11 Barang Bekas yang Masih Bisa Dijual dengan Harga Stabil

Barang Bekas yang Masih Bisa Dijual dengan Harga Stabil

Punya barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi? Bingung kan mau dikemanakan? Jual saja barang-barang bekas kamu! Apalagi barang barang bekas yang kamu miliki masih bagus dan layak untuk dijual. Tenang aja kok, pasti ada yang mau membeli barang bekas kamu. Yang penting kamu memberitahu kekurangan-kekurangan yang ada di barang bekas kamu dan memberikan harga yang sesuai. 

Nah mungkin kamu belum terbiasa menjual barang-barang bekas, karena mungkin kamu merasa barang bekas sudah tidak ada nilainya lagi. Ternyata ada lho barang-barang bekas yang masih bisa dijual dengan harga yang sangat stabil. Beberapa barang bekas tersebut akan dijelaskan di bawah ini. Jadi lanjutin terus membacanya, siapa tahu kamu memiliki salah satu barang bekas yang akan dijelaskan nanti! Tenang aja, ada tips juga nih buat kamu yang bisa tiru dalam menjual barang bekas, dijamin barang-barang bekas kamu bisa laku dengan cepat. Yuk langsung simak terus, ya!

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menjual Barang Bekas Kamu

1. Bersihkan Dulu Barangnya

Barang Bekas yang Masih Bisa Dijual dengan Harga Stabil - Bersihkan Dulu Barangnya

Barang bekas pasti ada sisa-sisa kotoran yang menempel akibat sudah lama tidak digunakan. Untuk itu kamu harus membersihkan barang tersebut supaya lebih bersih dan layak untuk dijual. Dengan membersihkan barang yang ingin kamu jual, pembeli juga lebih merasa yakin karena melihat barang tersebut masih terlihat bagus dan terawat. Sehingga pasti akan banyak pembeli yang melihat dan menawar barang bekas kamu.

(Baca juga: Bisnis Laundry Sepatu)

2. Beritahu Kekurangan Barangnya

Barang Bekas yang Masih Bisa Dijual dengan Harga Stabil- Beritahu Kekurangan Barangnya

Barang bekas juga pasti memiliki kekurangan walaupun hanya sedikit, maka kamu harus jujur untuk memberitahu kekurangan yang dimiliki barang tersebut. Misalnya jika kamu menjual handphone, beritahu lama pemakaian, bagian yang lecet atau tergores, kapasitas baterai tersisa, dan lain-lain. Atau jika kamu menjual sepatu, beritahu kondisi sol sepatu apakah sudah menguning atau tidak (jika sol sepatu berwarna putih). Kamu bisa memberitahu kondisi barang bekas dengan persentase, karena di forum jual beli barang bekas sudah biasa dengan penyebutan persentase kondisi barang.

(Baca juga: Tips Membeli Barang Bekas)

3. Foto dari Berbagai Sudut

Barang Bekas yang Masih Bisa Dijual dengan Harga Stabil - Foto dari Berbagai Sudut

Foto yang jelas akan membuat pembeli lebih yakin dengan barang bekas yang akan kamu jual, untuk itu selalu usahakan kamu memberikan foto yang jelas dari berbagai sudut. Misalnya ada kekurangan pada barang bekas kamu seperti goresan, kamu harus memberikan foto dengan jelas dan memperlihatkan goresan tersebut. Dengan itu, pembeli kamu bisa melihat kekurangan yang ada pada barang dan kamu dan mengajukan penawaran dengan nilai yang sesuai.

4. Bersikap Baik Kepada Pembeli

Barang Bekas yang Masih Bisa Dijual dengan Harga Stabil - Bersikap Baik Kepada Pembeli

Selalu bersikap baik kepada pembeli kamu, karena mereka adalah orang-orang yang berpotensi membeli barang bekas kamu. Apabila pembeli yang banyak bertanya detail barang, maka jelaskan dengan jelas dan bijak. Kemudian jika pembeli bersikeras untuk melakukan negosiasi, kamu harus menentukan titik tengah yang menguntungkan kedua belah pihak. Bersikap baik kepada pembeli juga akan membangun reputasi kamu sebagai penjual barang bekas yang bisa direkomendasikan untuk orang banyak.

Barang Bekas yang Bisa Dijual dengan Harga Stabil

1. Koran Bekas

Barang Bekas yang Masih Bisa Dijual dengan Harga Stabil - Koran Bekas

Mungkin kamu sekarang sudah jarang membaca koran, namun orang tua kamu mungkin masih membaca koran dan masih menyimpan koran-koran bekas di rumahnya. Buruan kumpulkan koran-koran bekas yang tidak terpakai, karena kamu bisa menjualnya ke tempat daur ulang koran. Walaupun harganya tidak besar, tetapi kamu bisa menolong para pengrajin kerajinan tangan dari kertas koran.

(Baca juga: Manfaat Kardus Bekas)

2. Botol Minuman Bekas

Barang Bekas yang Masih Bisa Dijual dengan Harga Stabil - Botol Minuman Bekas

Sama seperti koran, botol minuman bekas juga bisa dijadikan kerajinan tangan yang unik. Nah jika kamu memiliki banyak botol minuman bekas yang sudah tidak terpakai, buruan kamu jual untuk didaur ulang. Kamu bisa membuat sampah botol plastik lebih berguna untuk menjadi kerajinan tangan, daripada menjadi sampah yang sulit terurai dan membuat pencemaran lingkungan.

3. Ban Bekas

Barang Bekas yang Masih Bisa Dijual dengan Harga Stabil - Ban Bekas

Bingung untuk dikemanakan ban lama kamu setelah membeli ban baru? Biasanya toko-toko ban melayani penjualan ban bekas, sehingga kamu bisa langsung menjual ban lama kamu di sana. Nanti toko ban akan menyerahkan kepada orang yang bisa melakukan scraping atau menghancurkan ban bekas tersebut. Hasil dari sisa-sisa karet tersebut bisa didaur ulang dan dijadikan kerajinan tangan. Ini juga untuk menghindari pencemaran lingkungan akibat karet-karet dari ban bekas.

4. Kaos Bekas

Barang Bekas yang Masih Bisa Dijual dengan Harga Stabil - Kaos Bekas

Pernahkah kamu mendengar thrift shop? Toko yang menjual berbagai pakaian bekas yang sangat diminati banyak orang. Salah satu keunggulan thrift shop ini adalah harganya yang sangat murah, namun pakaian yang dijual masih sangat layak untuk dipakai. Nah kalau isi lemari kamu sudah penuh dengan kaos-kaos yang menumpuk, kamu bisa menjualnya dengan harga yang sesuai dengan kondisi kaos kamu. Tenang aja, pasti ada yang ingin membeli kaos-kaos bekas milik kamu jika memiliki desain yang keren dan kondisi yang cukup baik.

(Baca juga: bisnis thrift)

5. Jeans Bekas

Barang Bekas yang Masih Bisa Dijual dengan Harga Stabil- Jeans Bekas

Celana jeans termasuk celana yang memiliki bahan sangat kuat, sehingga celana jeans selalu menjadi pilihan banyak orang karena bisa dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Mungkin banyak dari kamu yang setiap tahun membeli celana jeans baru, karena celana jeans lama kamu sudah sempit. Nah bisa banget tuh kamu menjual celana jeans lama kamu yang sudah kekecilan, pasti banyak sekali peminatnya. Apalagi celana jeans kamu dari merek jeans yang sangat nge-hits di Indonesia.

6. Sepatu Bekas

Barang Bekas yang Masih Bisa Dijual dengan Harga Stabil -  Sepatu Bekas

Menjual sepatu bekas kedengarannya tidak biasa, namun siapa sangka sepatu bekas ternyata diminati banyak orang. Apalagi jika sepatu yang kamu jual adalah sepatu edisi terbatas dari merek lokal atau luar negeri yang sedang ngetren. Makanya usahakan rawat sepatu kamu dengan baik, supaya sepatu kamu bisa dijual jika kamu sudah bosan memakainya. 

7. Handphone Bekas

Barang Bekas yang Masih Bisa Dijual dengan Harga Stabil - Handphone Bekas

Handphone termasuk salah satu barang yang sering berlalu-lalang di forum jual beli barang bekas, karena handphone merupakan barang yang masih berharga untuk dijual. Nah kalau kamu ingin mengganti handphone lama kamu dengan yang terbaru, kamu bisa menjual handphone lama kamu. Pasti banyak orang yang menginginkan handphone kamu jika kamu menjualnya dengan harga yang sesuai.

8. Baju Atasan Bekas

Barang Bekas yang Masih Bisa Dijual dengan Harga Stabil- Baju Atasan Bekas

Baju atasan bekas juga sangat diminati oleh para wanita, karena biasanya wanita senang sekali berbelanja di thrift shop. Nah kalau kamu adalah salah satu wanita yang memiliki banyak pakaian nggak terpakai, kamu bisa langsung memilih-milih untuk menjualnya. Soalnya peminat baju atasan bekas sangat banyak, seperti blouse, tank top, sweater, dan cardigan. Baju atasan tadi sangat dicari-cari oleh para wanita, karena biasanya para wanita mengoleksi banyak sekali beberapa dari jenis baju atasan tadi.

9. Tas Bekas

Barang Bekas yang Masih Bisa Dijual dengan Harga Stabil- Tas Bekas

Banyak sekali tas bekas yang bisa dijual lagi dengan harga yang stabil, karena beberapa jenis tas memang dicari bekasnya karena harga barunya yang cukup tinggi. Misalnya seperti tas wanita dari merek-merek terkenal di dunia atau tas carrier yang memiliki harga baru yang cukup mahal. Nah kamu harus merawat tas-tas yang kamu miliki, apalagi jika tas kamu memiliki nilai yang tinggi.  

10. Skincare Bekas

Barang Bekas yang Masih Bisa Dijual dengan Harga Stabil- Skincare Bekas

Skincare atau make up bekas juga bisa kamu jual dan memiliki harga yang stabil. Namun jangan jual skincare atau make up kamu yang sudah lama tidak dipakai ya, pasti jarak waktu menuju kadaluarsa akan sangat dekat. Misalnya jika kamu terlanjur membeli skincare atau make up yang ternyata tidak cocok dengan kulit kamu, maka kamu bisa menjualnya kembali dengan harga yang masih tinggi. Biasanya teman-teman atau keluarga kamu siap untuk membeli barang-barang tersebut jika harganya sesuai.

11. Gitar Bekas

Barang Bekas yang Masih Bisa Dijual dengan Harga Stabil- Gitar Bekas

Alat musik selalu memiliki nilai lebih di kalangan musisi atau kolektor, terlebih lagi alat musik gitar. Banyak sekali gitar-gitar bekas yang memiliki harga sangat tinggi, apalagi jika gitar tersebut termasuk boutique guitars yang sangat jarang ada di pasaran. Pasti harga bekasnya malah menjulang tinggi dibanding harga barunya. Nah coba intip koleksi gitar kamu, apakah ada yang memiliki potensi nilai jual yang tinggi.

Sebetulnya semua barang bisa dijual, asal masih bisa digunakan dan harga yang ditawarkan juga sesuai dengan kondisi yang ada. Pasti ada saja orang yang memang mencari barang-barang bekas, karena mereka merasa barang bekas lebih worth it untuk dibeli. Jadi jangan ragu untuk mencari barang-barang kamu yang sudah tidak terpakai dan menjualnya di platform jual beli langganan kamu.

(Baca juga: Produk Online Terlaris)

Memang membeli barang bekas selalu identik dengan COD atau Cash on Delivery. Namun karena beberapa kondisi membuat kamu dan pembeli tidak bisa melakukan COD, kamu bisa menggantinya dengan sistem pengiriman. Nah kamu bisa mempercayakan barang kamu untuk dikirim oleh Anteraja, sehingga kamu bisa meyakinkan pembeli kamu bahwa kamu menggunakan jasa pengiriman terbaik. Buruan Cek Ongkir untuk buktikan murahnya pengiriman Anteraja! Setelah mengirim, kamu akan mendapatkan nomor resi yang bisa digunakan untuk melacak paket kamu. Jangan lupa untuk memberikan nomor resi tersebut, supaya pembeli kamu bisa melacak barang yang mereka beli dengan Cek Resi!