Cara Sukses Bisnis Usaha Percetakan dengan Modal Kecil
Update Aja

Cara Sukses Bisnis Usaha Percetakan dengan Modal Kecil di 2021

Pernah nggak sih kamu sedang membutuhkan jasa percetakan, namun di sekitar tempat tinggal kamu sangat sulit untuk menemukan jasa percetakan yang layak dan memiliki pelayanan yang baik? Memang bisnis percetakan seperti ini tidak banyak dipertimbangkan oleh banyak orang, karena mereka menganggap bisnis ini sulit untuk dijalankan. Memang bisnis ini juga tidak bisa dibilang mudah, namun jika melihat keuntungan yang bisa didapat pasti bakal membuat kamu mempertimbangannya dua kali.

Nah ini saatnya kamu yang bergerak untuk mendirikan bisnis percetakan ini, apalagi jika jasa percetakan sangat sulit ditemukan di sekitar tempat tinggal kamu. Namun sebelumnya Anteraja mau bisikin kepada kamu modal yang diperlukan supaya kamu nggak kaget, karena bisnis percetakan bisa membutuhkan modal hingga ratusan juta rupiah. Apabila kamu sudah siap dengan modal sebanyak itu, berarti kamu sudah siap untuk membaca tips dan cara untuk memulai bisnis percetakan. Soalnya Anteraja udah merangkumnya dengan lengkap khusus untuk kamu. Makanya langsung aja yuk kamu simak di bawah, untuk mendapatkan banyak referensi bisnis percetakan!

Kenapa Memilih Usaha Percetakan?

Cara Sukses Bisnis Usaha Percetakan dengan Modal Kecil - Kenapa memilih Usaha Percetakan

1. Mudah Dijalani

Tidak sulit kok untuk menjalankan bisnis percetakan, apalagi bisnis ini tidak banyak memiliki kompetitor. Ditambah lagi, bisnis ini bisa mengincar banyak kalangan dan segmentasi pasar. Kamu bisa mengincar pasar menengah ke atas dengan menawarkan hasil cetakan kualitas terbaik serta tempat yang bagus, atau mengincar pasar menengah ke bawah dengan kualitas yang biasa saja namun memiliki harga yang terjangkau. Semua itu tergantung tujuan dan modal yang kamu miliki.

2. Modal dan Untung yang Besar

Modal untuk menjalankan bisnis percetakan memang terbilang besar, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah. Namun jika melihat keuntungan yang bisa didapatkan, modal dari bisnis ini jauh lebih kecil dibandingkan keuntungannya. Kamu harus mengeluarkan banyak modal untuk membeli mesin percetakan, namun itu adalah investasi besar bagi bisnis percetakan kamu. Jika kamu sudah menyiapkan uang sebanyak itu, maka jangan ragu untuk menjalankan bisnis percetakan yang sangat menguntungkan ini.

3. Market yang Luas

Percetakan selalu memiliki market atau target pasar yang luas, maupun percetakan kecil seperti printing buku dan poster atau bahkan percetakan besar seperti banner dan spanduk. Berbagai kalangan usia pasti akan membutuhkan jasa percetakan, seperti pelajar, karyawan, perusahaan, dan sebagainya. Apalagi para pelaku usaha yang memiliki toko offline, pasti mereka membutuhkan poster, spanduk, atau banner untuk mencantumkan nama toko mereka atau melakukan promosi.

Tips dan Cara Memulai Usaha Percetakan

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Cara Sukses Bisnis Usaha Percetakan dengan Modal Kecil - Pilih Lokasi yang Strategis

Bisnis percetakan adalah bisnis yang kebanyakan memiliki target pasar offline, sehingga perlu mencari lokasi yang strategis untuk mendirikan tempat usaha. Pastikan tempat usaha kamu berdiri di pusat keramaian seperti perkantoran, kampus, sekolah, dan sebagainya, karena perusahaan, karyawan, dan pelajar adalah target utama kamu. Pilih juga lokasi yang berada di pinggir jalan besar dan ramai dilalui orang, supaya mudah terlihat dan mudah dijangkau oleh orang-orang yang lewat. 

2. Pahami Bisnis Percetakan Lebih Dalam

Cara Sukses Bisnis Usaha Percetakan dengan Modal Kecil - Pahami Bisnis Percetakan Lebih Dalam

Untuk mendirikan bisnis percetakan, kamu harus mengetahui berbagai teknis dan bahan-bahan yang diperlukan. Kamu harus ketahui apa saja kertas yang dibutuhkan untuk percetakan buku, majalah, poster dan sebagainya. Kemudian juga flexi untuk bahan-bahan yang dibutuhkan untuk banner. Pastikan kamu sudah mengetahui jenis kertas dan flexi yang harus disediakan serta harga yang harus dibayarkan untuk membelinya. Kamu harus mempelajarinya lebih lanjut dengan mencari di internet atau belajar dari orang yang ahli dalam bidang percetakan.

3. Cari Tau Tentang Mesin Print Percetakan

Cara Sukses Bisnis Usaha Percetakan dengan Modal Kecil - Cari Tau Tentang Mesin Print Percetakan

Setelah kamu memahami proses dan alur bisnis percetakan, kamu juga harus mencari tau harga dan spesifikasi mesin percetakan untuk kamu beli. Namun kamu jangan kaget, harga mesin cetak banner bisa mencapai ratusan juta rupiah, sehingga kamu harus memprioritaskan sebagian banyak modal kamu untuk membelinya. Untuk merk mesinnya ada Infiniti, Roland, Mimaki, dan Reckon Konica yang bisa menjadi pilihan, tinggal tentukan seri yang sesuai kebutuhan dan budget yang kamu miliki.

4. Optimasi Tempat Kamu Menggunakan Google My Business

Cara Sukses Bisnis Usaha Percetakan dengan Modal Kecil - Optimasi Tempat Kamu Menggunakan Google My Business

Di zaman yang sudah modern seperti ini, pastikan kamu menggunakan platform untuk mengoptimalkan lokasi usaha kamu. Dengan Google My Business, lokasi usaha kamu dapat dipromosikan oleh Google Maps sehingga memudahkan konsumen ketika mereka mencari jasa percetakan. Selain itu, konsumen kamu juga bisa memberikan ulasan terhadap jasa kamu, sehingga awareness dan kredibilitas bisnis kamu akan meningkat. Dijamin platform ini dapat memudahkan kamu untuk berpromosi dan dapat meningkatkan pengunjung.

5. Rambah Pasar Online

Cara Sukses Bisnis Usaha Percetakan dengan Modal Kecil - Rambah Pasar Online

Walaupun bisnis percetakan masih identik dengan pasar offline, kamu juga harus merambah pasar online supaya lebih fleksibel. Mungkin banyak juga konsumen yang lebih memilih untuk memesan banner secara online dan dikirim ketika sudah jadi. Sehingga kamu harus membuat platform untuk melayani mereka, seperti menggunakan marketplace atau media sosial. Menggunakan marketplace juga memiliki benefit yang banyak, seperti promo gratis ongkir, cashback, dan juga transaksi yang memudahkan kamu dan konsumen.

6. Promosi

Cara Sukses Bisnis Usaha Percetakan dengan Modal Kecil - Promosi

Nah ini adalah proses yang paling penting dan wajib kamu lakukan, yaitu berpromosi. Jika kamu hanya membuka bisnis namun tidak dikenalkan kepada orang-orang, maka tidak ada yang tau bisnis baru kamu. Untuk itu kamu harus menyiapkan budget cukup besar untuk berpromosi, karena benefit yang didapatkan akan sangat berpengaruh. Untuk awal-awal, kamu bisa memberikan potongan harga dan promo-promo menarik lainnya. Pastikan promo yang kamu tawarkan bisa menarik orang-orang untuk menggunakan jasa kamu.

7. Jangan Menolak Order

Cara Sukses Bisnis Usaha Percetakan dengan Modal Kecil - Jangan Menolak Order

Bisnis percetakan pasti akan melayani pemesanan sebelum dibuat atau made by order, karena tidak semua orang akan mencetak banner dengan ukuran dan desain yang sama. Nah jika ada permintaan dari konsumen yang menyulitkan, kamu bisa membicarakannya baik-baik untuk menemui jalan tengah. Misalnya jika konsumen ingin mencetak banner ukuran besar dengan desain yang rumit namun tidak mau menunggu lama, maka kamu harus memberi solusi yang dapat memenangkan kedua belah pihak.

8. Beri Pelayanan yang Terbaik

Cara Sukses Bisnis Usaha Percetakan dengan Modal Kecil - Beri Pelayanan yang Terbaik

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, bahwa bisnis percetakan banyak melayani permintaan ketika pemesanan. Pastikan kamu bisa memberikan pelayanan terbaik dan dapat membuat konsumen nyaman. Berbicara dengan ramah dan sopan serta berikan referensi dan solusi jika pelanggan merasa kebingungan. Apabila pelayanan kamu menyenangkan, maka reputasi bisnis kamu juga akan bagus. Sehingga para konsumen kamu akan dengan senang hati merekomendasikan bisnis kamu kepada orang lain dan dapat menguntungkan bisnis kamu.

9. Pertahankan dan Tingkatkan Terus Usaha Percetakan

Cara Sukses Bisnis Usaha Percetakan dengan Modal Kecil - Pertahankan dan Tingkatkan Terus Usaha Percetakan

Tidak hanya bisnis percetakan, apapun bisnis yang kamu jalankan harus dipertahankan bahkan ditingkatkan. Kunci dari bisnis percetakan itu adalah waktu yang cepat, untuk itu kamu harus menambah mesin cetak dan pegawai supaya bisa menerima pesanan lebih banyak apabila pemasukan kamu sudah besar. Tentu kamu juga harus mempertahankan pelayanan agar ekspektasi konsumen terhadap bisnis kamu tidak rusak, apalagi jika kamu sudah memiliki konsumen setia. Selalu lakukan evaluasi bisnis kamu untuk menghindari penurunan kualitas.

10. Pantang Menyerah dalam Usaha

Cara Sukses Bisnis Usaha Percetakan dengan Modal Kecil - Pantang Menyerah dalam Usaha

Membuka bisnis memang pekerjaan yang berat dan berisiko, makanya tidak semua orang mau mempertimbangkan untuk berbisnis. Namun jika tekad kamu sudah bulat untuk menjalankan bisnis percetakan ini, maka kamu harus pantang menyerah dan menikmati setiap prosesnya. Memang akan ada banyak sekali pertimbangan dan pengambilan keputusan yang harus kamu lakukan, bahkan keputusan tersebut bisa saja berakhir baik bahkan buruk. Nah disitulah mental kamu akan terbangun dan membuat kamu menjadi tahan banting serta pantang menyerah.

Tidak hanya usaha percetakan saja loh yang disediakan Anteraja tetapi Anteraja juga menyediakan berbagai macam Artikel usaha dan Bisnis yang bisa membantu kamu dalam memulai atau membesarkan usaha! Berikut Artikel-artikelnya:

Jadi gimana, tips di atas tadi udah cukup lengkap kan? Jika masih kurang, kamu bisa belajar lebih lanjut kepada orang-orang yang sudah ahli di bidang percetakan ini! Nggak hanya memberikan tips, Anteraja juga menawarkan layanan pengiriman yang bisa kamu manfaatkan untuk keberlangsungan bisnis kamu. Mungkin jika kamu ingin mengirim hasil cetakan dan berbagai kebutuhan bisnis lainnya, kamu bisa mempercayakannya kepada Anteraja. Dengan harga ongkir yang cukup ramah di kantong pasti bakal membuat kamu selalu untung, coba deh kamu cek ongkir sekarang biar nggak penasaran! Apalagi kamu bisa selalu cek resi untuk melacak paket yang sedang dikirim, dijamin kamu bakal lebih tenang. Makanya jangan ragu lagi deh untuk gunakan Anteraja!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *