11 Ide Bisnis Produk Makanan Rumahan yang Banyak Peminatnya

Ide Bisnis Produk Makanan Rumahan yang Banyak Peminatnya

Bisnis makanan selalu menggairahkan di berbagai tempat, apalagi jika makanannya sangat lezat dengan harga yang terjangkau. Di Indonesia ada banyak sekali jenis makanan yang populer dan sangat dicari, dari mulai makanan khas Indonesia atau berasal dari luar negeri. Sekarang tren masyarakat sudah mulai berubah menjadi membeli makanan-makanan rumahan, karena makanan rumahan bisa terjamin kebersihannya. Selain itu membeli makanan rumahan biasanya memiliki harga yang terjangkau, karena dikelola oleh perorangan.

Kamu harus banget nih memanfaatkan situasi ini, apalagi jika kamu juga menyukai makanan, sudah sesuai deh bisnis dengan passion kamu. Ada banyak sekali jenis-jenis makanan rumahan yang banyak peminatnya. Biar kamu nggak bingung, kamu bisa melihat 11 ide produk makanan rumahan terbaik yang akan dijelaskan di bawah. Nah sebelum memulai bisnis, kamu harus mempersiapkan banyak hal. Namun kamu nggak usah khawatir, karena ada tips memulai bisnis makanan rumahan yang bisa kamu tiru. Yuk simak langsung!

Tips Memulai Bisnis

1. Cari Tempat yang Strategis

Ide Bisnis Produk Makanan Rumahan yang Banyak Peminatnya - Cari Tempat yang Strategis

Ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih tempat usaha. Berada di daerah padat penduduk, pendapatan masyarakat sekitar, keberadaan lawan bisnis, dan harga sewa. Usahakan kamu memiliki tempat usaha yang memenuhi salah satu dari faktor tersebut, akan lebih baik jika memenuhi semuanya. Beruntung jika tempat tinggal kamu sudah berada di lokasi yang strategis, sehingga kamu tidak perlu membayar sewa tempat usaha. Karena harga sewa tempat di lokasi yang strategis akan lebih mahal dibandingkan di lokasi lain.

(Baca juga: franchise makanan terlaris)

2. Ketahui Target Kamu

Ide Bisnis Produk Makanan Rumahan yang Banyak Peminatnya - Ketahui Target Kamu

Kamu harus mengetahui target konsumen yang akan kamu sasar, supaya kamu bisa menyiapkan strategi bisnis dengan matang. Manfaatnya adalah kamu bisa meningkatkan penjualan, mengetahui budget yang dibutuhkan, mengantisipasi persaingan dengan baik, memudahkan dalam menyiapkan konten promosi, dan membangun komunikasi dengan pelanggan. 

3. Promosi ke Media Social, Teman-teman dan Keluarga Kamu

Ide Bisnis Produk Makanan Rumahan yang Banyak Peminatnya - Promosi Ke Media Social Teman-teman dan Keluarga Kamu

Manfaatkan media sosial kamu untuk promosi, karena di media sosial kamu bisa menjangkau orang banyak. Sebelumnya, kamu harus memiliki akun Instagram dan menempatkan foto-foto yang menarik, supaya orang mau mengunjungi profil Instagram kamu. Kemudian manfaatkan fitur ads yang ditawarkan oleh Instagram, supaya kamu bisa mengiklankan produk makanan kamu. Selain itu promosikan juga ke teman-teman dan keluarga kamu, ajak mereka untuk membeli produk makanan kamu dan minta feedback dari mereka. Supaya kamu bisa mengevaluasi kekurangan yang ada dan mempertahankan yang sudah baik.

4. Gunakan Anteraja Sebagai Jasa Pengiriman Kamu!

Ide Bisnis Produk Makanan Rumahan yang Banyak Peminatnya - Gunakan Anteraja Sebagai Jasa Pengiriman Kamu

Anteraja memiliki banyak opsi pengiriman yang dapat menunjang pengiriman makanan kamu, ada opsi pengiriman Regular, Next Day, bahkan Same Day. Jangan khawatir soal ketepatan waktu, soalnya Anteraja bakal menjamin makanan kamu sampai sesuai dengan keinginan pelanggan kamu. Yuk cek ongkir segera untuk nikmati pengiriman mulai dari 10 ribu rupiah! Tenang aja, fitur tracking paket akurat nggak absen kok. Kamu bisa melacak makanan kiriman kamu dengan cek resi. Makanya gunakan Anteraja, pasti bawa hepi!

Produk Makanan Rumahan Terbaik

1. Catering Makanan Bento

Ide Bisnis Produk Makanan Rumahan yang Banyak Peminatnya - Catering Makanan Bento

Catering makanan bento banyak dicari oleh orang, karena isinya yang lengkap namun dikemas dalam kemasan yang praktis. Kamu harus banget berbisnis catering makanan bento ini, apalagi jika kamu memiliki skill dalam memasak. Kamu bisa mengkreasikan hasil masakan kamu dan menatanya dengan rapi di dalam kotak bento. Kamu bisa menyasar pekerja kantoran atau mahasiswa yang tinggal di kost, karena pasti mereka tidak memiliki banyak waktu untuk memasak.

(Baca juga: macam macam kemasan makanan)

2. Pisang Nugget

Ide Bisnis Produk Makanan Rumahan yang Banyak Peminatnya - Pisang Nugget

Pisang nugget selalu menjadi favorit banyak orang, apalagi makanan ini memadukan buah pisang yang digoreng menyerupai nugget dengan topping yang lezat. Sangat mudah untuk membuat pisang nugget, kamu bisa melihat resepnya di internet. Namun kamu perlu mengkreasikan pisang nugget supaya tidak membosankan, kamu bisa mengkreasikan beragam topping yang enak. Misalnya seperti keju, cokelat, kacang, green tea, dan lain-lain.

3. Pempek

Ide Bisnis Produk Makanan Rumahan yang Banyak Peminatnya - Pempek

Pempek merupakan makanan khas Indonesia yang sangat populer di berbagai daerah, nggak heran pempek selalu mudah ditemukan, terlebih lagi di kota-kota besar. Banyak sekali resep pempek yang bisa kamu tiru, tentu campuran ikan yang kamu pakai jangan terlalu sedikit supaya enak. Nah pempek ini bisa kamu jual dalam bentuk frozen food, sehingga orang-orang bisa membelinya untuk disimpan.

4. Makanan Sehat

Ide Bisnis Produk Makanan Rumahan yang Banyak Peminatnya - Makanan Sehat

Nah bisnis makanan sehat ini harus kamu pertimbangkan, karena bisnis makanan sehat belum banyak beredar. Apalagi sekarang banyak orang yang sadar akan kesehatan mereka, sehingga makanan sehat harus menjadi asupan utama. Namun kamu harus mempelajari makanan apa saja yang termasuk makanan sehat dan komposisi dari makanan yang kamu buat, karena orang yang mengonsumsi makanan sehat biasanya menghitung komposisi makanan yang mereka makan.

(Baca juga: bisnis makanan sehat)

5. Salad Buah

Ide Bisnis Produk Makanan Rumahan yang Banyak Peminatnya - Salad Buah

Salad buah akan menjadi makanan yang sangat lezat dan menyehatkan jika kamu memadukan buah-buahan dan saus yang tepat. Ada banyak sekali resep salad buah yang bisa kamu pelajari dan kamu juga bisa berjualan sekaligus dengan makanan sehat. Nah jika kamu menjual salad buah yang menyehatkan, maka perhatikan bahan-bahan yang digunakan. Karena beberapa bahan seperti mayonaise tidak terlalu menyehatkan bagi tubuh, sehingga kamu harus mengganti dengan bahan yang lain.

6. Bakso

Ide Bisnis Produk Makanan Rumahan yang Banyak Peminatnya - Bakso

Bakso bisa dibilang merupakan makanan yang sangat lezat dikonsumsi kapanpun, namun akan lebih enak jika cuaca sedang dingin. Makanya bakso selalu menjadi tujuan banyak orang untuk makan, karena rasanya yang lezat dan mudah dicari di berbagai sudut kota. Kamu bisa membuka warung bakso kecil-kecilan pada tahap utama memulai bisnis, buat bakso kamu seenak mungkin supaya didatangi banyak orang.

7. Seblak

Ide Bisnis Produk Makanan Rumahan yang Banyak Peminatnya - Seblak

Kalau makanan yang satu ini cara membuatnya sangat mudah, pasti kalian semua pasti bisa. Selain mudah, makanan ini juga banyak yang menyukainya, karena seblak terkenal dengan harganya yang terjangkau. Memang seblak sudah banyak beredar, sehingga kamu harus membuat inovasi lebih supaya tidak membosankan. Namun jangan sampai kamu meninggalkan bahan-bahan otentik yang membuat seblak banyak diminati ya!

8. Makanan Beku

Ide Bisnis Produk Makanan Rumahan yang Banyak Peminatnya - Makanan Beku

Makanan beku sekarang sangat populer, karena sekarang makanan beku sudah sangat beragam dan bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Banyak sekali makanan yang bisa dijual dalam kondisi beku, seperti kebab mini, dimsum, kentang, sayuran, bahkan mie ayam. Atau jika kamu lihai dalam memasak, kamu bisa membuat inovasi makanan beku baru yang disukai orang. Supaya pilihan makanan beku semakin lengkap di pasaran dan tidak membosankan.

(Baca juga: Cara Packing Makanan Beku dan Bisnis Frozen Food)

9. Kentang Olahan

Ide Bisnis Produk Makanan Rumahan yang Banyak Peminatnya - Kentang Olahan

Kentang sangat enak dimakan pada kondisi apapun, apalagi untuk dicemil sebagai teman menonton film di rumah. Nah ternyata kentang bisa diolah menjadi berbagai yang membuatnya menjadi tambah lezat. Ada potato wedges, waffle, cottage, curly, dan masih banyak lagi. Bisa banget nih kamu menjualnya dalam kondisi beku. Pasti banyak yang sudah bosan dengan kentang berbentuk panjang dan ingin mencoba yang lain.

10. Kebab atau Burger Homemade

Ide Bisnis Produk Makanan Rumahan yang Banyak Peminatnya - kebab atau burger homemade

Walaupun bukan berasal dari Indonesia, kebab atau burger termasuk makanan yang sangat populer. Bahkan kebab dan burger sudah mudah ditemukan dipinggir-pinggir jalan dan memiliki harga yang sangat murah. Ayo segera buat kebab dan burger homemade kamu, karena makanan ini pasti dicari. Apalagi jika kamu bisa menjualnya dengan harga yang cukup terjangkau.

11. Keripik

Ide Bisnis Produk Makanan Rumahan yang Banyak Peminatnya - keripik

Snack yang selalu menjadi pilihan orang-orang Indonesia yaitu keripik, karena harganya sangat terjangkau dan banyak sekali jenis keripik yang beredar. Ada keripik kentang, keripik singkong, bahkan keripik buah. Buat keripik terenak kamu dan padukan dengan bumbu-bumbu yang lezat, jangan lupa untuk menyediakan pilihan bumbu pedas, karena orang Indonesia sangat menyukai makanan pedas. Makanan ini juga termasuk makanan yang bisa disimpan dalam waktu cukup lama, sehingga kamu nggak perlu khawatir soal ketahanannya.

Untuk Para pembaca Setia Anteraja yang ingin membuka usaha makanan Anteraja menyediakan berbagai macam Artikel tentang membuka Bisnis makanan dan Ide-idenya loh!, Berikut ialah Artikel tentang makanan yang sudah disiapkan oleh tim Anteraja:

Jadi apa produk makanan yang akan kamu jual? Yang penting sesuaikan dengan keinginan masyarakat di sekitar kamu. Mungkin di sana tidak banyak orang yang menginginkan makanan sehat, sehingga berjualan makanan sehat bukan pilihan yang bagus. Makanya penting untuk mengetahui target konsumen kamu dengan melakukan analisa yang baik. Berbisnis membutuhkan proses yang panjang untuk membuatnya berkembang, sehingga jangan sampai kamu cepat menyerah!