Istilah dan Arti Kode Pengiriman yang Ada di Anteraja

Istilah dan Arti Kode Pengiriman yang Ada di Anteraja

Zaman sekarang mengirim barang tidak perlu lagi pergi keluar rumah dan mendatangi tujuan, karena sudah banyak layanan pengiriman yang menyediakan banyak sekali opsi pengiriman dari yang termurah hingga yang tercepat. Salah satunya adalah Anteraja yang sudah berpengalaman dalam membantu pengiriman barang ke seluruh wilayah Indonesia.


Buat kamu yang belum tahu, Anteraja memiliki fitur tracking paket untuk memudahkan kamu supaya dapat melacak paket secara berkala. Nah ketika kamu menginput nomor resi saat cek resi di website maupun aplikasi Anteraja, maka ada beberapa kode atau istilah yang digunakan Anteraja untuk memberikan informasi kepada kamu. Supaya kamu nggak bingung, Anteraja bakal menjabarkan kode dan istilahnya pada daftar di bawah ini.

(Baca juga: Cara Packing Kosmetik)

Kode dan Istilah pengiriman Anteraja

Nama Istilah Penjelasan
Pickup sudah di-request oleh shipper & Satria akan pickup parcel Pengirim sudah melakukan request pickup dan kurir Anteraja siap menjemput ke lokasi pengirim. Usahakan untuk request pickup sebelum jam 12 siang, supaya bisa dikirim hari itu juga.
Menunggu dijemput oleh Satria Request pickup sudah disetujui oleh agen Anteraja dan agen sudah menugaskan kurir untuk melakukan penjemputan paket ke tempat pengirim.
Satria sudah ditugaskan & parcel akan segera di-pickup Kurir sedang dalam perjalanan menuju ke tempat pengirim.
Parcel sudah tiba di Staging Store [nama cabang] untuk menuju ke Hub Paket sudah berhasil dijemput dan diantarkan ke cabang terdekat pengirim. Selanjutnya tinggal mengantar paket menuju ke kantor pusat / gudang Anteraja di kabupaten / kota sesuai alamat tujuan.
Parcel sudah tiba di Hub Anteraja Paket sudah sampai di kantor pusat / gudang Anteraja di kabupaten / kota sesuai alamat tujuan.
Hub [nama kota] – Barang sudah diterima Paket sudah sampai di alamat tujuan dengan keterangan nama penerima lengkap. Anda bisa cek ketika sudah terupdate di resi Anteraja.
Proses transit parcel dikirim dari Hub asal Paket sudah dalam perjalanan menuju alamat tujuan dan sedang transit ke kantor pusat Anteraja terdekat dengan lokasi penerima.
Hub [nama kota] – Satria sudah ditugaskan dan parcel akan segera diantar ke penerimaPaket sudah diterima di kantor pusat Anteraja terdekat dengan lokasi penerima. Kurir sudah ditugaskan dan siap mengantar ke alamat tujuan.
Parcel belum ready untuk di-pickup Paket barang belum siap untuk di-pickup. Bisa karena barang belum di-packing atau pengirim sedang tidak ada di rumah.
Hub [nama cabang] – Info detail pengiriman tidak tepat Alamat penerima belum lengkap. Pastikan untuk selalu menyertakan nama & nomor jalan, nomor rumah, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kabupaten, dan kode pos dengan lengkap.
Penundaan delivery karena cuaca Pengantaran ke alamat tujuan ditunda karena cuaca sedang tidak mendukung dan terlalu berisiko (barang rusak) jika diteruskan.
Hub [nama kota] – Ubah waktu penerimaan dan pengiriman dengan persetujuan pelanggan Kurir menginformasikan kepada pengirim barang bahwa waktu penerimaan (pickup) dan pengantaran barang akan diubah (bisa ditunda atau dimajukan) dengan konfirmasi persetujuan pengirim terlebih dulu. Bisa dilihat di aplikasi atau dihubungi via nomor HP.
Hub [nama kota] – Parcel sudah di-pickup oleh SatriaPaket sudah di-pickup oleh kurir untuk diantar ke kantor cabang Anteraja terdekat dengan lokasi penerima.
Kendala operasional, penundaan penjemputanTerdapat kendala operasional sehingga penjemputan ditunda dalam beberapa jam atau bisa jadi keesokan harinya.

Jenis-jenis Layanan Anteraja

Istilah dan Arti Kode Pengiriman yang Ada di Anteraja - Jenis-jenis Layanan Anteraja

Anteraja memiliki beberapa layanan pengiriman yang bisa kamu tentukan sesuai kebutuhan, jadi kamu memiliki banyak pilihan layanan pengiriman untuk digunakan. Nah opsi layanan pengiriman yang bisa kamu pilih ada Regular, Next Day, dan Same Day. Penasaran kan apa aja keuntungan dan berapa ongkir yang perlu kamu keluarkan? Yuk sama-sama simak di bawah ini!

1. Regular

Opsi Regular cocok untuk kamu yang ingin harga yang ekonomis, soalnya layanan Regular menawarkan harga mulai dari Rp. 5.000 aja! Murah banget kan? Nah untuk estimasi waktunya juga cukup singkat, yaitu 1-2 hari aja hingga paket sampai. Pas banget jika kamu ingin mengirim barang yang berat, sehingga kamu nggak perlu ngeluarin uang banyak untuk membayar ongkirnya. 

(Baca juga: cara packing barang)

2. Next Day

Ingin paket kamu cepat sampai? Mungkin opsi Next Day bisa menjadi pilihan kamu, karena layanan Next Day bakal menjamin paket kamu sampai dalam waktu satu hari aja! Jangan kaget soal ongkirnya, soalnya ongkir layanan Next Day nggak semahal yang kamu kira. Kamu perlu siapkan uang Rp. 8.000 aja dan bisa langsung nikmati layanannya. Layanan ini bisa kamu gunakan jika kamu mengirim barang yang tidak bisa bertahan lama, sehingga harus sampai tujuan dalam waktu yang singkat.

(Baca juga: Cara Packing Frozen Food)

3. Same Day

Nah kalau layanan ini pas banget buat kamu yang nggak sabaran dalam menunggu paket, karena dalam waktu maksimal 8 jam aja paket kamu sudah tiba di tujuan. Pagi kamu checkout barangnya, eh pas sore barangnya sudah sampai! Kamu wajib menggunakan layanan Same Day untuk mengirim frozen food, barang elektronik, dan barang berharga lainnya. Ongkirnya juga nggak mahal kok, karena tarifnya mulai dari Rp. 13.500. Relatif terjangkau untuk kecepatan dan kualitas layanan yang ditawarkan. 

Tidak hanya itu,  untuk kamu yang ingin tau berapa ongkir Anteraja ke wilayah kamu, kamu bisa langsung cek di Cek Ongkir dan masukan kecamatan tujuan pengiriman kamu. Kamu bisa melakukan Cek Ongkir di website maupun aplikasi Anteraja, nanti akan terpampang dengan lengkap ongkir dan estimasi pengiriman ke tujuan kamu. Nah jangan lupa, setelah mengirim barang kamu bakal diberikan nomor resi yang bisa kamu gunakan untuk melacak paket. Caranya mudah kok, kamu tinggal Cek Resi dan input nomor resi kamu. Nah udah deh langsung terpampang dengan lengkap kode dan istilah pada daftar di atas tadi. Mudah kan? Makanya jangan pakai yang lain, pakai Anteraja #PastiBawaHepi

(Baca juga: Apa itu Nomor Resi)