usaha sampingan ibu rumah tangga
Update Aja

11 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga untuk Menambah Penghasilan

Menjadi ibu rumah tangga tidak berarti membatasi seorang wanita untuk melakukan berbagai urusan lainnya. Banyak yang bisa dilakukan ketika waktu sedang kosong, seperti saat ini banyak sekali ibu rumah tangga yang dapat berkarir secara online dan mendapatkan penghasilan meski hanya di rumah. Apalagi zaman sekarang semuanya serba mudah, sehingga jarak juga tidak membatasi kamu untuk berkarir.

Nah buat kamu para ibu rumah tangga yang ingin mencari usaha sampingan, kamu datang ke artikel yang tepat. Soalnya Anteraja sudah menyiapkan berbagai rekomendasi usaha yang cocok dan tidak bakal mengganggu pekerjaan rumah tangga kamu. Nggak lupa juga tips-tips yang bisa kamu terapkan ketika menjalani usaha, sehingga kamu memiliki referensi untuk membantu kamu. Nggak usah lama-lama lagi, yuk langsung kamu simak di bawah ini!

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Terbaik

1. Menjadi Penulis Blog

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga untuk Menambah Penghasilan - Menjadi Penulis Blog

Menulis adalah bakat yang tidak disadari oleh banyak orang, padahal kamu bisa mendapatkan keuntungan dari menulis. Zaman sekarang tulisan-tulisan yang kamu buat bisa diunggah di blog dan dibagikan kepada orang-orang, apalagi jika tulisan kamu bermanfaat seperti mengulas produk, pengalaman traveling, DIY, rekomendasi film atau buku, dan tips-tips. Nah jika tulisan kamu terkenal, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari adsense, afiliasi, endorse, dan lain-lain.

2. Usaha Desain Grafis

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga untuk Menambah Penghasilan - Usaha Desain Grafis

Kreativitas memang tidak dimiliki oleh semua orang, sehingga kamu harus mencoba usaha desain grafis jika kamu kreatif dan memiliki skill desain. Kamu bisa menjadi desainer grafis freelance karena memiliki waktu bekerja yang lebih fleksibel, sehingga tidak mengganggu pekerjaan rumah tangga kamu. Jika kamu memiliki portofolio dari hasil desain grafis yang pernah kamu buat, langsung aja kamu upload di internet supaya orang-orang bisa melihat hasil karya kamu.

3. Menjadi Dropshipper

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga untuk Menambah Penghasilan - Menjadi Dropshipper

Menjadi dropshipper bisa sangat kamu pertimbangkan, karena cukup mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Sebagai seorang ibu rumah tangga, kamu bisa menjadi dropshipper bahan-bahan pokok kebutuhan rumah tangga seperti beras, daging, ikan, ayam, minyak, bawang, cabai, dan sebagainya. Nah untuk targetnya pasarnya, kamu bisa mengincar ibu rumah tangga lain di sekitar rumah kamu. Carilah supplier bahan-bahan pokok dengan kualitas yang baik dan terpercaya, supaya calon pembeli tidak perlu meragukan produk yang kamu tawarkan.

4. Menjadi Reseller

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga untuk Menambah Penghasilan - Menjadi Reseller

Apabila kamu sudah menyiapkan modal untuk bisnis berjualan, kamu bisa menjadi reseller supaya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibanding menjadi dropshipper. Karena kamu sudah mengeluarkan modal, maka pastikan kamu memilih barang-barang yang pasti laku. Misalnya seperti kosmetik, pakaian, peralatan bayi, kebutuhan rumah tangga, dan sebagainya. Nah setelah itu kamu pasarkan produk-produk kamu secara online di marketplace, sehingga kamu bisa menjangkau penjualan yang luas hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk mewujudkannya, kamu harus gunakan pengiriman akurat dan terpercaya seperti Anteraja. Soalnya kamu bisa dengan mudah mengirim produk jualan kamu hingga ke berbagai daerah di Indonesia dengan ongkir yang ramah di kantong. Yuk langsung kamu cek ongkir aja sekarang biar nggak penasaran, dijamin pelanggan kamu juga puas dengan harganya!

5. Menjadi Translator

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga untuk Menambah Penghasilan - Menjadi Translator

Menguasai bahasa asing dapat memberikan banyak keuntungan bagi kamu, karena kamu bisa dibayar untuk menjadi translator. Apalagi jika kamu menguasai bahasa asing selain bahasa Inggris, misalnya seperti bahasa Mandarin dan Jepang. Kemampuan itu harus kamu manfaatkan untuk mencari uang sebanyak-banyaknya. Untuk awal-awal, kamu bisa menawarkan diri ke mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi atau tesis untuk menjadi translator wawancara, buku, jurnal, dan lain-lain. Setelah itu, kamu bisa mencari kesempatan lain yang lebih besar.

6. Berjualan Produk Digital

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga untuk Menambah Penghasilan - Berjualan Produk Digital

Zaman sekarang membeli produk-produk digital sudah sangat mudah, dengan menggunakan smartphone saja kamu sudah bisa membeli berbagai produk digital seperti pulsa handphone, pulsa listrik, voucher game, dan lain-lain. Namun sayangnya tidak semua orang mengerti bagaimana cara membelinya, sehingga kamu bisa berjualan produk digital untuk membantu mereka. Sasar tetangga atau keluarga kamu sebagai target pembeli kamu, karena mereka pasti akan selalu membutuhkan pulsa handphone atau pulsa listrik.

7. Menjadi Guru Privat

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga untuk Menambah Penghasilan - Menjadi Guru Privat

Jika kamu memiliki kemampuan lebih pada suatu bidang dan memiliki minat untuk mengajar, menjadi guru privat bisa menjadi kegiatan yang sangat seru. Kamu bisa menyasar anak-anak SD dan sederajat untuk mengajarkan pelajaran-pelajaran yang kamu kuasai. Tidak hanya mengajar pada bidang akademis, kamu pun juga bisa menjadi praktisi. Misalnya seperti mengajar memasak dan mengurus bayi, karena kegiatan tersebut merupakan ilmu dasar rumah tangga yang mana semua orang harus bisa melakukannya.

8. Usaha Laundry Kiloan

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga untuk Menambah Penghasilan - Usaha Laundry Kiloan

Layaknya seorang ibu rumah tangga, pasti mencuci pakaian adalah pekerjaan yang paling sering dilakukan di rumah. Nah bagaimana jika melakukan pekerjaan tersebut namun dibayar dan dapat menguntungkan? Untuk itu usaha laundry kiloan bisa menjadi pertimbangan kamu. Gunakan peralatan yang ada di rumah seperti mesin cuci, pengering, dan setrika. Jika masih kurang, gunakan modal kamu untuk membeli mesin cuci dan pengering tambahan agar proses mencuci bisa lebih cepat.

9. Usaha Hijab

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga untuk Menambah Penghasilan - Usaha Hijab

Produk hijab pasti segmentasi pasarnya adalah wanita, sehingga membuka usaha hijab bisa menjadi peluang kamu untuk berbisnis. Supaya tidak merepotkan, kamu bisa menjadi dropshipper atau reseller produk hijab terlebih dahulu. Jika sudah terkumpul modal yang banyak, kamu bisa membuat brand dan memproduksi hijab sendiri. Sehingga kamu bisa mendesain dan menciptakan produk hijab sesuai dengan selera kamu. Nah kamu bisa mengincar keluarga, kerabat, atau tetangga sesama ibu rumah tangga untuk membeli produk hijab kamu.

10. Usaha Laundry Sepatu

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga untuk Menambah Penghasilan - Usaha Laundry Sepatu

Sama seperti laundry kiloan, kamu juga bisa menggunakan peralatan yang ada di rumah. Mungkin kamu hanya perlu membeli sabun cuci khusus sepatu dan mempelajari cara mencuci sepatu agar tidak rusak. Pelajari juga berbagai bahan yang dipakai pada sepatu, karena setiap bahan memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Nah kamu bisa melakukan usaha ini di rumah, sehingga kamu nggak perlu mengeluarkan modal banyak untuk menyewa tempat untuk usaha.

11. Menjadi Penata Rias

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga untuk Menambah Penghasilan - Menjadi Penata Rias

Sebagian banyak wanita pasti mahir merias, makanya kamu harus pertimbangkan untuk membuka usaha penata rias. Kamu bisa merias anak-anak sekolah atau kuliah yang ingin wisuda, atau orang yang ingin menikah, dan sebagainya. Jika kamu bisa menawarkan harga yang terjangkau, pasti orang-orang akan sangat tertarik. Kamu bisa menyasar orang-orang terdekat, misalnya seperti anak tetangga, teman-teman, dan keluarga.

Tips Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga untuk Menambah Penghasilan - Tips Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

1. Pilih Usaha Sesuai Passion Kamu

Terkadang passion bisa membawa kamu untuk lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu. Misalnya jika kamu sangat passion dalam mengajar, pasti kamu akan lebih semangat ketika menjadi guru privat. Nah makanya segera pikirkan apa passion yang ada di dalam diri kamu, kemudian jadikan uang sebagai motivasi supaya kamu semakin semangat untuk menjalani usaha.

2. Promosikan Usaha Kamu

Promosi adalah hal yang wajib dilakukan ketika kamu membuka usaha menawarkan produk atau jasa, karena semua orang yang kamu targetkan harus mengetahui apa yang kamu tawarkan. Manfaatkan berbagai platform online maupun offline untuk berpromosi sesuai dengan target pasar kamu. Jangan lupa untuk meluapkan ide promosi yang kreatif dan menarik agar ampuh dalam menjangkau target.

3. Jangan Pernah Menyerah!

Nah ini adalah hal yang sangat penting, yaitu hilangkan kata menyerah dari dalam diri kamu. Jika kamu sudah membulatkan tekad untuk membuka usaha, jangan ada rasa takut rugi, bangkrut, dan sebagainya. Makanya kamu harus menyiapkan strategi bisnis dan perencanaan yang matang untuk menghindari kemungkinan tersebut. Nikmati prosesnya dan selalu belajar, sehingga mental kamu terus terbangun dan membuat kamu menjadi tidak mudah menyerah.

Yuk buat para ibu rumah tangga, isi waktu luang kamu dengan hal-hal bermanfaat yang mendatangkan keuntungan! Langsung aja kamu jalankan usaha yang sesuai dengan passion kamu, supaya kamu selalu semangat untuk melakukannya. Jangan lupa, gunakan Anteraja jika kamu ingin mengirim paket. Fitur tracking paket canggih dan akurat bakal memudahkan kamu untuk melacak posisi paket yang sedang dikirim. Cukup menggunakan smartphone melalui aplikasi Anteraja kamu bisa langsung cek resi dengan mudah. Jadi nggak usah ragu lagi ya, pokoknya Anteraja bakal mendukung setiap usaha yang kamu jalankan!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *