13 Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar!

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar!

Pasti kamu pengen banget kan memiliki penghasilan tambahan? Apalagi saat ini banyak sekali karyawan yang bekerja dari rumah atau WFH, sehingga kalian mungkin lebih banyak memiliki waktu luang. Jangan kaget, banyak loh hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan!

Nah buat kamu para karyawan, kamu datang ke Artikel yang tepat. Soalnya kita akan membahas tentang usaha sampingan karyawan yang bisa menambah pendapatan kamu. Terdapat pilihan usaha online dan offline yang bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan kamu, sehingga tidak mengganggu waktu bekerja. Penasaran kan apa aja rekomendasi usahanya? Simak terus yuk!

Rekomendasi Usaha Sampingan Karyawan


1. Bisnis Thrift Shop

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar! - Bisnis Thrift Shop

Thrifting atau membeli pakaian bekas layak pakai semakin populer sejak beberapa tahun terakhir, padahal thrifting adalah tren lama yang sudah dilakukan oleh banyak orang. Nah karena popularitasnya semakin meningkat, kamu bisa banget mencoba menjalankan bisnis ini. Cari supplier pakaian bekas yang menawarkan pakaian bekas berkualitas, kemudian kamu pilih mana saja pakaian yang masih memiliki harga jual. Manfaatkan media sosial untuk berjualan, supaya kamu bisa menjangkau target yang luas.

2. Bisnis Minuman Kekinian

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar! - Bisnis Minuman Kekinian

Berbagai minuman kekinian seperti Thai Tea, Boba, Cheese Tea, dan sebagainya sangat digandrungi para anak-anak muda. Coba deh kamu inovasikan minuman yang enak dan tidak membosankan dan menjualnya dengan harga yang cukup terjangkau, pasti banyak orang yang ingin mencobanya. Misalnya kamu menjual minuman jus buah dengan topping-topping atau minuman-minuman lainnya yang menyegarkan.

3. Bisnis Makanan Rumahan

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar! - Bisnis Makanan Rumahan

Banyak orang yang lebih memilih membeli makanan rumahan karena lebih terjaga kebersihannya, sehingga banyak juga bisnis katering rumahan yang semakin merebak. Nah kamu tentukan dulu makanan yang ingin kamu jual, seperti makanan Indonesia, Chinese food, Japanese food, atau western. Semua jenis makanan tadi termasuk sangat populer di Indonesia.

4. Bisnis Hijab

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar! - Bisnis hijab

Hijab tidak hanya sebagai alat penutup aurat, bahkan hijab sudah menjadi tren fashion dengan model-model yang sangat keren dan modis. Nah kamu bisa memulai berjualan hijab dengan menjadi reseller, supaya kamu bisa mengetahui pasar kamu terlebih dahulu. Jika sudah semakin berkembang, coba untuk bikin brand hijab sendiri dan buat desain hijab yang trendy.

5. Bisnis Vape

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar! - Bisnis Vape

Popularitas vape semakin meningkat akibat –, ditambah lagi tingginya pajak rokok yang membuat orang-orang berpindah ke vape. Ada beberapa — yang sangat dibutuhkan oleh para vapers, yaitu liquid, coil, dan kapas. Nah kamu bisa menjual barang-barang tadi secara online, sehingga kamu nggak perlu keluar modal besar untuk membuka toko. 

6. Bisnis Fashion

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar! - Bisnis Fashion

Kalau bisnis fashion pasti nggak ada matinya deh, apalagi pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia. Kamu bisa banget berjualan produk-produk fashion yang sedang tren saat ini, pasti banyak orang-orang yang mengincarnya. Selain itu, kamu juga harus update terhadap tren fashion selanjutnya, agar kamu bisa menjadi orang pertama yang menyediakannya.

7. Bisnis Kosmetik

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar! - Bisnis Kosmetik

Sama seperti fashion, kebutuhan akan kosmetik pun juga nggak pernah ada habisnya, bahkan banyak sekali brand kosmetik atau skincare lokal maupun luar negeri yang bermunculan. Jika kamu seorang wanita, kamu harus mencoba bisnis ini. Pasti banyak teman dan keluarga kamu yang membutuhkan kosmetik, nah kamu bisa menyediakan kosmetik original dari berbagai brand untuk mereka beli.

8. Bisnis Rice Box

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar! - Bisnis Rice Box

Semua orang pasti ingin makanan cepat saji dan mudah disantap, biasanya ricebox selalu menjadi pilihan utama. Buat makanan terenak yang kamu bisa dan kemas menjadi ricebox yang enak, ringkas, dan mengenyangkan. Jangan lupa untuk manfaatkan layanan pengiriman makanan, supaya penjualan ricebox kamu semakin luas.

9. Bisnis Makanan Sehat

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar! - Bisnis Makanan Sehat

Sudah banyak orang yang memperhatikan kesehatan tubuhnya dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat, bahkan orang rela membayar mahal untuk membeli makanan sehat. Nah kamu bisa banget untuk berjualan makanan sehat, yang jelas kamu harus tau kadar gizi dan bahan baku yang kamu gunakan.

10. Membeli Franchise

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar! - Membeli Franchise

Membeli franchise bakal memberi kamu benefit yang banyak, namun tentu ada modal besar yang harus kamu keluarkan. Tentukan dulu bisnis bidang apa yang kamu incar, biasanya franchisor banyak bergerak di bidang kuliner, tinggal tentukan franchisor yang sesuai dengan visi misi kamu. Yang penting kamu harus hitung uang yang perlu kamu keluarkan dan benefit yang didapatkan, agar kamu bisa untung ketika menjalankannya.

11. Bisnis Laundry Sepatu

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar! - Bisnis Laundry Sepatu

Laundry pakaian memang sudah banyak, namun tidak sebanyak laundry sepatu. Padahal banyak juga orang-orang yang malas mencuci sepatu dan membutuhkan jasa cuci sepatu. Coba deh kamu pelajari cara mencuci sepatu yang baik dan jalankan bisnis laundry sepatu di rumah kamu sendiri.

12. Bisnis Tanaman

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar! - Bisnis Tanaman

Siapa bilang tanaman hias tidak nilainya? Kalau kamu tau, tanaman hias seperti Aglonema, Monstera, Adenium, dan Caladium memiliki harga jual yang sangat tinggi. Bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah! Nah coba deh kamu pelajari bidang tanaman dan raup keuntungan dari hasil penjualan bermacam-macam tanaman tadi.

13. Bisnis Obat Herbal

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar! - Bisnis Obat Herbal

Walaupun dunia medis sudah berkembang pesat, namun masih banyak orang yang mempercayai obat herbal. Coba deh kamu geluti bisnis ini, karena bisnis obat herbal tidak banyak sehingga tingkat persaingan pun juga masih sedikit.

Tips Bisnis atau Membuka Usaha dari Anteraja

1. Analisa Pasar

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar! - Analisa Pasar

Sebelum memulai bisnis, analisa terlebih dahulu pasar yang akan kamu tuju. Ketahui target pasar kamu mulai dari jenis kelamin, rentang usia, kondisi ekonomi, dan sebagainya. Kemudian ketahui juga siapa kompetitor kamu di lapangan. Semua ini bertujuan untuk menyiapkan strategi yang tepat supaya bisnis kamu bisa berdiri.

2. Berjualan Sesuai Passion Kamu

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar! - Berjualan Sesuai Passion Kamu

Jika kamu bingung ingin menjalankan bisnis apa, coba mulai dari passion kamu dulu. Jika kamu menyukai kuliner, coba untuk berbisnis di bidang kuliner. Atau jika kamu hobi tanaman, kamu bisa berbisnis tanaman. Bisnis sesuai passion akan menambah kepercayaan dalam diri kamu, karena kamu sudah menguasai dasar-dasar dari bidang yang kamu sukai.

3. Pilih Supplier yang Terpercaya

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar! - Pilih Supplier yang Terpercaya

Jangan sampai salah memilih supplier, karena mereka yang akan menyuplai barang-barang kebutuhan kamu. Bahkan jangan khawatir jika kamu mendapatkan supplier yang bagus, namun berada di lokasi yang jauh. Nggak usah bingung, kirim aja dengan Anteraja! Harga ongkirnya yang murah dan fitur tracking paket akurat yang dimiliki Anteraja, pasti bakal bikin kamu untung! cek ongkir deh sekarang untuk buktikan murahnya! Jangan lupa lacak paket kiriman kamu dengan cek resi, supaya kamu bisa lebih tenang ketika menunggu paketnya.

4. Promosi

Ide Usaha Penghasilan Tambahan untuk Karyawan, Untung Besar! - Promosi

Promosi adalah hal utama yang harus dilakukan untuk membangun brand awareness, karena kamu harus mengetahui orang-orang bisnis baru yang kamu buat. Siapkan budget yang cukup besar untuk promosi, karena kamu harus membuat promosi yang sangat efektif agar meningkatkan penjualan produk kamu.

Anteraja menyediakan berbagai macam Artikel untuk kamu yang ingin menambah penghasilan seperti:

Jadi bisnis mana yang kira-kira bisa kamu jalani sembari tetap bekerja? Apapun bisnis yang kamu pilih, pastikan tidak mengganggu waktu bekerja kamu. Geluti dengan serius bisnis yang sedang kamu jalani, supaya bisnis kamu bisa menjadi bisnis yang besar dan membawa keuntungan yang besar. Jangan lupa untuk tetap membagi waktu, karena kamu tetap mengutamakan pekerjaan kamu. Semoga berhasil!