Cara Sukses Bisnis Online yang Baik dan Benar Untuk Pemula
Update Aja

11 Cara Sukses Bisnis Online yang Baik dan Benar Untuk Pemula!

Seiring berkembangnya tren dan zaman, berbagai bisnis sekarang sudah beralih menjadi bisnis online. Nyatanya sekarang orang-orang lebih nyaman berbelanja online dibandingkan berbelanja offline, mau tidak mau kita juga harus mengikuti ramainya pasar. Meskipun bisnis berpindah menjadi online, berbisnis online malah memberikan banyak benefit dan kemudahan. Akibatnya sudah banyak merebak bisnis online seperti berjualan barang dan makanan, sehingga kompetisi pun juga semakin ketat.

Walaupun kompetisi semakin ketat, kamu nggak perlu takut, karena kamu memiliki peluang untuk memenangkan kompetisi tersebut. Nah makanya kamu harus mempelajari banyak hal sebelum berbisnis, misalnya seperti membaca tips sukses bisnis online yang baik dan benar bagi pemula di bawah ini. Soalnya Anteraja udah menyiapkan banyak sekali tips yang bisa menjadi referensi kamu untuk menjalankan bisnis online. Makanya simak terus deh artikelnya biar kamu nggak ketinggalan info-info bermanfaat ini!

Tips dan Cara Sukses Bisnis Online

1. Riset Pasar Online Terlebih Dahulu

Cara Sukses Bisnis Online yang Baik dan Benar Untuk Pemula - Riset Pasar Online Terlebih Dahulu

Hal yang pertama yang kamu harus lakukan sebelum bisnis online adalah melakukan riset pasar online terlebih dahulu. Memang dalam pasar online kamu bisa menjangkau pasar yang sangat luas, namun tentu setiap produk yang ditawarkan memiliki pasarnya masing-masing. Dengan melakukan riset pasar, kamu bisa tau berapa harga pasaran, berapa banyak kompetitor, dan berapa banyak pembelinya. Jika tidak melakukan ini, kamu akan kesulitan menyiapkan strategi yang tepat untuk menghadapi gempuran pasar yang sangat berisiko.

Supaya memudahkan kamu untuk berjualan, maka kamu harus menjual produk-produk online yang paling laris dan paling dicari konsumen. Seperti produk-produk fashion yang pasti selalu menjadi incaran, apalagi fashion wanita yang selalu update dan memiliki harga yang sangat ramah di kantong. Kemudian ada produk makanan dan minuman kekinian yang sedang digandrungi para anak-anak muda. Lalu jangan lupakan juga produk aksesoris handphone yang pasti dibutuhkan oleh banyak orang, karena hampir setiap orang di masa kini pasti memiliki handphone

2. Ketahui Keunikan Produk yang Ingin Kamu Jual

Cara Sukses Bisnis Online yang Baik dan Benar Untuk Pemula - ketahui Keunikan Produk yang Ingin Kamu Jual

Jika kamu mau kemudahan dalam memenangkan kompetisi di pasaran, kamu harus mengetahui keunikan produk yang ingin dijual. Apalagi jika kamu akan menjual produk yang sudah banyak beredar di pasaran, sangat berisiko jika produk kamu tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Misalnya jika kamu menjual minuman kekinian, kamu bisa menjual es kopi namun ditambahkan toppingtopping yang belum atau masih jarang dijual. Kreasikan sesuai selera kamu apabila produk yang kamu jual bisa dimodifikasi, supaya ada unsur unik atau berbeda dari yang lain.

3. Buat Nama Toko yang Unik dan Gampang Diingat

Cara Sukses Bisnis Online yang Baik dan Benar Untuk Pemula - Buat Nama Toko yang Unik dan Gampang Diingat

Selain produk yang unik, nama toko juga harus unik dan mudah diingat oleh konsumen. Jangan lupa juga untuk membuat nama yang melambangkan produk yang kamu jual. Seperti yang banyak digunakan oleh para penjual minuman kekinian, mereka bisa memberikan nama yang unik namun bisa melambangkan produk yang dijual. Nah untuk nama ini memang membutuhkan banyak pertimbangan, sehingga kamu harus menjelajah internet lebih dalam untuk mencari referensi nama supaya bisa menemukan yang tepat.

4. Buat Media Social dan Marketplace Toko Kamu

Cara Sukses Bisnis Online yang Baik dan Benar Untuk Pemula - Buat Media Social dan Marketplace

Manfaatkan media sosial untuk memposting produk-produk jualan kamu dan juga untuk melakukan promosi. Seperti yang kita tau, media sosial seperti Instagram sangat banyak digunakan oleh orang-orang. Selain media sosial, buat juga marketplace untuk bertransaksi, karena marketplace akan memberikan banyak benefit bagi kamu dan konsumen. Jangan lupa untuk mencantumkan link toko online kamu pada media sosial yang kamu gunakan, supaya calon konsumen kamu bisa langsung menuju toko online kamu untuk bertransaksi dengan mudah.

5. Beri Foto dari Berbagai Sisi yang Jelas

Cara Sukses Bisnis Online yang Baik dan Benar Untuk Pemula - Beri Foto dari Berbagai Sisi yang Jelas

Kekurangan berbelanja online adalah sulitnya untuk melihat dan memegang produk secara langsung, apalagi seperti produk pakaian yang harus dipegang bahkan harus dicoba. Untuk itu kamu harus memberikan foto yang jelas dari berbagai sisi untuk memudahkan konsumen. Berikan juga foto yang detail untuk bagian-bagian yang perlu di-highlight, misalnya seperti jahitan pada pakaian. Jangan ragu untuk memberikan foto yang banyak, karena membuat pelanggan puas juga akan memudahkan kamu ketika berjualan.

