7 Cara Efektif Memasarkan Produk Secara Online

Cara Efektif Memasarkan Produk Secara Online

Pada masa pandemi seperti ini, banyak perusahaan besar yang memutuskan untuk mengurangi jumlah karyawan. Bagi mereka yang terdampak, harus memutar otak untuk mendapatkan sumber penghasilan baru. Salah satu kegiatan yang bisa dijadikan sumber penghasilan adalah dengan membuka bisnis sendiri atau berwiraswasta. Perlu diketahui bagi para pemilik bisnis untuk memperhatikan proses pemasaran atau marketing, Karena, proses pemasaran produk sangatlah penting untuk menarik konsumen, yang pada akhirnya menghasilkan keuntungan bagi bisnis. 

(Baca juga: Ide Bisnis 2021)

Salah satu metode pemasaran yang paling efektif saat ini adalah metode pemasaran dengan memanfaatkan teknologi internet atau pemasaran online yang memiliki jangkauan luas. Selain efektif, pemasaran online hanya memerlukan sedikit biaya, sehingga cocok dilakukan oleh bisnis UMKM. Buat kamu pemilik bisnis yang mau mencoba memasarkan produk secara online tapi belum tahu langkah untuk memulainya, yuk simak beberapa cara memasarkan produk online berikut inI!

Cara Memasarkan Produk Secara Online

1. Mulai Dari Akun Sosmed Pribadi

Cara Efektif Memasarkan Produk Secara Online - Mulai Dari Akun Sosmed Pribadi

Social media menjadi salah satu tools yang paling efektif untuk memasarkan produk. Karena, jumlah pengguna dan waktu penggunaan sosial media sangatlah besar di Indonesia. Langkah awal memasarkan produk melalui media sosial bisa dilakukan dengan memanfaatkan sosial media pribadi, dengan tujuan menjangkau orang-orang terdekat untuk mencoba produk yang kamu jual. Kamu juga bisa meminta feedback dari mereka perihal kekurangan dan kelebihan dari produk jualanmu. 

2. Amati Produk-produk yang Ada di Internet

Cara Efektif Memasarkan Produk Secara Online  - Amati Produk-produk yang Ada di Internet

Mungkin, banyak toko online yang menawarkan produk serupa dengan produk jualanmu. Kamu bisa amati kompetitor bisnismu itu untuk mengambil beberapa hal dari mereka, seperti cara mereka mengambil foto produk, menulis judul produk dan menulis deskripsi produk. Dari hasil pengamatanmu, dapat dijadikan acuan untuk memasarkan produk sesuai kebutuhan pasar. Jangan lupa gunakan standar kualitas konten lebih tinggi dari mereka supaya produk milikmu lebih unggul! 

(Baca juga: Produk Online Terlaris)

3. Promosikan Melalui Blog Atau Website Sendiri

Cara Efektif Memasarkan Produk Secara Online - Promosikan Melalui Blog Atau Website Sendiri

Membuat website dapat membantu mempromosikan produk kamu dengan jangkauan yang lebih luas. Cara membuat blog atau website untuk brand milikmu dapat dimulai dari memilih nama domain dan hosting. Pastikan pakai nama brand kamu pada nama domain website menggunakan hosting yang cepat serta stabil. 

Kemudian, lengkapi halaman websitemu dengan berbagai informasi, seperti katalog produk, spesifikasi lengkap produk & berbagi informasi tips & trik seputar produk melalui halaman blog. Agar penelusuran website kamu lebih maksimal, kamu bisa mempraktekkan teknik Search Engine Optimization (SEO) agar websitemu  dapat mudah ditemukan oleh mesin pencari.

4. Membuat Online Shop Di Marketplace

Cara Efektif Memasarkan Produk Secara Online  - Membuat Online Shop di Marketplace

Hadirnya situs E-commerce marketplace di Indonesia, memberikan sebuah metode baru dalam bertransaksi digital yang lebih aman dan cepat. Pasar E-commerce marketplace ini berkembang sangat cepat, dilihat dari jumlah pengunjung e-commerce yang terus meningkat setiap tahun dibandingkan pasar offline, sehingga cocok untuk memasarkan produkmu. Kamu bisa membuka toko online di beberapa marketplace sekaligus untuk memasuki lebih banyak pasar. 

Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk merajai pasar marketplace, yaitu menggunakan foto, judul, dan deskripsi produk yang unik untuk menarik minat konsumen, serta memberikan layanan pengiriman yang cepat. Anteraja bisa menjadi pilihan pengiriman cepat untuk toko onlinemu. Anteraja sudah dipercaya ribuan penjual online di berbagai marketplace karena tersedianya fitur cek resi akurat dan biaya ongkir terjangkau, sehingga tidak memberatkan konsumen. Kamu bisa cek ongkir sekarang dan buktikan! 

5. Pasarkan Produk di Forum

Cara Efektif Memasarkan Produk Secara Online - Pasarkan Produk di Forum

Memasarkan produk di forum sangatlah cocok jika kamu mengincar pasar dengan karakteristik tertentu. Misalnya, kamu pemilik bisnis yang menawarkan produk action figure. Alangkah baiknya jika kamu memasarkan produk kepada audience yang tepat, seperti forum pecinta action figure. Forum seperti ini mudah kamu temui di media sosial seperti Facebook. Kamu juga bisa memasarkan di beberapa forum sekaligus, dengan target audiens yang sama agar menjangkau lebih banyak orang.

6. Meminta Teman untuk Memberikan Testimoni Melalui Media Sosial

Cara Efektif Memasarkan Produk Secara Online - Meminta Teman untuk Memberikan Testimoni Melalui Media Sosial

Langkah ini sangat penting ketika kamu baru memulai memasarkan produk secara online, baik melalui media sosial, website dan juga marketplace. Karena, perihal trust atau kepercayaan adalah perhatian utama dalam keputusan pembelian konsumen, terlebih pada sebuah brand baru. Minta teman-temanmu untuk memberikan testimonial di media sosial, baik melalui feed atau story dengan mention dan tag akun jualanmu serta menuliskan alamat website mu. Kemudian simpan postingan mereka sebagai kumpulan testimonial. Harapannya, konsumen baru lebih percaya pada tokomu, sekaligus mendapatkan beberapa penjualan dari followers media sosial temanmu.

7. Affiliate Marketing

Cara Efektif Memasarkan Produk Secara Online - Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah sebuah metode memasarkan produk dengan cara membiarkan orang lain menawarkan produk milikmu. Nantinya, kamu akan membayarkan sejumlah komisi ketika mereka berhasil menjual produk. Biasanya, pihak  affiliate marketer adalah seorang influencer di media sosial. Pihak Influencer akan diberikan link atau voucher code khusus yang akan mengantarkan konsumen dan digunakan pada saat bertransaksi. Metode ini cocok diambil ketika bisnis kamu sudah mencapai skala besar, karena membutuhkan biaya tak sedikit. 


Nah, itu dia beberapa cara untuk memasarkan produk secara online. Semoga tips-tips diatas dapat membantumu dalam memasarkan produk agar bisnismu berkembang dan mendapatkan keuntungan besar. Kesimpulannya, kamu tidak perlu takut untuk mencoba teknik baru dan selalu aktif serta berusaha dalam memasarkan produk. Karena percayalah usaha keras takkan mengkhianati hasil. Selamat mencoba!

(Baca juga: Cara Closing Penjualan Online & Bisnis Vape)