Bisnis Sepatu Sneakers untuk Pemula yang Menjanjikan
Update Aja

Bisnis Sepatu Sneakers untuk Pemula yang Menjanjikan

Sepatu menjadi salah satu fashion yang sangat disukai oleh berbagai macam kalangan, apalagi sekarang sedang hits banget sepatu sneakers. Bahkan banyak merk yang menjual sepatu sneakers hingga mencapai puluhan juta rupiah dan sangat dicari-cari oleh para penggemar sneakers di seluruh dunia. Sehingga bisa dibilang sepatu menjadi salah satu produk fashion yang memiliki penggemarnya tersendiri, bahkan bisa dijadikan barang koleksi bagi para kolektor sepatu sneakers.

Akibat banyak sekali penggemar sepatu sneakers, penjualan sepatu pun nggak pernah sepi di pasaran. Bahkan sekarang sangat merebak penjual sepatu sneakers online di Instagram dan marketplace. Kamu harus memanfaatkan situasi ini untuk berjualan sepatu dan ikut meramaikan pasar, karena dibutuhkan banyak penjual sepatu untuk memenuhi kebutuhan para penyuka sepatu. Namun kamu harus menjual produk sepatu original ya, karena produk original selalu memiliki kualitas terbaik dan bukan produk bajakan. Nah kalau kamu pemula dalam berbisnis, kamu harus simak tips-tips untuk memulai bisnis sepatu sneakers di bawah ini nih, karena hasilnya bisa sangat menjanjikan! Yuk lanjutin bacanya ya!

Cara Memulai Bisnis Sepatu Sneakers

1. Mencari Distributor

Bisnis Sepatu Sneakers untuk Pemula yang Menjanjikan - Mencari Distributor

Yang pertama, kamu harus mencari distributor untuk menyuplai sepatu-sepatu yang akan kamu jual. Maka kamu harus mencari distributor terpercaya supaya kamu tidak khawatir ketika bekerja sama dengan mereka. Carilah distributor sepatu original di internet, karena banyak sekali distributor yang menawarkan produknya di sana. Bicarakan dengan distributor kamu jika kamu adalah penjual sepatu, sehingga kamu bisa mendapatkan harga miring jika kamu membeli sepatu dalam jumlah besar. Pastikan dulu distributor yang kamu pilih menjual produk sepatu original dan bukan sepatu palsu.

2. Tentukan Berapa Keuntungan yang Kamu Ambil

Bisnis Sepatu Sneakers untuk Pemula yang Menjanjikan - tentukan berapa keuntungan yang kamu ambil

Kamu harus menentukan berapa keuntungan yang akan kamu ambil, supaya itu bisa menjadi target kamu dalam berjualan sepatu. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui keuntungan bersih yang didapatkan dari bisnis kamu, sehingga keuntungan tersebut bisa kamu nikmati dari hasil berbisnis. Namun jangan terlalu banyak untuk mengambil keuntungan kamu, sebagai pebisnis kamu harus mengutamakan perkembangan bisnis kamu. Jadi kamu harus memanfaatkan keuntungan kamu untuk mengembangkan bisnis kamu selanjutnya.

3. Pemilihan Jenis dan Merk Sepatu yang Akan Kamu Jual

Bisnis Sepatu Sneakers untuk Pemula yang Menjanjikan - Pemilihan Jenis dan Merk Sepatu yang Akan Kamu Jual

Ada banyak sekali jenis sepatu dari berbagai merk yang banyak dicari orang. Ada jenis sepatu casual yang cocok dipakai untuk jalan-jalan ke mall atau sepatu olahraga yang sangat nyaman dipakai. Nah ada beberapa rekomendasi merk sepatu terkenal yang sangat disukai orang, karena merk-nya yang sudah terkenal dan model-modelnya yang sangat keren. Nah ini dia merk-merknya.

  • Adidas
Bisnis Sepatu Sneakers untuk Pemula yang Menjanjikan - Adidas
Sumber: Adidas Indonesia

Siapa yang nggak tau merk ini? Adidas sudah sejak lama menawarkan produk sepatu yang trendy dan keren banget. Adidas juga banyak menyediakan jenis sepatu, mulai sepatu casual hingga sepatu olahraga. Bahkan saat ini sedang ngetren memakai sepatu running untuk sekedar bepergian ke mall, sehingga jenis sepatu olahraga dari Adidas pasti sangat dicari karena sedang menjadi trend fashion saat ini.

  • Nike
Bisnis Sepatu Sneakers untuk Pemula yang Menjanjikan - Nike
Sumber: Nike Indonesia

Sama seperti Adidas, Nike juga menyediakan jenis sepatu casual dan sepatu olahraga yang keren-keren, sehingga Nike adalah lawan berat dari Adidas. Jika kamu berniat ingin menjual sepatu merk Adidas, jangan lupakan juga untuk menjual sepatu merk Nike. Nike adalah merk yang selalu menjadi alternatif selain Adidas, begitupun sebaliknya, sehingga jangan sampai kamu melupakan kedua merk sepatu ini untuk dijual. 

  • Vans
Bisnis Sepatu Sneakers untuk Pemula yang Menjanjikan - Vans
Sumber: Vans

Kalau mendengar merk Vans, pasti langsung terbayang pemain skateboard dan personil-personil band luar negeri yang kece. Ya memang, pada awalnya Vans menawarkan sepatu untuk bermain skateboard, namun karena modelnya yang keren membuatnya menjadi sepatu yang cocok juga dipakai untuk jalan-jalan. Vans juga sangat disukai berbagai kalangan umur, dari anak muda hingga orang dewasa masih cocok banget untuk memakai sepatu Vans. Jadi bakal —

  • Converse
Bisnis Sepatu Sneakers untuk Pemula yang Menjanjikan - Converse
Sumber: Converse Indonesia

Sepatu yang udah nge-hits dari tahun 90an ini bahkan ketenarannya belum pudar hingga sekarang, masih banyak sekali yang menyukai sepatu Converse dari berbagai kalangan usia. Modelnya yang “kalem” membuat Converse disukai oleh banyak orang dan cocok juga dipakai oleh para wanita. Makanya, jangan sampai kamu nggak menjual sepatu Converse ini, karena sepatu Converse selalu memiliki penggemar tersendiri yang selalu setia menunggu model-model terbaru.

  • Reebok
Bisnis Sepatu Sneakers untuk Pemula yang Menjanjikan - Reebok
Sumber: Reebok

Terkenal dengan sepatu olahraga yang keren, membuat Reebok juga menjadi salah satu alternatif selain Adidas dan Nike. Namun ada yang membuat Reebok selalu diminati, yaitu harganya yang cukup terjangkau dan tentu lebih murah dibandingkan dengan Nike dan Adidas. Cocok banget kalau kamu menjual sepatu Reebok ini, karena harganya yang lumayan miring dapat menarik orang untuk membeli sepatu ini.

  • Compass
Bisnis Sepatu Sneakers untuk Pemula yang Menjanjikan - Sepatu Compass
Sumber: Sepatu Compass

Nah mungkin beberapa dari kamu belum mendengar merk Compass ini, salah satu merk sepatu lokal ini nggak kalah ngetren dengan merk-merk sepatu di atas tadi. Bahkan sepatu Compass bisa sold out dalam hitungan jam, akibat banyak sekali orang yang meminati sepatu ini. Menawarkan sepatu casual yang cocok banget dipadukan dengan outfit yang sedang kamu kenakan, membuat sepatu Compass selalu dicari-cari oleh orang. Jangan lupa untuk kamu mempertimbangkan menjual sepatu Compass ini, karena kamu akan mendapatkan keuntungan besar dan sekaligus mendukung produk lokal.

4. Pisahkan Keuntungan dan Modal

Bisnis Sepatu Sneakers untuk Pemula yang Menjanjikan - Pisahkan Keuntungan dan Modal

Kamu perlu memisahkan antara keuntungan dengan modal untuk melihat pengeluaran dan pemasukan usaha dengan jelas. Selain itu kamu bisa melakukan pembukuan keuangan lebih efektif dan efisien dan uang untuk modal kamu terlindungi karena terdapat catatan transaksi yang jelas. Untuk memisahkannya, kamu bisa meletakkan uang kamu di rekening bank yang berbeda dan mencatat semua keuangan yang masuk dan keluar. Dengan ini kamu bisa mengetahui seberapa untung usaha yang kamu jalankan, sehingga kamu bisa menyisihkan keuntungan kamu untuk dijadikan modal usaha kamu kembali.

5. Foto Sepatu dengan Jelas (Dari berbagai Sisi)

Bisnis Sepatu Sneakers untuk Pemula yang Menjanjikan - Foto Sepatu dengan Jelas dari Berbagai Sisi

Foto sepatu jualan kamu dengan jelas dari berbagai sisi, karena kamu harus memberi informasi lengkap dari model sepatu yang kamu jual dengan foto. Deskripsikan juga bahan sepatu dan size chart yang lengkap, supaya pelanggan kamu tidak salah dalam memilih ukuran. Buat pelanggan kamu merasa jelas dengan model sepatu yang kamu jual, supaya mereka tidak perlu bertanya lebih lanjut tentang sepatu tersebut.

6. Jualan di Media Sosial dan Marketplace

Bisnis Sepatu Sneakers untuk Pemula yang Menjanjikan - Jualan di Media Sosial dan Marketplace

Manfaatkan media sosial untuk menjajakan sepatu yang kamu jual seperti Instagram dan Facebook, karena beberapa orang lebih nyaman untuk melihat-lihat foto sebuah produk di media sosial. Setelah itu, arahkan calon pelanggan untuk mengunjungi toko online kamu di marketplace, karena akan lebih mudah bertransaksi di sana. Kamu bisa membuka toko online di marketplace yang bekerja sama dengan Anteraja, seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli. Supaya pelanggan kamu bisa menggunakan layanan pengiriman terbaik untuk mengirimkan sepatu yang mereka pesan. 

7. Promosi

Bisnis Sepatu Sneakers untuk Pemula yang Menjanjikan - Promosi

Promosikan produk-produk yang kamu jual, supaya orang-orang dapat mengetahui apa saja produk yang kamu tawarkan. Kamu bisa memanfaatkan fitur ads yang ada di media sosial, karena fiturnya cukup efektif dan tidak sulit untuk menggunakannya. Kemudian kamu bisa menawarkan potongan harga bagi yang membeli lebih dari dua pasang, atau potongan harga untuk beberapa pembeli pertama setelah kamu membuka bisnis.

Nah gimana, udah siap belum untuk memulai bisnis sepatu sneakers kamu? Kalau sudah, yuk buruan kamu ikuti tips-tips tadi dan segera jalankan bisnisnya! Kalau kamu bingung mencari layanan pengiriman yang dapat membantu kamu mengirim sepatu-sepatu yang kamu jual, ada rekomendasi nih! Coba deh kamu untuk menggunakan Anteraja, karena Anteraja bakal menjamin barang-barang yang kamu kirim sampai dengan aman. Jangan khawatir dengan ongkirnya, dengan Rp. 10.000 aja kamu udah bisa mengirim sepatu jualan kamu hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Kalo nggak percaya, coba deh kamu Cek Ongkir untuk tentukan pengiriman ke wilayah tujuan kamu. Nah tunggu apalagi? Setelah mengirim, kamu bisa manfaatkan fitur tracking paket agar kamu bisa melacak sepatu yang kamu kirim ke pelanggan. Jangan lupa untuk Cek Resi juga, ya!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *