Tips Bisnis Laundry Sepatu Untuk Kamu yang Ingin Berbisnis
Update Aja

Tips Bisnis Laundry Sepatu Untuk Kamu yang Ingin Berbisnis

Musim hujan mulai menghampiri beberapa wilayah di Indonesia, terlebih lagi di Jakarta dan sekitarnya. Hal ini memaksa kita siap menghadapi hujan dimanapun kita berada, bahkan ketika sedang berjalan menikmati suasana kota. Lagi enak-enaknya jalan, eh sepatu yang kita pakai jadi kotor gara-gara becekan air yang menggenangi jalanan, jadi sebel kan? Jadi harus mencuci sepatu deh supaya bersih lagi.

Ternyata datangnya musim hujan ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk membuka bisnis cuci sepatu. Pasti banyak orang yang membutuhkan jasa kamu, karena sepatu yang mereka pakai tidak akan keren lagi jika terkena noda. Selain itu, banyak orang juga yang malas untuk mencuci sepatu sendiri dan lebih memilih menggunakan jasa laundry sepatu, karena caranya yang cukup ribet dan proses pengeringannya cukup lama. Nah coba deh kamu mulai bisnis laundry sepatu ini, mumpung situasinya lagi pas nih!

Kenapa Bisnis Laundry Sepatu

1. Semakin Bertambahnya Kolektor Sepatu dari yang Murah Sampai Mahal

Tips Bisnis Laundry Sepatu Untuk Kamu yang Ingin Berbisnis - Semakin Bertambahnya Kolektor Sepatu dari yang Murah Sampai Mahal

Para kolektor sepatu semakin bertambah, mulai dari kolektor sepatu murah hingga mahal. Bahkan mereka bisa mengoleksi puluhan hingga ratusan pasang sepatu, sehingga tidak mungkin mereka mencucinya sendiri. Untuk itu mereka pasti membutuhkan jasa laundry sepatu untuk mencuci sepatu-sepatu yang mereka koleksi, terlebih lagi jasa laundry sepatu yang kamu buat bisa menjamin kebersihan dan kecepatan waktu laundry.

(Baca juga: Brand Sepatu Lokal Terbaik)

2. Mayoritas Berada di Kota Besar

Tips Bisnis Laundry Sepatu Untuk Kamu yang Ingin Berbisnis - Mayoritas Berada di Kota Besar

Saat ini jasa laundry sepatu hanya tersebar di kota-kota besar, seperti di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali, dan kota-kota besar lainnya. Kurangnya jasa laundry sepatu di kota-kecil atau kabupaten membuat penyebarannya kurang merata di Indonesia, sehingga beberapa orang yang tinggal di kota atau kabupaten tersebut tidak bisa menemui jasa laundry sepatu di sana. Kamu perlu mempertimbangkan untuk membuka bisnis laundry sepatu di sana, karena kamu bisa saja menjadi pemain utama dan tidak memiliki pesaing. Sehingga kesempatan kamu untuk berkembang akan lebih mudah.

Tips Bisnis Laundry Sepatu

1. Analisa Prospek Bisnisnya

Tips Bisnis Laundry Sepatu Untuk Kamu yang Ingin Berbisnis - Analisa Prospek Bisnisnya

Kamu perlu menganalisa prospek dari bisnis yang kamu jalankan, kamu harus tau apa yang harus kamu kembangkan dari bisnis kamu. Nah setelah kamu memiliki banyak pelanggan, hal apa yang harus kamu lakukan untuk membesarkan bisnis kamu, sehingga kamu tidak memiliki bisnis yang stagnan alias tidak berkembang.

2. Tentukan Strategi Marketing

Tips Bisnis Laundry Sepatu Untuk Kamu yang Ingin Berbisnis - Tentukan Strategi Marketing

Tentukan strategi apa yang cocok dengan bisnis laundry sepatu yang kamu jalankan. Pilih hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk memasarkan bisnis kamu supaya besar. Kamu bisa mengikuti acara pameran sepatu atau meng-endorse influencer untuk mempromosikan bisnis kamu. 

(Baca juga: Brand Tas Lokal Terbaik)

3. Pelajari Cara Merawat Sepatu dan Cara Mencucinya

Tips Bisnis Laundry Sepatu Untuk Kamu yang Ingin Berbisnis - Pelajari Cara Merawat Sepatu dan Cara Mencucinya

Mungkin mencuci dan merawat sepatu terdengar mudah, namun kamu perlu tetap harus mempelajari cara-caranya. Beberapa sepatu memiliki bahan yang mudah rusak apabila dicuci dengan cara disikat, sehingga kamu harus mengerti bahan-bahan sepatu dan metode pencuciannya. Cara-caranya bisa kamu cari di internet atau Youtube, karena sudah banyak orang yang membagikannya di sana.

4. Pilih Alat dan Bahan Mencuci yang Terbaik

Tips Bisnis Laundry Sepatu Untuk Kamu yang Ingin Berbisnis - Pilih Alat dan Bahan Mencuci yang Terbaik

Selain mengetahui cara mencuci dan merawat sepatu, kamu juga harus menggunakan alat dan bahan mencuci yang terbaik. Alat-alat yang kamu perlukan adalah sikat halus, sikat kasar, kain microfiber, dan spons. Bahan-bahan untuk mencuci sepatu juga harus menggunakan yang terbaik, supaya tidak merusak sepatu yang sedang kamu cuci.

(Baca juga: Brand Lokal Terbaik)

5. Tawarkan Harga yang Kompetitif Tapi Murah

Tips Bisnis Laundry Sepatu Untuk Kamu yang Ingin Berbisnis - Tawarkan Harga yang Kompetitif Tapi Murah

Pemberian harga sangat penting untuk kamu berkompetisi dengan bisnis laundry sepatu lainnya, apalagi jika kamu mendirikan bisnis di dekat laundry sepatu lainnya. Kalau bisa kamu memberikan harga yang lebih murah dibandingkan kompetitor kamu, namun tidak jauh lebih murah karena akan merugikan kamu. 

6. Bedakan Uang Keuntungan dan Uang Modal

Tips Bisnis Laundry Sepatu Untuk Kamu yang Ingin Berbisnis - Bedakan uang Keuntungan dan Uang Modal

Usahakan tidak terlalu menggunakan uang keuntungan kamu untuk bersenang-senang, karena kamu harus memutar uangnya kembali menjadi modal untuk mengembangkan bisnis laundry sepatu kamu. 

(Baca juga: Bisnis Online 2021)

7. Lakukan Promosi yang bagus (Gunakan Media Social)

Tips Bisnis Laundry Sepatu Untuk Kamu yang Ingin Berbisnis - Lakukan Promosi yang Bagus

Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis laundry sepatu kamu, supaya kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Gunakan fitur ads yang ditawarkan media sosial seperti Instagram dan Facebook, karena fitur tersebut dapat menyampaikan promosi kamu ke orang-orang yang membutuhkan jasa laundry sepatu. Untuk pertama kali, tawarkan promosi cuci 2 bayar 1 atau gratis pickup di wilayah sekitar untuk menarik pelanggan.

8. Beri Tahu Teman-teman Kamu untuk Memakai Jasa Kamu

Tips Bisnis Laundry Sepatu Untuk Kamu yang Ingin Berbisnis - Beritahu Teman Teman Kamu untuk Memakai Jasa Kamu

Kamu harus memberi tau teman-teman kamu untuk menggunakan jasa laundry sepatu yang kamu tawarkan. Apalagi jika hanya kamu yang menjalankan bisnis laundry sepatu di kalangan teman-teman kamu, pasti mereka tidak memiliki pilihan lain untuk mencuci sepatu. Berikan mereka promo-promo menarik untuk membuat mereka mencuci sepatu di kamu, karena kamu bisa meminta tolong mereka untuk mempromosikan bisnis kamu.

9. Minta Feedback dari Jasa Kamu 

Tips Bisnis Laundry Sepatu Untuk Kamu yang Ingin Berbisnis - Minta Feedback dari Jasa Kamu

Dalam menjalankan bisnis, kamu harus mencari feedback untuk mengembangkan bisnis kamu. Nah kamu harus meminta feedback dari orang-orang yang sudah menggunakan jasa kamu. Tanyakan pada mereka apa kekurangan dan kelebihan dari pelayanan kamu, sehingga kamu bisa memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kelebihan yang kamu miliki. Untuk itu, kamu selalu bisa berkembang dan memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan kamu.

(Baca juga: Cara Membuat Tagline)

10. Pilih Tempat yang Strategis

Tips Bisnis Laundry Sepatu Untuk Kamu yang Ingin Berbisnis - Pilih Tempat yang Strategis

Tempat yang strategis sangat menentukan pelanggan kamu, karena jika tempat kamu strategis maka akan banyak orang yang melihat lokasi usaha kamu. Namun kalau kamu tidak bisa mendapatkan tempat yang strategis, kamu harus menggunakan layanan pickup untuk pelanggan kamu. Supaya pelanggan kamu yang jauh bisa tetap mencuci sepatu di tempat kamu. Coba aja deh kamu gunakan Anteraja, soalnya ada opsi pengiriman Same Day yang menjamin sepatu pelanggan kamu sampai kurang dari 8 jam. Langsung download aplikasi Anteraja untuk cek ongkir dan cek resi!


Yuk cepet-cepet buka bisnis laundry sepatu kamu sendiri! Yang penting kamu harus mempelajari hal-hal yang dibutuhkan dalam berbisnis, karena berbisnis memerlukan perencanaan yang matang. Seiring berjalannya bisnis kamu, evaluasi terus apa yang kamu belum miliki sehingga kamu bisa terus mengembangkan bisnis kamu. Semoga berhasil dan jangan menyerah, ya!

Baca juga Bisnis Cuci lainnya:

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *