bisnis sampingan
Update Aja

13 Kerja dan Usaha Sampingan Online Terbaik di 2021! Tanpa Modal

Seringkali penghasilan dari pekerjaan kurang mencukupi kebutuhan sehari-hari, sehingga memerlukan penghematan lebih supaya kebutuhan sehari-hari bisa mencukupi. Terkadang juga aktivitas di luar jam kerja dapat membuat boros, seperti pergi ke mall, nongkrong di kafe, berbelanja, dan sebagainya. Padahal waktu luang di luar jam kerja bisa dilakukan untuk berbagai kegiatan yang bermanfaat, salah satunya adalah melakukan usaha atau pekerjaan sampingan.

Pekerjaan sampingan bisa menambah pengalaman dan pundi-pundi uang kamu tentunya, sehingga kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi tanpa penghematan lebih. Nah untuk para pembaca setia Anteraja yang bingung menentukan pekerjaan sampingan apa yang cocok, pas banget kamu mengunjungi Artikel ini. Soalnya Anteraja udah merangkum banyak sekali rekomendasi pekerjaan sampingan yang semuanya bisa dilakukan secara online, sehingga nggak mengganggu pekerjaan utama kamu. Kalau kamu udah nggak sabar, langsung aja deh simak artikelnya yuk!

Rekomendasi Usaha dan Kerjaan Sampingan Online terbaik di 2021

bisnis online sampingan tanpa modal

1. Dropshipper

Usaha sampingan pertama yang bisa kamu lakukan adalah menjadi dropshipper. Pada dasarnya kamu tidak membutuhkan modal, karena kamu hanya memesankan barang-barang yang diminta oleh konsumen dengan menaikan harga jual untuk diambil sebagai keuntungan. Karena tidak membutuhkan modal, usaha dropship tidak seuntung bisnis resell. Sehingga kamu harus menawarkan produk-produk yang mudah laku, seperti aksesoris handphone, alat tulis, hijab, dan sebagainya. 

2. Jastip

Sama seperti dropshipper, bisnis jastip juga bertugas untuk membelikan produk-produk yang dipesan oleh konsumen. Namun bisnis jastip lebih melayani produk-produk yang sulit dicari di Indonesia, misalnya produk dari Korea Selatan, produk dari Jepang, atau produk dari Singapura. Tingginya permintaan terhadap produk dari luar negeri membuat bisnis jastip terus berkembang, untuk itu kamu harus pertimbangkan bisnis ini jika kamu sering bolak-balik luar negeri atau memiliki relasi di sana

3. Freelance Writer

Buat kamu yang memiliki keahlian dan kreativitas dalam menulis, menjadi freelance writer adalah pekerjaan sampingan yang menjanjikan. Pasalnya banyak perusahaan yang berani membayar mahal untuk seorang freelance writer, karena banyak tulisan-tulisan yang dibutuhkan untuk pemasaran dan periklanan. Bisa dibilang usaha ini membutuhkan modal laptop atau smartphone untuk menulis, namun kebanyakan orang sudah memiliki kedua perangkat tersebut.

4. Menjadi Admin

Siapa bilang menjadi admin itu sulit dan tidak menghasilkan uang? Cukup dibutuhkan ketelitian dan ketekunan untuk menjadi admin, jika kamu sudah memilikinya, maka kamu harus mencoba pekerjaan ini. Kamu bisa menjadi admin media sosial seperti Facebook dan Instagram, atau toko online yang ada di marketplace. Beritahu jika kamu hanya bisa bekerja di luar jam kerja, mungkin kamu bisa diberikan shift di malam hari dan tidak mengganggu pekerjaan utama kamu. 

5. Content Creator

Menjadi content creator bisa menjadi pekerjaan sampingan yang sangat seru, karena kamu bisa mengekspresikan diri kamu dengan bebas. Misalnya jika kamu menyukai editing video, kamu bisa membuat film pendek atau video interaktif. Jika kamu menyukai fotografi, buatlah konten-konten foto yang keren di media sosial kamu. Manfaatkan media sosial seperti Youtube dan Instagram untuk mengunggah konten kamu, supaya orang-orang bisa melihat dan mengapresiasi konten yang kamu buat.

6. Menjadi Translator

Kurangnya kemampuan orang-orang Indonesia dalam menguasai bahasa asing membuat jasa translator seringkali dibutuhkan. Nah jika kamu memiliki keahlian dalam menguasai bahasa asing, kamu bisa menyulap kemampuan kamu menjadi keuntungan yang besar. Tawarkan jasa kamu di media sosial, supaya orang-orang yang membutuhkan jasa translator dapat menghubungi kamu. Jangan lupa kumpulkan portofolio sebagai bukti bahwa kamu menguasai bahasa asing dan memiliki kapabilitas untuk menjadi translator.

7. Menjadi Photographer di weekend

Banyak sekali aktivitas atau acara yang dilangsungkan di akhir pekan seperti acara pernikahan dan berbagai pertemuan. Nah kamu bisa meluangkan waktu di akhir pekan dengan menjadi fotografer untuk memotret acara-acara tadi. Zaman sekarang banyak orang-orang yang lebih memilih freelance photographer karena lebih handal dan memiliki harga yang lebih terjangkau. Untuk itu kamu bisa membangun tim fotografer untuk menjadi fotografer di akhir pekan.

8. Berjualan Voucher Game

Di Tahun 2021 ini pandemi Covid-19 masih merebak, sehingga game menjadi pelarian orang-orang untuk melepas kebosanan akibat sulitnya beraktivitas di luar rumah. Akibatnya permintaan terhadap voucher game juga meningkat untuk membeli berbagai kebutuhan di dalam game. Kamu bisa berjualan Steam Wallet, Valorant Points, Diamond Mobile Legend, UC PUBG, dan sebagainya. Incar game yang sedang hype dan digandrungi banyak orang, supaya kamu memiliki pasar yang luas untuk berjualan voucher game.

9. Freelance Desain Grafis

Selain freelance writer, kamu juga bisa menjadi freelance desain grafis untuk kamu yang mahir dalam mendesain. Jasa desain grafis banyak dibutuhkan untuk konten marketing, logo, web development, dan masih banyak lagi. Makanya segera kumpulan semua desain-desain yang telah kamu buat untuk dijadikan portofolio, kemudian tawarkan jasa kamu di situs lowongan kerja dan media sosial. Soalnya jasa desain grafis bisa dibayar cukup mahal, sehingga usaha ini harus kamu manfaatkan.

10. Menjadi Influencer

Bisa dibilang menjadi influencer merupakan impian para anak muda zaman sekarang, pasalnya kamu bisa mendapatkan pamor dan uang ketika menjadi influencer. Namun kamu harus menjadi influencer yang positif, agar kamu dikenal dengan kebaikan dan bukan karena hal negatif. Kamu bisa memulai dengan membuat campaign dan mengajak orang-orang untuk berbuat kebaikan. Setelah kamu dikenal orang banyak, kamu bisa semakin memengaruhi banyak orang untuk menyebarkan hal positif.

11. Menjadi Streamer

Menjadi streamer ternyata bisa menghasilkan keuntungan besar lho! Sudah banyak kok streamer di Indonesia yang memiliki penghasilan hingga milyaran rupiah. Nah untuk menjadi streamer terkenal, kamu harus mengikuti permintaan pasar, biasanya game adalah konten yang paling laku untuk di-stream. Namun kamu juga bisa streaming konten lain, seperti konten tutorial makeup, memasak, review produk, dan lain-lain. Yang terpenting kamu harus menarik dan menjaga attitude supaya orang-orang menyukai kamu.

12. Menjadi Pengisi Survey Online

Kamu tau nggak sih sekarang uang bisa dihasilkan hanya dari mengisi survey online? Saat ini sudah banyak situs-situs survey berbayar online yang akan membayar para respondennya untuk mengisi survey yang diberikan. Biasanya survey dilakukan untuk berbagai kepentingan dengan beragam topik, seperti restoran, bioskop, otomotif, dan sebagainya. Nah kamu harus mengunjungi situs-situsnya untuk mengisi survey tersebut, makanya langsung aja kamu mencari situs-situsnya di internet.

13. Mengikuti Program Affiliate

Banyak yang belum mengetahui program afiliasi ini, padahal kamu bisa mendapatkan uang dari program tersebut. Buat kamu yang belum tau, afiliasi adalah sebuah pekerjaan untuk mempromosikan produk tertentu. Jika konsumen membeli produknya, maka kamu akan diberikan uang sebagai komisi dari menawarkan barang. Maka itu dibutuhkan keterampilan dalam berkomunikasi, supaya konsumen tertarik dengan barang yang kamu tawarkan. 

Jadi pekerjaan sampingan mana yang ingin kamu lakukan? Apapun pekerjaannya, Anteraja selalu mendukung kamu untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat, apalagi jika dapat menghasilkan uang. Nah Anteraja juga akan selalu mendukung kamu untuk masalah pengiriman barang, sehingga kamu nggak perlu bingung untuk mengirim barang ke berbagai wilayah di Indonesia. Coba deh kamu cek ongkir sekarang untuk kepoin kemana aja destinasi yang bisa dijangkau Anteraja beserta dengan harga ongkir yang ditawarkan! Jangan khawatir barang kamu hilang, soalnya kamu bisa cek resi untuk lacak setiap barang yang kamu kirim. Jadi hati dan pikiran makin tenang deh tanpa perlu khawatir barang kamu nyasar. Pokoknya kamu harus gunakan Anteraja ya, karena promo-promo dari Anteraja juga bakal bikin kamu untung!

Author

Satria Anteraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *