Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis dari Nol
Update Aja

11 Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis dari Nol

Banyak sekali orang yang ingin berbisnis, dan pasti kamu adalah salah satunya. Nah dari sekian banyak orang yang ingin berbisnis, pasti banyak juga yang tidak memiliki bekal untuk memulainya. Apalagi bisnis sangat membutuhkan bekal dan pengetahuan yang cukup, supaya bisa menciptakan bisnis yang menjanjikan

Nah jika kamu ingin memulai bisnis, kalian datang ke artikel yang tepat nih! Soalnya Anteraja bakal memberi kamu banyak banget langkah-langkah untuk memulai bisnis dari nol. Jadi jangan sampai kamu lewatkan artikel ini jika kamu ingin menjadi pebisnis yang sukses! Udah nggak usah lama-lama, pasti kalian udah pada nggak sabar. Yuk simak!

Langkah Memulai Bisnis dari Awal

1. Lakukan Riset Pasar untuk Produk yang Ingin Kamu Jual

Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis dari Nol - Lakukan Riset Pasar untuk Produk yang Ingin Kamu Jual

Setiap produk yang dijual, pasti ada target pasarnya masing-masing. Misalnya jika kamu menjual produk hijab, pasti pasarnya adalah wanita. Nah kamu perlu melakukan riset untuk mengetahui target pasar dari produk yang kamu jual. Langkah ini berguna untuk mempersiapkan strategi penjualan dan strategi pemasaran yang tepat, agar strategi yang telah disiapkan dapat efektif dalam menjangkau pasar yang kamu targetkan. Sehingga kamu dapat lebih mudah ketika menarik calon konsumen dan mengurangi risiko sepi pelanggan.

2. Buatlah Strateginya

Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis dari Nol  - Buatlah Strateginya

Setelah kamu melakukan riset, barulah kamu membuat strategi. Berbagai strategi seperti strategi penjualan, strategi pemasaran, dan strategi lainnya perlu kamu persiapkan dengan matang. Jangan lupa untuk membuat strategi cadangan untuk berjaga-jaga jika strategi utama kamu tidak berhasil, karena bisnis kamu harus tetap berjalan sesuai rencana. Berbisnis merupakan pekerjaan yang memiliki banyak risiko dan kendala, sehingga kamu harus menyiapkan berbagai rencana dan strategi sebagai bekal.

3. Rencanakan Modal dan Keuntungan

Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis dari Nol  - Rencanakan Modal dan Keuntungan

Tentu ada modal yang perlu kamu keluarkan untuk membuka bisnis, sehingga kamu harus merencanakannya terlebih dahulu. Hitung berbagai kebutuhan yang diperlukan untuk berbisnis dari yang terbesar hingga yang terkecil, sehingga kamu bisa menyiapkan modal yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Nah tidak hanya itu, kamu juga harus memperkirakan berapa keuntungan yang akan kamu dapat, supaya kamu bisa mengetahui kapan bisnis kamu akan balik modal. 

4. Siapkan Lokasi Bisnis

Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis dari Nol  - Siapkan Lokasi Bisnis

Beberapa bisnis ada yang bisa dilakukan secara online, namun ada juga bisnis yang harus dilakukan secara offline. Nah jika kamu ingin membuka toko offline, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan, salah satunya adalah lokasi toko. Lokasi yang strategis akan berpengaruh pada penjualan kamu, namun lokasi yang strategis pasti juga memiliki biaya sewa yang tinggi. Jadi kamu harus pertimbangkan secara matang apakah toko yang kamu pilih sepadan atau tidak dengan biaya sewa yang dikeluarkan.

5. Pilih Partner Bisnis yang Terpercaya

Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis dari Nol  - Pilih Partner Bisnis yang Terpercaya

Banyak orang yang memilih untuk berbisnis sendiri, namun banyak juga yang membutuhkan partner bisnis. Kelebihan memiliki partner bisnis adalah semua keputusan yang diambil merupakan keputusan bersama, sehingga risiko yang didapatkan pun juga dialami bersama. Nah ini yang membuat kamu harus memilih partner bisnis yang terpercaya, minimal kamu mengetahui partner kamu memiliki visi misi yang sama. Jangan asal ketika memilih partner bisnis, pastikan kamu dan partner kamu memiliki rasa saling percaya.

6. Pilih Supplier Terbaik untuk Bisnis Kamu

Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis dari Nol  - Pilih Supplier Terbaik untuk bisnis Kamu

Tidak hanya memilih partner bisnis, kamu juga harus memilih supplier terbaik dan terpercaya untuk bisnis kamu. Kamu bisa mencari supplier offline yang bertempat di dekat lokasi usaha kamu, atau supplier online yang memiliki lokasi yang jauh. Jika kamu cocok dengan supplier online yang kamu temukan, nggak usah khawatir jika kamu harus mengirimkan semua kebutuhan kamu. Tinggal pakai Anteraja, semua paket kebutuhan kamu bakal sampai dengan cepat! Tinggal pakai opsi Next Day aja supaya besok langsung sampai, soalnya cuma 13 ribu rupiah aja. Murah kan? Makanya segera cek ongkir untuk kepoin opsi pengiriman lainnya, siapa tau ada yang lebih cocok untuk bisnis kamu! Jadi nggak perlu ragu lagi untuk gunakan Anteraja!

7. Buka Rekening untuk Bisnis Kamu

Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis dari Nol  - Buka Rekening untuk Bisnis Kamu

Setiap bisnis yang dijalankan pasti ada uang yang masuk dan keluar setiap harinya, sehingga jangan sampai uang bisnis kamu tercampur dengan uang pribadi. Kamu harus membuat rekening baru untuk menyiapkan semua uang bisnis kamu, bahkan kamu juga harus memisahkannya antara modal dengan keuntungan. Buat juga catatan keuangan secara detail untuk setiap uang yang masuk dan keluar, sehingga kamu bisa mengetahui keuntungan yang kamu dapatkan. Karena keuntungan yang kamu dapatkan bisa disisihkan kembali untuk dijadikan modal kembali.

8. Daftarkan Brand Anda

Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis dari Nol  - Daftarkan Brand Anda

Pasti kamu nggak mau kan kalau nama brand yang telah disiapkan untuk bisnis kamu malah diambil bahkan diikuti orang lain? Nah makanya kamu jangan sampai lupa untuk mendaftarkan nama brand kamu! Kamu bisa mendaftarkan nama brand kamu di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DKJI), agar orang yang memakai nama brand kamu bisa dijerat oleh hukum. Pendaftaran ini cukup mudah dan bisa dilakukan secara online, jadi harus segera kamu daftarkan. Hal ini sangat penting dilakukan, karena nama brand kamu memiliki jaminan perlindungan hukum dan menghindari risiko plagiarisme.

9. Jangan Lupa untuk Berinovasi

Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis dari Nol  - Jangan Lupa untuk Berinovasi

Berinovasi adalah hal penting untuk membuat bisnis kamu selalu maju dan berkembang. Setiap pebisnis pasti akan berlomba-lomba untuk berinovasi supaya bisnis mereka tidak stagnan, nah kamu juga harus berinovasi agar bisnis kamu tidak ketinggalan. Ada banyak hal yang bisa kamu inovasikan, seperti inovasi produk, cara pemasaran, cara penjualan, dan sebagainya. Nah untuk itu kamu dituntut supaya peka dengan perkembangan zaman yang terjadi, sehingga kamu bisa sigap untuk mengikuti perkembangan zaman tersebut.

10. Dapatkan Izin Usaha

Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis dari Nol - Dapatkan Izin Usaha

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) harus dimiliki oleh setiap bisnis atau usaha yang berjalan dibidang perdagangan. Nah kamu memerlukan SIUP ini supaya bisnis atau usaha kamu memiliki izin resmi dan memiliki perlindungan hukum. Pendaftaran SIUP dapat dilakukan di Kantor Dinas Perdagangan tingkat kabupaten atau di Kantor Pelayanan Perizinan. Untuk syarat dan dokumen yang dibutuhkan, kamu bisa mencarinya di internet. SIUP ini memiliki jangka waktu 5 tahun, jadi kamu harus melakukan perpanjangan setiap 5 tahun sekali.

11. Promosi Bisnis Kamu

Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis dari Nol  - Promosi Bisnis Kamu

Jika kamu tidak melakukan promosi, bagaimana orang-orang bisa tau bisnis baru kamu? Nah kamu harus membangun brand awareness pada orang-orang agar mereka mengetahui produk atau jasa apa yang kamu tawarkan. Makanya sangat penting untuk kamu menyiapkan budget untuk melakukan promosi, karena promosi sangat berpengaruh terhadap penjualan kamu. Sesuaikan platform untuk berpromosi sesuai dengan target pasar kamu, agar promosi yang kamu lakukan lebih efektif.

Baca juga Artikel terbaik lainnya dari Anteraja:

Jadi tunggu apalagi? Segera mulai deh bisnis kamu dari sekarang! Anteraja sangat berharap kamu bisa segera memulai bisnis setelah membaca artikel ini. Pokoknya apapun bisnis yang kamu jalani, jangan lupa untuk yakinkan konsumen kamu bahwa kamu menggunakan Anteraja. Soalnya Anteraja memiliki fitur tracking paket yang bakal memudahkan konsumen kamu dalam melacak paket. Tinggal cek resi aja sehingga konsumen kamu lebih tenang ketika menunggu paket datang. Pokoknya Anteraja siap menjadi partner pengiriman kamu! Yuk mulai bisnis kamu sekarang, semoga berhasil!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *