Cara Closing Penjualan Online Untuk Meningkatkan Penjualan
Update Aja

8 Cara Closing Penjualan Online untuk Meningkatkan Penjualan

Sebel nggak sih akhir-akhir ini orang-orang hanya bertanya “sist, masih ada stoknya?” atau “sist, untuk model ini ada diskon nggak?” Namun hanya sampai disitu saja dan mereka tidak membeli barang jualan kamu. Memang pasti kamu sudah biasa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut yang biasa dilontarkan orang-orang, namun harus ada teknik penting yang harus kamu terapkan supaya mereka membeli barang jualan kamu.

Ternyata ada yang namanya teknik closing ketika berjualan, supaya kamu dan calon pelanggan tidak hanya terhenti di pertanyaan-pertanyaan dan bisa mendorong hingga proses transaksi. Teknik closing adalah proses untuk mengakhiri transaksi antara kamu dengan calon pembeli, supaya calon pelanggan merasa mereka dibutuhkan oleh para penjual. Nah kalau kamu bingung apa saja teknik closing pada penjualan online, kamu bisa cek langsung 8 cara closing penjualan online di bawah ini. Yuk langsung simak!

Cara Teknik Closing Penjualan Online

1. Ketahui Watak Pelanggan

Cara Closing Penjualan Online Untuk Meningkatkan Penjualan - Ketahui Watak Pelanggan

Ada banyak watak pelanggan yang sering sekali kamu temui ketika berjualan barang. Untuk itu penting untuk kamu mengetahui dan menghafal watak-watak pelanggan yang kamu temui. Ada calon pelanggan yang bingung memilih barang dan ada juga yang cepat memilih barang namun cepat juga menyesal. Nah setelah kamu mengetahui watak-watak pelanggan, kamu perlu melancarkan teknik pemasaran yang sesuai dengan watak mereka. Supaya calon pelanggan kamu segera closing transaksi dan membeli barang kamu.

(Baca juga: Tips Berjualan Di Shopee)

2. Berempati

Cara Closing Penjualan Online Untuk Meningkatkan Penjualan - Berempati

Berempati dapat menjadi teknik closing penjualan yang ampuh, karena biasanya orang akan luluh jika ada ada yang berempati kepadanya. Misalnya kamu adalah penjual produk kecantikan, maka kalimat berempati yang tepat adalah “pelanggan-pelanggan saya dulu juga insecure karena wajah yang berjerawat seperti mbak/mas, namun setelah mencoba produk ini, wajah mereka menjadi mulus kembali dan tidak tumbuh jerawat.” Nah kalimat-kalimat seperti ini yang membuat calon pembeli merasa kamu peduli kepada mereka dan menawarkan produk kamu supaya calon pembeli kamu bisa menyelesaikan masalah jerawatnya.

3. Memuji

Cara Closing Penjualan Online Untuk Meningkatkan Penjualan - Memuji

Sama seperti berempati, kalimat-kalimat pujian juga dapat membuat luluh seseorang. Maka teknik ini sering dipakai para penjual untuk closing saat berjualan. Misalnya kamu menjual produk hijab, contoh kalimat pujiannya adalah “mbak terlihat lebih cantik kalau pakai hijab dengan warna ini” atau “produk hijab ini cocok banget buat mbak supaya tambah cantik” dan sebagainya. Dengan pujian-pujian seperti ini membuat orang merasa kamu memperhatikan mereka dan membuat mereka percaya diri jika membeli produk yang kamu sarankan.

(Baca juga: Tips Berjualan Di Tokopedia)

4. Cerita dari Orang Lain

Cara Closing Penjualan Online Untuk Meningkatkan Penjualan - Cerita dari Orang Lain

Cerita dari orang lain juga biasa dijadikan teknik closing oleh para penjual dan berhasil. Misalnya kalimat “kemarin ada customer yang bingung mau pilih yang ini atau yang itu, tapi setelah dia beli keduanya, dia merasa produknya cocok dengan dia dan tadi dia beli lagi produk yang sama.” Selepas itu benar atau tidak, kalimat marketing seperti itu ampuh untuk teknik closing pada penjualan online.

5. Memberikan Diskon

Cara Closing Penjualan Online Untuk Meningkatkan Penjualan - Memberikan Diskon

Diskon merupakan teknik yang pasti digunakan oleh semua penjual, karena tentu diskon akan membuat orang membeli barang kamu tanpa pikir panjang. Apalagi jika kamu tidak sekedar menurunkan harga, bahkan kamu mencantumkan coretan harga sebelumnya dan mencantumkan harga setelah diskon di bawahnya. Itu semakin menarik orang, karena mereka bisa langsung membandingkan antara harga sebelum dengan sesudah diskon. Selain itu diskon beli sekian gratis sekian juga sangat ampuh menarik orang, karena mereka akan merasa tidak rugi jika membeli dengan harga diskon tersebut.

(Baca juga: Cara Membuat Tagline)

6. Eksklusif (Spesial)

Cara Closing Penjualan Online Untuk Meningkatkan Penjualan - Esklusif (Spesial)

Biasanya orang akan merasa senang jika barang yang mereka beli eksklusif atau spesial. Misalnya kamu menjual sepatu, kamu bisa menggunakan kalimat “sepatu ini cuma diproduksi 50 pasang dan hanya ada di toko kami saja, jadi tunggu apalagi? Kalau mas/mbak beli sekarang, saya beri beri harga diskon.” Teknik ini bisa digabungkan dengan nomor 5 yaitu memberikan diskon, kedua gabungan teknik ini bisa menjadi kombinasi ampuh untuk membuat pelanggan nggak pikir panjang untuk membeli barang kamu.

7. Keuntungan

Cara Closing Penjualan Online Untuk Meningkatkan Penjualan - Keuntungan

Memberikan keuntungan-keuntungan yang didapatkan setelah membeli barang kamu juga akan membuat calon pelanggan ingin cepat-cepat memberikan uangnya untuk membeli barang kamu. Misalnya dengan kalimat “kalau mbak/mas beli sekarang, belum tentu besok barang ini diskon atau masih tersedia” atau “kalau mbak/mas pakai produk ini, pasti lebih terlihat awet muda dan menarik.” Nah itu tadi kalimat yang menjelaskan keuntungan yang bisa didapatkan calon pelanggan setelah membeli barang kamu.

(Baca juga: Bisnis Mlm Terbaik)

8. Sekarang atau Tidak Sama Sekali

Cara Closing Penjualan Online Untuk Meningkatkan Penjualan - Sekarang atau Tidak Sama Sekali

Teknik ini mungkin tidak berlaku ke semua pelanggan, karena teknik ini terlalu kelihatan memaksa pelanggan untuk membeli barang kamu. Namun tidak ada salahnya untuk kamu mencoba teknik ini sebagai teknik terakhir untuk closing saat bertransaksi. Kamu dapat menggunakan kalimat “model ini nggak keluar lagi kak, jadi kesempatan untuk bisa membeli barang ini tinggal hari ini saja, jadi langsung aja beli kak sebelum kehabisan. Nah kalimat ini bisa saja ampuh bagi sebagian orang, namun hati-hati mungkin sebagian lagi bisa saja menganggap kalimat ini terlalu memaksa.

Nah itu tadi cara-cara closing pada penjualan online yang harus kamu terapkan agar calon pelanggan kamu tertarik untuk membeli barang kamu. Namun kalau kamu mencantumkan pengiriman Anteraja pada toko online kamu, pasti calon pelanggan nggak pikir panjang dan langsung membeli barang kamu. Kok bisa? Bisa dong, karena Anteraja terkenal dengan reputasinya yang selalu memberikan pengiriman aman dan tepat waktu! Apalagi kalau kamu menggunakan layanan Next Day yang bakal menjamin barang yang kamu kirim sampai hanya dengan waktu satu hari. Nah langsung aja kamu cek ongkir supaya bisa lihat ongkir ke tujuan kamu! Jangan lupa juga fitur tracking yang selalu hadir untuk kamu para pengguna layanan Anteraja, jadi jangan lupa selalu cek resi setelah kamu mengirim barang dengan Anteraja!

Kok bisa? Bisa dong, karena Anteraja terkenal dengan reputasinya yang selalu memberikan pengiriman aman dan tepat waktu! Apalagi kalau kamu menggunakan layanan Next Day yang bakal menjamin barang yang kamu kirim sampai hanya dengan waktu satu hari. Nah langsung aja kamu cek ongkir supaya bisa lihat ongkir ke tujuan kamu! Jangan lupa juga fitur tracking yang selalu hadir untuk kamu para pengguna layanan Anteraja, jadi jangan lupa selalu cek resi setelah kamu mengirim barang dengan Anteraja!

Jadi teknik apa yang ingin kamu gunakan terlebih dahulu? Jangan sampai pelanggan kamu malah ilfeel akibat kamu salah menggunakan teknik closing. Yang penting ketahui dulu watak-watak pelanggan kamu, agar kamu bisa menggunakan teknik yang cocok. Selamat mencoba!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *