12 Ide Usaha Jualan Makanan dan Minuman di Bulan Puasa 2021

Ide Usaha Berjualan Makanan dan Minuman di Bulan Puasa

Wah nggak kerasa ya bulan puasa sudah semakin dekat! Pasti banyak orang yang merindukan suasana bulan puasa, salah satunya suasana berbuka puasa dengan menyantap berbagai jajanan. Memang beberapa jajanan menjadi sangat lezat ketika dinikmati saat berbuka puasa, apalagi ada beberapa jajanan yang hanya ada ketika bulan puasa, seperti kolak dan bubur sumsum, dan biji salak.

Pasti banyak banget deh orang yang mencari jajanan-jajanan tadi pada saat bulan puasa. Pas banget, kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk berjualan jajanan yang dicari banyak orang. Nah nggak usah bingung, tim Anteraja akan merekomendasikan berbagai macam makanan dan minuman untuk kamu jual saat bulan puasa. Yuk simak!

Rekomendasi Ide Jualanan Makanan dan Minuman di Ramadhan 2021

Makanan

1. Gorengan

Ide Usaha Berjualan Makanan dan Minuman di Bulan Puasa - Gorengan

Siapa sih yang nggak suka gorengan? Jajanan ini sangat lezat dinikmati ketika berbuka puasa, apalagi ditemani dengan segelas teh hangat! Harganya yang sangat murah juga membuat gorengan disukai oleh berbagai kalangan, makanya kamu juga harus menjualnya dengan harga yang terjangkau. Coba deh buat gorengan khas kamu sendiri, seperti bakwan, tempe, tahu, pisang, ubi, dan sebagainya. 

2. Martabak

Ide Usaha Berjualan Makanan dan Minuman di Bulan Puasa - Martabak

Martabak memang sudah menjadi jajanan yang sangat dicari, bahkan semakin dicari lagi ketika bulan puasa. Martabak manis maupun martabak telur sama-sama menjadi primadona saat bulan puasa, karena keduanya memang memiliki rasa yang khas. Supaya nggak membosankan, kamu bisa menginovasikan toping-toping kekinian yang disukai oleh anak-anak muda.

3. Dimsum

Ide Usaha Berjualan Makanan dan Minuman di Bulan Puasa - Dimsum

Dimsum menjadi sangat populer beberapa tahun terakhir, karena memang makanan ini sangat nyaman di mulut dan perut sehingga bisa dikonsumsi oleh segala usia. Kamu bisa berjualan frozen dimsum agar bisa disimpan pada waktu yang lama, karena tren frozen food juga sedang tinggi akhir-akhir ini. Buatlah dimsum dari bahan ayam dan udang agar orang dapat memilih yang mereka suka.

4. Kue Basah

Ide Usaha Berjualan Makanan dan Minuman di Bulan Puasa - Kue Basah

Jajanan tradisional memang nggak pernah mati, bermacam-macam kue basah seperti pukis, bolu, risol, lemper, lumpia, dan sebagainya masih sangat populer di berbagai daerah. Biasanya kue basah seperti ini sangat disukai oleh para orang tua, jadi kamu harus menjual di lokasi yang tepat. Jika di lokasi kamu banyak orang tua yang tinggal di sana, coba deh kamu berjualan bermacam-macam kue basah tadi. Pasti mereka akan menyukainya dan berminat membeli kue-kue yang kamu jual. 

5. Roti Bakar

Ide Usaha Berjualan Makanan dan Minuman di Bulan Puasa - Roti Bakar

Hampir semua kalangan usia menyukai roti bakar, memang makanan ini selalu nikmat disantap kapanpun dan dimanapun. Coba deh kamu berinovasi resep roti bakar yang lezat, misalnya dengan nutella, keju, meses, atau roti bakar isi kornet dan sebagainya. Bisnis ini jarang gagal kok, karena roti bakar banyak peminatnya. Jadi coba kamu pertimbangkan dengan matang!

6. Salad Buah

Ide Usaha Berjualan Makanan dan Minuman di Bulan Puasa - Salad Buah

Ingin makanan untuk berbuka puasa yang segar dan menyehatkan? Tentu salad buah jawabannya. Pilihlah buah-buahan yang segar seperti anggur, melon, kiwi, stroberi, jeruk, dan buah lainnya. Kemudian cari resep salad buah di internet kemudian coba kamu buat sendiri, jangan terlalu banyak bumbu agar salad buah tetap menjadi makanan yang sehat.

Minuman

1. Sop Buah

Ide Usaha Berjualan Makanan dan Minuman di Bulan Puasa - Sop Buah

Sama seperti salad buah, sop buah juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin minuman segar namun tetap sehat. Buah-buahan segar ditambah dengan kuah susu yang manis membuat mulut nyaman setelah berpuasa seharian. Jangan lupa pilih buah yang segar dan jaga selalu kesegarannya hingga ke tangan konsumen, karena buah yang tidak segar tidak akan enak ketika disantap.

2. Kolak

Ide Usaha Berjualan Makanan dan Minuman di Bulan Puasa - Kolakl Buah

Setiap membayangkan kolak pasti sekaligus terbayang suasana bulan puasa, karena kolak memang minuman yang hanya populer pada bulan puasa. Walaupun kelihatannya rumit, ternyata nggak sulit kok untuk membuat kolak. Campuran pisang dan ubi yang manis serta kolang-kaling membuatnya nikmat disantap saat hangat maupun dingin. Coba deh cari resep kolak di internet dan inovasikan sesuai keinginan kamu.

3. Es Teh Manis

Ide Usaha Berjualan Makanan dan Minuman di Bulan Puasa - Es Teh Manis

Murah, menyegarkan, dan mudah dicari, apalagi kalau bukan es teh manis. Minuman ini memang selalu enak dinikmati kapanpun, apalagi pada saat berbuka puasa. Jika modal kamu tidak terlalu besar, kamu bisa pertimbangkan untuk berjualan es teh manis. Nggak perlu mengeluarkan modal banyak, tetapi kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

4. Es Kelapa

Ide Usaha Berjualan Makanan dan Minuman di Bulan Puasa - Es Kelapa

Nggak hanya menyegarkan, ternyata air kelapa merupakan isotonik alami yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa seharian. Nggak heran bagi sebagian orang es kelapa selalu menjadi incaran utama saat berbuka puasa. Inovasikan es kelapa dengan tambahan topping seperti nata de coco, potongan buah, atau air jeruk yang menambahkan kesegarannya

5. Sirup

Ide Usaha Berjualan Makanan dan Minuman di Bulan Puasa - Sirup

Nggak ingin berjualan minuman yang sulit dibuat? Coba deh kamu berjualan sirup. Soalnya sirup menawarkan banyak sekali rasa yang nggak membosankan, sehingga orang-orang memiliki banyak pilihan rasa ketika ingin membelinya. Namun kamu perlu menggabungkan jualan sirup dengan minuman lainnya, seperti es kelapa dan es teh.

6. Es Cincau / Dawet

Ide Usaha Berjualan Makanan dan Minuman di Bulan Puasa - Es Cincau Dawet

Warna hijau dari cincau, putih dari santan, dan coklat dari gula merah membuat es cincau terlihat sangat segar walaupun dari jarak yang jauh. Selain es cincau, es dawet juga nggak kalah menyegarkan, apalagi ditambah dengan kacang merah. Langsung aja deh kamu jual kedua minuman ini, pasti orang-orang yang menyukainya langsung ingin membelinya! 

Buruan deh kamu pikirkan bisnis makanan atau minuman apa yang ingin kamu jalankan saat bulan puasa nanti! Nggak kerasa loh beberapa bulan lagi sudah mulai memasuki bulan puasa, makanya kamu harus cepat-cepat menyiapkan ide dan modal untuk berbisnis. Apalagi kamu harus menyiapkan lapak yang strategis untuk berjualan, supaya mudah dilihat oleh orang yang lewat.

Selain itu bagi para pembaca setia Anteraja, anteraja juga menyediakan berbagai macam Artikel tentang kamu yang ingin membuka bisnis makanan, Franchise makanan dan ide-ide makanan atau minuman terbaik lainnya seperti:


Nah pasti kamu butuh layanan pengiriman terpercaya untuk mengirim bahan-bahan untuk bisnis kamu. Tentu Anteraja satu-satunya layanan pengiriman yang bisa kamu percaya! Dengan banyaknya opsi pengiriman dan harga ongkir yang terjangkau, nggak bakal bikin kantong kamu jebol. Makanya langsung aja kamu kepoin harga ongkir ke tujuan kamu dengan cek ongkir! Apalagi fitur tracking paket akuratnya bisa kamu gunakan untuk melacak paket secara berkala, tinggal cek resi aja kamu bisa langsung lacak paket kamu!