Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu
Update Aja

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan manusia yang membuat pakaian selalu dicari dan dibeli orang setiap harinya. Apalagi fashion pakaian selalu berkembang, sehingga orang-orang selalu ingin membeli produk fashion terbaru yang ada di pasaran. Situasi ini membuat produk pakaian selalu menjadi produk terlaris di berbagai marketplace.

Bisnis fashion memang sudah banyak pemainnya, tapi tidak ada salahnya jika kamu untuk terjun ke pasar fashion dan membangun brand fashion kamu sendiri. Memang perlu menyiapkan banyak hal untuk membuat brand sendiri, namun tips-tips di bawah ini mungkin bisa membantu kamu. Nah sebelumnya, kamu harus tau produk-produk fashion yang sangat laku di pasaran. Semuanya akan dijelaskan di bawah ini, jadi langsung simak aja ya! 

Rekomendasi Produk-produk Fashion Terbaik

1. Kaos

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Kaos

Kaos merupakan pakaian atasan yang paling banyak dicari, karena kaos sangat lumrah digunakan untuk outfit casual. Terlebih lagi Indonesia adalah negara tropis yang panas, sehingga banyak orang memilih untuk memakai kaos. Kamu bisa menjual kaos yang memiliki motif atau gambar yang keren dan disukai oleh anak muda, karena biasanya anak muda yang lebih sering mengenakan kaos.

(Baca juga: bisnis kaos polos)

2. Kemeja

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Kemeja

Kemeja sangat fleksibel digunakan untuk outfit casual hingga formal tergantung modelnya. Ada kemeja yang memiliki warna monokrom, sehingga cocok untuk digunakan pada kegiatan formal seperti pergi ke kantor. Ada juga kemeja bermotif yang keren untuk outfit casual dan cocok dipakai pergi ke mall. Jadi penjualan kemeja selalu tinggi karena penggunaannya yang fleksibel dan mudah menyesuaikan outfit banyak orang.

3. Celana Jeans

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - celana jeans

Celana jeans selalu menjadi pilihan pria untuk bawahan, karena celana jeans memiliki bahan yang tebal sehingga memiliki ketahanan lebih ketika dipakai lama. Selain itu, celana jeans juga digemari oleh berbagai kalangan umur, dari anak muda hingga orang tua. Jadi nggak heran celana jeans merk apapun selalu dicari oleh banyak orang.

4. Celana Pendek

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Celana Pendek

Berjualan celana pendek sangat cocok untuk kamu yang tinggal di daerah panas seperti pantai, karena banyak orang-orang yang lebih memilih memakai celana pendek jika berada di sana. Kamu harus berjualan celana pendek yang nyaman dan keren, supaya orang-orang tau harus kemana jika ingin membeli celana pendek.

5. Kaos Kaki

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Kaos Kaki

Kaos kaki juga banyak dicari, apalagi untuk anak-anak sekolah. Jika kamu berniat menjual kaos kaki, jangan lupa untuk menjual kaos kaki polos hitam dan putih. Toko kamu pasti akan ramai menjelang tahun ajaran baru, karena para orang tua beramai-ramai membelikan kaos kaki baru untuk anak mereka bersekolah.

6. Hijab

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Hijab

Hijab merupakan produk fashion yang sangat laku di Indonesia, karena banyak wanita yang membutuhkan banyak hijab untuk memenuhi kebutuhan outfit mereka. Bisa dilihat di setiap marketplace, penjualan hijab selalu memiliki angka yang fantastis. Untuk itu kamu harus mencoba untuk berjualan hijab juga, karena banyak kemungkinan kamu bisa mendapat keuntungan besar.

(Baca juga: Bisnis Hijab)

7. Sepatu

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Sepatu

Semua orang pasti membutuhkan sepatu, apalagi sepatu memiliki banyak model yang sangat fleksibel untuk digunakan di berbagai kondisi. Bahkan banyak orang yang mengoleksi sepatu hingga ratusan pasang. Menjual sepatu original bermerk juga akan membawa keuntungan besar untuk kamu, karena perputaran sepatu selalu kencang karena peminatnya yang banyak.

(Baca juga: Bisnis Sepatu)

8. Tas

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Tas

Tas juga merupakan produk fashion yang nggak kalah laku, terlebih lagi tas wanita. Jika pria mengoleksi sepatu, banyak dari wanita yang lebih memilih untuk mengoleksi tas. Sehingga tas menjadi incaran wanita untuk memenuhi kebutuhan outfit yang ingin mereka kenakan.

(Baca juga: merk tas wanita lokal yang bagus)

Tips dan Cara Memulai Bisnis Fashion

1. Cari Pemasok dan Sablon yang Terbaik

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Cari Pemasok dan Sablon yang Terbaik

Kamu harus mencari pemasok produk pakaian yang bisa membantu kamu memasok pakaian yang ingin kamu jual. Kemudian cari pemasok yang menawarkan kualitas pakaian yang baik, sehingga produk pakaian kamu dikenal dengan kualitasnya yang baik. Sangat riskan jika kamu mendapatkan bahan dengan kualitas kurang baik, karena akan tidak nyaman ketika dipakai.

2. Tentukan Nama Brand

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Tentukan Nama Brand

Tentu kamu harus memiliki nama brand untuk produk pakaian yang kamu jual. Usahakan nama brand kamu memiliki identitas dari produk yang kamu jual. Selain itu, nama brand  juga harus unik dan menarik ketika didengar orang, sehingga nama brand kamu mudah diingat oleh orang.

3. Tentukan Target Market

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Tentukan Target Market

Tentukan target market yang ingin kamu sasar supaya kamu bisa mengetahui konsumen yang dituju. Jika kamu menargetkan masyarakat menengah ke bawah, maka jangan memberikan harga jual yang tinggi, namun konsekuensinya kamu perlu menurunkan kualitas bahan yang digunakan. Jika kamu menargetkan masyarakat menengah ke atas, kamu bisa menjual produk dengan harga yang tinggi dengan kualitas bahan yang terbaik.

4. Temukan Karakter dan Ciri Khas untuk Brand Kamu

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Tentukan Karakter dan Ciri Khas untuk Brand Kamu

Brand kamu harus memiliki karakter atau ciri khas yang membedakan brand fashion kamu dengan yang lain. Selain itu, kamu juga harus menciptakan buyer persona dapat membantu kamu memahami target konsumen lebih mendalam. Buyer persona juga memudahkan proses penyusunan konten, pembuatan strategi pemasaran, pengembangan produk, dan lain sebagainya.

5. Analisa Kompetitor Fashion Lainnya Aspek Harga, Bahan dan Desain

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Analisa Kompetitor Fashion Lainnya Aspek Harga Bahan dan Desain

Analisa kompetitor kamu yang sama-sama berjualan produk-produk pakaian, mulai dari aspek harga, bahan, dan desain. Kamu harus tau berapa harga yang ditawarkan kompetitor kamu dengan bahan dan desain yang mereka pakai. Apabila kompetitor kamu memiliki harga yang murah namun memiliki bahan dan desain yang kurang bagus, maka kamu bisa membuat produk pakaian kamu memiliki bahan dan desain yang lebih bagus dengan harga yang tidak berbeda jauh.

6. Buat Desain yang Unik dan Jangan Takut Berinovasi

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Buat Desain yang Unik dan jangan Takut Berinovasi

Sebuah desain akan menjadi identitas dari brand yang kamu bangun. Misalnya kamu mau mem-branding produk pakaian kamu untuk anak motor, maka buatlah desain yang berbau motor. Jangan takut berinovasi untuk membuat desain yang unik dan tidak monoton, sehingga desain kamu selalu menyenangkan untuk dilihat dan worth it untuk dibeli.

7. Foto dari Berbagai Sisi

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Foto dari Berbagai Sisi

Kamu harus mengambil foto produk pakaian yang kamu jual dari berbagai sisi, supaya orang-orang bisa melihat barang jualan kamu dengan jelas. Kamu bisa memberikan detail foto bagian-bagian yang sering disorot orang ketika membeli pakaian. Misalnya bagian kerah dan jahitan pada kaos, atau arc dan selvedge pada celana jeans.

8. Berjualan di Marketplace

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Berjualan di Marketplace

Kamu harus berjualan di marketplace untuk menjangkau pasar yang luas, karena sekarang berbelanja di marketplace menjadi pilihan banyak orang. Kamu bisa menggunakan marketplace partner Anteraja seperti Tokopedia, Blibli, dan Bukalapak. Dengan menggunakan marketplace tadi, kamu bisa menggunakan Anteraja sebagai layanan pengiriman untuk mengirim barang jualan kamu. Kalau kamu penasaran ongkirnya, langsung aja kamu Cek Ongkir untuk cari tau ongkir ke tujuan kamu. Kemudian kamu bisa manfaatkan fitur tracking paket yang memudahkan kamu melacak paket kiriman kamu, tinggal input nomor resi kamu di Cek Resi.

9. Gunakan Social Media

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Gunakan Social Media

Selain menggunakan marketplace, kamu juga harus memanfaatkan media sosial untuk menjajakan produk jualan kamu. Kamu bisa membuat akun sosial media seperti Instagram dan membuat feed sekeren mungkin, sehingga bisa menarik orang untuk mengunjungi profil Instagram kamu. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan fitur ads yang ditawarkan media sosial, sehingga kamu bisa mengiklankan produk kamu ke sasaran yang tepat.

10. Beri Tahu ke Teman dan Keluarga Kamu

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Beri Tahu ke Teman dan Keluarga Kamu

Beri tahu teman dan keluarga kamu atas bisnis fashion yang baru kamu jalankan, mereka pasti akan senang sekali dan tidak sabar untuk mencoba produk kamu. Beri potongan harga untuk keluarga dan teman-teman kamu, supaya mereka semakin ingin membeli produk kamu. Lalu minta tolong kepada mereka untuk mempromosikannya ke kerabat-kerabat mereka, supaya produk pakaian kamu bisa dikenal makin luas.

11. Beri Promosi yang Menarik

Ingin Bisnis Fashion? Begini Cara Membangun Brand Fashion Kamu - Beli Promosi yang Menarik

Promosi sangat penting untuk mengenalkan bisnis kamu ke pasar, apalagi jika produk kamu baru. Kamu bisa membuat promosi seperti beli 2 gratis 1, memberikan sticker, kartu ucapan, goody bag lucu, dan sebagainya. Semua orang menyukai promo, sehingga kamu harus melakukan promosi yang banyak supaya produk mu diketahui oleh banyak orang.

Selain itu Anteraja juga menyediakan berbagai macam Artikel terbaik lainnya untuk kamu seperti:

Yuk segera tentukan produk fashion yang ingin kamu jual dan segera jalankan bisnis kamu, soalnya bisnis fashion selalu berhasil jika kamu memiliki produk bagus dan branding yang menarik. Terbukti banyak sekali merk fashion lokal yang dikenal di dalam negeri hingga mancanegara. Jadi buruan ikutin tips-tips yang udah dijelaskan tadi, semoga tips-tips tadi bisa menuntun kamu untuk memulai bisnis fashion.

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *