usaha sampingan ibu rumah tangga
Update Aja

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga yang Fleksibel Tapi Tetap Menguntungkan

Menjadi ibu rumah tangga tidak berarti membatasi seorang wanita untuk mengurus rumah tangga saja. Saat ini banyak sekali wanita khususnya untuk  ibu rumah tangga yang dapat berkarir secara online dan mendapatkan penghasilan meski hanya dirumah sebagai ibu rumah tangga.

Saat ini, sudah banyak para ibu yang memanfaatkan waktu luang sambil mengurus rumah tangga digunakan untuk memulai usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan membantu finansial keluarga. Berikut ini merupakan beberapa jenis usaha rumahan ibu rumah tangga yang fleksibel tetapi tetap menguntungkan.

Usaha Sampingan di Rumah

Tanggung jawab lebih yang dimiliki oleh seorang ibu rumah tangga dalam mengurus rumah menjadi alasan kenapa wanita tidak bisa menghasilkan uang sendiri. Namun jangan khawatir, hal itu saat ini tidak menjadi penghalang bagi ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan sendiri, berikut peluang bisnis yang dapat digeluti oleh ibu rumah tangga disela-sela kesibukannya mengurus rumah.

1. Reseller

Ide bisnis online saat ini banyak sekali gemari oleh semua kalangan, baik pelajar, mahasiswa dan untuk ibu rumah tangga di sela-sela mengurus buah hati juga dapat mencoba bisnis ini dengan menjual produk apapun mulai dari pakaian, makanan, kosmetik dll.

Ibu hanya perlu memanfaatkan sosial media dengan aktif berjualan di internet dan mencatat penjualan lalu diserahkan pada penjual utama.

2. Jasa Rias

Salah satu usaha sampingan yang dapat dijalankan dirumah dan tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari. Dalam menjalankan bisnis ini juga tidak menyita waktu karena hanya pada acara tertentu saja misalnya hajatan pernikahan, wisuda dll.

3. Katering

Bagi ibu rumah tangga yang mempunyai hobi memasak dapat juga menjalankan usaha katering. Tentunya usaha ini akan berjalan lancar saat ada acara di daerah lingkungan tempat tinggal yang membutuhkan jasa catering.

4. Penulis Freelance

Menjadi penulis lepas dapat menjadi pilihan usaha sampingan lainnya yang dapat ibu jalankan di rumah. Menjadi penulis tidaklah menyita waktu yang terlalu banyak dan dapat menjadi bisnis yang sangat menguntungkan apabila dijalankan dengan sungguh-sungguh.

5. Bakery

Jika bisa membuat olahan aneka kue usaha ini dapat dilakukan. Selain menyenangkan ibu dapat menjual berbagai macam olahan kue kering-kue basah, kue-kue kekinian dan juga kue ulang tahun.

6. Counter Pulsa

Kebutuhan pulsa dan juga kuota internet saat ini sangat besar. Oleh karena itu dengan memanfaatkan peluang yang ada dengan membuka counter yang menjual pulsa dan kuota internet tentu saja bisnis ini akan sangat laku dan sukses besar.

7. Fotocopy

Usaha fotocopy merupakan usaha yang sangat menguntungkan jika ditekuni dengan sungguh-sungguh.

Kelebihan Bisnis Ibu Rumah Tangga

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan seorang ibu rumah tangga tidak perlu menjadi sosok wanita karier yang mesti kerja di kantor. Dari rumah pun seorang wanita dapat menjalankan bisnis dan usahanya dengan memanfaatkan teknologi dan juga hobinya. 

Banyak sekali pilihan usaha dan bisnis sampingan yang dapat dijalan ibu rumah tangga di rumah yang juga sesuai hobi masing-masing. Misalnya membuka jasa catering, desain grafis kecil-kecilan, salon, laundry, jual pulsa dan kuota internet, bimbingan belajar, menjahit pakaian, dan membuka toko.

Selain tugasnya mengatur rumah tangga, dengan menjalankan bisnis seorang ibu juga dapat membuktikan bahwa dirinya mampu juga untuk mendapatkan penghasilan membantu ekonomi keluarga tanpa lupa kewajiban utamanya untuk mengurus keluarga.

Kesimpulan

Usaha rumahan ibu rumah tangga merupakan usaha yang benar-benar mudah untuk dilakukan semua kalangan khususnya ibu rumah tangga yang memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengurus rumah tangga. 

Dalam menjalankan bisnis untuk pertama kali tidak perlu khawatir atau tidak laku, untuk mengatasinya bisa melakukan promosi di media sosial, sanak-keluarga, tetangga dan juga teman-teman. Selamat mencoba!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *