ips-dan-Cara-Membuka-Usaha-Sendiri
Update Aja

Ingin Membuat Usaha? Ikuti 13 Tips dan Cara Membuka Usaha Sendiri

Pasti banyak sekali dari kalian yang ingin menjadi orang sukses, tetapi jalan yang dipilih pastinya berbeda-beda. Membuka usaha sendiri adalah salah satu cara menjadi sukses, karena dengan memiliki usaha sendiri kalian bisa mengatur segala-galanya mulai dari keuangan, waktu, strategi, visi misi, dan lain-lain. Memang membuat usaha sendiri tidak semudah yang dipikirkan, namun jika dibarengi dengan keinginan dan tekad yang kuat pasti kamu bisa membuat usaha yang menjanjikan.

Kamu juga nggak perlu takut dengan modal yang dibutuhkan, karena dengan berbagai jumlah uang yang kamu miliki, kamu bisa tetap bisa membuka usaha dengan skala yang berbeda-beda tentunya. Biar kamu makin optimis, Anteraja udah siapkan 13 tips dan cara membuka usaha sendiri yang bisa menjadi bekal kamu! Makanya jangan sampai kamu melewati artikel ini, karena akan ada banyak info yang bisa kamu serap dan bisa kamu aplikasikan ke berbagai rencana kamu. Yuk simak langsung di bawah! 

Tips dan Cara Membuka Usaha Sendiri dari Anteraja

1. Pilih Usaha Sesuai Passion Kamu

Tips dan Cara Membuka Usaha Sendiri - Pilih Usaha Sesuai Passion Kamu

Jika kamu bingung untuk menentukan usaha yang ingin dijalankan, maka kamu bisa menyesuaikan dengan passion yang kamu miliki. Jika kamu menyukai dan mengetahui banyak jenis kosmetik, maka kamu bisa menjalankan usaha kosmetik. Atau jika kamu menyukai kopi dan mahir membuat kopi, kamu bisa membuka usaha kafe. Melakukan sesuatu sesuai passion akan membuat kamu lebih percaya diri, karena kamu melakukannya dengan senang hati dan tanpa paksaan.

2. Ketahui Usaha Apa yang Ingin Anda Jalani?

Tips dan Cara Membuka Usaha Sendiri - Ketahui Usaha Apa yang Ingin Anda Jalani

Selain memilih usaha sesuai passion, kamu juga harus mengetahui usaha yang ingin dijalani. Ketahui apakah usaha yang kamu pilih sesuai passion bisa bertahan lama dan bisa menjanjikan. Jangan sampai usaha yang sudah kamu pilih tidak memiliki masa depan yang cerah dan tidak bisa berkompetisi di pasar. Makanya kamu harus menganalisis secara detail dari setiap usaha-usaha yang ingin kamu jalankan.

3. Tentukan Bisnis Plan dan Visi Misi Kamu

Tips dan Cara Membuka Usaha Sendiri - Tentukan Bisnis Plan dan Visi Misi Kamu

Salah satu keuntungan memiliki bisnis sendiri yaitu kamu bisa menentukan visi dan misi sesuai dengan keinginan. Tidak akan ada batasan dan aturan dari orang lain, karena kamu sendiri yang akan mengelola dan mengurusnya. Nah karena kamu bisa bebas membuat visi dan misi sendiri, pastikan visi dan misi kamu bisa membawa perusahaan ke arah yang positif. Jangan sampai visi dan misi kamu malah membawa dampak buruk.

4. Hitung Modal yang Kamu Butuhkan

Tips dan Cara Membuka Usaha Sendiri - Hitung Modal yang Kamu Butuhkan

Modal adalah salah satu faktor penting untuk membangun usaha, untuk itu kamu jangan sampai salah dalam menghitung modal yang dibutuhkan. Buatlah perhitungan secara detail dari semua kebutuhan kamu, mulai dari biaya awal, biaya operasional, dan biaya promosi. Hitung hingga pengeluaran sekecil apapun, karena pengeluaran kecil dalam jumlah banyak bisa saja menjadi pengeluaran besar. Jangan lupa juga siapkan dana tak terduga untuk berjaga-jaga apabila dibutuhkan.

5. Tentukan Uniknya Produk yang Akan Kamu Jual

Tips dan Cara Membuka Usaha Sendiri - Tentukan uniknya produk yang akan kamu jual

Jika kamu menjual produk-produk yang sedang tren dan sudah banyak dijual oleh penjual lain, pastikan kamu memiliki keunikan yang membuat pelanggan lebih mempertimbangkan produk kamu. Misalnya jika kamu berjualan produk hijab, kamu bisa menjual hijab yang tidak gerah ketika dipakai. Pastikan kamu juga menjual produk yang tidak memiliki kesamaan dengan penjual lain, sehingga bisa memudahkan kamu untuk berkompetisi.

6. Tentukan Tempat Berjualannya Online atau Offline

Tips dan Cara Membuka Usaha Sendiri - Tentukan Tempat Berjualannya Online atau Offline

Kamu bisa memanfaatkan marketplace apabila kamu hanya ingin berjualan secara online, karena marketplace memberikan proses transaksi yang jelas sehingga akan memudahkan kamu dan pelanggan. Kalau kamu ingin berjualan secara offline, kamu harus mempertimbangkan banyak hal untuk mencari lokasi yang strategis supaya mudah dijangkau oleh pelanggan. Namun lokasi yang strategis pasti akan memiliki harga sewa atau beli yang lebih tinggi.

7. Ikuti Trend

Tips dan Cara Membuka Usaha Sendiri - Ikuti Trend

Tidak ada salahnya untuk mengikuti tren yang terjadi, karena naiknya sebuah tren pasti akibat minat yang tinggi. Misalnya jika produk fashion ala Korea Selatan sedang tren, kamu bisa berjualan produk-produknya. Atau jika produk frozen food sangat diminati, kenapa tidak kamu manfaatkan situasinya? Malah kamu harus aware terhadap tren yang terjadi, supaya kamu bisa cepat berinovasi untuk mengikuti tren tersebut.

8. Belajar dari Orang yang Sukses Membuka Usaha

Belajar dari Orang yang Sukses Membuka Usaha - Belajar dari Orang yang Sukses Membuka Usaha

Jangan takut untuk belajar dan meminta saran dari orang-orang yang sudah sukses dalam menjalankan usaha, karena mereka adalah orang-orang yang sudah menghadapi berbagai rintangan dan masih bertahan. Jalin pertemanan dengan pengusaha sukses agar kamu bisa mendapat banyak saran dan wawasan, sehingga kamu bisa mengaplikasikannya ke dalam usaha kamu dengan gaya kamu sendiri. Namun ingat, cara yang dilakukan orang lain belum tentu berdampak baik untuk kamu.

9. Jangan Pernah Menyerah

Tips dan Cara Membuka Usaha Sendiri - Jangan Pernah Menyerah

Mental kamu akan diuji ketika menjalankan usaha, untuk itu kamu harus mempersiapkan mental kamu terlebih dahulu. Dalam menjalankan usaha, akan ada banyak pertimbangan untuk pengambilan keputusan. Keputusan tersebut bisa saja berdampak baik atau bahkan buruk bagi usaha kamu, sehingga kamu harus siap dengan situasi yang bisa saja terjadi. Nah jika situasi buruk terjadi, kamu harus memutar otak untuk menyiapkan rencana lain.

10. Selalu Inovasi dengan Usaha Kamu

Tips dan Cara Membuka Usaha Sendiri - Selalu Inovasi dengan Usaha Kamu
Creative new idea. The man is holding a light bulb.

Berinovasi adalah salah satu cara untuk membuat usaha kamu bisa selalu berkompetisi dengan kompetitor. Seiring berjalannya waktu pasti ada tren baru, misalnya produk baru, cara pengiriman baru, cara pembayaran baru, cara promosi baru, dan sebagainya. Nah kamu harus siap untuk menghadapi tren tersebut dengan melakukan inovasi-inovasi terbaru. Apalagi jika inovasi tersebut bisa membuat nyaman pelanggan dan dapat menambah keuntungan.

11. Kelola Keuangan Usaha dengan Baik

Tips dan Cara Membuka Usaha Sendiri - Kelola Keuangan Usaha dengan baik

Jangan bermain-main dengan urusan keuangan, kamu harus mengelola keuangan perusahaan dengan benar. Kesalahan perhitungan keuangan dapat berdampak buruk bagi usaha kamu yang bisa membuat kerugian bahkan bangkrut. Hitung setiap pemasukan dan pengeluaran dari usaha kamu dengan menggunakan software pembukuan di handphone atau laptop. Selalu lakukan juga pengecekan ulang terhadap nominal-nominal yang dituliskan pada proses pembukuan.

12. Buat Strategi Promosi

Tips dan Cara Membuka Usaha Sendiri - Buat Stategi Promosi

Diperlukan sebuah strategi untuk melakukan promosi, karena kamu harus melakukan promosi yang efektif untuk menjangkau pasar yang tepat. Bahkan kamu harus menyiapkan dana yang lumayan besar untuk melakukan promosi supaya bisa memberikan dampak yang besar. Kamu bisa manfaatkan platform offline atau online untuk berpromosi, tergantung dari target pasar yang kamu incar. Tentu diperlukan analisis pasar yang baik untuk mengetahui siapa saja target dan segmentasi pasar dari usaha kamu.

13. Jika Bisnis Kamu Semakin Besar Cari Pegawai yang Bisa Dipercaya

Tips dan Cara Membuka Usaha Sendiri - Jika Bisnis Kamu Semakin Besar Cari Pegawai yang Bisa Dipercaya

Untuk awal membuka usaha, kamu bisa menjalankannya sendiri untuk menghemat pengeluaran. Namun kamu harus mulai mencari pegawai apabila usaha kamu sudah mulai berkembang untuk membantu kamu menjalankan usaha. Carilah pegawai yang berpengalaman dan bisa dipercaya, tentu ada biaya yang harus dibayarkan untuk menggaji pegawai. Nah untuk itu kamu harus memastikan usaha kamu bisa terus berkembang jika sudah menggunakan pegawai, supaya kamu tidak sia-sia setelah memiliki pegawai.

Tidak hanya Membuka Usaha Sendiri saja loh yang disediakan Anteraja, kami juga menyediakan berbagai macam artikel untuk para pembaca setia seperti:

Jadi tunggu apalagi? Langsung aja tentukan usaha yang ingin kamu jalankan dan terapkan tips-tips yang sudah Anteraja berikan di atas! Nggak hanya memberi tips, Anteraja juga akan membantu mengirim semua barang-barang kamu. Dijamin kamu nggak bakal kecewa, karena pengiriman cepat dan akurat hanya bisa dilakukan Anteraja. Apalagi harga ongkir yang ditawarkan nggak bakal bikin kantong jebol, coba deh kamu cek ongkir sekarang untuk buktikan murahnya! Walaupun murah, semua paket yang dikirim dengan Anteraja selalu bisa dilacak posisinya hanya dengan melakukan cek resi. Sehingga kamu lebih merasa aman tanpa perlu takut paket terkirim ke alamat yang salah. Jadi apa yang kamu ragukan lagi? Langsung aja nggak usah pikir panjang, gunakan terus layanan Anteraja!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *