Ini 13 Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi

Tidak terasa sebentar lagi bulan puasa tiba, pasti saat ini kamu sedang bingung untuk memilih menu buka puasa yang enak namun tetap menyehatkan. Apalagi puasa tahun ini berjalan beriringan dengan pandemi Covid-19 yang masih melanda, sehingga diperlukan makanan-makanan yang dapat menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, karena akan sangat disayangkan jika ibadah puasa kamu menjadi kurang lancar akibat terserang penyakit.

Nah untuk kamu para pembaca setia Anteraja yang menginginkan menu makanan sehat untuk berbuka puasa, Anteraja udah menyiapkan banyak rekomendasi menu makanan nih. Dijamin menu makanan ini lebih menyehatkan dibandingkan dengan gorengan dan jajanan lainnya yang mengandung banyak minyak. Jadi langsung aja kamu simak artikel ini, biar kamu bisa pilih menu yang paling kamu suka!

Ini 13 Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi

1. Kurma

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi  - Kurma

Rekomendasi menu pertama yaitu kurma yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kamu. Kurma sangat baik dikonsumsi ketika berbuka puasa, karena kurma dapat mengembalikan energi dan menjaga pencernaan. Nah menikmati kurma nggak hanya langsung disantap buahnya, namun kurma juga bisa dikreasikan menjadi puding kurma, kurma cokelat, bolu kukus kurma, dan menu-menu lainnya. Makanya langsung aja kamu cari resep olahan kurma yang bisa membuat suasana berbuka puasa semakin nikmat.

2. Oatmeal

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi - Oatmeal

Oatmeal dikenal dengan berbagai macam manfaatnya yang dapat menjaga kesehatan tubuh, karena oatmeal adalah makanan tinggi serat dan bersifat antioksidan. Cocok banget kalau kamu menjadikan oatmeal sebagai menu berbuka puasa, supaya tubuh kamu selalu sehat dan bisa memperlancar puasa kamu. Biar oatmeal kamu nggak membosankan, kamu bisa menambahkan topping yang lezat namun tetap bergizi. Misalnya seperti buah-buahan, kacang almond, kismis, dan sebagainya.

3. Teh

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi  - Teh

Teh selalu menjadi minuman yang enak dinikmati kapanpun, terlebih lagi ketika berbuka puasa. Nggak heran teh selalu menjadi teman berbuka puasa yang menyenangkan, apalagi sambil menyantap buah-buahan yang segar. Nah untuk menjaga teh tetap menyehatkan, kurangi penggunaan gula yang berlebihan, karena kelebihan gula juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kamu. Atau jika kamu suka, kamu bisa menikmati teh tawar tanpa gula sedikitpun. Sehingga kamu juga bisa merasakan rasa asli dari teh yang kamu minum. 

4. Urap

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi  - Urap

Sayuran segar memang direkomendasikan untuk dijadikan asupan saat berbuka puasa, karena sayuran dapat menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi, mencegah bibir kering, dan cepat menggantikan stamina tubuh yang hilang. Nah berbicara soal sayuran segar, Urap bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain menyehatkan, Urap juga sangat mudah proses pembuatannya dan nggak memakan waktu yang lama, sehingga menu ini sangat cocok jika kamu nggak memiliki banyak waktu untuk memasak.

5. Capcay

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi  - Cap Cay

Selanjutnya ada Capcay yang bisa menjadi alternatif menu sayuran untuk menemani kamu berbuka puasa. Campuran dari berbagai jenis sayuran seperti wortel, buncis, sawi, kol, dan putren bakal bakal menyehatkan tubuh kamu. Sehingga Capcay tidak hanya menjadi pilihan menu makanan yang enak, tetapi juga bergizi tinggi. Biar semakin lezat, tambahkan juga komponen protein seperti bakso, udang, ayam, ikan, dan sebagainya. Supaya gizi yang dibutuhkan tubuh mencukupi untuk menjaga tubuh kamu tetap sehat.

6. Salad Sayur

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi  - Salad Sayur

Ingin menu sayuran yang lebih ke Barat-Baratan? Salad sayur bisa kamu pertimbangkan untuk menu berbuka puasa dan dapat memberikan kamu kesegaran ketika menyantapnya. Berbagai jenis sayuran bisa kamu jadikan salad, jadi tentukan saja sendiri sayuran yang sesuai dengan selera kamu. Nah untuk dressing-nya, kamu bisa membeli dressing instan di supermarket yang sudah dijamin enak, sehingga kamu nggak perlu membuang banyak waktu untuk membuat salad sayur.

7. Salad Buah

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi  - Salad Buah

Nah kalau menu ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang lebih menyukai buah-buahan dibanding sayuran. Tentu salad buah juga nggak kalah memberikan kesegaran, apalagi dikonsumsi dalam keadaan dingin ketika berbuka puasa. Langsung aja deh kamu pilih berbagai jenis buah-buahannya, tentu kamu harus memilih yang segar ya! Nah kamu harus ingat, terlalu banyak mayonaise dan keju pada dressing salad juga tidak baik untuk tubuh kamu, sehingga kamu harus menjaga komposisinya pas dan tidak berlebihan.

8. Buah-Buahan

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi - Buah Buahan
Fresh fruits.Assorted fruits colorful background.

Buat kamu yang nggak mau repot-repot menyiapkan menu buka puasa, kamu bisa kok hanya berbuka puasa dengan buah-buahan. Bahkan buah-buahan sangat direkomendasikan untuk disantap ketika berbuka puasa, karena buah-buahan terkenal dengan berbagai manfaatnya. Nah buah-buahan yang paling baik untuk berbuka puasa adalah kurma, semangka, apel, dan jeruk. Semua buah tadi memiliki kandungan glukosa, fruktosa, vitamin C, dan vitamin A yang dapat mengembalikan energi setelah berpuasa seharian.

9. Nasi Merah

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi  - Nasi Merah

Nasi sudah menjadi bagian penting masyarakat Indonesia, namun nasi yang paling sering digunakan adalah nasi putih yang sebetulnya tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Nasi putih memiliki kadar gula cukup tinggi yang dapat menyebabkan diabetes. Nah kamu bisa menggantinya dengan nasi merah dengan kandungan gizi yang lebih baik. Kamu bisa membuat Sushi, lontong, atau bubur dari beras merah yang bisa dijadikan menu berbuka puasa yang enak namun tetap menyehatkan.

10. Sushi Homemade

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi  - Sushi Homemade

Membuat Sushi sendiri untuk menu berbuka puasa? Kenapa tidak? Pasti Sushi bisa menjadi menu berbuka puasa yang sangat nikmat, sehingga menu ini patut kamu pertimbangkan, apalagi bagi kamu para pecinta makanan Jepang. Nah sebetulnya nggak sulit kok untuk membuat Sushi, karena bahan baku yang dibutuhkan pun juga tidak banyak. Kamu hanya perlu menyiapkan nasi, Nori, isian Sushi (ikan, ayam, sayuran), dan mayonaise (opsional). Mudah kan? Makanya langsung aja kamu buat Sushi kamu sendiri!

11. Puding

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi  - Puding

Kamu tau nggak sih kalau puding bisa menjadi asupan yang bergizi dan sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa? Itu karena puding memiliki zat-zat yang dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa seharian. Namun bahan baku yang digunakan pun juga harus memakai bahan baku yang bergizi dan memiliki komposisi yang tepat. Kamu harus menghindari penggunaan gula berlebihan, agar terhindar dari penyakit diabetes. Serta gunakan bahan baku yang sudah pasti bergizi seperti buah-buahan, cokelat, oatmeal, dan sebagainya.

12. Singkong Thailand

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi - Singkong Thailand

Menikmati singkong nggak hanya digoreng dan dicocol dengan sambal, kamu juga bisa mengkreasikan singkong menjadi menu berbuka yang lezat. Kamu bisa membuat singkong Thailand yang dibuat dari singkong rebus lembut dan disiram fla pandan creamy. Makanan ini bisa kamu nikmati dalam kondisi dingin, sehingga dapat memberikan kesegaran yang pasti kamu cari setelah berpuasa. Membuatnya pun tidak sulit, sehingga kamu bisa membuatnya sendiri dengan melihat resep-resep di internet.

13. Dadar Gulung

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi  - Dadar Gulung

Terakhir ada dadar gulung yang merupakan jajanan pasar yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Nah supaya dadar gulung tetap menjadi makanan yang sehat, kamu harus menggunakan bahan baku dan komposisi yang sesuai. Untuk memberikan warna hijau pada dadar gulung, kamu bisa menggunakan daun pandan yang diblender. Kemudian berikan isian kelapa dan gula merah secukupnya, agar kandungan gulanya tidak berlebihan. 

Untuk para pembaca setia Anteraja yang mencari ide makanan di bulan ramadhan dan ide makanan lainnya, Anteraja menyediakan berbagai macam Artikel terbaik seperti:

Nah langsung aja deh kamu pilih mana menu makanan yang ingin kamu santap saat berbuka! Semua menu tadi bisa kamu buat sendiri di rumah dan tinggal membeli bahan bakunya secara online. Makanya langsung aja kamu cari resepnya dan catat apa saja bahan baku yang dibutuhkan, kemudian kamu cari di marketplace dan langsung kirim menggunakan Anteraja Same Day! Dijamin setelah kamu order, kamu bisa langsung membuat makananya saat sore nanti, soalnya layanan Same Day menjamin pengiriman maksimal 8 jam saja. Yuk kamu cek ongkir aja untuk info soal ongkir ke tujuan kamu, serta info soal berbagai opsi pengiriman lainnya! Jangan lupa juga, kamu juga bisa cek resi untuk melacak paket kiriman kamu. Supaya kamu bisa tau kapan paket kamu sampai dan bisa memperkirakan waktu untuk memulai memasak. Makanya pakai Anteraja terus ya, dijamin kamu bakal merasa aman dan nyaman terus!