6. Beri Deskripsi Produk yang Jelas dan Menarik

Cara Sukses Bisnis Online yang Baik dan Benar Untuk Pemula - Beri Deskripsi Produk yang Jelas dan Menarik

Tujuan deskripsi adalah menjelaskan apa yang ada pada foto, sehingga kamu juga harus memberikan deskripsi produk yang jelas, padat, dan menarik. Perkirakan apa informasi yang konsumen butuhkan jika ingin membeli produk yang kamu jual, sehingga semua informasi tersebut harus kamu jelaskan pada deskripsi agar mereka puas. Seperti produk pakaian yang harus dijelaskan bahannya dan size chart secara rinci. Deskripsi produk yang jelas dapat mengurangi pertanyaan-pertanyaan umum yang dapat merepotkan kamu.  

7. Pakai Strategi Iklan di Sosial Media dan Marketplace

Cara Sukses Bisnis Online yang Baik dan Benar Untuk Pemula - Pakai Strategi Iklan

Nggak hanya untuk memposting produk jualan, media sosial dan marketplace juga bisa digunakan untuk mengiklankan produk-produk kamu dengan tujuan menambah awareness dan penjualan. Tentu kamu harus membayar jasa untuk fitur ads ini, sehingga kamu harus sudah menyiapkan budget untuk berpromosi. Jangan terlalu pelit dalam menyisihkan modal untuk berpromosi, karena benefit yang didapatkan dapat menguntungkan kamu. Apalagi jika kamu memiliki banyak kompetitor, memenangkan strategi iklan adalah salah satu cara memenangkan kompetisi.

8. Buat Promo-Promo Menarik

Cara Sukses Bisnis Online yang Baik dan Benar Untuk Pemula - Buat Promo-promo Menarik

Siapa sih yang nggak tertarik dengan promo? Bahkan orang-orang seringkali membeli barang yang tidak diperlukan hanya karena promo. Nah kebiasaan konsumen yang seperti ini harus kamu manfaatkan dengan membuat promo-promo yang menggiurkan. Jika kamu baru memulai bisnis, kamu bisa menawarkan buy 2 get 1 atau cashback. Memberikan promo potongan atau gratis ongkir juga nggak kalah menarik, karena wilayah Indonesia yang sangat besar membuat harga ongkir terlalu mahal untuk wilayah yang jauh. Nah untuk itu kamu harus gunakan Anteraja yang bisa melayani pengiriman ke berbagai wilayah namun dengan ongkir yang masih ramah di kantong! Apalagi Anteraja juga sering mengadakan promo potongan ongkir yang bakal disukai oleh konsumen kamu. Makanya kamu harus download aplikasi Anteraja biar nggak ketinggalan promonya, soalnya kamu juga bisa cek ongkir dan cek resi dengan mudah dalam satu aplikasi aja! 

9. Fast Respon Terhadap Pembeli

Cara Sukses Bisnis Online yang Baik dan Benar Untuk Pemula - Fast Respon Terhadap Pembeli

Memang banyak konsumen yang cukup santai ketika berbelanja online, namun banyak juga konsumen yang sangat impulsif dan ingin cepat-cepat ketika berbelanja online. Nah disinilah kecepatan respon kamu harus memuaskan mereka, karena respon yang cepat menjadi salah satu pertimbangan konsumen dan bisa memperbaiki reputasi toko kamu. Apalagi jika kamu bisa memproses semua pesanan dan mengirimnya pada hari yang sama, sehingga konsumen kamu tidak perlu menunggu waktu lama hingga produknya sampai.

10. Jual dengan Harga yang Pas

Cara Sukses Bisnis Online yang Baik dan Benar Untuk Pemula - Jual dengan Harga yang Pas

Harga akan menjadi perhatian penting bagi konsumen kamu, sehingga kamu harus memberikan harga yang pas. Harga pas yang dimaksud adalah tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal dari rata-rata harga pasaran. Harga yang murah sebetulnya akan menarik konsumen, namun kamu harus pertimbangkan dengan modal yang kamu keluarkan. Jika masih terhitung sepadan, maka tidak ada salahnya untuk memberikan harga yang ramah bagi banyak orang.

11. Buka Reseller untuk Produk Kamu

Cara Sukses Bisnis Online yang Baik dan Benar Untuk Pemula - Buka Reseller untuk Produk Kamu

Apabila bisnis kamu sudah cukup besar dan dikenal, kamu bisa menyediakan sistem resell untuk para reseller yang berminat menjual produk kamu. Jalin kerjasama dengan reseller kamu agar mereka nyaman dan setia dengan kamu. Jangan lupa berikan harga yang menarik bagi mereka, misalnya seperti potongan sekian persen untuk minimal pembelian sekian buah atau gratis ongkir untuk pengiriman maksimal 5 kg.

Tidak hanya cara sukses bisnis online saja loh yang disediakan Anteraja tetapi Anteraja juga menyediakan berbagai macam Artikel usaha dan Bisnis yang bisa membantu kamu dalam memulai atau membesarkan usaha! Berikut Artikel-artikelnya:

Itu tadi 11 tips sukses menjalankan bisnis online yang harus kamu terapkan pada rencana kamu, karena tips di atas sudah terbukti membantu banyak orang untuk menjalankan bisnis. Makanya langsung aja deh mulai bisnis kamu sekarang juga, sebelum ide kamu keduluan orang lain! Tentu kamu juga harus belajar lebih banyak kepada orang yang sudah berpengalaman, supaya kamu bisa menyerap ilmu yang bisa membawa kamu menuju kesuksesan. Apapun bisnis yang kamu jalankan, Anteraja selalu mendukung kamu dengan memberikan layanan pengiriman terbaik. Semoga berhasil!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *