bekas yang tidak terpakai. Setelah dipikir-pikir, ternyata kardus bekas banyak manfaatnya juga ya? Semoga manfaat kardus bekas di atas bisa membantu kamu untuk menyelesaikan masalah kardus bekas yang terlalu banyak di rumah kamu. Selamat mencoba!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *